Internship Menuju Indonesia Sehat

Pendahuluan Selain pendidikan, tingkat kesehatan merupakan indikator kesejahteraan suatu masyarakat dalam sebuah negara, maka dari itu infrastruktur kesehatan sangatlah penting untuk terus diperhatikan dan ditingkatkan. Salah satu bagian infrastruktur yang terpenting adalah tenaga kesehatan, dan profesi dokterlah yang menjadi ujung tombak sumber daya manusiannya. Sejarah Dikti sejak tahun 2003 hingga 2008 telah menjalankan proyek yang bernama Health Worksforce and Service ( HWS ). HWS ini adalah suatu proyek yang didalamnya mempersiapkan dan menerapkan KBK di seluruh Institusi Pendidikan Dokter. Rekomendasi penyelanggaraan internship ini, merupakan hasil dari studi orientasi proyek HWS Dikti ke 4 negara yaitu Inggris, Belanda, Australia dan Singapura dan hasil dari studi orientasi ini kemudian dijadikan masukan bagi Kolegium Dokter Indonesia. Kesimpulan yang dapat diterima adalah bahwa masing-masing negara memiliki program internship yang berbeda, bervariasi dan tidak sama. Tetapi hal yang harus ditegaskan bahwa terdapat suatu kesamaan yaitu, internship merupakan program pelatihan lanjutan untuk praktek mandiri sebelum mendapatkan kewenangan dan izin praktek mandiri sebagai dokter pelayan primer ( General Practice ). Realita sekarang Di Indonesia sendiri yang pertama kali menerapkan program Problem Based Learning, adalah Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Padang. Hingga saat Unand telah menghasilkan lulusan pertamanya di tahun 2009, dan para lulusan ini akan mengikuti Uji Kompetensi di awal 2010. Mereka akan dipersiapkan mengikuti program Internship yang pertama kalinya di Indonesia, dan diharapkan program pilot project penerapan

program internship yang pertama ini akan menuntun kita pada program internship yang sesuai untuk situasi Indonesia. para calon dokter . Menteri Kesehatan ( MenKes ) Endang Rahayu Sedyaningsih mengatakan. FK Universitas Jenderal Soedirman 6. FK Universitas Airlangga 5. Selama masa pendidikan. Pemerintah kemudian mewajibkan setiap dokter yang telah selesai menempuh pendidikan kedokteran dan telah lulus Uji Kompetensi Dokter Indonesia ( UKDI ) untuk mengikuti program Internship Dokter Indonesia ( IDI ) selama setahun. Di samping itu. FK Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Manfaat internship Program ini juga merupakan pioner bagi pendidikan kedokteran yang berbasis kompetensi. program ini bermanfaat bagi RS dan Puskesmas. sehingga mutu layanan kesehatan di daerah tersebut berdampak baik dan memuaskan masyarakat. sehingga para tenaga dokter indonesia akan siap dengan sistem dan situasi internasional yang terkait dengan kebijakan internship bagi para tenaga dokter. oleh karena itu Indonesia pun perlu melaksanakan internship. FK Universitas Gajah Mada 4. FK Universitas Hasanuddin 9. FK Universitas Indonesia 3. internship merupakan proses pemantapan mutu profesi dokter. Sebagian besar negara maju telah melaksanakan program internship untuk lulusan fakultas kedokteran. kata MenKes. FK Universitas Andalas 2. FK Universitas Tanjungpura 8. karena dengan adanya peserta internsip ini tenaga pelayanan akan bertambah. Langkah tersebut untuk menerapkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan. FK Universitas Islam Sultan Agung 7. Program Intership Dokter Indonesia akan bekerja sama dengan 9 Fakultas Kedokteran di Indonesia yaitu: 1.

diperlukan 210 ribu dokter. Kemudian akan di evaluasi semua aspek keprofesiannya. rekanan kerja dan teman belajar serta konsulen. kebutuhan dokter di Indonesia baru bisa dipenuhi sekitar 6-7 tahun. Tiap tahun. karena statusnya masih calon dokter. Internship. sehingga diharapkan dokter magang selalu menjaga mutu tindakannya sesuai standar pelayanan rumah sakit dan puskesmas. diprediksikan ada 3. kebutuhannya akan . Namun.000. Kalau untuk mencapai formasi ideal. Untuk mencapai rasio 1:10 ribu. Melalui program internship. rasio dokter-pasien di Indonesia idealnya 1:10 ribu. rasionya sudah 1:5. Selama pendidikan mereka belum mempunyai kewenangan untuk membuat keputusan dan melakukan tindakan secara mandiri. Harapan kita adalah melalui program internship ini akan dihasilkan dokter yang semakin kompeten untuk memberikan layanan kesehatan primer bagi masyarakat luas. Selain itu.000 lulusan kedokteran. Mengurangi risiko malapraktik karena dokter baru akan didampingi dokter sejawat. mengapa diperlukan? kebutuhan dokter di Indonesia kurang lebih mencapai 20 ribu orang. para dokter akan belajar bagaimana seharusnya seorang dokter bersikap dan bertindak secara profesional.telah dibekali kompetensi akademisi dan keprofesian. Artinya. Selain itu dokter dapat melahirkan keterampilan teknis medis dan berkesempatan mengembangkan keterampilan komunikasi yang baik dan efektif dengan pasiennya. sehingga cita-cita untuk mewujudkan Indonesia sehat akan segera tercapai.000-5. Di negara maju. semua tindakannya masih dibawah supervisi dan bimbingan para pendidiknya.

Kuantitas dokter yang dihasilkan harus berbanding lurus dengan kualitas yang dimiliki. salah satunya adalah program internship yang dilakukan pertama kali oleh universitas andalas. namun bukan berarti bangsa Indonesia harus mencetak dokter dalam jumlah yang banyak dan dalam waktu yang singkat untuk memenuhi kebutuhan tersebut. calon dokter baru bisa mengajukan izin praktek. Ketika UU Praktik Kedokteran disahkan pada tahun 2004. Sehingga ada balancing antara kebutuhan ideal dengan kebutuhan masyarakat. . Program ini diharapkan agar para lulusan dokter umum dapat segera bekerja penuh dan berpraktik secara mandiri. Yang diperlukan bukan hanya sekedar kuantitas tapi kualitas dari dokter tersebut untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat. Jadi. Karena kita baru memiliki 80 ribu dokterhal itu sungguh memprihatinkan. Selama ini. terlalu panjang proses yang harus dilalui oleh seorang dokter baru untuk dapat melakukan praktik. ke depan akan semakin ketat pengajuan izin prakter karena profesi dokter amat riskan. Setelah mendapat STR. Beberapa program pemerintah telah diupayakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.semakin tinggi. Untuk itulah internship harus jalan. Selain itu. Internship sendiri sebagai syarat bagi calon dokter untuk memperoleh STR dari Konsil Kedokteran Indonesia (KKI). program magang atau internship ini semakin menguat untuk dilakukan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful