P. 1
Metode Sains Di Kelas Fisika SMA

Metode Sains Di Kelas Fisika SMA

|Views: 2|Likes:

More info:

Published by: Zainal Abidin Mustofa on Jun 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/14/2014

pdf

text

original

30/05/13

Metode Sains di Kelas Fisika SMA

Kom pasiana

Kom pas.com

Cetak

ePaper

Kom pas TV

Bola

Entertainm ent

Tekno

Otom otif

Fem ale

Health

Properti

Urbanesia

Im ages

More

Berita

Politik

Humaniora

Ekonomi

Hiburan

Olahraga

Lifestyle

Wisata

Kesehatan

Tekno

Media

Muda

Green

Lipsus

Fiksiana

Freez

Home

Humaniora

Edukasi

Artikel

ZAINAL ABIDIN | WRITE A POST | LOGOUT |

Edukasi Zainal Abidin
Orang biasa saja :-)
Kirim Pesan

Metode Sains di Kelas Fisika SMA
OPINI | 29 May 2013 | 12:03 Dibaca: 38 Komentar: 2 Nihil

Sains dasar di SMA yang membahas secara khusus metode sains yang ada dalam silabus adalah mata pelajaran biologi dan kimia. Fisika bagaimana? Dalam silabus tidak ada. Bagaimana saya mengenalkan metode sains pada pembelajaran fisika? Saya lakukan pembelajaran untuk mengenalkan metode sains di bagian paling awal belajar fisika SMA yakni kelas X. Saya sering menyebut bagian ini dengan “Pengantar k e Fisik a” dimana metode sains (scientific method) ada di dalamnya. Saya menjelaskan kepada siswa saya bahwa metode sains terdiri dari dua komponen: 1. Empiris (Empirical ). Investigasi sistematis alam untuk mendapatkan menghasilkan kembali pola-pola (reproducible patterns ) dalam struktur sesuatu dan caranya berubah (process ). 2. Teoretis (Theoretical). Membangun dan menganalisis model yang mempresentasikan pola-pola dalam alam. Investigasi empiris dilakukan dengan eksperimen, yang dirancang untuk mempertanyakan jawaban alam (question of nature). Jawaban sering diformulasikan sebagai hipotesis (hypotheses ) untuk diuji. Dalam ekaperimen di laboratorium, jawaban eksperimen dibuat dengan merancang alat-alat dan prosedur eksperimen.Dalam ekperimen di alam (seperti astronomi) jawaban dibuat melalui seleksi dan perbandingan observasi. Sebuah jawaban afirmatif pada sebuah pertanyaan eksperimen diberikan dengan sebuah model (model) yang telah divalidasi (validated) dengan dengan menyesuaikannya pada beberapa pola dalam data empiris. Kualitas jawaban tergantung pada “goodness of fit” model pada data dan pada variasi perbedaan jawaban eksperimen yang dijawab dengan model. Ketelitian pertanyaan dan jawaban empiris bergantung pada ketersediaan peralatan ilmiah (scientific tools ). Sehingga, kemajuan sains tergantung pada peralatan yang memadai (powerfull tools ) untuk investigasi empiris dan teoretis, yaitu: 1. Instrumentasi Ilmiah (scientific instruments ) dan 2. Matematika (mathematics, the sains of patterns). Peranan intrumentasi dan matematika adalah penting dalam memahami metode sains. Dan, sekitar dua mingggu yang lalu saya mengunduh sebuah buku yang menarik yaitu Ink uri dan Standar-Standar Pendidik an Sains Nasional.

PROMOTED ARTICLE Club Air Mineral
Kompetisi Blog “Club Air Mineral” …
Club Air Mineral

Tips Memilih Air Minum yang Baik …
Club Air Mineral

TRENDING ARTICLES
Jangan ‘Rampok’ Kemenangan Fatin …
Orang Mars| 3 jam yang lalu

Jokowi : “Aneh, kan Gratifikasi itu uang, …
Achm ad Suw efi| 5 jam yang lalu

Profesor Amerika Blusukan Demi Dangdut …
Am a Kaka| 7 jam yang lalu

edukasi.kompasiana.com/2013/05/29/metode-sains-di-kelas-fisika-sma-560302.html

1/3

Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Kompasianer (anggota Kompasiana) yang menayangkannya. Bagi saya. SCIENTIFIC INQUIRY is SCIENTIFIC METHOD in action. Subscribe and Follow Kompasiana: KOMENTAR BERDASARKAN : TANGGAL 29 May 2013 13:05:57 wah . 29 Mei 2013 Tw eet 2 Recommend 8 EDIT Laporkan Tanggapi Setujukah Jika Tulisan Anda Dicopas oleh Web Organisasi … Nikmat Tuhanmu yang Manakah yang Kamu Dustakan ? Di Jalan Raya: Penting Mana. Yogyakarta … Hendra Wardhana| 9 jam yang lalu Metode Sains di Kelas Fisika SMA Rp 4 Miliar Untuk Genk Komisi III … Pakde Kartono| 11 jam yang lalu INFO & PENGUMUMAN KONTAK KOMPASIANA INDEX Ribuan Inovasi Berkualitas Ramaikan … Ramaikan Freez Jelang Hari Antitembakau … Cover buku Inkuiri (Sumber: http://www.pdf) Buku ini menitikberatkan tentang inkuiri ilmiah (scientific inquiry) yang dapat digunakan dalam pendekatan pembelajaran sains di sekolah.30/05/13 Metode Sains di Kelas Fisika SMA Sederet Mall Baru Siap Berdiri.. 1 Poin lagi untuk Jokowi Siapa yang menilai tulisan ini? 0 BERMANFAAT MENARIK Artikel ini belum ada yang menilai. Toleransi dan Merasa Paling Benar You Can Not Always Get What You Want.com/2013/05/29/metode-sains-di-kelas-fisika-sma-560302. but… Pekerjaan Tersulit di Dunia Daun Terbang dan Putus Cinta Gitar Bas Metalica. :-) FREEZ: Bagikan Tips dan Cerita Jualan … TERAKTUAL INSPIRATIF — Bandar Lampung.qitepscience.pak Zainal guru fisika sejati…menarik pak … Teguh Hariaw an Laporkan Komentar 1 Hapus | Balas 29 May 2013 13:41:10 Zainal Abidin Laporkan Komentar 0 Hapus | Balas Tulis Tanggapan Anda Submit Cancel About Kompasiana | Terms & Conditions | Tutorial | FAQ | Contact Us | Kompasiana Toolbar © 2008-2011 edukasi. Ibadah atau Nyawa? Anak Tulungagung yang Tembus Komik Dunia Hidup Melawan Amnesia Kompasiana adalah Media Warga.html 2/3 .org/data/Buku%20Inquiry_Terjemahan.Kompasiana tidak bertanggung jawab atas validitas dan akurasi informasi yang ditulis masing-masing kompasianer.kompasiana.

html 3/3 .30/05/13 Metode Sains di Kelas Fisika SMA edukasi.kompasiana.com/2013/05/29/metode-sains-di-kelas-fisika-sma-560302.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->