MAKALAH-IPI

1

PERIODESASI PENDIDIKAN ISLAM A. Pendahuluan Pendidikan merupakan tulang punggung (backbone) ajaran Islam. Lebih dari 800 ayat Al-Quran membahas atau menyinggung tentang pentingnya keilmuan. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya ilmu dan pendidikan dalam Islam. Dalam Al-Quran surat Al-Mujadalah ayat 11 dijelaskan :

                                           

Artinya

:Wahai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu,”Berilah kelapangan di dalam majlis-majlis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan,”Berdirilah kamu,”maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat derajat orangorang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derjat. Dan Allah Maha teliti tehadap yang kamu kerjakan.1 Hanya dengan ilmu, dua tujuan pokok agama dapat tercapai. Dua tujuan

utama itu adalah pertama, tauhid. Yakni, mengesakan atau men-satu-kan Allah. Yang konsekuensinya adalah keinginan inheren untuk menyembahNya dan kepatuhan mutlak pada syariah-Nya (QS An Nisa’[4]: 59) Kedua, akhlakul karimah. Ilmu apapun yang dipelajari—ilmu agama atau umum, bertujuan untuk meningkatkan akhlak seorang muslim pada level akhlak Rasulullah yang dijelaskan dalam Al-Quran surat Al-Qalam ayat 4 :

      
Artinya : dan sesungguhnya engkau benar-benar berbudi pekerti luhur.2 Dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 1 dinyatakan bahwa :
1 2

Al-Quran dan Terjemahannya, (Jakarta:CV.Karya Insan Indonesia,2004),h. 793 Ibid., h. 826

pengendalian diri. fase ini merupakan persiapan dalam menghadapi hidup baru yaitu berkeluarga. gambaran pra kelahiran ini terbukti secara empirik. Di antara perkembangan yang teramat penting dalam kehidupan manusia adalah sewaktu dalam kandungan ibu (pra-natal). yang menjadi wadah bagi ruh selama ia mengalami kehidupan duniawi. kehidupan manusia telah dimulai pada saat sebelum lahir. 3 UU SISDIKNAS No 20 tahun 2003.3 Pendidikan Islam adalah kebutuhan hidup (need of life) baik untuk masa sekarang ataupun pada masa yang akan datang. Pendidikan Bagaimana pendidikan islam mulai dari masa kandungan sampai masa dewasa. bahwa pendidikan harus menjadi kebutuhan sepanjang hayat manusia. AlQur'an bahkan merupakan satu-satunya kitab suci yang membahas tentang awal proses perkembangan pra kelahiran manusia di dalam perut ibu secara cukup rinci. penulis uraikan pada bahasa berikutnya. kecerdasan. juga diciptakan Allah sesuai dengan ketentuannya. Jasmani manusia. Dengan makna. 7 . yang dapat dibagi ke dalam dua fase: 1. Fase Pemilihan Jodoh Pendidikan dalam Islam sudah dimulai dari pemilihan jodoh. Manusia memiliki ruh yang telah hidup sebelum saat kelahirannya di dunia. akhlak mulia. kepribadian. bangsa. Ruh manusia ini ditiupkan malaikat untuk masuk ke dalam jasmani manusia pada saat ia dikandung ibunya. Kemudian setelah peralatan kedokteran berkembang pesat. h. serta keterampilan yang diperlukan masyarakat. (Jakarta: Sinar Grafika. Pendidikan pra natal merupakan pendidikan yang dilaksanakan seorang ibu sebelum melahirkan. 2003). dan Negara”. B.2 “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan. Periode Pranatal ( Tarbiyah Qabl al-Wiladah) Menurut perspektif Islam.

َ ‫ق ا‬ : ‫ل‬ ‫ قَق‬، ‫ه‬ ِ ّ ‫ن عُب َي ْدِ الل‬ َ َ ‫حد ّث‬ َ َ ‫حد ّث‬ َ ‫ح‬ ْ َ ‫ن ا ي‬ َ ، ‫د‬ ٌ ّ ‫سد‬ َ َ ‫م‬ ُ ‫ن ا‬ ْ َ‫ ع‬، ‫ى‬،‫ي‬ َ َ َ ‫بقق ي‬ ِ ‫س‬ ِ ‫س‬ ِ َ ‫حد ّث‬ ِ ‫بي‬ ٍ ‫عي‬ َ َ ‫ب ي‬ َ ‫ن ي‬ ِ‫نأ‬ ِ‫نأ‬ ِ‫نأ‬ ْ َ‫ ع‬، ‫ه‬ ْ َ‫ ع‬، ‫د‬ ُ ْ ‫عيد ُ ب‬ ّ ‫صق‬ ‫ه‬ ‫ عَق‬، ‫ه‬ ِ ‫ر‬ ُ ‫ى اللق‬،‫ل‬ ُ ‫ه عَن ْق‬ ُ ّ ‫ ي الل‬ َ ‫ ي‬ ّ ‫ن الن ّب ِق‬ َ ‫ض‬ َ َ‫رة‬ َ ْ ‫ري‬ َ ُ‫ه‬ ِ َ َ َ ‫م‬ َ ‫ق ا‬ ‫ق ا‬ ‫م ال ِهَق‬ ِ ُ‫رأة‬ ِ ْ ‫عَل َي‬ ُ َ ‫ " ت ُن ْك‬: ‫ل‬ َ َ‫ه و‬ َ ِ ‫ ل‬: ‫ع‬ َ ‫ح ال‬ َ ّ ‫سل‬ ْ‫ل‬ ْ ‫مق‬ ٍ ‫رب َق‬ َ ، ‫ه ا‬ َ ِ‫ر ب‬ ، ‫ن‬ َ ْ ‫ف اظ‬ ِ ‫ذا‬ ِ ِ ‫ه ا وَل‬ ّ ‫ت ال ق‬ َ َ‫ه ا و‬ َ ِ ‫وَل‬ َ ‫ح‬ َ ‫ج‬ َ ِ ‫دين‬ َ ِ ‫م ال‬ َ ِ ‫سب‬ ْ ‫ف‬ ِ ‫دي‬ َ ‫دا‬ "‫ك‬ َ َ‫ت ي‬ ْ َ ‫ت َرِب‬ Dari Abu Hurairah r.3 Pemilihan jodoh merupakan proses yang ikut menentukan arah pendidikan seorang anak. maka kamu akan beruntung” (HR. Nmr. agar pernikahan yang dijalankan mendapat berkah dari Allah SWT. Bukhari Muslim)4 Ada syarat yang penting dalam menentukan calon istri. al-Jami’ Musnad as-Shahih alMukhtashar. 3) Wanita yang shaleha 4) Sekufu 5) Wanita yang hidup dalam lingkungan yang baik 6) Sebaiknya memilih wanita yang silsilah keturunannya masih jauh 7) Wanita yang gadis dan subur (bisa melahirkan). h.a. h. 5090 5 Ramayulis. Rasulullah telah memberikan gambaran tentang pemilihan calon istri atau calon suami : a. keturunannya. Pemilihan calon suami. Pemilihan calon istri. 1422). karena hartanya. (Jakarta: Kalam Mulia. dari Nabi saw bersabda: ”wanita dinikahi karena empat hal. dalam sebuah hadis Rasulullah telah bersabda yang terjemahannya adalah. Juz 7. di antaranya: 1) Saling mencintai 2) Memilih wanita karena agamanya. Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya.5 b. Ilmu Pendidikan Islam. 7. (Mesir: Dar al-Tuqu an-Najah.”Apabila kamu sekalian didatangi oleh seorang yang agama Muhammad bin Ismail Abu Abdullah al-Bukhari al-Ja’fi. 2012). Pilihlah wanita yang kuat agmanya. Cet Ke-IX. 436 4 . kecantikannya dan karena agamanya.

