PENGANTAR EKONOMI MIKRO

MEKANISME PASAR PERMINTAAN

Oleh : KELOMPOK 8

Luh Ayu Alita Ermayanthi Luh Putu Mayta Praptidewi Luh Yuliskayani I Wayan Adi Wiguna I Putu Suarna Bumi

1206305096 1206305097 1206305098 1206305099 1206305100

UNIVERSITAS UDAYANA FAKULTAS EKONOMI TAHUN 2012

barang komplementernya bensin. Akan tetapi jika harga barang substitusi naik maka orang akan tetap menggunakan barang yang semula. Jika harga naik jumlah permintaan barang tersebut akan meningkat. Sebaliknya jika pendapatannya turun. PENENTU – PENENTU PERMINTAAN Permintaan seseorang atau sesuatu masyarakat kepada sesuatu barang ditentukan oleh banyak faktor. Harga barang itu sendiri Harga barang akan memengaruhi jumlah barang yang diminta.MEKANISME PASAR PERMINTAAN Permintaan / demand adalah kegiatan manusia/pembeli yang menunjukkan keinginan untuk membeli sejumlah barang tertentu sesuai dengan tingkat harga di waktu tertentu. . d. Apabila harga dari barang substitusi lebih murah maka orang akan beralih pada barang substitusi tersebut. Tetapi ketika hasil dagang minggu kedua Rp400. b. Jika di pasar harga kaos lebih murah dibandingkan kemeja. Contohnya kaos adalah pengganti kemeja. Akibatnya jumlah barang akan semakin turun. Ibu Tia dapat membeli kopi sebanyak 40 kg. Di antara faktor-faktor tersebut yang terpenting adalah seperti yang dinyatakan di bawah ini: a. Misalnya pendapatan Ibu Tia dari hasil dagang minggu pertama Rp200. Harga Barang Komplementer (Pelengkap) Barang pelengkap juga dapat memengaruhi permintaan barang/jasa.000. begitu juga sebaliknya.000. c. Apabila pendapatan yang diperoleh tinggi maka permintaan akan barang dan jasa juga semakin tinggi. Harga barang substitusi (pengganti) Harga barang dan jasa pengganti (substitusi) ikut memengaruhi jumlah barang dan jasa yang diminta. maka kemampuan untuk membeli barang juga akan turun. maka permintaan akan kaos lebih banyak bila dibandingkan permintaan terhadap kemeja. Apabila harga bensin naik.00. Misalnya sepeda motor. Pendapatan Besar kecilnya pendapatan yang diperoleh seseorang turut menentukan besarnya permintaan akan barang dan jasa. maka kecenderungan orang untuk membeli sepeda motor akan turun. sedangkan jika harga turun maka jumlah permintaan barang akan menurun.00 hanya dapat untuk membeli kopi 20 kg.

00. akan menyebabkan permintaan masyarakat terhadap barang atau jasa tersebut rendah. Jumlah Penduduk Pertambahan penduduk akan memengaruhi jumlah barang yang diminta. Sebaliknya jika kebutuhan terhadap barang atau jasa sangat mendesak maka permintaan masyarakat terhadap barang atau jasa tersebut menjadi meningkat. maka konsumen cenderung mengurangi jumlah barang yang dibeli. ahli ekonomi membuat analisis yang lebih sederhana. sekarang ini banyak orang yang mencari hand phone yang dilengkapi fasilitas musik dan game. g. karena selera konsumen akan barang tersebut tinggi maka permintaan akan hand phone yang dilengkapi musik dan game akan meningkat. Sebaliknya apabila konsumen memperkirakan bahwa harga akan turun. Oleh sebab itu. Perkiraan Harga di Masa Depan Apabila konsumen memperkirakan bahwa harga akan naik maka konsumen cenderung menambah jumlah barang yang dibeli karena ada kekhawatiran harga akan semakin mahal. Selera Konsumen Selera konsumen terhadap barang dan jasa dapat memengaruhi jumlah barang yang diminta.00 walaupun kenyataannya harga jas hujan Rp15. Jika selera konsumen terhadap barang tertentu meningkat maka permintaan terhadap barang tersebut akan meningkat pula. IntensitasKebutuhan Konsumen Intensitas kebutuhan konsumen berpengaruh terhadap jumlah barang yang diminta. maka barang yang diminta akan meningkat. dalam membicarakan teori permintaan. Misalnya ada dugaan kenaikan harga bahan bakar minyak mengakibatkan banyak konsumen antri di SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) untuk mendapatkan bensin atau solar yang lebih banyak. h. misalnya dengan meningkatnya curah hujan maka intensitas kebutuhan akan jas hujan semakin meningkat. Kebutuhan terhadap suatu barang atau jasa yang tidak mendesak. f.000. Adalah sangat sukar untuk secara sekaligus menganalisis pengaruh berbagai faktor tersebut terhadap permintaan sesuatu barang.e. Konsumen akan bersedia membeli jas hujan hingga Rp25. Dalam analisis ekonomi dianggap bahwa permintaan suatu barang terutama dipengaruhi oleh tingkat harganya. Jika jumlah penduduk dalam suatu wilayah bertambah banyak. Oleh .000. Misalnya.

yang bunyinya ―Apabila harga suatu barang dinaikkan. Hokum permintaan berhubungan dengan banyak sedikitnya jumlah permintaan yang dipengaruhi oleh naik turunnya harga . Dengan demikian dapatlah diketahui bagaimana permintaan terhadap suatu barang akan berubah apabila — sebagai contoh. Jelasnya adalah tidak benar apabila dinyatakan sebaliknya yaitu jumlah barang yang diminta mempunyai hubungan yang negative. Tetapi dengan asumsi yang dinyatakan ini tidaklah berarti bahwa kita mengabaikan faktor-faktor yang dianggap tetap tersebut.sebab itu. Setelah menganalisis hubungan antara jumlah permintaan dan tingkat harga maka kita selanjutnya boleh mengasumsi bahwa harga adalah tetap dan kemudian menganalisis bagaimana permintaan suatu barang dipengaruhi oleh berbagai faktor lainnya.” Sering dikenal The law of demanishing demand artinya hokum permintaan yang menurun. Jadi dalam hokum permintaan harga baranglah yang berubah dulu (naik atau turun) barulah diikuti berubahnya jumlah barang yang diminta dengan arah yang berlawanan (berkurang atau bertambah). maka semakin berkurang jumlah yang diminta.‖ Keduanya mempunyai pengertian yang sama. sedangkan jumlah barang yang diminta merupakan perubah tergantung. dalam teori permintaan yang terutama dianalisis adalah hubungan antara jumlah permintaan suatu barang dengan harga barang tersebut. cita rasa atau pendapatan atau harga barang-barang lain mengalami perubahan pula HUKUM PERMINTAAN Hukum Permintaan berbunyi “harga suatu barang berbanding terbalik terhadap jumlah barang yang diminta. maksudnya adalah harga merupakan perubah bebas. Dalam analisis tersebut diasumsikan bahwa ―faktor-faktor lain tidak mengalami perubahan‖ atau ceteris paribus.

Kurva permintaan ini memiliki kemiringan (slope) negatif atau bergerak dari kiri atas ke kanan bawah. jumlah barang yang diminta bertambah atau sebaliknya (ceteris paribus). Jadi permintaan menggambarkan keadaan keseluruhan daripada hubungan antara harga dan jumlah permintaan. Berikut adalah kurva permintaan Buah Jeruk : . Ada seseorang yang ingin membeli buah jeruk. Apabila para ahli ekonomi mengatakan ‖permintaan‖ yang mereka maksud adalah keseluruhan daripada kurva permintaan.KURVA PERMINTAAN Kurva permintaan dapat didefinisikan sebagai suatu kurva yang menggambarkan sifat hubungan antara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang diminta para pembeli. sehingga kurva permintaan dikatakan mempunyai kemiringan negatif. karena variable – variable yang bekerja dalam pemintaan bekerjanya berlawanan arah. Berikut contoh permintaan. berikut tabel harga jeruk beserta permintaan jeruknya : Dari tabel di atas bisa dibuat grafik. Kurva permintaan tidak mungkin menyentuh sumbu P karena berapapun harganya pasti ada konsumen yang bersedia untuk membeli barang yang dihasilkan. Sedangkan ―jumlah barang yang diminta‖ dimaksudkan sebagai banyaknya permintaan pada suatu tingkat harga tertentu dan akibat dari adanya hukum permintaan tersebut kurva permintaan menjadi miring dari kiri atas ke kanan bawah. Artinya apabila harga jeruk turun. Dalam menganalisis permintaan perlu disadari perbedaan antara dua istilah berikut permintaan dan jumlah barang yang di minta.

serta dPd / dQ &lt. dimana b harus bernilai negatif b = ∆Qd / ∆Pd Pd Qd = adalah harga barang per unit yang diminta = adalah banyaknya unit barang yang diminta atau Pd = -1/b ( -a + Qd) Syarat.FUNGSI PERMINTAAN Fungsi Permintaan adalah persamaan yang menunjukkan hubungan antara jumlah suatu barang yang diminta dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya. fungsi permintaan adalah suatu kajian matematis yang digunakan untuk menganalisa perilaku konsumen dan harga. . fungsi permintaan mengikuti hukum permintaan yaitu apabila harga suatu barang naik maka permintaan akan barang tersebut juga menurun dan sebaliknya apabila harga barang turun maka permintaan akan barang tersebut meningkat. Bentuk umum fungsi permintaan dengan dua variabel adalah sebagai beriut : Qd = a – bPd dimana : a dan b = adalah konstanta. 0 untuk lebih memahami tentang fungsi permintaan. P ≥ 0. jadi hubungan antara harga dan jumlah barang yang diminta memiliki hubungan yang terbalik. sehingga gradien dari fungsi permintaan (b) akan selalu negatif. Q ≥ 0. dibawah ini disajikan soal dan pembahasan tentang fungsi permintaan.

