TUGAS BIOLOGI TRYOUT UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013

PAKET 1 MMKKS

NAMA

:

ANNISA CENDEKIAWATY (06) ANNISA RAHMAWATI (07) DEVVY SHELVIANA (13) GEMALA HAVIZA (18)

XII IPA 1 SMA NEGERI 62 JAKARTA

Normal dan karier nomor 2 . 16 macam 34 Perhatikan diagram penyilangan dibawah ini! 1 1 1 1 1 1 2 Dari diagram diatas. 4 macam D.31 Perhatikan tahapan pembelahan mitosis dibawah ini! 1. 1 macam B. Metafase 2. nomor 1 dan memiliki fenotip adalah … A. 5-4-2-1-3 E. 25 % C. profase Urutan tahapan mitosis yang benar adalah … A. 8 macam E. 56 % E. 5-3-2-1-3 D. Telofase 4. sedangkan masing-masing dominan terhadap alelnya putih (h dan k) maka kacang berkulit biji hitam (HhKk) akan mampu menghasilkan gamet … A. 6 % B. Normal dan hemophilia B. 4-5-1-2-3 B. Interfase 5. Marmut bulu hitam kasar (HHKK) dikawinkan dengan marmot albino halus menghasilan keturunan (F1) semua hitam kasar. 75 % 33 Apabila H (hitam) epitasis terhadap k (kuning) yang bersifat hipotasis. 37 % D. Bila marmutF1 disilangkan dengan sesame F1 maka presentase keturunan yang berbulu hitam kasar sebanyak … A. 4-5-2-1-3 C. 5-4-1-2-3 32 Pada marmot warna hitam (H) dominan terhadap albino (h) dan bulu kasar (K) dominan terhadap bulu halus (k). Anafase 3. 2 macam C.

Untuk menyusun tubuh makhluk hidup diperlukan C. Hemofilia dan hemophilia 35 perhatikan diagram mutasi kromosom berikut! A T S T A S G G S A T T G A Berdasarkan gambar diatas.C. Karier dan karier D. dan Nitrogen adalah unsur utama makhluk hidup C. Kesimpulan dari percobaannya adalah … A. tipe mutasi ynag terjadi dinamakan … A. Makhluk hidup muncuk secara spontan dari benda mati B. Duplikasi E. Assam amino dan nukleotida merupakan bahan penyusun protein D. Mempunyai viabilitas dan fertilitas yang sama .O dan N berkekuatan energy tinggi. Senyawa organic sederhana dapat terbentuk dari senyawa anorganik dalam kondisi abiotic E. Perkawinan secara acak D. Translokasi B.H. Hal ini berlaku apabila? A. Transversi C. 37 Menurut hukum Hardy-weinberg terdapat keseimbangan gen dan genotif dari satu generasi kegenerasi yang sama. Transisi D. Hidrogen. Terjadi seleksi alam C. Oksigen. Delesi 36 Teori evolusi kimia telah dibuktikan kebenarannya oleh Stanley Miller. Tak terjadi migrasi B. Karbon. Mutasi dari gen A ke a atau sebaliknya sama E. Hemofilia dan karier E.

Tahap kedua profase yaitu inti sel dan anak inti menghilang. Rusaknya ekosistem 31 Pada Pada Pada Pada Pada gambar gambar gambar gambar gambar 1 2 3 4 5 PEMBAHASAN yaitu tahap pembelahan Metafase yaitu tahap pembelahan Anafase yaitu tahap pembelahan Telofase yaitu tahap pembelahan Interfase yaitu tahap pembelahan Profase Urutan tahapan mitosis yang benar adalah … Tahap pertama Interfase yaitu tahap ketika sel belum melakaukan aktivitas pembelahan sel. Singkong Penicillium requeforti Tape B. Keanekaragaman ekologi meningkat E. 1 dan 2 B. Plasmid 3. Pediococcus Biji coklat E. Bakteri 2.benang spindle terlihat . Hilangnya plasma nutfah C. 3 dan 4 D. benang-benang kromatin menebal membentuk kromosom dan membentuk benang-benang spindle. Buah coklat. Tahap ketiga metafase yaitu benang. Buah kopi Saccharomyces Biji kopi 40 penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietasvarietas unggul akan menjurus pada … A. Enzim restriksi endonuclease 4. 4 dan 1 E.38 Berikut ini factor-faktor yang ada pada bioteknologi: 1. Kualitas lingkungan menurun D. Antibodi Factor yang menunjang berkembangnya rekayasa genetika adalah A. Kedelai Aspergilus wentii Kecap C. Susu Leuconostoc Keju ½ lunak D. 2 dan 3 C. 4 dan 2 39 kombinasi bahan makanan jenis microba dan produk makanan hasil bioteknologi yang tepat adalah … Bahan Mikroorganisme Produk yang dihasilkan A. Jenis hama tanaman meningkat B.

