You are on page 1of 2

Apakah Demam Berdarah Itu ?

Demam Berdarah) ialah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh VIRUS DENGUE, yang disebarkan melalui GIGITAN NYAMUK Aedes aegypti.

Demam Berdarah

Oleh : Adisti Yuliandini Pembimbing : DR. dr. Edi Hartoyo, Sp.A(K) Bagian/ SMF Ilmu Kesehatan Anak FK UNLAM – RSUD ULIN Januari, 2013

Virus dengue TIDAK dapat masuk sendiri kedalam tubuh manusia. Ia perlu bantuan NYAMUK, dan tidak sembarangan nyamuk dapat membawa virus ini. Hanya nyamuk jenis AEDES AEGYPTI yang bisa.

• Berwarna hitam dengan bercak putih pada kaki dan badannya • Menggigit biasanya pada dan hari • Bila hinggap, posisinya mendatar • Berkembang biak di genangan air jernih baik di dalam maupun di luar rumah • Jarak terbangnya 100 m.

TANDA dan GEJALA
Gejala pada masa akut ( hari ke 1,2, dan 3) adalah DEMAM ditambah dengan gejala KLMNO(P) 1. Kepala nyeri, pusing 2. Lemah

Tubuhnya kecil, hidup di rumah dan sekitarnya, suka di tempat yang gelap dan kurang cahaya matahari

3. Mual, muntah 4. Nyeri Otot dan sendi 5. Perdarahan spontan jarang terjadi pada fase akut

pa

5 • Operasi Caesar Pengobata n Akibat sakit demam berdarah yang paling penting adalah Proses persalinan melalui vagina dianggap lebih meningkatkan risiko penularan dari ibu ke anak. 1 – 2 liter sehari  Bawalah penderita ke tenaga/ fasilitas kesehatan terdekat untuk di periksa lebih teliti. • Hindari Pemberian ASI sangat dianjurkan untuk guna mengurangi terhadap anak. berilah pertolongan pertama pada penderita dengan :  Memberi minum banyak. mengganti ASI dengan susu formula risiko penularan Target kita bersama !! . Bagi ibu penyandang HIV-positif. sementara caesar menunjukkan kemungkinan terjadinya penurunan risiko.Sifat demam adalah demam tinggi lebih dari 38. operasi telah KEHILANGAN CAIRAN Maka dari itu bila ada anggota keluarga yang menunjukkan tanda – tanda penyakit ini.