You are on page 1of 5

Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Skala Kecil di Jaringan Irigasi

DEPARTEMEN PERMUKIMAN DAN PRASARANA WILAYAH BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN KIMPRASWIL PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA AIR
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135, Telepon (022) 2505936/2516374, Fax. (022) 2505936, E-mail: sta_bhgk@melsa.net.id

sehingga diharapkan dapat membantu kemajuan pedesaan dalam hal penyediaan sumber tenaga listrik untuk berbagai kepentingan. Dengan diterbitkannya pedoman ini para pengguna dan peminat diharapkan dapat membangun bangunan ini. ¾ Tipe bangunan ini telah diuji coba penerapannya di saluran irigasi Cibeber Sagaranten Sukabumi Jawa Barat pada tahun 2000. ¾ Pembangunan pembangkit listrik tenaga mikrohidro ini dimaksudkan untuk memanfaatkan potensi sumberdaya air saluran irigasi di desa-desa yang belum terjangkau oleh listrik makro/PLN. . dan membangun pembangkit listrik tenaga mikrohidro dengan turbin tipe modified closed cross flow yang disingkat menjadi (MdCCF) di saluran irigasi.PUSAIR Latar belakang ¾ Pedoman ini dapat digunakan sebagai panduan untuk merancang.

dan seri 300 –750 2. Pedoman teknik ini tidak mencakup bahasan untuk mendesain pembangkit listrik tenaga air turbin lain di saluran irigasi. . Penggunaan pembangkit listrik tenaga mikrohidro ini terutama ditujukan untuk memanfaatkan potensi tenaga pada bangunan terjun dan got miring di saluran irigasi di desa-desa yang belum terjangkau listrik PLN. dan tidak mencakup tinjauan sosial dan ekonomi. 3.PUSAIR Lingkup Bahasan Ruang lingkup bahasan pedoman teknik ini mencakup: 1. Panduan untuk merancang dan membangun pembangkit listrik tenaga mikrohidro dengan turbin tipe MdCCF seri 225-750.

Ruang lingkup 2. Pengoperasian dan pemeliharaan Lampiran A Gambar Lampiran B Gambar Lampiran C Daftar Nama dan Lembaga Bibliografi . Pelaksanaan 8. Instalasi pembangkit listrik dan komponennya 6. Ketentuan dan persyaratan 5. Istilah dan definisi 4. Desain 7.PUSAIR Daftar Isi z z z z z Prakata Daftar isi Pendahuluan 1. Acuan normatif 3.

PUSAIR Model Mikrohidro .