35 Tipe mutasi yang terjadi dinamakan : Mutasi delesi karena . masing-masing kromatid berpisah kearah yang berlawanan. Tahap keempat anafase yaitu benang-benang spindle memendek.9/16 * 100%= 56% 33 HhKk akan menghasilkan … Gamet HhKk .hK. Karier dan Karier. Jadi urutan tahapan mitosis yang benar adalah A. Tahap kelima telofase yaitu. G HK Hk hK hk HK HHKK HHKk HhKK HhKk Hk HHKk HHkk HhKk Hhkk Persentase keturunan yang berbulu hitam kasar sebanyak : D. terbentuknya kembali membran inti dan anak inti serta kromatid menipis. n = 2 Gamet = 2n gamet = 22 gamet = 4 macam (C ) 34 Pada diagram tersebut no.hk : 3 : 1 : kasar halus : albino kasar hK HhKK HhKk hhKK hhKk Hk HhKk Hhkk hhKk hhkk HhKk X HK. 32 p1 G F1 P2 G F2 HHKK HK hhkk hk HhKk (Hitam kasar) HhKk HK.Hk. kromosom berada pada bidang equator.jelas. C.hk 9 : 3 Hitam kasar :albino halus.hK. membrane sel melekuk pada akhir tahap anafase. 1 dan no 2 mempunyai fenotip XhY XHXh XhY XHXh XHY XhXh. 4-5-1-2-3. sitoplasma menebal dan terjadinya sitokinesis.Hk.

terjadinya seleksi alam 38 Perkembangan rekayasa genetika ada 3 faktor yaitu Factor enzim. Tranversi: Mutasi gen yang terdapat penggantian suatu purin oleh pirimidin ataupun pirimidin oleh purin. Singkong Mikroorganisme Produk yang dihasilkan Tape Saccharomyces cerevisiae B. Dibantu dengan sengatan listrik. Mendapat kesimpulan Senyawa organic sederhana dapat terbentuk dari senyawa anorganik dalam kondisi abiotic.pada gambar terdapat kromosom yang hilang . Mutasi duplikat : mutasi gen yang terjadi ada penambahan bahan kromosom sehingga suatu bagian kromosom terdapat lebih dua kali dalam sel haploid yang normal. Hal ini berlaku apabila? Bahan A. Susu Penicillium requeforti Keju ½ lunak D. (Nyasar) Transisi: Mutasi gen yang terdapat penggantian suatu purin dengan purin yang lain. Kedelai Aspergilus wentii Kecap C. vektor dan agen. (D) 37 Menurut hukum Hardy-weinberg terdapat keseimbangan gen dan genotif dari satu generasi kegenerasi yang sama. atau pirimidin dengan pirimidin yang lainnya. 36 Teori evolusi kimia pendapat Alexander Oparin didukung oleh Harold Urey dan Stanley Miller. Tidak membutuhkan Biji coklat mikroorganisme E. Jadi yang termasuk factor yang menunjang berkembangnya rekayasa genetika adalah Plasmid (vector) dan enzim restriksi endonuclease (enzim) B. Buah kopi Tidak membutuhkan Biji kopi mikroorganisme B. 2 dan 3 39 .sedangkan mutasi Translokasi yaitu suatu bagian dari satu kromosom pindah ke kromosom lain yang bukan homolognya. Buah coklat.

organisme local akan tersingkir.mengakibatkan menurunnya keanekaragaman plasma nutfah. B. hilangnya plasma nutfah .40 Penerapan bioteknologi untuk mendapatkan varietas-varietas unggul akan menjurus pada … Beberapa jenis makhluk hidup akan punah apabila variasi struktur tubuhnya tidak sesuai dengan lingkungan hidupnya. Apabila organisme unggl hasil rekayasa dikembangkan secara masal. Hal ini .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful