You are on page 1of 6

Kolom Analisa Dimensi Perubahan Diri Pribadi

Kejadian Deskripsi Kejadian A Pada umur 3 tahun saya masuk TK

Dimensi Perubahan a. Fisik

Analisa/Detail Perubahan (Lingkungan dan diri pribadi) 1. a. teman baru dan suasana baru b. guru baru 2. a. kegiatan baru buat saya b. baru punya sedikit teman 3. a. dapat bergaul dengan banyak orang 4. a. mulai mengenal Allah 1. a. teman baru dan suasana baru b. guru baru 2. a. mudah bergaul, karena disana banyak teman 1 TK saya 1. a. Rumah, tetangga, dan suasana baru b. jadi pendiam 2. a. tetangga baru b. tidak memiliki teman bermain

b. Sosial

c. Mental d. Spiritual B Pada saya berumur 6 tahun saya masuk a. Fisik SD b. Sosial

C

Pada umur 9 tahun saya pindah rumah ke daerah bekasi. Dulu saya tinggal dipondok kopi jakarta timur

a. Fisik

b. Sosial

Dan mereka hanya berteman dengan teman yang kaya dan mempunyai wajah yang cukup cantik atau ganteng b. a. Dan disanalah baru saya merasakan persahabatan yang sesungguhnya E 1. Disana saya susah bergaul dan kurang banyak teman. lebih banyak main dirumah 1. Dan saya suka merasa minder a. a. Mental d. menjadi sangat dekat dengan Allah 1. a. sangat banyak mempunyai teman c. Sosial 2. Walaupun saya baru kenal dengan mereka semua. Takut untuk bergaul b. sulit beradaptasi D Pada saya berumur 14 tahun saya menduduki bangku kelas 2 SMP. a. saya kurang pergaulan 3. Mental 3. Namun mereka sangat ramah b. Spiritual Pada Umur 15 tahun saya masuk SMA. teman-teman saya mainnya berkelompok.c. tidak mudah bergaul karena ditempat yang baru belum ada dikenal b. a. Saya sangat mudah bergaul b. banyak teman. muka saya selalu murung karena saya jarang belum mendapat teman yang cocok b. Fisik 2. Saya selalu bahagia 2. Fisik b. Jarang keluar kelas 4. a. Sosial . a.

tidak pernah murung dan selalu lupa jika mempunyai masalah yang berat 4. Jadi dikenal oleh banyak guru gara-gara sering terlambat b. Fisik 2. a. a. Mental 3. Sosial 1. Dan sangat rajin beribadah 1. Pola hidup saya jadi berubah 3. Dan saya mulai mengenal satu angkatan 1. Masih tetap rajin beribadah 3. a. a. Sangat dekat kepada Allah b. selalu takut jika datang terlambat b. a. a. Dan orangtua kami dipanggil kesekolah G 1. Sosial 2. Dan disitu saya makin banyak kenal dengan orang banyak. Mental 4. tidak akan pernah takut untuk bergaul b. semakin mudah untuk bergaul 3. Fisik 2. Spiritual Wakt saya kelas 2 SMA saya dan temanteman saya terkenal dengan suka terlambat. Saya berusaha untuk bangun lebih pagi lagi 2. Saya lebih banyak belajar daripada bermain b. makin banyak orang yang saya kenal 4. Pelajaran yang makin sulit membuat saya takut untuk mendapat nilai jelek 4. Sampai ada satu guru yang tidak memperbolehkan kami masuk kelas. Mental . a.3. Lebih semangat dari sebelumnya b. selalu gelisah jika kesiangan 3. Spiritual F Pada Umur 16 tahun saya menduduki kelas 2 SMA dan saya mendapatkan jurusan IPA. a. a.

Spiritual . Pola pikir saya berubah 4. mendapat teman baru b. Dan saya sangat bangga bisa masuk ke fakultas kedokteran. lebih banyak belajar 3. Setiap saya sholat saya tidak lupa berterimakasih kepada Allah atas karunia yang sangat besar 3. Pola hidup dan kebiasaan saya jadi berubah b. a. a. Mental 4. 1. keluarga besar saya sangat bangga kepada saya. pengalaman dan suasana yang sangat baru 2. a.H Ketika saya lulus SMA saya melanjutkan ke perguruan tinggi dengan fakultas kedokteran. Tanggung jawab saya sangat besar b. a. Sosial 2. Fisik 1.

FILSAFAT Dimensi Perubahan Hidup Pribadi Nama NIM Kelas : Alitha Rachma Oktavia : 102010278 :E Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Krida Wacana Jakarta .