Peningkatan Iman dan amal b. h. 224 8 M. Fikih Islam. h. yang mencakup ijab dan Kabul antara wanita yang dilamar dengan laki – laki yang melamar atau pihak yang mewakilinya. 309 .. menurut syara’ artinya: akad yang telah terkenal dan memenuhi rukun – rukun serta syarat yang telah tertentu untuk berkumpul. Tirmidzi)6 Dari hadis ini dapat diambil sebuah pelajaran bahwa Rasulullah saw tidak hanya menganjurkan kepada pria untuk memilih istri yang taat beragama. (Jakarta: Lentera.8 Ada beberapa aspek yang dijelaskan oleh syariat Islam yang berhubungan dengan anjuran pernikahan. Adapun nilai – nilai pendidikan yang terkandung dalam pernikahan tertuang dalam dalam khutbah nikah. akan tetapi juga menganjurkan kepada wanita untuk memilih suami yang taat beragama juga. yaitu: a. 1999). Pernikahan bertujuan untuk ketentraman dan kasih saying c.4 dan akhlaknya kamu ridhoi. (Jakarta: Asdi Mahasatya. Pernikahan untuk mendapatkan keturunan d. maka akan menjadi fitnah di muka bumi ini dan tersebarlah kerusakan”. Memelihara silaturrahmi 6 7 Ibid. diantaranya: a. Fiqih Lima Mazhab. h. 2004). 2. Fase Pernikahan Nikah menurut bahasa berarti mengumpulkan. Jawad Mughniyah. maka kawinkanlah ia. Pergaulan baik antara suami dan istri c. jika kamu tidak melaksanakannya.7 Para ulama mazhab sepakat bahwa pernikahan baru dianggap sah jika dilakukan dengan akad. Kerukunan rumah tangga d. Pernikahan merupkan sunnah Rasulallah b. 437 Abdul Fatah Idris dan Abu Ahmadi. (HR. Pernikahan untuk memelihara padangan dan menjaga kemaluan dari kemaksiatan.

Al-Qiyamah 9 10 Ramayulis.h. op.5 e.. Tahap ini berlangsung selama lima setengah minggu. Hal sesuai dengan Firman Allah dalam Qs. Fase Kehamilan Secara umum masa ini berlangsung lebih kurang 9 bulan 10 hari. Al-Qiyamah [75]: 37-38. An-Najm [53]: 45-46 dan Al-Kahfi [18]: 37.9 3. Proses dalam tahap ini berlangsung selama 40 hari. dimula ketika zigot sudah tertanam dengan baik pada dinding rahim. lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging.10 Pada masa kehamilan ada tiga tahap proses yang dilalui: 1) Tahap nuthfah. yang dikenal dengan tahap embrio. 2) Tahap ‘alaqah (segumpal darah). Proses ini dimulai ketika sperma melakukan penetrasi terhadap telur dalam proses pembuahan yang normal. Al-Quran juga telah membahas mengenai tahapan ini dalam Qs. 438 – 439 Al-Quran dan terjemahannya. Tahap ini merupakan awal dari kehidupan manusia. lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. op. Cit. dalam bahasa biologi disebut dengan tahap germinal atau praembrionik. Masa pasca konsepsi mempunyai peranan yang sangat penting bagi proses pembentukan kepribadian manusia selanjutnya. Dalam surat Al-Mukminun ayat 14 Allah SWT menerangkan :                            Artinya : Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah. Maka Maha sucilah Allah. h. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain.476 .cit. Mawas diri dalam segala tindakan dan perilaku. dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang. Pencipta Yang Paling Baik.

stres dan perasaan sedih yang dapat menimbulkan gangguan terhadap perkembangan sibayi. yaitu: 1) Seorang ibu yang sedang hamil harus mendoakan anaknya. ‘Alaqah dalam bahasa Arab mengandung pengertian “sesuatu yang menggantung”. hubungan antara janin dengan sang ibu sangat dekat sekali. Raja Grafindo Persada. 3) Tahap mudhghah. h. Kerana keikhlasan akan bernilai ibadah di sisi Allah. Aliah B.11 Pada kehamilan. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh seorang ibu hamil: 1) Makan makanan yang bergizi 2) Menghindari benturan 3) Menjaga emosi.6 [75]: 38-39. (Jakarta: Bumi Aksara. pendidikan juga harus dimulai dari masa kehamilan. hendaklah orang tua berdoa agar anaknya kelak dijadikan anak yang shalah. Ilmu Pendidikan Islam. mulai dari minggu kedelapan kehamilan dan berakhir sampai melahirkan. 76-87 12 Bukhari Umar. (Jakarta: PT. atau dalam bahasa biologi disebut dengan fetus. 2006). Untuk itu. 3) Ikhlas dalam mendidik anaknya. Psikologi Perkembangan Islami. 2) Ibu harus menjaga dirinya agar mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal. Proses pendidikan terhadap janin dapat dilakukan secara tidak langsung oleh sang ibu sebagai guru pertama dalam mendidik anak. (segumpal daging). Dalam al-Quran tahap ini dijelaskan Allah swt melalui firman-Nya dalam Qs. 5) Dan masih banyak lagi yang lainnya. Al-Mukminun [23]: 14 dan As-Sajdah [32]: 29. h. Purwakania Hasan. 2010). Karena anak tersebut adalah amanah dari Allah yang dititipkan kepadanya.12 Sementara itu. 4) Menjauhi minuman keras. karena akan berpengaruh terhadap perkembangan anaknya. tahap ini berlangsung sekitar 30 minggu. 115-116 11 .

