PROGRAM PELATIHAN DISASTER ( BENCANA ) DI IGD RSUD KOTA DUMAI

I. PENDAHULUAN
RSUD kota Dumai telah berdiri selama lebih dari 10 tahun, sehingga setiap bencana /kejadian yang tidak terduga yang banyak menimbulkan korban harus bisa diatasi. Persiapan yang matang sangatlah diperlukan untuk menghadapi setiap bencana yang mungkin terjadi seperti halnya kebakaran, banjir, gempa bumi, kecelakaan yang menimbulkan banyak korban. Oleh karena itu RSUD kota Dumai perlu memberikan pelatihan siaga bencana kepada petugas RS dan masyarakat sekitarnya. Program siaga bencana sangat diperlukan untuk mempersiapkan RSUD Kota Dumai dalam menghadapi segala kemungkinan bencana di Kota Dumai. Pelatihan yang diberikan kepada petugas dan masyarakat perlu dilakukan berkala dan berkesinambungan. Sehingga pada saat terjadi bencana, petugas dan masyarakat tidak panik dan tahu apa yang harus dilakukan segera agar dapat membantu mengurangi korban kematian dengan melakukan pertolongan segera.

II. TUJUAN
Program siaga berencana terhadap petugas bertujuan untuk melatih petugas di RS (dokter, perawat,bidan) dalam menghadapi bencana yang mungkin terjadi di Kota Dumai. Sehingga dapat membantu masyarakat dalam melakukan pertolongan dan mengurangi jumlah korban kematian.

III.SASARAN
1. Tim penanggulangan siaga bencana (dokter, parawat, bidan) 2. Petugas Emergency 3. Dokter, perawat dan bidan yang bekerja di RSUD Kota Dumai

IV.

KEGIATAN

1. Membentuk tim siaga bencana 2. Memberikan pelatihan siaga bencana kepada petugas siaga bencana 3. Memberikan pelatihan kepada seluruh petugas di RSUD Kota Dumai

JADWAL Kegiatan dilakukan pada awal tahun 2012 bertempat di RSUD Kota Dumai VI. Sehingga setiap orang tahu apa yang harus dillakukan bila terjadinya bencana dan tidak menimbulkan kepanikan di RSUD Kota Dumai dan masyarakat sekitarnya. Melakukan simulasi siaga bencana V.Rita Novery . Persiapan yang matang akan dapat mengurangi resiko timbulnya banyak korban jiwa yang tidak diinginkan. Diketahui Kepala Instalasi IGD dr. PENUTUP Pelatihan ini diharapkan dapat menambah kesiapan petugas RS dan masyarakat sekitar dalam menghadapi bencana yang mungkin terjadi.4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful