Penginderaan Jarak Jauh/RS Lanjut [ TIF 341

]
Minggu # 9

PENUTUP LAHAN DAN PENGGUNAAN LAHAN INTERPRETASI PENGINDERAAN JAUH
ERWIN HERMAWAN S.Si, M.Sc

contohnya: vegetasi hutan. danau. belukar. dll. Penutup Lahan (land cover) menurut Lillesand et al.  Penggunaan lahan merujuk kepada bentuk pemanfaatan lahan (permukaan bumi) oleh manusia atau wujud nyata dari pengaruh aktivitas manusia terhadap sebagian fisik permukaan bumi penggunaan lahan lebih terkait dengan fungsi dari sebidang lahan dari perspektif manusia. . (2004) merujuk kepada jenis dan kenampakan dan material fisik dari permukaan bumi. Penutupan lahan/ Tutupan Lahan.

 . Terdapat sejumlah sistem klasifikasi tutupan lahan yang digunakan di dunia. beberapa yang cukup banyak digunakan adalah klasifikasi dari FAO. Sistem klasifikasi tutupan lahan adalah metode penggolongan jenis tutupan lahan yang dibagi dalam beberapa level.  Penentuan tipe-tipe tata guna lahan dan tutupan lahan dapat dilakukan dengan cara pengamatan dari citra satelit atau bisa juga dari foto udara. selain itu diperlukan juga pengecekan ke lapangan. (1976). A Standard Classification System for The Mapping of Land Use and Land Cover fom the state of North Carolina (1994). dimana setiap level memberikan perbedaan kedetailan informasi jenis tutupan lahan. SEMCOG Land Use Land Cover Classification System (2000). sistem klasifikasi tutupan lahan Anderson et al.

 Di Indonesia. Bakosurtanal mengeluarkan klasifikasi penutupan lahan dalam Peta Rupa Bumi Indonesia (RBI) dari skala 1:10.000.  . sementara Kementerian Kehutanan melalui Baplan mengeluarkan peta pentupan lahan untuk keperluan penatagunaan kawasan hutan.000 hingga 1: 250. dua diantaranya yang sering menjadI acuan adalah Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan (Bakosurtanal) dan Badan Planologi Kehutanan (Baplan). terdapat sejumlah lembaga yang mengembangkan klasifikasi penutupan lahan.

Bakosurtanal mengeluarkan klasifikasi penutupan lahan dalam Peta Rupa Bumi Indonesia (RBI) dari skala 1:10. sementara Kementerian Kehutanan melalui Baplan mengeluarkan peta pentupan lahan untuk keperluan penatagunaan kawasan hutan.  .000 hingga 1: 250. terdapat sejumlah lembaga yang mengembangkan klasifikasi penutupan lahan. dua diantaranya yang sering menjadI acuan adalah Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan (Bakosurtanal) dan Badan Planologi Kehutanan (Baplan).000. Di Indonesia.

Thanks .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful