MAKALAH PSIKOLOGI PERKEMBANGAN "MASA PERKEMBANGAN" DOSEN PEMBIMBING : Dra. HASNIDAR KARIM, M.Pd.

I

Disusun oleh : HJ. FACHIROH SEMESTER II

FAKULTAS TARBIYAH JURUSAN PAI EKSTENSI INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SULTAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI, 2013

dan dengan petunjuk-Nya dapat beraktivitas dengan baik. Oleh karena itu. Jambi. ucapan terima kasih penyusun sampaikan kepada Ibu Dra. M. Akhirnya. penyusun berharap semoga makalah ini dapat dijadikan sebagai satu titik sumbangan ilmu pengetahuan bagi sekalian pembaca. Juni 2013 Penyusun 2 . dan Semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu. Penyusun menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Shalawat beserta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada Nabi Muhammd saw. Oleh karena itu. yang telah membantu selama penyusunan laporan ini. saran dan kritik yang membangun sangat penyusun harapkan demi perbaikan di masa mendatang.Pd. Alhamdulillah akhirnya makalah ini dapat terselesaikan dengan baik walaupun masih jauh dari kata sempurna. teman-teman. yang telah memberi kita pencerahan.I selaku dosen mata kuliah Psikologi Perkembangan. Hasnidar Karim.KATA PENGANTAR Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan akal kepada manusia sehingga manusia bisa berfikir.

.... r-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan ............................................................................................................................................................ 6 2 2 3 B ................................................................ Fase Dan Tugas Perkembangan .................. n Penulisan .................................................FaseC .......................................................................................................................................................................................Tujua i ii 3 ............................................................................................................................................................................................................................................................... Daftar Isi ......................................................Peng ertian Pertumbuhan Dan Perkembangan ....................... usan Masalah .................................................................................................................................................Kesi mpulan ....................................................................................................................................................................................................................................... BAB II PEMBAHASAN A ................................................................................................. BAB I PENDAHULUAN A ..........Rum C .......................................... BAB III PENUTUP A .....................................................Latar Belakang .............................................DAFTAR ISI Kata Pengantar ..................................................................................................................Fakto 1 1 1 B ......................

Untuk Mengetahui Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan. yaitu saat bertemunya sel yang berasal dari ayah (sperma) dengan sel telur yang berasal dari ibu (ovum). 4 . mengakui bahwa pertumbuhan dan perkembangan individu sejak dalam kandungan sampai meninggal dunia. individu mengalami interaksi antara kemampuan dasar/pembawaan dengan lingkungan. Apa Saja Fase-Fase Dan Tugas Perkembangan? 3.BAB I PENDAHULUAN A Latar Belakang Kehidupan individu dimulai sejak masa konsepsi. akan tetapi bagaimnapun juga pertumbuhan dan perkembangan merupakan proses yang bersifat integral sebagai manusia seutuhnya. Para ahli psikologi dan pendidikan. Apa Saja Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan? C Tujuan Penulisan 1. Untuk Mengetahui Maksud Dari Pertumbuhan Dan Perkembangan. Apa Yang Dimaksud Dengan Pertumbuhan Dan Perkembangan? 2. 3. fase-fase kepekaannya dan sebagainya. 2. Dalam proses pertumbuhan atau perkembangannya. mengalami proses menurut hukum waktu yang satu sama lain tidak sama cepat atau lambatnya. Untuk Mengetahui Fase-Fase Dan Tugas Perkembangan. B Rumusan Masalah 1.

bayi mengalami masa tenang dan tidak banyak terjadi perubahan. sedangkan perkembangan mengandung makna adanya pemunculan hal yang baru. tampak adanya perubahan jumlah atau ukuran dari hal-hal yang telah ada. 2) Masa bayi (antara 2 minggu-2 tahun) Masa ini dimulai pada masa ketika anak sangat bergantung pada lingkungan dan kemudian kerena perkembangan anak mulai berusaha menjadi lebih independen. Dalam kaitan itu. Pohon mangga kecil menjadi besar adalah peristiwa pertumbuhan. kata Kasiram. dalam pandangan Kasiram. tampak adanya sifat-sifat yang baru. b. B a. Masa natal 1) Infancy atau neonates (dari lahir-14 hari) Fase ini merupakan fase penyesuaian terhadap lingkungan. pertumbuhan mengandung arti adanya perubahan dalam ukuran atau fungsi-fungsi mental. perubahan dari telur mrnjadi anak ayam adalah peristiwa perkembangan. sedangkan dalam peristiwa perkembangan. Anak ayam kecil menjadi anak ayam besar juga peristiwa pertumbuhan. sehingga ia merasa bahwa dirinya merupakan sebagian dari lingkunagn 5 . Moh. Pada peristiwa pertumbuhan. Akan tetapi. 3) Masa anak (2-10/11 tahun Tanda-tanda khas: usaha menyesuaikan diri dengan lingkungan. 1983: 23). Peristiwa perubahan sel telurdengan sperma dalam kandungan ibu sampai menjadi anak adalah peristiwa perkembangan. Fase-Fase Dan Tugas Perkembangan Menurut Hurlock Fase dan Tugas Perkembangan adalah sebagai berikut : Prenatal (sebelum lahir) atau pralahir Prenatal ini mulai konsepsi sampai umur 9 bulan dalam kandungan ibu. yang berbeda dari sebelumnya (Kasiram. Pada masa ini.BAB II PEMBAHASAN A Pengertian Pertumbuhan Dan Perkembangan Menurut Kasiram. Kasiram memberi contoh.

dan harapan mengembangkan sifat-sifat. masa ini dikenal sebagai masa sturn und Drang dan periode haus nama. Aliran Nativisme Atau Aliran Pembawaan 6 . Ketidak seimbangan emosional dan ketidakstabilan dalam banyak hal terdapat pada masa ini. c. masa menyesuaikan kembali. Perkembangan fungsi-fungsi tubuh. 2) Dewasa menengah (40-60 tahun) Tahapan dewasa menengah merupakan masa transisi. Fase yang sukar untuk anak dan orang tua. ia ingin menonjolkan diri. bersemangat dan mempunyai energy yang besar. terutama seks juga mengganggu. Tokoh utama aliran ini bernama Arthur Schopenhauer (1788-1860).yang ada. Penyesuaian sosial dilaksanakan dengan pergaulan dan berbagai pertanyaan. Dewasa 1) Dewasa awal (21-40 tahun) Tahap ini adalah masa penyesuaian terhadap pola-pola hidup baru. masa equilibrium-diseqluibrium. 2) Remaja awal (13/14-17 tahun) Perubahan-perubahan fisik terjadi sangat pesat dan mencapai pucaknya. Ia idealis. mempunyai cita-cita tinggi. 3) Remaja lanjut (17-20/21 tahun) Dirinya ingin selalu menjadi pusat perhatian. Ketika usia anak mencapai 3 tahun. nilai-nilai yang serba baru. Masa remaja (11/12-20/21 tahun) 1) Praremaja (11/12-13/14) Dikataka juga sebagai fase negatif. d. Usia 6 tahun merupakan masa penting untuk proses sosialisasi. Aliran filsafat nativisme konon dijuluki sebagai aliran pesimistis yang memandang 1. C Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Nativisme (nativism) merupakan sebuah doktrin filosofis yang berpengaruh besar terhadap aliran pemikiran psikologis. seorang filosof Jerman.

Kertas putih bersih dapat ditulis dengan tintawarna apapun. Begitu pula sebaliknya. raut muka. antara lain bentuk tubuh. nenek moynagnya maupun karena memang ditakdirkan demikian. Ia lahir kedunia ini membawa berbagai ragam warisan yang berasal dari kedua ibu bapak atau nenek dan kakek. baik pula anak itu kelak. bakat. dapat di cat dengan berwarna-warni. Akan tetapi. sehingga melahirkan sebuah aliran filsafat bernama “environmentalisme” (aliran lingkungan) dan psikologi bernama “environmental psychology” (psikologi lingkungan) yang relative masih baru (reber. warna kulit. andaikata anak itu berpembawaan buruk. yaitu meja yang bertutup lapisanlilin putih. sifat-sifat atau watak dan penyakit. sebelum ditempelkan. 2. Aliran Empirisme Atau Aliran Lingkungan Aliran empirisme merupakan kabalikan dari aliran nativisme. Anak diumpamakan bagaikan 7 . pandangan seperti ini disebut “pesimisme pedagogis” (Syah. Warisan (turunan atau pembawaan) tersebut yang terpenting. Mengapa begitu? Karena para ahli penganut aliran ini berkeyakinan bahwa perkembangan manusia ditentukan oleh pembawaannya. Oleh sebab itu. Aliran nativisme mengemukakan bahwa manusia yang baru dilahirkan telah memiliki bakat dan pembawaan. sedangkan pengalaman dan pendidikan tidak berpengaruh apa-apa. Nama asli aliran ini adalah “the school of british empiricism” (aliran empirisme inggris). baik karena berasal dari keturunan orang tuanya.segala sesuatu dengan “kacamata hitam”. pendidikan tidak dapat diubah dan senantiasa berkembang dengan sendirinya. 1995). intelegensi. aliran ini lebih berpengaruh pada para pemikir Amerika Serikat. Aliran empirisme mengemukakan bahwa anak yang beru lahir laksana kertas yang putih bersih atau semacam tabula rasa (tabula= meja. denga tokoh utama John Locke (1632-1704). Begitupula halnya dengan meja yang berlilin. Turunan memiliki peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. 1995). 1988. dan warna tulisannya akan sama dengan warna tinta tersebut. rasa=lilin). Manakala pembawaannya itu baik. Syah. Dalam ilmu pendidikan. buruk pula pada masa kedewasaannya. menurut aliran ini.

Aliran ini menggabungkan arti penting hereditas (pembawaan) dengan lingkungan sebagai faktor yang berpengaruh dalam perkembangan manusia. tidak hanya berpegang pada lingkungan/pengalaman. sedangkan bakat pembawaannya bisa ditutup dengan serapat-rapatnya oleh pendidikan itu. 3. Faktor pembawaan tidak berarti apa-apa tanpa faktor pengalaman. seorang filsuf sekaligus psikolog jerman. Stern dan para pengikutnya. faktor pengalaman tanpa faktor bawaan tidak akan mampu mengembangkan manusia yang sesuai dengan harapan. 8 . juga tidak berpegang pada pembawaan saja. dalam menetapkan faktor yang memengaruhi perkembangan manusia. Aliran konvergensi atau aliran persesuaian Aliran ini pada intinya merupakan perpadduan antara pandangan nativisme dan empirisme. sedangkan warna tinta diumpamakan sebagai lingkungan (pendidikan) yang akan berpengaruh terhadapnya. Pendidikan dapat membuat anak menjadi baik atau buruk. yang keduanya dipandang sangat berat sebelah.kertas putih yang bersi. Demikian pula sebaliknya. Pendidikan dapat memegang peranan penting dalam perkembangan anak. tetapi berpegang pada kedua faktor yang sama pentingnya itu. Tokoh utama aliran konvergensi adalah Louis William Stern (1871-1938).

sebenarnya mempunyai arti yang berlainan. Pertumbuhan mengandung arti adanya perubahan dalam ukuran atau fungsi-fungsi mental.BAB III PENUTUP Kesimpulan Istilah pertumbuhan dan perkembangan. dewasa. sedangkan perkembangan . 9 . faktor lingkungan. meskipun saling melengkapi. masa natal remaja. Faktor-faktor mempengruhi perkembangan: faktor pembawaan. dan faktor pembawaan dan lingkungan. masa mengandung dan masa makna pemunculan hal yang yang baru. Fase perkembangan menurut Hurlock: prenatal (sebelum lahir) atau pralahir.

ahmad. 10 . Cv pustaka setia. Psikologi umum. 2003.1989. Bandung. pengantar psikologi. 2004. Cv pustaka setia.DAFTAR PUSTAKA Sobur. Bandung. alex. Effendi. usman dan juhaya. Angkasa. Fauzi. Psikologi umum. Bandung.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful