BAB 6 PEKERJAAN INSTALASI PENANGGULANGAN KEBAKARAN

6.1 SISTEM HYDRANT 6.1.1 LINGKUP PEKERJAAN Di dalam gedung ini direncanakan akan dipasang sistem penanggulangan kebakaran atau sistem hydrant dengan menggunakan pompa utama elektrik, diesel pump, dan pompa jokey. Yang termasuk dalam lingkup pekerjaan ini yaitu: 1. 2. 3. Mengadakan dan memasang pompa kebakaran secara lengkap, termasuk panel kontrolnya sampai berfungsi sebagaimana mestinya. Mengadakan dan memasang semua peralatan hydrant kebakaran dan fire extinguisher. Memasang semua perpipaan hydrant kebakaran dengan perlengkapannya sesuai dengan gambar rencana dan gambar kerja yang telah disetujui Konsultan Pengawas. 4. Mengurus semua perijinan untuk Instalasi Penanggulangan Kebakaran ini yang diwajibkan oleh Dinas Kebakaran setempat. 6.1.2 POMPA PENANGGULANGAN KEBAKARAN 1. Spesifikasi Pompa Kebakaran a. Pompa utama dengan penggerak motor diesel. – Type – Kapasitas – Head Total – Banyaknya – Penggerak : Centrifugal pump : 500 gpm (untuk 2 bangunan ) : 250 gpm (untuk 1 bangunan ) : 70 m : 1 unit : Diesel 62,1 kW , 2900 Rpm (incl. tank ) ( untuk 2 bangunan ) : Diesel 30 kW , 2900 Rpm (incl. tank ) ( untuk 1 bangunan ). RKS Mekanikal Elektrikal_Rumah Susun 198

3 phase. tank ) 220/380 V. 3 phase. Pressure Gauge Gate Valve Foot Valve Companion Flange – Produk b. 50Hz : Pressure Switch. GAE. Ebara Pompa utama dengan penggerak motor listrik – Type – Kapasitas – Head Total – Penggerak : Centrifugal pump : 500 gpm (untuk 2 bangunan ) : 250 gpm (untuk 1 bangunan ) : 70 m : Diesel 62. Ebara : Centrifugal pump : 11.1 kW . – Banyaknya – Penggerak – Catu Listrik – Komponen Bantu : 1 unit : Elektro Motor : 220/380 V.35 m³/jam : 70 m : 4 KW : 1 unit 199 b. 2900 Rpm (incl. 3 phase. : Grundfos. tank ) 220/380 V.– Komponen Bantu : Pressure Switch. Pompa “Jockey” – Type – Kapasitas – Head Total – Daya – Banyaknya RKS Mekanikal Elektrikal_Rumah Susun . 50Hz ( untuk 1 bangunan ). Pressure Gauge Gate Valve Foot Valve Companion Flange – Produk : Grundfos. 50Hz ( untuk 2 bangunan ) : Diesel 30 kW . 2900 Rpm (incl. GAE.

Pompa jockey bekerja secara otomatis bila tekanan dalam sistem menurun sehingga mencapai 6 kg/cm².– Penggerak – Catu Listrik – Komponen Bantu : Elektro Motor : 220/380 V. 50Hz : Pressure Switch. 3 phase. GAE Semua pompa dapat bekerja secara otomatis dan manual. Bila penurunan tekanan masih berlanjut. kemudian menyerahkannya kepada Pengawas untuk mendapat persetujuan. 200 RKS Mekanikal Elektrikal_Rumah Susun . b. Panel Pompa a. Pressure Gauge Gate Valve Check Valve Foot Valve Companion Flange – Perlengkapan – Produk 2. c. 3. Instalasi Pompa a. d. Penurunan tekanan yang drastis akan memacu bekerjanya pompa utama listrik. b. pompa utama akan bekerja secara otomatis pada waktu tekanan air di dalam house turun dengan cepat. Grundfos. Pemborong harus membuat dulu gambar diagram kontrol dari cara kerja pompa. : : hydropor lengkap dengan accesories : Ebara. Fondasi/base plate dipasang sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Cara Kerja Pompa a. Sebelum panel di fabrikasi. pompa utama diesel akan bekerja mendampinginya. Pada saat terjadi kebakaran. Pompa dipasang sesuai dengan gambar rencana atau gambar kerja yang telah disetujui. Komponen-komponen yang dipakai harus memenuhi persyaratan instalasi listrik. b. 4. dan berhenti secara otomatis pada tekanan 8 kg/cm².

3 PERLENGKAPAN SISTEM HYDRANT KEBAKARAN 1.2 ½ Tiap outlet dilengkapi dengan Coupline Van der Heide. RKS Mekanikal Elektrikal_Rumah Susun 201 .1. pengukur tekanan gelas. Fire Hydrant Cabinet Fire Hydrant Cabinet asembling dalam negeri sesuai dengan gambar rencana. dibuat saluran cabang dari Tangki harian Genset Pressure Tank harus dilengkapi dengan sertifikat dari Depnaker Perlengkapan lain seperti Strainer. “Spray” maupun “Jet Spray” Canvas Hose Canvas Hose merek Apron. tebal 2 mm. chubb ex UK. Perlengkapan Lain a. penduga dan sebagainya harus dari kwalitas yang baik sehingga sistem dapat berfungsi sebagaimana mestinya. 6. Wormald atau merek lain dengan ketentuan sebagai berikut : • • • • 3. Ukuran : ∅2 ½” x 25 M Mampu menahan tekanan sampai 15 kg/m2 Dilengkapi dengan coupling Van der Heid dan Nozzle yang dapat diatur Penempatan dari Canvas Hose dan boxnya dapat dilihat pada gambar rencana Siamese Unit Siamese unit buatan dalam negeri dengan ketentuan sebagai berikut : • • • Ukuran : ∅ 4” Ukuran Outlet : 2 x 0.c. Semua perlengkapan agar pompa bekerja dengan sempurna. Untuk pengisian solar ke tangki bahan bakar. harus dipasang dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pemborong. dangan peralatan-perlatan : • • 2. di cat warna merah Sebuah “Rubber Hose Reel” panjangnya 30 m dengan Machine Coupling yang dapat memancarkan air secara “Jet”. Sebuah hydrant box ukuran lihat gambar. 5. c. b.

Sisten pemipaan diuji dengan tekanan hydrostatis sebesar 12 kg/cm 2 selama 2 jam terus menerus tanpa terjadi penurunan.4 PEMIPAAN DAN PERLENGKAPANNYA 1. menggunakan sambungan Flens Jenis Fitting yang dipakai disesuaikan dengan jenis pipanya Katup yang dipakai adalah merek Toyo. Coating dan Pengecatan Pipa jenis baja sebelum di cat. Warna akhir adalah merah tua. Kitz. Untuk pipa diameter 4”. 3. cara pemasangan pipa sesuai dengan yang tercantum pada bagian sistem penyediaan Air Bersih.5 PENGUJIAN SISTEM RKS Mekanikal Elektrikal_Rumah Susun 202 . kelas 150 Pemasangan Pipa Pada prinsipnya. harus dilapis “Primer Coat” dulu. Kebocoran/kerusakan yang timbul harus diperbaiki oleh Pemborong tanpa tambahan biaya. kelas 150 Foot valve yang dipakai adalah merek Ebara atau yang setara. b. sehingga sistem dapat berfungsi dengan baik. besar torsi 10 kg m • • • • 2. 6. Setelah semua pemipaan selesai dipasang.1. atau yang setara. 4. untuk pipa ∅ 3” kebawah dan tiap 3 batang (18 m) menggunakan sambungan flend dan baut dikencangkan dengan torque wrench. Pengujian Pengujian dilakukan 2 tahap yaitu : a. Setelah peralatan dipasang maka pemipaan diuji lagi dengan tekanan dan cara yang sama. Bahan Pipa. maka perlu dilakukan pengujian atau seluruh bagian dari instalasi ini. Fitting dan Katup • Sistem Hose Reel baik pipa induk maupun pipa cabang menggunakan pipa carbon steel schedule 40 dengan sambungan las.6.1.

6. Mengadakan dan memasang tabung kebakaran dari bahan kimia.2. pada tempattempat sesuai dengan gambar rencana. Pancaran air dari Hose Reel tersebut Kerja dari pompa Cara kerja Pompa di set up sehingga sesuai dengan yang diinginkan.1 LINGKUP PEKERJAAN 1. 6. sesuai dengan gambar rencana.4 TANGGUNG JAWAB PEMBORONG RKS Mekanikal Elektrikal_Rumah Susun 203 . Sistem slang kebakaran dicoba dengan membuka katup Hose Reel setiap lantai dan diamati : a. Tiap tabung berisi bahan kimia kelas ABC. maka dilakukan uji coba sistem sebagai berikut : 1. Bahan kimia yang dipakai untuk memadamkan api adalah dari jenis serbuk kering yang tidak membekas setelah dipakai. 2. 6. 6.Setelah semua peralatan terpasang dengan sempurna.3 CARA PEMASANGAN 1.2 SISTEM TABUNG KEBAKARAN (FIRE EXTINGUISHER) 6. Semua tabung kebakaran ini harus dalam keadaan disegel dan percobaan dari masing.2. dengan berat bersih 6 kg. 3. Karena itu. 2.2 JENIS TABUNG KEBAKARAN 1. 2. Menguji salah satu tabung baik mengenai isinya maupun kemampuan memadamkan api.masing jenis harus dilakukan. Penggantung dari tabung harus mampu menahan beban 4x berat tabung yang penuh. b. Tabung dipasang pada dinding. Isi dari tabung diperiksa dengan cara penimbangan.2. penggantung itu harus di “ramset” dengan kuat pada dinding yang bersangkutan. 4. 2.2.

2.1 sampai dengan 2. 3. Pemeriksaan. 6.3. Pelaksanaan pekerjaan seperti berikut: RKS Mekanikal Elektrikal_Rumah Susun 204 . Dokumen serah terima. Garansi dan pemeliharaan. Pada saat serah terima dilaksanakan. Penyerahan pekerjaan. 2.4.5 PROSEDUR PELAKSANAAN 1. testing.6 dan juga yang dijelaskan pada Sub Bab 4. harus diganti/diisi sampai penuh. 4. maka pada saat Serah Terima. seluruh tabung harus dalam keadaan penuh dan siap untuk dipakai.1 sampai dengan 4.3. 7. Persiapan sebelum mulai bekerja. uji coba dan commisioning.6 berlaku pada pekerjaan Instalasi Penanggulangan Kebakaran.Pemborong bertanggung jawab sepenuhnya mengenai isi dari tabung kebakaran yang dipasangnya. Bila dalam pelaksanaan. tabung yang terpakai itu. pemborong memanfaatkan tabung kebakaran tersebut.4. Seperti prosedur pelaksanaan pekerjaan yang dijelaskan pada Sub Bab 2. Penyampaian gambar kerja. Training. 6. 5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful