P. 1
Sistem Informasi Debitur (SID)

Sistem Informasi Debitur (SID)

|Views: 506|Likes:
Published by Bang Anggur
penjelasan mengenai sistem informasi debitur pada bank indonesia untuk mengetahui informasi mengenai data calon debitur
penjelasan mengenai sistem informasi debitur pada bank indonesia untuk mengetahui informasi mengenai data calon debitur

More info:

Published by: Bang Anggur on Jun 09, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/28/2015

pdf

text

original

Dosen Pengampu: Embun Duriany S Disusun Oleh KP-3A (2010) Heru Prasetiyo (09) Diah Ayu Puspitasari (06

)

data nasabah di setiap bank yang terdaftar dalam Bank Indonesia akan masuk ke sistem sehingga bisa diakses oleh bank lainnya.Profil Perusahaan Sejak april 2005 . Dengan program ini. . Biro Informasi Kredit (BIK) Bank Indonesia telah meluncurkan Sistem Informasi Debitur.

 . Misi Mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah melalui pemeliharaan kestabilan moneter dan pengembangan stabilitas sistem keuangan untuk pembangunan nasional jangka panjang yang berkesinambungan.Visi dan Misi Bank Indonesia  Visi Menjadi lembaga bank sentral yang dapat dipercaya (kredibel) secara nasional maupun internasional melalui penguatan nilai-nilai strategis yang dimiliki serta pencapaian inflasi yang rendah dan stabil.

.Visi Dan Misi Pengembangan Biro Informasi Kredit BIK dikembangkan dengan visi membangun pusat informasi kredit terpercaya yang mengacu pada standar internasional (a world class credit bureau). Misinya adalah mengelola dan menyediakan layanan informasi kredit yang lengkap. kini dan utuh (LAKU) serta mendukung sistem perkreditan untuk tercapainya stabilitas sistem keuangan. akurat.

Pengertian Sistem Informasi Debitur (SID) Sistem Informasi Debitur adalah sistem yang menyediakan informasi mengenai debitur dan/atau kelompok debitur yang diolah berdasarkan laporan penyediaan dana yang diterima Bank Indonesia dari Kantor Bank Pelapor dan Kantor Perwakilan Bank Asing. .

.     Memperluas akses penyediaan kredit Meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga reputasi kredit Meningkatkan peran masyarakat mengontrol data kredit Penyediaan informasi kualitas debitur Mempermudah manajemen risiko.

INPUT SID Cakupan Informasi yang masuk dalam SID:  identitas debitur perorangan dan badan usaha  data pemberi kredit  data fasilitas kredit yang diterima  data kolektibilitas kredit kredit hari tunggakan  data penjaminan .

.

.  Hasil proses data menjadi informasi bagi debitur dan lembaga keuangan sebagai pelapor data debitur.  Proses data ditangani oleh petugas Biro Informasi Kredit di Gerai Info Bank Indonesia.Alur Proses SID  Lembaga keuangan (Bank umum. BPR. dan lembaga kredit non bank) melaporkan data nasabah debitur secara online maupun offline ke dalam Sistem Informasi Debitur yang dikelola oleh Bank Indonesia.

data penjaminan. data pemberi kredit (kreditur). data kolektibilitas kredit. data hari tunggakan. data fasilitas kredit yang diterima.Output SID • Cakupan informasi yang bisa diakses dalam Sistem Informasi Debitur Bank Indonesia adalah:Identitas debitur perorangan dan Badan Usaha. Lembaga keuangan dapat memverifikasi setiap pengajuan kredit baru dengan melihat reputasi calon nasabah dalam Sistem Informasi Debitur. . calon nasabah (debitur) akan kesulitan mendapat kucuran kredit baru. • Jika data-data tersebut menunjukkan reputasi kredit yang buruk.

IFS Capital Indonesia. Dengan adanya Sistem Informasi Debitur yang dikelola Bank Indonesia maka diharapkan bisa mengurangi angka kredit bermasalah pada Lembaga Keuangan sebagai pengelola kredit (kreditur). Enam lembaga pembiayaan yang bergabung dengan Sistem Informasi Debitur adalah GE Finance. dan lembaga kredit non bank) sebagai kreditur. 575 bank perkreditan rakyat dan enam perusahaan pembiayaan. dan Permodalan Nasional Madani. Buana Finance. BPR. Bank bisa memverifikasi setiap pengajuan kredit baru dengan melihat reputasi calon nasabah dalam SID Bank Indonesia. . Sampai dengan Februari 2009 tercatat ada 707 lembaga keuangan yang melaporkan data nasabah yang terdiri 126 bank umum. Bhakti Finance.PENGGUNA (USER) SID Lembaga Keuangan (Bank Umum. AEON Credit Service.

.  Masyarakat. sehingga akan menentukan nasibnya dimasa mendatang.  Debitur bermasalah bisa melihat rekam jejaknya dan memperbaikinya.  Bank Indonesia sebagai regulator. pembina dan pengawas bank.Pengguna SID…. diharapkan meningkatkan perannya mengontrol data kredit.

. .THANKS FOR YOUR ATTENTION....

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->