MEDIA

dan ALAT PERAGA
PROMOSI KESEHAAN

MEDIA PROMOSI KESEHATAN ADALAH SALURAN KOMUNIKASI YANG DIPAKAI UNTUK MENGIRIMKAN PESAN KEPADA SASARAN. MISALNYA RADIO, TELEVISI, FILM, SURAT KABAR, LEAFLET, POSTER, MEDIA TRADISIONAL SEPERTI WAYANG, DRAMA, KETOPRAK, DSB.

GAMBAR. . SLIDE. FOTO. FILM. JADI MERUPAKAN ALAT YANG MEMBANTU MEMPERJELAS PESAN BUKAN MALAH MEMPERSULIT CONTOH : BENDA YANG SEBENARNYA.ALAT PERAGA ADALAH ALAT BANTU PROMOSI KESEHATAN BERGUNA UNTUK MEMPERAGAKAN PESAN YANG AKAN DISAMPAIKAN DALAM BENTUK GAMBAR ATAU LAINNYA. AGAR LEBIH JELAS DAN LEBIH MUDAH DIPAHAMI.

MENAM-BAHKAN DAN MEMBINA SIKAP BARU THD SUATU PESAN/INOVASI. . 3) MEMBANTU MENUMBUHKAN. 4) MEMBANTU SESEORANG UNTUK MENERUSKAN PESAN YANG TELAH DIPEROLEHNYA KEPADA ORANG LAIN. MEDIA ATAU PROMOSI TARIK DAYA 2) MEMBANTU KELP.MANFAAT PENGGUNAAN KESEHATAN : 1) MENIMBULKAN MINAT KELOMPOK SASARAN. SASARAN UNTUK MENGERTI DAN MEMBINA SIKAP BARU DNG LEBIH MUDAH DAN JELAS.

7) DAPAT MENYAJIKAN PESAN SECARA KOSISTEN SEBAB MEDIA DAPAT DISIMPAN ATAU DIABADIKAN.5) MERANGSANG KELOMPOK SASARAN UNTUK MAU MELAKSANAKAN PESAN YANG DIPEROLEHNYA KPD ORANG LAIN. 10) MEMBERIKAN PERANGSANG YNG SAMA. 6) MEMBUAT KONKRIT PESAN YG ABSTRAK. MEMPERSAMAKAN PENGALAMAN DAN MENIMBULKAN PERSEPSI YANG SAMA. . 8) DAPAT MENYAJIKAN INFORMASI ATAU PESAN SECARA SERENTAK. 9) DPT MEMBANTU MENGATASI HAMBATAN BAHASA.

JENIS MEDIA PROMOSI KESEHATAN : 1) MEDIA CETAK JENIS BUKU MISALNYA BUKU PEDMAN. MODUL. FILM 4) MEDIA SIMULASI . BOOKLET. RADIO. FLASHCARD ATAU FILLER. DSB. LEAFLET. 2) MEDIA CETAK BUKAN JENIS BUKU MISALNYA POSTER. 3) MEDIA ELEKTRONIK MISALNYA TELEVISI.

DIMANA SESEORANG DPT MENULIS ATAU MENGGAMBAR DNG KAPUR. PAPAN TULIS SUATU BIDANG PERMUKAAN YANG KERAS DENGAN CAT HIJAU ATAU HITAM. TEMPATKAN PAPAN TULIS PD SUATU TEMPAT YANG MUDAH DILIHAT/DIBACA DAN BAGIAN BAWAH PAPAN TULIS DILETAKKAN SETINNGGI MATA SASARAN. .ALAT PERAGA YANG BISA DIGUNAKAN DALAM PROMOSI KESEHATAN 1. CARA PENGGUNAAN: 1.

3) TULISKAN SECARA SINGKAT. 5) PAPAN TULIS DIGUNAKAN UNTUK MEMBERIKAN PROMOSI KESEHATAN KELOMPOK. JELAS. . PADA SAAT MENJELASKAN SUATU MASALAH / PESAN. MENARIK DAN MUDAH DIBACA. JUMLAH SASARAN MEDIA INI SAMPAI 30 ORANG.2) PAPAN TULIS USAHAKAN TDK TERKENA PANTULAN SINAR YANG MENYILAUKAN. DAN JANGAN MENGHADAP KE PAPAN TULIS. 4) PEMBICARA JANGAN BERDIRI/DUDUK MENGHALANGI PAPAN TULIS.

SELAIN ITU MEMUNGKINKAN HADIRIN BERPARTISIPASI SERTA DAPAT DIGUNAKAN SIANG MAUPUN MALAM. . DAPAT DIBUAT SULIT UNTUK DIBAWA SENDIRI.KELEBIHAN KEKURANGAN TDK MAHAL. TIDAK MEMERLU-KAN KEDAERAH TER-PENCIL PEMELIHARAAN KHUSUS. PERSIAPAN PENGGUNAANNYA SINGKAT SAJA.

. BIASANYA TERDIRI DARI LEMBARAN-LEMBARAN YANG DISUSUN DALAM URUTAN TERTENTU DAN DIBUNDEL PADA BAGIAN ATASNYA. DAPAT DIGUNAKAN DALAM PERTEMUAN KELOMPOK DENGAN JUMLAH KURANG DARI 30 ORANG. MENGGUNAKANNYA DENGAN CARA MEMBALIK LEMBARAN GAMBAR SATU PERSATU.2. FLIPCHART (LEMBAR BALIK) FLIPCHART ADALAH ALAT PERAGA YANG MENYERUPAI ALBUM GAMBAR.

. TELITI DULU APAKAH TIDAK ADA LEMBARAN YANG HILANG. PELAJARI JUGA ISINYA. BILA ADA KERAGUAN TANYAKAN PADA PEMBIMBING ANDA. SIAPKAN ALATNYA.CARA PENGGUNAAN FLIPCHART a. APAKAH ANDA SUDAH MENGUASAINYA DENGAN BAIK. JUGA PERSIAPKAN DIRI ANDA.

TEMPATKAN FLIPCHART PADA TEMPAT YANG TEPAT HENDAKNYA SEMUA HADIRIN DAPAT MELIHAT DENGAN JELAS. TEMPAT DUDUK DIATUR. SETELAH ITU BARU ANDA TENTUKAN DIMANA SEBAIKNYA FLIPCHART DILETAKKAN. JUGA KETERANGAN YANG AKAN DISAMPAI-KAN DAPAT DIDENGAR DENGAN JELAS.b. .

. SAMPAIKAN POKOK PEMBICARAAN ANDA BISA MEMULAI DENGAN SEBUAH CERITA/LELUCON YG ADA HUBUNGAN-NYA DG POKOK PEMBICARAAN ANDA. MUNGKIN SUATU KEJADIAN DI TEMPAT LAIN YG MENIMPA SEMUA ORANG.c. LALU PERLAHAN-LAHAN ANDA MASUK KE POKOK-POKOK PESAN YG ANDA BAWAKAN DG SANTAI.

SAJIKAN TIAP GAMBAR DAN BERIKAN KETERANGAN SECARA BERURUTAN. HINDARKAN ISTILAH-ISTILAH YANG TIDAK LAZIM DIGUNAKAN DI DESA. GUNAKAN BAHASA YANG MUDAH DIMENGERTI DALAM MEMBERIKAN KETERANGAN. KALAU MENEMUI ISTILAH DEMIKIAN USAHAKAN MENGGANTINYA DG ISTILAH SETEMPAT .d.

BILA ADA YANG BERTANYA ULANGI DULU PERTANYAANNYA AGAR TIDAK SALAH TANGKAP. SIMPULKAN PEMBICARAAN ANDA. KEPADA HADIRIN g. SETELAH SELESAI MENYAMPAIKAN KETERANGAN ATAU PESAN-PESAN KEMUDIAN SIMPULKAN SECARA GARIS BESARNYA SAJA. BERIKAN KESEMPATAN UNTUK BERTANYA.e. f. BERIKAN KESEMPATAN HADIRIN UNTUK BERTANYA/ MENGAJUKAN PERTANYAAN DAN JAWABLAH DENGAN RAMAH. .

.KELEBIHAN (FLIPCHART) 1) DPT DISIAPKAN DENGAN MUDAH 2) MUDAH DIBAWA KEMANA-MANA 3) PENYAJIAN DIBERIKAN DALAM URUTAN 4) BISA DIBUAT DENGAN ALAT YANG SEDERHANA. MISALNYA KALENDER YANG SUDAH TIDAK DIPAKAI LAGI BAGIAN BELAKANGNYA BISA DIPAKAI LAGI UNTUK BERTINDAK.

