You are on page 1of 4

1

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Pendidikan adalah merupakan suatu program kegiatan dalam rangka merubah perilaku. Kegiatan pendidikan merupakan kegiatan antar manusia, oleh manusia dan untuk manusia. Oleh karena itu pendidikan tidak pernah lepas dari unsur manusia. Para ahli pendidikan pada umumnya sepakat bahwa pendidikan itu diberikan atau diselenggarakan dalam rangka mengembangkan seluruh potensi manusia ke arah yang positif. Pendidikan tentunya tidak lepas dari kegiatan belajar mengajar di sekolah maupun di luar sekolah. Dalam kegiatan belajar mengajar disekolah, tentunya memiliki tujuan pembelajaran sebagai target yang ingin dicapai yang berkaitan dengan materi yang diberikan dan mengenai metode yang

digunakan dalam penyampaian materi tersebut apakah tepat sehingga sesuai dan dapat diterima oleh siswa dengan baik. Guru adalah pihak yang paling bertanggung jawab atas hasilnya. Dengan demikian, guru patut dibekali dengan evaluasi sebagai ilmu yang mendukung tugasnya, yakni mengevaluasi hasil belajar siswa. Dalam hal ini guru bertugas mengukur apakah siswa sudah

Laporan Analisis Evaluasi Hasil Belajar Mengajar Adelina Anandini 1005025061

peserta didik dapat mengetahui sejauh mana keberhasilan yang telah dicapai selama mengikuti pendidikan. Padahal evaluasi yang efektif merupakan suatu langkah ke arah perbaikan. Banyak pelaku-pelaku pendidikan yang belum memahami tentang prosedur evaluasi yang benar dan tepat. Evaluasi dapat memberikan pendekatan yang lebih banyak lagi dalam memberikan informasi kepada pendidikan untuk membantu perbaikan dan pengembangan sistem pendidikan.2 menguasai ilmu yang dipelajari oleh siswa atas bimbingan guru sesuai dengan tujuan yang dirumuskan. Pelaksanaan evaluasi sendiri masih mengandalkan tingkat kelas untuk suatu sekolah. Evaluasi pendidikan memberikan manfaat baik bagi siswa/peserta didik. pengajar maupun manajemen. motivator agar siswa dapat lebih meningkatkan prestasi. Pada kondisi dimana siswa mendapatkan nilai yang mernuaskan maka akan memberikan dampak berupa suatu stimulus. Sedangkan penyusunan butir soal bagi mahasiswa khususnya mahasiswa pendidikan kimia yang mengambil mata kuliah evaluasi hasil belajar kimia perlu dilaksanakan guna mengetahui kemampuan mahasiswa dalam menganalisis soal yang telah diujikan pada sekolah tertentu. Dan dapat digunakan soal berbentuk pilihan ganda dan uraian sebagai alat tes guna mengukur hasil belajar yang telah dicapai oleh siswa. Pada kondisi dimana hasil yang dicapai tidak mernuaskan maka siswa akan berusaha memperbaiki kegiatan Laporan Analisis Evaluasi Hasil Belajar Mengajar Adelina Anandini 1005025061 . Dengan adanya evaluasi. Oleh karenanya prosedur evaluasi telah dipelajari saat dibangku perkuliahan.

Untuk mengetahui tingkat kesukaran. Untuk mengetahui tingkat kesukaran soal sehinggadapat diperoleh informasi soal-soal mana yang termasuk mudah. Untuk mengetahui validitas soal dan reabilitas soal. Dari sisi pendidik. serta berguna untuk mengetahui kemampuan dalam menganalisis suatu soal sebagai bekal untuk menjadi seorang pengajar yang professional. Tujuannya untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam menyusun suatu butir soal sebagai sarana tes. Laporan Analisis Evaluasi Hasil Belajar Mengajar Adelina Anandini 1005025061 . Untuk mengetahui daya pembeda soal sehingga dari tes tersebut bisa membedakansiswa yang termasuk dalam kategorirendah dan kategori tinggi.sedang dan sukar. namun demikian sangat diperlukan pemberian stimulus positif dari guru/pengajar agar siswa tidak putus asa. penyusunan analisis butir soal tes kimia oleh mahasiswa yang mengambil mata kuliah Evaluasi Hasil Belajar perlu diadakan. Tujuan Analisis Tujuan analisis butir soal pada mata kuliah Evaluasi Hasil Belajar Mengajar adalah sebagai berikut : 1. 2. Untuk itu. B.3 belajar. 3. hasil evaluasi dapat digunakan sebagai umpan balik untuk menetapkan upaya-upaya meningkatkan kualitas pendidikan.

Dapat menganalisis setiap butir soal c. Dapat membuat soal b. Bagi mahasiswa : a. Bagi sekolah .4 4. Mengetahui kemampuan siswa dalam mengerjakan soal b. C. a. Mengetahui perubahan psikologi apa yang timbul dari siswa tersebut setelah mengalami proses belajar mengajar Laporan Analisis Evaluasi Hasil Belajar Mengajar Adelina Anandini 1005025061 . Dapat mengetahui kualitas soal 2. Menilai kemampuan belajar dan mengajar dalam jangka waktu tertentu c. Untuk mengetahui kekurangan-kekurangan dalam petunjuk soal. Format penulisan soal sertaketerangan soal yang dibutuhkan bagi penyusun butir soal. Manfaat Analisis 1.