You are on page 1of 3

Salinan Lampiran Nomor

: SK Rektor : 208/J27/KM/2007 PEDOMAN PERSYARATAN PENGAJUAN BEASISWA MAHASISWA UNIVERSITAS SEBELAS MARET Pasal 1 KETENTUAN UMUM

1.

Beasiswa adalah bantuan dari pemerintah atau badan lain berupa sejumlah uang/beaya tertentu yang diberikan kepada Mahasiswa Universitas Sebelas Maret. 2. Tujuan pemberian beasiswa ini adalah memberikan bantuan yang berupa uang untuk memotivasi mahasiswa agar dalam proses belajar tidak menemui kesulitan pembeayaan. Pasal 2 JENIS BEASISWA 1. Beasiswa Prestasi adalah Beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa karena mempunyai prestasi akademik dan/atau aktif/pernah mengikuti kegiatan organisasi kemahasiswaan. 2. Beasiswa Tidak Mampu adalah Beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa karena keterbatasan penghasilan orang tua.

Pasal 3 YANG DAPAT MENGAJUKAN BEASISWA 1. Warga Negara Indonesia. 2. Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Program S1 Reguler, Diploma dan Non Reguler (belum bekerja). 3. Minimal telah menempuh kuliah selama 2 (dua) semester 4. Memenuhi persyaratan nilai rata-rata yang ditentukan 5. Keadaan Orang Tua Mahasiswa diutamakan dari keluarga tidak mampu 6. Tidak sedang menerima beasiswa.

Pasal 4 WAKTU PEMBERIAN 1. Waktu pemberian beasiswa diberikan untuk jangka waktu 1 (satu) tahun atau 12 (dua belas) bulan atau sesuai ketentuan dari lembaga pemberi beasiswa dan dimungkinkan diperpanjang dengan catatan memenuhi persyaratan yang ditentukan (maksimum perpanjangan 1 kali). Beasiswa diterimakan setiap bulan atau sesuai dengan ketentuan pemberi beasiswa. 2. Apabila mahasiswa penerima beasiswa telah lulus, yang bersangkutan masih berhak menerima beasiswa selama 3 (tiga) bulan terhitung dari sejak tanggal kelulusannya. Kecuali ditentukan oleh instansi pemberi beasiswa.

Pasal 5 CARA PENGAJUAN DAN PERSYARATAN 1. 2. Mengisi formulir permohonan beasiswa yang sudah disediakan dengan diketahui oleh Dekan Fakultas yang bersangkutan. Memiliki Nilai Rata-rata Semester 2 (dua) semester terakhir minimal : a. Beasiswa Prestasi : mahasiswa IPS minimal 2,75 (dua koma tujuh lima) mahasiswa IPA minimal 2,60 (dua koma enam puluh) b. Beasiswa Keluarga Tidak Mampu c. Kecuali ketentuan dari Lembaga Pemberi Beasiswa Bagi Beasiswa Prestasi diutamakan yang masih aktif dalam organisasi dan atau kegiatan kemahasiswaan, dan Bagi Keluarga Tidak Mampu : melampirkan : Surat Keterangan tentang penghasilan orang tua tidak lebih Rp. 2.500.000,Copy Kartu Keluarga Copy Rekening Listrik dari Orang Tua Mahasiswa Surat pernyataan diri bahwa pemohon tidak menerima beasiswa dan tidak sedang mengajukan beasiswa yang diketahui oleh Dekan. Mahasiswa pemohon tidak terkait dalam perkawinan dan bagi mahasiswa non regular tidak sedang bekerja. Pas foto ukuran 3 x 4 cm = 2 lembar Lampiran persyaratan tersebut di atas dimasukkan dalam stop map dan masingmasing rangkap 2 (dua). Pasal 6 TATA CARA SELEKSI 1. Usulan Calon Penerima Beasiswa dari masing-masing Fakultas telah diseleksi maupun diteliti oleh Fakultas dengan berpedoman ketentuan pasa 3 dan pasal 5. 2. Tim Universitas akan meneliti ulang Calon Penerima Beasiswa telah menerima beasiswa dari instansi lain. Apabila Calon Penerima Beasiswa yang diajukan Fakultas ternyata menerima beasiswa dari instansi lain, maka calon tersebut akan digugurkan langsung tanpa persetujuan Pimpinan Fakultas. 3. Perpanjangan Beasiswa dimungkinkan diberikan sepanjang NRS 2 (dua) semester terakhir naik atau minimal tetap. Apabila terjadi penurunan toleransi maksimal adalah 0,10 (nol koma satu nol).

3. 4.

5. 6. 7. 8.

Pasal 7 LAIN-LAIN 1. Bagi mahasiswa di luar ketentuan di atas, dapat mengajukan Beasiswa dengan pertimbangan dan kebijakan tersendiri oleh Universitas/Fakultas. 2. Alokasi beasiswa untuk mahasiswa program non regular dibatasi tidak lebih dari 3% dari alokasi dana beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan atau beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM). 3. Dengan keluarnya Pedoman ini, maka SK Rektor Nomor 38/J27/KM/2003, tanggal 15 Nopember 2003, dinyatakan tidak berlaku.

Ditetapkan di : Surakarta Pada tanggal : 27 Maret 2007 Rektor Ttd Prof. Dr. MUCH. SYAMSULHADI, dr.Sp.KJ (K) NIP. 130 543 952