TATA TERTIB SMK AMALIYAH JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010

A.

Tujuan Tata Tertib
1. 2. 3. Terciptanya disiplin siswa, guru, dan karyawan. Terciptanya lingkungan belajar yang aman dan nyaman. Terciptanya Kegiatan Belajar dan Mengajar yang kondusif.

B.

Macam Tata Tertib 1. Tata tertib Umum
1.1Siswa wajib menjaga kebersihan di lingkungan sekolah. 1.2Siswa wajib menjaga sarana dan prasarana sekolah. 1.3Siswa wajib mengikuti kegiatan belajar dan mengajar dari hari Senin sampai dengan Sabtu, mulai pukul 06.30 sampai dengan 12.00 WIB. 1.4Siswa wajib mengucapkan salam saat bertemu teman, guru, dan karyawan di lingkungan sekolah. 1.5Siswa wajib menghormati orangtua, teman, guru, dan karyawan sekolah dengan ramah, tulus, ikhlas, baik dalam perkataan, sikap, maupun tingkah laku.

2.

Waktu Pembelajaran
2.1Siswa wajib hadir di sekolah sebelum bel tanda masuk dibunyikan. 2.2Siswa yang datang ke sekolah lebih dari pukul 06.30 WIB dinyatakan terlambat dan harus melapor ke guru piket sampai diizinkan masuk kelas. 2.3Siswa wajib mengikuti upacara bendera pada hari Senin.

3.

Kegiatan Belajar Mengajar
3.1Siswa wajib membaca do’a sebelum dan setelah belajar. 3.2Siswa wajib memelihara suasana kelasnya agar tetap dalam kondisi tertib dan tenang. 3.3Siswa tidak diperkenankan meninggalkan kelas selama kegiatan belajar dan mengajar tanpa seizin dari guru yang sedang mengajar.

3.4Siswa wajib tetap berada di lingkungan sekolah, kecuali bila ada hal-hal yang sangat penting dan harus seizin dari Kepala sekolah/Guru Piket dengan menunjukkan surat dari orangtua. 3.5Setiap pergantian jam pelajaran siswa harus tetap di kelasnya dengan tenang, hanya ketua kelas dan wakilnya yang diperkenankan menjemput atau menanyakan guru yang akan mengajar pada jam pelajaran selanjutnya.

4.

Buku dan Alat Pelajaran
4.1Siswa wajib mempunyai buku paket, buku tulis, dan perlengkapan alat belajar yang telah ditentukan oleh sekolah. 4.2Siswa wajib membawa buku sesuai jadwal pelajaran yang telah ditetapkan. 4.3Siswa wajib menjaga dan memelihara buku paket dan buku tulis agar tetap rapi dan bersih.

5.

Berpakaian
5.1Siswa wajib berpakaian seragam sesuai dengan ketentuan sekolah dalam keadaan bersih dan rapi, yaitu dengan ketentuan sebagai berikut : − − − − − Senin : Kemeja putih, celana mengenakan jaket almamater. / rok panjang putih, dan

Selasa & Rabu : Kemeja putih, celana / rok panjang abu-abu, dan mengenakan jaket almamater. Kamis : Kemeja biru kotak, celana / rok panjang hitam dan berjilbab untuk siswa putri. Jum’at : Kemeja putih, celana / rok panjang hitam berjilbab untuk siswa putri, dan mengenakan jaket almamater. Sabtu : Kemeja putih, celana / rok panjang hitam berjilbab untuk siswa putri, dan mengenakan jaket almamater.

5.2Siswa wajib memakai pakaian/seragam olahraga pada saat pelajaran olahraga berlangsung.

6.

Ekstrakurikuler
6.1Siswa wajib mengikuti upacara peringatan hari besar nasional dan peringatan hari besar Agama Islam yang diselenggarakan sekolah. 6.2Siswa wajib mengikuti salah satu dari kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan sekolah yaitu antara lain pencak silat, paskibra, atau rohis.

7.

Etika dan Estetika
7.1Siswa wajib berakhlakul karimah. 7.2Siswa wajib membiasakan mengucapkan salam, bersikap sopan santun, jujur, menghormati orangtua, guru, karyawan, dan sesama temannya baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah. 7.3Siswa wajib menjaga nama baik sekolah. 7.4Siswa wajib turut serta memelihara dan menjaga barang-barang milik sekolah. 7.5Siswa wajib membiasakan menjaga kebersihan ruangan kelas, toilet, halaman sekolah, taman sekolah, dan lingkungan sekolah. 7.6Siswa wajib membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan. 7.7Siswa wajib membiasakan budaya antri dalam mengikuti kegiatan sekolah dan luar sekolah yang berlangsung bersama. 7.8Siswa wajib menyelesaikan tugas yang diberikan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. 7.9Siswa wajib menjaga suasana tenang dalam belajar baik di perpustakaan, laboratorium, maupun tempat belajar lainnya di lingkungan sekolah.

7.10Siswa tidak diperkenankan berkata kasar dan sombong serta menyakiti orang lain. 7.11Apabila timbul masalah harus diselesaikan dengan melaporkan masalah tersebut kepada guru piket untuk diselesaikan secara musyawarah dan tidak dibenarkan mengundang dan melibatkan pihak-pihak luar sekolah. 7.12Siswa diwajibkan memelihara 5K yaitu : a. Keamanan b. Ketertiban c. Kebersihan 7.13Siswa diwajibkan memelihara 4T yaitu : a. Tertib Waktu b. Tertib Belajar c. Tertib Administrasi d. Tertib Lingkungan d. Keindahan e. Kekeluargaan

8.

