’’USAHA KONSERVASI PADA LAHAN KERING” Tidak dapat kita sangkal keadaan tanah sekarang ini semakin rusak

. Kerusakan tanah tersebut pada umumnya terjadi karena tindakan manusia sendiri yang tidak mengindahkan kaidah-kaidah konservasi tanah dan air dalam mengelola usaha taninya. Seiring berjalannya waktu, kebutuhan akan lahan pertanian terus meningkat sesuai dengan berbagai keperluan yang semakin bertambah. Akan tetapi di lain pihak lahan pertanian semakin berkurang, karena lahanlahan pertanian berubah menjadi lahan non-pertanian. Akibatnya pasokan kebutuhan pangan dalam negeri kurang. Oleh sebab itu perlu dicari pemecahan masalahnya. Salah satunya usaha konservasi pada lahan kering. Adapun lahan kering dalam keadaan alamiah memiliki kondisi antara lain: -Peka -Tingkat kesuburan rendah -Memiliki kelembaban yang sangat rendah Adapun tujuan usaha konservasi itu sendiri adalah:  Mencegah kerusakan tanah oleh erosi dan aliran permukaan  Memperbaiki tanah yang rusak/ kritis  Memulihkan dan mempertahankan kesuburan tanah  Mengamankan dan memelihara produktivitas tanah agar tercapainya produksi setinggitingginya dalam waktu yang tidak terbatas  Mempertahankan kemampuan daya dukung lahan dan lingkungannya dalam fungsi lingkungan hidup.  Meningkatkan produktivitas lahan usaha tani.

Usaha konservasi lahan biasanya dilakukan dengan kultur teknis atau vegetasi yaitu dengan: 1. Penggunaan bahan organik dan mulsa ↳ Cara ini dapat mempertinggi kemampuan tanah dalam menyerap air sehingga dapat mempertahankan kelembaban tanah. Yang diperlukan sekarang adalah berusaha dan bersabar. Namun itu tidak akan berhasil jika cara pikir kita tidak berubah. 2. Namun perlu adanya penangan khusus untuk mengembalikan kembali kemampuan produktivitas tanah. Dapat disimpulkan bahwa tanah/ lahan kering bukannya lahan gersang yang sudah tidak dapat dipakai/ ditanami lagi. 4. 3. Penambahan tanaman penutup tanah ↳ Guna memperbesar kemampuan tanah untuk menyerap dan menahan air hujan. Penanaman rumput ↳ Sebagai pelindung tanaman dan penahan air serta memperbaiki kesuburan tanah. insyalloh tidak akan ada lagi kekurangan pasokan bahan makanan atau kebutuhan hidup rakyat Indonesia. Pergiliran tanaman ↳ Sistem penanaman berbagai tanaman secara bergilir dalam urutan waktu tertentu pada suatu bidang lahan. . Jika lahan-lahan kering di Indonesia sudah dapat dimanfaatkan kembali menjadi lahan yang produktif.

org/wiki/pencemaran_tanah. http://id. Kesimpulan Pencemaran tanah adalah keadaan di mana bahan kimia buatan manusia masuk dan merubah lingkungan tanah alami. diharapkan para pembaca setelah membaca makalah ini mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari – hari dalam menjaga kelestarian tanah beserta penyusun yang ada di dalamnya DAFTAR PUSTAKA Soekarto. T. Selain itu.B. Wikipedia.wikipedia. KESIMPULAN DAN SARAN A. 121 hal. Ada beberapa cara untuk mengurangi dampak dari pencemaran tanah. disarankan para pembaca mencari referensi lain yang berkaitan dengan materi pada makalah ini. S. 2007. bakteri). diakses 26 Desember 2007. Sedangkan Bioremediasi dengan cara proses pembersihan pencemaran tanah dengan menggunakan mikroorganisme (jamur. SARAN Untuk lebih memahami semua tentang pencemaran tanah. Jakarta. Penelitian Organoleptik Untuk Industri Pangan dan Hasil Pertanian. Remediasi yaitu dengan cara membersihkan permukaan tanah yang tercemar. B. . Pencemaran Tanah (On-line). Bhatara Karya Aksara. diantaranya dengan remediasi dan bioremidiasi. 1985.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful