You are on page 1of 6

1

PERATURAN PERTANDINGAN FUTSAL FIK STATION

I.

PERATURAN UMUM A. Waktu Pertandingan : 2 x 15 menit

II. PERSYARATAN TIM 1. Tiap tim terdiri dari maksimal 8 orang pemain dan 2 orang official 2. Tim harus memiliki kostum/DC yang lengkap. Diusahakan memiliki 2 kostum/DC dengan warna berbeda. 3. Setiap pemain diwajibkan memakai perlengkapan bermain futsal. (seperti : sepatu, kaos kaki, decker) dan tidak diperkenankan memakai aksesories yang tidak perlu (seperti: kalung, gelang, cincin) yang dapat membahayakan pemain lain dan diri sendiri. 4. Peserta diharapkan datang dan melakukan registrasi ulang 30 menit sebelum pertandingan dimulai dan apabila melakukan keterlambatan yang telah ditentukan maka tim akan didiskualifikasi. 5. Bagi tim yang terlambat dalam suatu pertandingan ditunggu dengan batas waktu 2x5 menit pertama yang terhitung dari jadwal pertandingan, apabila melebihi batas waktu tersebut, maka tim tersebut di WO dengan kemenangan 3-0 bagi tim lawan.

III. SISTEM PERTANDINGAN Menggunakan sistem liga

IV. PERATURAN PERMAINAN Peraturan permainan mengacu pada peraturan FIFA

V. PENENTUAN PEMENANG/JUARA Untuk menentukan juara ditetapkan sebagai berikut; Urutan peringkat ditentukan oleh jumlah nilai yang diperoleh tiap tim dari setiap pertandingan yang dimainkan. Nilai yang diperoleh tiap pertandingan : Menang 3, Seri 1 dan kalah 0 Apabila dalam 1 pertandingan ada tim yang tidak datang maka tim tersebut dinyatakan kalah WO dan tim lawan menang dengan skor 3-0. Jika pada akhir liga terdapat 2 tim pada grup yang sama perolehan poin sama, maka penentuan juara dihitung dari selisih gol.

000. Seorang pemain yang melakukan penganiayaan terhadap pemain atau official tim lawan. SANKSI TERHADAP PEMBUAT ONAR DAN PEMOGOKAN 1. Apabila karena suatu sebab dari salah satu tim yang sedang bertanding. ada tim yang membuat keonaran maka tim tersebut didiskualifikasi dari “FIK STATION” 2. 2. Pemain yang mendapatkan 2 kartu kuning dalam satu pertandingan atau kartu merah langsung wajib membayar denda sebesar Rp. sehingga mengentikan pertandingan maka akan diberikan waktu maksimal 5 menit kepada kapten tim untuk menyelesaikan masalah atau tim tersebut dinyatakan kalah dan didiskualifikasi sesuai dengan keputusan wasit. 10.2 VI.-(Sepuluh ribu rupiah) yang dibayar setelah selesai pertandingan. jika lebih dari waktu yang ditentukan pertandingan akan dilanjutkan dihari atau tempat lain.(Lima ribu rupiah) dan 1 kartu merah wajib membayar denda sebesar Rp. Jika yang dimaksud pada point 1 terjadi dan sisa waktu kurang dari 2 menit maka pertandingan diberhentikan sesuai dengan hasil akhir pada pertandingan tersebut. SANKSI KARTU KUNING DAN KARTU MERAH 1. 10.000. 2. VIII. PERKELAHIAN. wasit berhak mengeluarkan pemain tersebut dari pertandingan dan dikenakan larangan bermain selama sisa kompetisi. Apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena situasi atau bencana alam maka pertandingan akan diberhentikan dengan menunggu waktu + 15 menit. . Baik pemukul ataupun pembalasan pemukulan tidak diperkenankan bermain hingga akhir kompetisi.. PERTANDINGAN DITUNDA/DIBERHENTIKAN (FORCE MAJEUR) 1. PENGARUH AL-KOHOL DAN OBAT TERLARANG 1. Apabila menurut pengamatan wasit dan pengawas serta pertimbangan dari pengawas pertandingan.000.(Sepuluh ribu rupiah) VII.. SANGSI TERHADAP PELAKU KEKERASAN. 5. Pemain yang mendapatkan 1 kartu kuning wajib membayar denda sebesar Rp. 2. IX.

