You are on page 1of 8

Utilisasi dan Unit Cost

Utilisasi Adalah: tingkat pemanfaatan fasilitas pelayanan yang dimiliki sebuah klinik/praktik.  Dinyatakan dalam persen (prosentase): jumlah kujungan per 100 orang di populasi tertentu (jumlah kunjungan/total populasi x 100%)  Memberikan gambaran tentang:    kualitas pelayanan Risiko suatu populasi (angka kesakitan) Utilisasi tinggi menunjukkan: kualitas pelayanan buruk atau derajat kesehatan peserta buruk  Penting untuk menghitung tarif atau kapitasi  .

 Rumus: Jumlah pendapatan untuk setiap jenis pelayanan/jumlah kunjungan untuk pelayanan tersebut.  Hanya dapat dihitung bila administrasi keuangan rapi (sistematis).Unit Cost Adalah: Biaya rata-rata untuk setiap jenis pelayanan pada kurun waktu tertentu.  Unit cost identik dengan tarif atau harga jual (harga pokok ditambah margin)  . sehingga dapat melihat pemasukan untuk setiap jenis pelayanan.

Unit Cost (2)  Memberikan gambaran tentang:   Efisiensi pelayanan Risiko biaya suatu populasi (beban biaya) Unit cost tinggi menunjukkan: Pelayanan tidak efisien atau populasi memiliki risiko biaya tinggi (banyak penyakit degeneratif)  Penting untuk:    menghitung tarif atau kapitasi Kontrol biaya dan ketaatan tim terhadap SOP yang telah disepakati .

 .Efektivitas Pelayanan dan Biaya Kualitas pelayanan kesehatan tidak ditentukan oleh mahal atau tidak harga yang harus dibayar oleh konsumen  Pelayanan disebut berkualitas bila efektif (tepat guna) dan efisien (tepat biaya)  Biaya yang efektif dan efisien adalah biaya minimal yang diperlukan untuk memberikan hasil pengobatan yang optimal atau bahkan maksimal.

 Investasi terlalu besar. Akhirnya tidak efisien untuk pasien/klien  .non medis Pelayanan efisien dipengaruhi pula oleh komponen investasi.Efektivitas. pemanfaatan (utilisasi) terlalu rendah akan membuat unit cost terlalu tinggi  Biaya yang rendah karena tidak banyak investasi yang dilakukan belum tentu juga efektif. utilisasi dan unit cost. investasi. karena rujukan akan tinggi.

utilisasi dan unit cost (2). investasi.Efektivitas.medis  Untuk membuat pelayanan yang efektif dan efisien langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah: Tingkat kemampuan medis dokter keluarga sehingga cakupan layanan bertambah dan rujukan berkurang  Tingkat kemampuan membina jaringan dengan sarana rujukan sehingga rujukan balik dapat dimaksimalkan  .

maka pada jangka panjang akan memberikan hasil yang baik.Manfaat pelayanan yang efektif & efisien Provider yang mampu memberikan biaya pelayanan yang efektif.  Banyak pihak tertarik bekerjasama dengan provider yang mempunyai kemampuan tersebut  Bagi provider keuntungan akan diperoleh dari volume pelayanan (karena pengguna jasa menjadi lebih banyak)  .