Penggunaan Izin
8.1Siswa yang berhalangan hadir atau sakit, izin atau hal lain harus memberi kabar tertulis kepada wali kelas. 8.2Siswa yang tidak hadir tanpa memberikan kabar akan dikenakan sanksi. 8.3Siswa yang tidak masuk berturut-turut selama 3 (tiga) hari tanpa alasan yang jelas akan mendapat sanksi peringatan tertulis melalui wali kelas. 8.4Siswa yang tidak masuk 5 (lima) hari tidak berturut-turut dalam sebulan akan mendapat sanksi peringatan tertulis melalui wali kelas. 8.5Siswa yang izin 3 (hari) atau lebih harus mengajukan permohonan izin kepada Kepala sekolah.

9.

Upacara
9.1Siswa wajib hadir tepat waktu jam 06.25 WIB. 9.2Siswa wajib berlangsung. menjaga ketertiban dan ketenangan selama upacara

9.3Siswa yang menjadi petugas upacara diharuskan hadir 15 (lima belas) menit sebelum upacara dimulai. 9.4Siswa yang terlambat tidak diperkenankan memasuki lapangan upacara.

10.

Piket Siswa

10.1Siswa yang mendapat tugas piket kelas wajib melaksanakan tugasnya dengan baik. 10.2Piket kelas wajib menyiapkan dan memelihara perlengkapan kelas. 10.3Piket kelas mempunyai tugas a. Mempersiapakan sarana penghapus, spidol, dll. dan prasarana pembelajaran seperti

b. Merapikan hiasan dinding, seperti struktur organisasi kelas, jadwal piket, dan hiasan lainnya. c. Menjaga kebersihan kelas dan halaman kelas.

11.

Administrasi
11.1Tiap siswa mempunyai kartu Pembayaran Uang sekolah. Pada waktu membayar harus dibawa dan dijaga keutuhan dan kebersihannya. 11.2Harus melunasi uang SPP paling lambat tanggal 15 (lima belas) setiap bulan, apabila melewati tanggal yang telah ditentukan akan dikenai biaya administrasi. 11.3Harus melunasi uang pangkal, uang UN, dan uang sumbangan lainnya dengan jumlah dan waktu yang telah ditentukan.

C.

Larangan
Siswa SMK Amaliyah Dilarang : 1. 2. 3. 4. Merokok, meminum minuman keras, mengedarkan atau mengkonsumsi obat terlarang, dan berpacaran di lingkungan sekolah. Membawa bacaan, film, kaset, gambar, kartu, dan media lainnya yang tidak sesuai dengan ajaran Islam. Mencoret bangku belajar, dinding sekolah, dan peralatan lainnya. Berambut panjang melewati telinga di sisi kiri – kanan, melewati kerah baju di belakang, melewati batas alis di depan, memberi cat rambut, memakai kalung, gelang, anting dan cincin bagi siswa laki-laki. Mengenakan jaket, sweater, handuk, dan ikat pinggang yang berkepala besar. Menggunakan make-up, perhiasan, dan barang-barang mewah pada jam pelajaran. Meninggalkan kelas tanpa izin. Menerima tamu dan mengajak teman yang bukan siswa SMK Amaliyah atau bukan anggota kelasnya ke dalam kelas. Berpakaian tidak sesuai dengan ajaran Islam. Makan sambil berjalan, makan di dalam kelas pada saat belajar maupun istirahat.

5. 6. 7. 8. 9. 10.

11. 12. 13. 14. 15.

Membuang sampah sembarangan. Membuat keonaran dan kegaduhan. Mengaktifkan Handphone (HP) selam jam pelajaran berlangsung. Berbicara kotor, mengumpat, bergunjing, menghina, dan memanggil antar sesama siswa atau warga sekolah dengan panggilan yang tidak baik. Mengambil barang milik orang lain menyembunyikan barang milik orang lain. tanpa izin pemiliknya atau

D.

Sanksi dan penghargaan
1. Sanksi Siswa yang tidak melaksanakan kewajiban dan melanggar tata tertib ini, akan dikenakan sanksi berupa : a. Peringatan lisan dan diambil / disita barang-barang yang terlarang sesuai ketentuan di atas untuk dibawa dan dikenakan point pelanggaran di buku saku tata tertib. b. Pemberian tugas c. Peringatan tertulis d. Skorsing I, II, dan III e. Dikeluarkan

2.

Penghargaan Penghargaan diberikan oleh sekolah kepada setiap siswa yang mempunyai kepribadian baik. Mendapatkan nilai tertinggi atau standar terbaik guru bidang studi, penabung terajin, pembayar SPP yang selalu tepat waktu, pengunjung perpustakaan terajin, dll. a. Berbentuk pujian b. Point reward di buku saku tata tertib c. Berbentuk penghargaan d. Hadiah.

E.

Penutup
Hal-hal yang belum diatur dalam tata tertib ini dan dipandang untuk kemajuan sekolah, akan diatur dan ditetapkan kemudian.

Jakarta, 13 April 2009

Kepala SMK Amaliyah

Luhur Budiarso, S.Pd. Catatan : KETENTUAN POINT N o 1. 2. 3. Keterangan:
• • • • • Siswa yang telah mendapatkan skor point penghargaan sejumlah 70 akan mendapatkan hadiah. Siswa yang mendapat skor point pelanggaran sejumlah 50 akan dilaksanakan peringatan tertulis dan pemanggilan orangtua siswa. Siswa yang mendapat skor point pelanggaran sejumlah 100 akan dilaksanakan tindakan skorsing. Siswa yang mendapat skor point pelanggaran sejumlah 150 akan dikeluarkan. Evaluasi buku saku tata tertib akan dilaksanakan setiap 1 (satu) bulan dan diumumkan pada acara khusus, misalnya pada upacara bendera.

Ketentuan Tata Tertib Penghargaan Tata Tertib Umum Larangan

Jumlah Point 7 5 15

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful