You are on page 1of 5

26

BAB

III

METODE PENELITIAN

A. Desain Penelitian. Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional yang merupakan seluruh dari perencanaan untuk menjawab pertanyaan penelitian dan mengantisipasi beberapa kesulitan yang mungkin timbul selama proses penelitian. memperhatikan tujuan penelitian yang ingin mengetahui hubungan antara motivasi menjadi parawat terhadap prestasi belajar KDK maka tehnik statistik yang digunakan adalah korelasi produk moment dari person.

B. Populasi dan Sampel 1. Populasi Populasi adalah keseluruhan subyek penelitian yang akan diteliti (Notoatmojo, 1993), pada penelitian ini populasinya adalah seluruh mahasiswa keperawatan semester berjumlah 105 orang. 2. Sampel Sampel adalah sebagian dari keseluruhan obyek yang diteliti dan 2 Universitas Islam Makassar

dianggap mewakili seluruh populasi (Notoatmojo, 1993), Adapun teknik penarikan sampel menggunakan metode random sampling. Rumus slovin sebagai berikut:

26

Mahasiswa keperawatan semester 2 Universitas Islam Makassar b.e² Keterangan: n = Sampel N = Populasi e² = 0. Kriteria sampel Kriteria Inklusif a.0025 = 82 Jadi besarnya sampel dalam penelitian ini yaitu = 82 Responden 3. c. . Kooperatif dengan peneliti.27 n= N 1+N. Sehat jasmani dan rohani (tidak dalam keadaan sakit).05 ² = 0.

Data sekunder Merupakan data yang diambil dari instansi tempat penelitian yang dibutuhkan dalam penelitian. Data primer Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara langsung menggunakan kuesioner. b. Pengumpulan data a. Waktu penelitian Penelitian ini akan dilakukan pada bulan Agustus 2011 D. C.28 d. Dalam keadaan sakit. Tidak bersedia untuk diteliti. Lokasi penelitian Lokasi penelitian yang dimaksud adalah tempat dimana peneliti akan melakukan penelitian yaitu di universitas islam makassar 2. Masih aktif dalam perkuliahan Kriteria Eksklusif a. Lokasi dan Waktu Penelitian 1. Tehnik Pengumpulan Data 1. Berupa data awal yang diperoleh dari mahasiswa Keperawatan di Universitas Islam Makassar . Tidak aktif mengikuti perkuliahan pada saat penelitian berlangsung b. c.

mengamati apakah semua pertanyaan telah terjawab. konsistensi jawaban ada / tidaknya kekeliruan lain yang mungkin dapat mengganggu proses pengolahan data. Editing Editing yaitu memeriksa. Tabulasi Tabulasi yaitu setelah pengkodean kemudian dikelompokan ke dalam suatu tabel untuk memudahkan menganalisis data. Koding Koding yaitu melakukan pengkodean terhadap setiap jawaban agar proses pengolahan data lebih mudah. 3. Tehnik Pengolahan Data Data yang dikumpulkan diolah dengan langkah-langkah sebagai berikut : 1. jawaban yang ada atau tertulis dapat dibaca atau tidak. Tehnik Analisa dan Penyajian Data Analisa data dalam penelitian ini dilakukan dengan program komputer SPSS dengan uji chi square yaitu untuk mengetahui hubungan antara motivasi menjadi perawat dengan prestasi belajar pada matakuliah konsep dasar keperawatan. 4. Evaluating Evaluating yaitu proses penilaian pada setiap jawaban yang diberikan oleh responden F. .29 E. 2.

faktor yang cukup penting dan tidak boleh ditinggalkan adalah adanya ijin penelitian dari pimpinan lembaga atau institut yang dipilih menjadi tempat penelitian. Jika subyek peneliti bersedia untuk diteliti maka mereka harus menandatangani lembar persetujuan tersebut. Lembar persetujuan menjadi responden. Peneliti menjelaskan maksud dan tujuan penelitian yang dilakukan. barulah peneliti melakukan penelitian dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut : 1.30 G. jika menolak untuk diteliti. 3. maka peneliti tidak akan memaksa dan akan menghormati hak-haknya. Confidetiality. Anonimity ( tanpa nama ) Nama subjek penelitian tidak akan dicantumkan pada lembar quiseoner. 2. Setelah semua surat ijin selesai. untuk mengetahui keikutsertaan subjek. Lembar persetujuan diberikan kepada subyek yang akan diteliti. . Kerahasiaan informasi dijamin oleh Peneliti dengan cara hanya menyajikan / melaporkan kelompok data tertentu. Tehnik Etika Penelitian Untuk dapat melakukan penelitian. Peneliti akan memberi kode pada lembar quiseoner.