2. XI.3 3. Wasit berhak memmnb vcxberikan peringatan atau kartu kepada official maupun pemain yang duduk dibangku cadangan bila dianggap melakukan provokasi. yang berasal dari tiap organisasi kedaerahan yang ada di UKM Malaysia. obat-obatan terlarang baik akan menimbulkan kericuhan atau tidak. Pemain yang terbukti menggunakan minuman keras. 4.. maka penentuan . PENUTUP Demikian peraturan ini dibuat untuk ditaati bersama.(Lima ratus ribu rupiah). 500. 5. apabila terdapat kekeliruan/kesalahan serta kekurangan akan mengacu pada peraturan yang disepakati bersama. Bandung. Jika pemain yang bersangkutan memiliki keraguan untuk memilih tim kedaerahannya. X. Kekerasan yang dilakukan pemain. Pemain yang didaftarkan adalah mahasiswa/non-mahasiswa berwarga indonesia.000. XII. PROTES Protes atau pengajuan keberatan atas pertandingan atau hasil pertandingan dilakukan maksimal 10 menit setelah pertandingan selesai dengan membayar uang protes sebesar Rp. Nopember 2010 Panitia PERSYARATAN UMUM 1. official atau supporter terhadap wasit dan petugas pertandingan baik di dalam maupun di luar lapangan akan mengakibatkan dicoretnya tim dari keikutsertaan turnamen selamanya. WASIT Wasit ditentukan oleh panitia dan keputusan wasit tidak dapat dirubah atau digangu gugat (mutlak). panitia atau wasit berhak mengeluarkan pemain tersebut dari pertandingan dan dikenakan larangan bermain selama sisa kompetisi (skor). pengaruh al-kohol.

Pada babak penyisihan grup • Menang = 3 poin. Seorang pemain dibolehkan bermain atas nama daerah lain jika tidak memiliki team dan dikontrak untuk memperkuat tim yang bersangkutan. 4. 6. 2. 3. Turnamen terbuka hanya untuk 12 tim sahaja PERATURAN PERTANDINGAN DAN KETENTUAN 1. First round terbagi kepada 3 group dengan 4 tim peserta di setiap grupnya. Biaya Pendaftaran adalah RM100/Tim. dan system gugur pada second round. atas persetujuan dari team lain. Artinya turnamen akan dilaksanakan secara pool (pembagian group) pada first round. Peringkat 1 dan 2 di setiap grup beserta 2 tim peringkat 3 terbaik berhak lolos ke babak selanjutnya. 4. • Seri = 1 poin • Kalah = 0 poin • Apabila poin sama. maka akan dilihat secara berturut-turut: o Selisih gol o Head-to-head .4 tim dapat didasarkan kepada daerah kelahiran atau tempat domisili sekarang pemain ybs. Sistem turnamen yang digunakan ialah setengah kompetisi. Waktu pertandingan adalah 2x7 menit tanpa diselingi waktu istirahat. 5. Jumlah pemain untuk setiap tim adalah 8 orang (maksimum) dan minimum 5 orang. 3. Tiap organisasi kedaerahan hanya boleh mengirimkan maksimal 2 tim. 7.

maka sanksinya adalah Tim tersebut akan didiskualifikasi sampai akhir Tournament. 13. Batas jumlah pergantian pemain: tak terbatas 9. pergantian penjaga gawang hanya dapat dilakukan jika bola tak sedang dimainkan dan dengan persetujuan wasit) 10. Jika bola melewati garis pinggir lapangan.5 o Pengundian 5. 8. Jika ada salah satu Tim yang menyulut keributan atau memulai suatu keributan. • Memakai sepatu futsal/sepatu jogging / sepatu olah raga tidak ber-pull. 7. Tim yang terlambat hadir akan didiskualifikasi secara sepihak oleh panitia. 15. terkecuali aturan “back pass”. 6. 14. disertai 3 orang cadangan. Jumlah pemain di setiap pertandingan ialah 5 orang. 11. Second round akan mempertemukan tim dari setiap grup dalam quarter final. . jika tidak ada maka panitia akan menyediakan rompi. apabila Draw maka dilakukan adu pinalti dengan 3(tiga) orang penendang. 12. Untuk system gugur. menggunakan system gugur. Setiap tim diwajibkan : • memakai kostum sepakbola yang seragam. Menggunakan system out. Setiap Tim WAJIB hadir 30 menit sebelum pertandingan/turnamen dimulai untuk mendaftar ulang (absensi). Peraturan mengikut aturan FIFA. Metode pergantian: "pergantian melayang" (semua pemain kecuali penjaga gawang boleh memasuki dan meninggalkan lapangan kapan saja.

6 16. 3. Setiap Peserta Pertandingan WAJIB untuk : 1. Panitia hanya bertanggung jawab terhadap kecelakaan yang terjadi semasa di lapangan. Konsumsi dan akomodasi disediakan oleh panitia. Semua keputusan yang diambil oleh panitia. 2. 18. 17. Menjaga setiap fasilitas yang ada pada lapangan pertandingan pro arena indoorsoccer-futsal . Menghormati dan menghargai peserta lainnya. baik pra maupun pada pelaksanaan turnamen Futsal piala kemerdekaan 2 tahun 2009 adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat didasarkan pada hasil keputusan Technical Meeting. Mengikuti dan melaksanakan peraturan pertandingan yang dibuat oleh panitia.