dengan janin itulah sebenarnya yang diebut dengan pendidikan pada masa itu. Mengeluarkan zakat fitrah d. pemaaf. op.7 4) Suami harus memenuhi kebutuhan istrinya yang sedang hamil. kasih saying. 445 . Di samping itu juga sebagai perisai bagi anak. cit. 443-445 Ibid. h. terutama ibu. h. seperti. Mendapatkan hak waris e. Hikmahnya adalah. Hal ini akan berpengaruh dan menjadi ransangan positif bagi anak dalam kandungan. Menyampaikan kabar gembira dan ucapan selamat atas kelahiran 13 14 Ramayulis. lemah lembut.13 Menurut Zakiah Derajat. akan tetapi perilaku – perilaku yang diamalkan oleh kedua orang tuanya itu sangat memberikan pengaruh kepada janin yang ada dalam kandungan. karena hal ini bisa mempengaruhi emosi istri. 6) Kedua orang tua harus berakhlak mulia. 5) Selalu mendekatkan diri kepada Allah. Periode Pasca Natal ( Tarbiyah Bakda Al-Wiladah) 1.. c. Setelah proses kelahiran anak.14 C. Memberikan nama yang bagi anak. sebenarnya proses pendidikan yang dilakukan pada masa itu tidak langsung kejanin yang ada dalam kandungan. supaya azan yang berisi pengagungan Allah dan dua kalimah syahadat itu merupakan kalimat atau suara yang pertama kali masuk ke telinga bayi. hal yang harus dilakukan orang tuanya adalah : a.. Menyerukan azan atau iqamat di telinga bayi. dan selalu menjaga kerukunan dalm keluarga ataupun tetangga. terutama pada masa-masa awal kehamilan. b. Fase Bayi Fase bayi ini berlangsung dari usia 0-2 tahun. karena azan diyakini sebagai pengusir syeitan dari bayi yang baru lahir. sopan. Kontak psikis antara orang tua. baik melalui ibadah wajib ataupun ibadah sunnah.

h. (Jakarta:Erlangga. Cit. 102 18 Elizabeth B. Para ahli psikologi menyatakan masa ini disebut dengan masa menjelajah. melihat pentingnya memberikan stimulus dalam usia dini. bayi membutuhkan stimulus dari luar.18 Masa anak – anak ini dibagi menjadi dua fase. h. bagaimana perasaannya dan bagaimana ia dapat menjadi bagian dari lingkungan. h. Masa ini juga merupakan krisis pertama yang memerlukan kesabaran dan kebijaksanaan bertindak orang tua sebagai pendidik.1998).15 g.17 2. Cit.8 f. Perkembangan ini ditandai dengan menuculnya sikap egosentris (raja kecil) pada diri setpa anak.. Fase Anak – Anak Masa anak – anak berlangsung selepas usia 2 sampai 12 tahun. hal ini ditunjukkan oleh keinginan anak-anak untuk selalu mengetahui keadaan lingkungannya. bagaimana mekanismenya.16 Awal dua tahun pertama setelah kelahiran bayi merupakan periode sensorimotorik. Kerja sama yang baik antara ayah dan ibu. Psikologi Perkembangan. Melaksanakan Aqikah. 15 16 Ibid. Untuk memperoleh perkembangan bayi secara optimal. sebagaimana dinyatakan dalam hadis: Sesungguhnya Rasulallah saw pernah menjulurkna lidahnya kepada Hasan bin Ali r. Permulaan Masa Anak – Anak Pada awal masa ini berkisar antara usia 2-5 tahunan. 118 17 Aliah B. Nabi Muhammad saw.109 . Pada tahap ini. Melaksanakan kewajiban untuk menyusui minimal 2 tahun..a sehingga begitu melihat warna merah lidahnya. op. Abu Hurairah). Purwakania Hasan. h.. op. anak kecil ini lalu kegirangan (HR. Hurlock. 447-449 Bukhari Umar. h. yaitu sebagai berikut: a. Masa ii juga disebut dengan remaja kecil. bayi belajar meningkatkan kemampuan penginderaan dan kemampuan motoriknya. Menerapkan akhlak yang baik dalam merawat anak i.

tetapi ia telah memiliki potensi kejiawaan dan dasar – dasar kehidupan ber-Tuhan. 451 21 Ibid. 453 . namun didalam diri anak – anak harus ditumbuhkan kebiasaan melakukan sesuatu yang baik dan dikenalkan disiplin. op. suka protes. h.19 Adapun karakteristik anak pada masa ini adalah: 1) Dapat mengontrol tndakannya 2) Selalu ingin bergerak dalah suatu yang alami 3) Berusaha mengenal lingkungan sekeliling 4) Perkembangan yang cepat dalam berbicara 5) Senantiasa ingin memiliki sesuatu. keras kepala.20 Jika dilihat dari aspek keagamaan. pada masa ini anak – anak belum mempunyai kesadaran beragama. melalui tanda – tanda kekuasaan-Nya dan menginterpretasikan berbagai gejala alam melalui penafsiran yang dapat mewujudkan tujuan pengokohan fitrah anak. Oleh karena itu orang tua sebagai pendidik berkewajiban melakukan hal – hal sebagai berikut: 1) Membiasakan anak untuk mengingat kebesaran dan nikmat Allah.. kewajiban orang tua yang sangat penting adalah mengajarkan al-Quran. 2) Rasa kagum anak kepada ayah dapat diergunakan oleh ayahnya untuk membina mental anaknya dengan kasih sayangnya kearah pengenalan Tuhan. 19 20 Hadari Nawawi. Hendaknya orang tua mencurahkan perhatiannya untuk mengajarkan al-Quran kepada anak sejak usia dini secara langsung.9 Orang tua sebaiknya tidak melaksanakan kehendaknya pada anak – anak. h. 7) Mulai mempelajari dasar – dasar prilaku social. Pendidikan Dalam Islam. egois.. menyai sesuatu berulang – ulang. h. yang baik dan yang buruk. Cit. 6) Mulai membedakan antara yang benar dan yang salah.21 Di samping itu. 1993). (Surabaya: Ikhlas. 155 Ramayulis.

op. 457 24 Bukhari Umar. pelindung yang terbaik baginya adalah orang – orang dewasa yang beriman kepada Allah. h. h. Pertengahan Masa Anak – Anak Masa ini berlangsung antara usia 6 – 9 tahunan. maka dia bisa tumbuh 22 23 Hadari Nawawi. Cit. aspekaspek yang wajib diperhatikan oleh kedua orang tua adalah : 1) Memberikan kasih sayang yang dibutuhkan anak dari pihak kedua orang tuanya..24 Dalam memberikan pendidikan kepada anak usia ini... Akhir Masa Anak – Anak Masa ini berlangsung pada usia 9-12 tahun. op. Awal dari fase ini adalah permulaan bagi anak – anak unutk mengenal orang dewasa diluar lingkungan keluarganya.23 c. Oleh karena itu. Cit. Jika seorang anak tumbuh dan berkembang tanpa kasih sayang. Masa bersekolah yang didasari oleh perkembagan sikap social telah memungkinkan anak usia ini bergaul dengan orang dewasa dan teman sebayanya. Cit.10 b. 159 Ramayulis. Masa ini sangat penting artinya bagi peletakan dasar untuk perkembangan selanjutnya melalui sekolah atau madrasah sebagai lembaga pendidikan. 120 . h.22 Karakteristik anak pada masa ini adalah: 1) Anak mulai bersekolah 2) Guru mulai menjadi pujaannya 3) Gigi mulai tumbuh 4) Anak mulai gemar membaca 5) Anak mulai malu apabila auratnya dilihat orang 6) Hubungan anak dengan ayah semakin erat 7) Anak suka sekali menghafal. Masa ini merupakan lanjutan masa sebelumnya yang ditandai dengan berbagai kematangan aspek psikologis yang diperlukan untuk dapat ikut serta dalam proses pendidikan formal. Tujuannya agar anak juga belajar mencintai orang lain. op.

tetapi juga praktek ibadah sebagaimana hadis Rasulullah tentang anjuran kepada orang tua untuk menyuruh anaknya melaksanakan shalat.scribd. Mulai dari awal kehidupannya.”(HR. Fase Remaja Secara umum masa remaja dianggap sebagai masa peralihan antara anak-anak dan dewasa. Selain itu terjadi 25 www.25 Pendidikan keagamaan adalah hal yang sangat diperioritaskan. Perlunya taat pada orang tua hendaknya juga menjadi etika prioritas yang selalu dicamkan ke hati anak dan didengungdengungkan di telinga anak dalam berbagai kesempatan sebagai salah satu bagian penting dari perilaku religious. 4) Membiasakan anak dengan etika umum yang mesti dilakukannya dalam pergaulan.11 menjadi pribadi yang mencintai dirinya sendiri dan kurang peduli dengan orang lain dan lingkungannya. namun mereka sepakat bahwa awal remaja diawali dengan adanya mimpi basah bagi laki – laki. Dan pisahkanlah tempat tidur mereka. mulai dari awal perkembangannya. yang artinya: “Perintahkanlah anak-anak kalian untuk shalat ketika mereka berusia tujuh tahun. bukan hanya teori. 3. 2) Membiasakan anak untuk berdisiplin. Kedisiplinan akan tumbuh dan bertambah sesuai dengan prtumbuhannya. Abu Daud) Tentu saja. sehingga anak mampu menghadapi tuntutan dan kebutuhannya pada masa mendatang. dan pukullah mereka (karena meninggalkan) shalat ketika mereka berusia sepuluh tahun. 3) Kedua orang tua hendaknya menjadi tauladan yang baik. dan menstruasi bagi perempuan. Berkisar antara umur 12 tahun sampai 21 tahun. pola pikir dan pola sikap religius itu bukan hanya shalat.com . Kalangan ahli ilmu jiwa berbeda pendapat mengenai masa usia remaja ini.

Munculnya sikap ambivalen. Selain perubahan fisik. hingga berubahnya suara pada remaja. b. yaitu: a. op.26 Masa remaja ini terbagi menjadi tiga fase. teman sepermainan. Fase Pra-Remaja Fase ini berlangsung antara usia 12-15 tahun.27 Pada masa ini. 120 . Oleh karena itu remaja sangat memerlukan kasih sayang. Cit. yaitu: a. op. Fase ini merupakan tahap akhir bagi individu dalam mempersiapkan dirinya untuk menjadi manusia dewasa yang berdiri sendiri. baik dari segi usia maupu dari segi kedudukan social. Puberitas dianggap sebagai periode sensitif yang memiliki pengaruh yang snagat besar bagi kehidupan individu. dan orang tuan. Tingginya emosi b. 458 Bukhari Umar. Perubahan minat dan pola tingkah laku d. h. mulai dari perubahan bentuk tubuh. Cit. h. yang ditandai dengan semakin meningkatnya sikap social pada anak... Periode ini 26 27 Ramayulis.12 perubahan fisik. dan seseorang yanglebih tua darinya. biasanya remaja banyak mengalami keguncangan dan putus asa karena mungkin gagal mendapatkan penerimaan teman terhadap dirinya atau bisa juga karena perbedaan dirinya dengan temannya. Gejala yang dominan adalah kecenderungan untuk bersaing yang berlangsung antar teman dan lingkungan jenis kelamin yang sama. Fase Puberitas Fase ini belangsung antara usia 15-18 tahun. Perubahan minat dan peran yang diharapkan oleh lingkungan social c. terdapat pula perubahan psikis pada remaja.

Cit. Muslim.13 menandai perpindahan dari tahap anak – anak menjadi tahap dewasa. Cit.” (HR. 5) Mengembangkan potensi mereka disemua bidang yang bermanfaat. “inilah usia yang menjadi batas antara anak kecil dan orang dewasa.. Untuk itu diperlukan langkah – langkah yang bijaksana dari orang dewasa dalam melakukan pendekatan kepada remaja. seperti wirid remaja. Aku memberitahukan hal ini kepada Umar Ibn Abdul Aziz.. 2) Mengarahkan mereka kepada kegiatan – kegiatan yang positif. op. 7) Membuka dialog dan menyaarkan mereka akan status social mereka. 6) Menganjurkan kepada mereka untuk berpuasa sunat. Abu Dawud. op. Sebagaimana dinyatakan dalam sebuah hadist: Dari Nafi’ ia berkata. Bukhari. Pada masa ini pembentukan dan 28 Aliah B. at-Tirmizi dan an-Nasa’i)28 Pada masa ini kecenderungan remaja menganggap dirinya telah dewasa sehingga mempersulit untuk diberikan bimbingan dan arahan kepada mereka. h. yaitu: 1) Mengetahui perubahan – perubahan kepada mereka yang sedang puber dengan melakukan pengamatan.29 c. maka diapun berkata. Akhir Fase Remaja Masa ini berlangsung antara usia 18-21 tahun dan disebut juga masa awal kedewasaan. Purwakania Hasan. h. 3) Menanamkan rasa percaya diri pada mereka dan siap mendengarkan pendapat mereka 4) Menyarankan agar menjalin persahabatan dengan teman yang baik. 109 29 Ramayulis. 459-460 .