.3. POSTER POSTER ADALAH SALAH SATU MEDIA/ ALAT BANTU PROMOSI KESEHATAN DG PESAN SINGKAT DALAM BENTUK GAMBAR DENGAN TUJUAN UNTUK MEMPENGARUHI SESEORANG AGAR TERTARIK PADA SUATU ATAU MEMPENGARUHI SESEORANG AGAR BERTINDAK.

DAPAT MENGGUGAH EMOSI . KATA-KATA TIDAK LEBIH DARI 7 KATA c. TATA LETAK KATA. DAPAT DIBACA ORANG LEWAT e. HARUS DAPAT DIBACA DARI JARAK 6 METER d.SYARAT-SYARAT YANG PERLU DIPERHATIKAN a. HURUF DAN WARNA MENARIK b.

KARENA KETERBATAS-AN KATA-KATANYA. OLEH SEBAB ITU TIDAK COCOK UNTUK ORANG YANG TIDAK MENGENAL IDE-IDE YANG DITULISKAN. POSTER COCOK SEBAGAI TINDAK LANJUT DARI PADA PESAN YG SUDAH DISAMPAIKAN DI WAKTU YG LALU.CARA PENGGUNAAN POSTER : 1) POSTER TDK DPT MENGAJAR DENGAN SENDIRINYA. JADI TUJUAN POSTER ADALAH UNTUK MENGINGAT KEMBALI DAN MENGARAHKAN PEMBACA KE ARAH TINDAKAN TERTENTU SESUAI DENGAN APA YANG DIINGINKAN. .

2) POSTER SEBAGAI BAHAN DISKUSI KELOMPOK 3) DIMANA POSTER DITEMPEL? HARUS DIPASANG / a. . JANGAN TEMPATKAN DI RUANGAN KEPALA DESA ATAU DISUDUT YANG TIDAK TERLIHAT ORANG. DIBAGIAN DEPAN BANGUNAN MISALNYA BALAI DESA.

DITEMPAT ORANG BERLALU LALANG. DI DEPAN GAPURA JALAN MASUK KE DESA.b. . TERMINAL ATAU TEMPAT UMUM LAINNYA. DI PASAR. MISALNYA SIMPANG EMPAT DI DESA ITU. DI WARUNG. DI PINTU MASUK TEMPAT IBADAH / TEMPAT PERTEMUAN.

4) POSTER / BARANG DIPASANG/ DITEMPEL CETAKAN JANGAN a. DISUDUT TEMBOK/PAPAN YANG SULIT DILIHAT ORANG . DITEMPAT DENGAN SINAR LANGSUNG (WARNA PUDAR) MATAHARI b. DI POHON TEPI JALAN d. DITEMPAT YANG SELALU DIGUYUR HUJAN ATAU LEMBAB c.

. MENIKMATI DAN MEMBACA PESAN-PESAN TERCANTUM DI POSTER. MAKA AKAN LEBIH BANYAK ORANG YG MELIHAT.DENGAN MEMASANG DITEMPAT YANG BENAR.

Pentingnya ASI ( Air Susu Ibu )  Kelp 2. TOGA ( Tanaman Obat Keluarga )  Kelp 6. Tugas Kelompok  .Buat kelompok menjadi 10 kelompok  . Immunisasi . Diare  Kelp 3. Pos Kesehatan Desa  Kelp 5. DemamBerdarah  Kelp 4.Masing-masing kelompok membuat leaflet dengan judul :  Kelp 1.

10 Menggunakan Jamban Sehat . Kelp. 8 POSYANDU  Kelp. 9 Lingkungan Sehat  Kelp.7 Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS )  Kelp.

Pos Kesehatan Desa . ASI Eklusif Kelp 2. dengan memperhatikan ketentuan-ketentuan dalam membuat media poster .Buat kelompok menjadi 10 kelompok  .Judul Poster : Kelp 1.Tiap kelompok membuat poster. TUGAS KELOMPOK UNTUK SEMESTER 5 a  . Penyakit campak Kelp 3.

Makan Buah dan Sayur Setiap Hari  Kelp10. Cuci Tangan Dengan Sabun  Kelp 5. Berhenti merokok  Kelp 9. Mencegah demam berdarah dengan PSN . Persalinan ditolong tenaga kesehatan  Kelp 7. Posyandu  Kelp 6. Menggunakan jamban sehat  Kelp 8. Kelp 4.