000 + 2. Pada saat harga Jeruk Rp.000 (Q – 1000) -400P + 2.5.= ——– P2 – P1 Q2 – Q1 mari kita masukan data diatas kedalam rumus : P 5. 5.000 Per Kg permintaan akan jeruk menurun menjadi 600Kg.000 2000Q = 2000. tetapi pada saat harga jeruk meningkat menjadi Rp.000 perKg permintaan akan jeruk tersebut sebanyak 1000Kg.5.000 . 5. 7.P1 Q – Q1 ——. P .000 Q – 1000 ———————– = —————7.000. 7.000 = 2000Q – 2.000 – 400P . buatlah fungsi permntaannya ? Pembahasan : Dari soal diatas diperoleh data : P1 = Rp. yakni : y – y1 x – x1 —— = ——– y2 – y1 x2 – x1 dengan mengganti x = Q dan y = P maka didapat.000 (-400) = 2.000.000 Q1 = 1000 Kg Q2 = 600 Kg untuk menentukan fungsi permintaannya maka digunakan rumus persamaan garis melalui dua titik.000 -400 P .000.000 P – 5.000 600 – 1000 Q – 1000 ———————– = —————2.000 P2 = Rp.

Masing-masing individu dengan permintaan terhadap barang X seperti ditunjukan tabel berikut : Permintaan Pasar Terhadap Barang X. Contoh : Dimisalkan hanya terdapat dua individu didalam pasar barang X. yaitu pembeli 1 dan pembeli 2. Secara geometris. kurva permintaan pasar terhadap suatu barang didapat dengan menjumlahkan mendaftar semua kurva permintaan individual terhadap barang tersebut. Permintaan pasar atau permintaan agregat terhadap suatu barang.000 – 400P) Q = 2000 – 0. oleh semua individu yang ada dipasar.Q = 1/2000 (4. Harga (PX) Jumlah yang diminta perperiode waktu Permintaan Individu 1 (Qd1) Permintaan Individu 2 (Qd 2 ) 8 4 0 0 4 8 0 4 8 0 8 16 Permintaan Pasar .2P ============ Jadi Dari kasus diatas diperoleh fungsi PERMINTAAN PERSEORANGAN Dan PERMINTAAN PASAR Permintaan perseorangan adalah permintaan sejumlah barang dan jasa pada waktu dan tingkat harga tertentu sedangkan permintaan pasar adalah permintaan terhadap suatu barang I pasar pada waktudan harga tertentu yang dilakukan oleh sekelompok konsumen.000. menunjukan berbagai jumlah suatu barang yang diminta per periode waktu pada berbagai tingkat harga.

Permintaan Individu 1 P 8 Permintaan Individu 2 P 8 4 D1 0 4 8 Q 0 8 P 8 Q 0 16 Permintaan Pasar Contoh : Jika terdapat 1000 individu yang identik dipasar.Bagaimanakah skedul permintaan dan kurva permintaan pasar dari individu-individu . dan masing-masing mempunyai permintaan terhadap barang seperti ditunjukan persamaan berikut : QdX =8-PX tersebut diatas ? Penyelesaian : Persamaan permintaan individu : QdX = 8-PX ceteris paribus. Sedangkan persamaan permintaan pasarnya : QdX = 1000 QdX ceteris paribus atau Qdx= 800 –1000 PX ceteris paribus.

Kurva Permintaan Pasar Terhadap Barang X P 8 Q 0 8000 .000 4.000 5.000 2.000 Gambar 1.Daftar Pasar Terhadap Barang X Harga 8 7 6 5 4 3 2 1 0 Jumkah Yang Diminta 0 1.000 3.000 8.000 6.000 7.

PERGERAKAN SEPANJANG dan PERGESERAN KURVA PERMINTAAN Perubahan permintaan dapat dibedakan menjadi dua macam pengertian : Gerakan sepanjang kurva permintaan Perubahan sepanjang kurva permintaan berlaku apabila harga barang yang diminta menjadi semakin tinggi ataupun semakin menurun. Gerakan Sepanjang Kurva Permintaan - Pergeseran kurva permintaan Kurva permintaan akan bergerak ke kanan atau ke kiri. jika terdapat perubahan-perubahan terhadap permintaan yang ditimbulkn oleh faktor-faktor bukan harga. .

Contoh Data : Pergeseran Kurva Permintaan .

Mikro Ekonomi Teori Pengantar : edisi ketiga. Jakarta:Rajawali Pers kk.2005.doc .mercubuana.id/files/93020-2-362422963765.ac.DAFTAR PUSTAKA Sukirno Sadono.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.