Dengan demikian. dengan memberikan solusi yang terbaik. Pendidikan anak adalah proses pemberian dasar pengetahuan. Masa dewasa ini terbagi menjadi tiga tahap. h.14 perkembangan suatu system moral pribadi sejalan dengan pertumbuhan pengalaman keagamaan yang bersifat individual.30 Perlu disadari. Sedangkan pendidikan orang dewasa lebih menitik beratkan pada peningkatan kehiduan mereka. masa dewasa disebut juga masa ketenangan jiwa. Dewasa Dini Yaitu masa pencarian kemantapan dan masa reproduktif.. yang sesuai dengan tuntunan Islam. anak sudah siap memasuki fase dewasa awal dalam tahap pertumbuhannya. Pendidikan anak . ketetapan hati dan keimanan yang tegas. Semua persoalan yang dialami remaja harus mendapat perhatian dari orang tua dan guru di sekolah. seperti yang banyak terjadi saat ini. 4. Cit. pembentukan sikap mental dan moral. 122 . Sehingga pada saat memasuki fase baligh. identifikasi dan peniruan. periode 30 Bukhari Umar. dan bukan menjadi remaja yang penuh gejolak (turbulence). Fase Dewasa Usia fewasa dimulai sejak berakhirnya kegoncangan – kegoncangan kejiwaan yang ada pada dirinya. bahwa tugas pendidikan Islam adalah agar manusia selalu lurus dengan fitrahnya dan membentuk manusia yang utuh dan al-insan al-kamil. yaitu suatu masa yang penuh masalah dan ketenangan emosional. Melalui kesadaran beragama dan pengalaman ketuhanan. yaitu: a. op. memberikan ketrampilan dan kemampuan memecahkan masalah yang mereka alami dalam masyarakat. akhirnya remaja akan menemukan Tuhannya yang berarti menemukan kepribadiannya. Adapun penidikan orang dewasa berbeda dengan anak – anak.anak akan berlangsung dalam bentuk asimilasi.

menjadi manusia pembangunan atau perusak. yaitu masa – masa umur 60 sampai 70-an. sikap keagamaan pada orang dewasa memiliki cirri – cirri sebagai berikut: 31 32 Ramayulis. 461 .. op. Ada sepuluh karakter yang terjadi pada dewasa madya. 5) Usia canggung.460 Ibid. Sejalan dengan tingkat perkembangan usianya. 2) Usia madya merupakan usia transisi. 6) Masa berprestasi. kreatifitas dan penyesuaian diri pada hidup yang baru. h. 8) Masa sepi.15 isolasi social.32 Biasanya pada umur dewasa ini akan tampak tanda – tanda atau isyarat yang menunjukkan kemana kecenderungan yang sebenarnya. masa tersebut ditandai dengan adanya perubahan – perubahan jasmani. Pada usia 60 tahun biasanya teradi penurunan kekuatan fisik sering pula diiringi dengan penurunan daya ingat.31 b. 3) Masa stress. 9) Masa jenuh. Cit. yaitu: 1) Usia madya merupakan periode yang menakutkan. 4) Usia yang berbahaya. Dewasa Madya Masa ini berkisar antara usia 40 sampai 60 tahun. kea rah kebaikan atau kejahatan. perubanahn nilai – nilai. Masa ini berkisar antara usia 18 sampai + 40 tahun. 7) Masa evaluasi. periode komitmen dan masa ketergantungan.. Dewasa Akhir Tahapan umur ini oleh Rasulallah saw dinamakan “masa pergulatan maut”. c. h.

5) Bersikap lebih terbuka dan wawasan lebih luas. sehingga sikap keagamaan merupakan realisasi dari sikap hidup. pendidikan melalui bacaan. diskusi atau tukar fikiran.. televise.33 Pada prinsipnya pendidikan bagi orang dewasa dapat dilakukan dengan cara yang tidak formal. 6) Bersikap lebih kritis terhadap materi ajaran agama sehingga kemanatapan bergadama selain didasarkan atas pertimbangan pemikiran juga atas pertimbangan hati nurani.16 1) Menerima kebenaran agama berdasarkan pertimbangan yang matang bukan sekedar ikut – ikutan. 33 Ibid. 7) Sikap keberagamaan cenderung mengarah kepada tipe – tipe kepribadian masing – masing. 463 . pengajian/ penerangan agama. 4) Tingkat ketaatan beragama didasarkan atas pertimbangan dan tanggung jawab diri. 2) Cenderung bersifat realis sehingga norma – norma agamalebih banyak diaplikasikan dalam sikap dan tingkah laku. dan biro – biro konsultan. mendidikan melalui radio. menerima. sehingga terlihat adanya pengaruh kepribadian dalam. kursus atau sekolah secara teratur. Penutup Pendidikan pada dasarnya merupakan suatu upaya pedagogis untuk menstranfer sejumlah nilai yang dianut oleh masyarakat suatu bangsa kepada sejumlah subjek didik melalui proses pembelajaran. dan melaksanakan ajaran agama yang diyakininya. Sistem nilai tersebut tertuang dalam sistem pendidikan yang dirumuskan dalam dasar-dasar pandangan hidup bangsa itu. seperti: ceramah umum. 3) Bersikap positif terhadap ajaran dan norma – norma agama dan berusaha untuk mempelajari dan memperdalam keagamaan. D. memahami. h.

Jakarta: Asdi Mahasatya Mughniyah. 2004.17 Rumusan pandangan hidup tersebut kemudian dituangkan dalam UndangUndang Dasar dan perundang-undangan. Aliah B. Dalam Undang-Undang Dasar dan perundang-undangan itu pandangan filosofis suatu bangsa di antaranya tercermin dalam sistem pendidikan yang dijalankan. Jakarta:Erlangga Hasan. M. Ilmu Pendidikan Islam. 2012. 1422 H. 1998. Fikih Islam. sampai usia dewasa. al-Jami’ Musnad as-Shahih al-Mukhtashar. Ilmu Pendidikan Islam. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kalam Mulia Umar. Elizabeth. 2010. Purwakania. 1993. Islam menjunjung tinggi moralitas dan memiliki jangkauan serta orientasi yang luas. 1999. Pendidikan Dalam Islam.Karya Insan Indonesia B. Jakarta: PT. Nawawi. Abdul Fatah dan Abu Ahmadi. Fase-fase pendidikan Islam : 1. Jawad. Raja Grafindo Persada Idris. Jakarta: Lentera Muhammad bin Ismail Abu Abdullah al-Bukhari al-Ja’fi. Hadari. Dalam Islam pendidikan dimulai dari fase prenatal. pendidikan dilaksanakan. pendidikan yang dilakukan mulai dari usia 0 tahun. Fase pasca natal. Fiqih Lima Mazhab. Hurlock. Bukhari. 2. mulai dari pemilihan jodoh. Psikologi Perkembangan Islami. sampai nanti masa kehamilan. 2006. Jakarta:CV. Surabaya: Ikhlas Ramayulis. Mesir: Dar al-Tuqu an-Najah. Fase prenatal. DAFTAR KEPUSTAKAAN Al-Quran dan Terjemahannya. Jakarta: Bumi Aksara . atau pertama lahir.

Jakarta: Sinar Grafika www.scribd.18 UU SISDIKNAS No 20 tahun 2003.com MAKALAH ILMU PENDIDIKAN ISLAM Tentang PERIODISASI PENDIDIKAN ISLAM .

RAMAYULIS DR. H. DR. M. REHANI. Ag KONSENTRASI PENDIDIKAN ISLAM PROGRAM MAGISTER PASCA SARJANA IAIN IMAM BONJOL PADANG 1434 H/ 2013 M . 088 12 1645 Dosen Pembimbing: PROF.19 Oleh: ISTAJIB JAZULI NIM.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful