1.

media humas ialah sebagai hubungan dengan media komunikasi untuk melakukan publisitas atau merespon kepentingan media terhadap organisasi. Judul: media humas, penulis: yosal iriantara, tahun terbit: 2005, kota: bandung, prnerbit: simbiosa rekatama media, cek: ke-1, hal: 29 . 1. Merupakan bagian dari eksternal pr yang membina dan mengembangkan hubungan baik dengan media masa sebagai sarana media komunikasi antara media organisasi dan publik2nya untuk mencapai tujuan organisasi. Publik relation writing pendekatan teoritis dan praktis penulis (dr.yosal iriantara dan a.yani surachman, s.sos.) tahun terbit 2006,bandung simbiosa rekatama media hal 16. 2. scot n cutlip : • Meidia baru: internet merupakan revolusi yang sangat luas dan mendalam. Dunia DIGITAL TELAH MENGUBAH KOMUNIKASI DI DALAM organisasi dan di antara organisasi dengan berbagai publik yang berbeda-beda. Dalam PR , internet adalah jalur informasi bebas hambatan, diantaranya via e-mail, weblogs, forum online, dan akses ke informasi real time Media tradisional: media tradisional lama menjadi alat komunikasi yang efektif dan ekonomi dengan berbagai publik yang luas dan terbesar. Mereka yang bekerja di sector PR harus punya pemahaman dan keahlian dalam menggunakan Koran, majalah, publikasi dagang, radio AM dan FM, televisi, TV kabel, buku, dan sebagainya. Frank Jefkins: Pers: Koran dan majalah Televisi: nasional dan regional Radio: nasional, regional, dan local Ekshibisi: konsumen, perdagangan dan teknik, dan bisnis dan professional Jdl: public relations, penulis: frank jefkins, tahun: 2004, kota: Jakarta, penerbit: erlangga, cek: ke-5, hal 91

Oemi abdurahman: Media yang digunakan komunikator diantaranya ada yang dapat dimasukan kedalam:

cek: ke-12. Perubahan: apa yang mempengaruhi perubahan dari opini publik dan seberapa kuat pengaruh tersebut. papan reklame iklan • The spoken word (kata-kata lisan) Rapat-rapat Pertemuan.A. penerbit: PT citra aditya bakti. Opini publik. wayang (komunikasi tradisoonil) Pers (judul: dasar-dasar public relation. penulis: oemi abdurrachman. situasi yang bagaimana. kelompok potensial atau umum. positif atau negative.pertemuan Konferensi –konferensi The grapevine (desas-desus) The image Televisi Pameran Open house Sandiwara. thn:2001. . poster. hal: 99-104) Rosady ruslan: 3. arahnya kemana. M.. bila ditanggapi dengan tepat. kota: bandung.• The printed word(kata-kata tercetak) Majalah Booklets dan pamphlest Institutional booklest Surat-surat dan bulletin Papan pengumuman. proses pembentukan opini publik • • • Dasar terjadinya opini publik : dengan arus yang keras. Dasar untuk bertahan: bagaimana opini publik itu bisa bertahan dan kekuatan apa yang mendorong hal tersebut dapat bertahan.

24-25 pengarang Frida Kusumastuti penerbit Ghalia Indonesia cetakan tahun 2004) 3. maupun dengan public internal d. transparan dan didasarkan pada fungsi manajemen umumnya akan membawa perubahan. membina dan menjalin hubungan baik dengan publiki yang ada di luar perusahaan.sms broadcast. metode. suatu penderitaan kalau opini itu sendiri tidak berkualitas. c. Judul: dasar-dasar public relation teori dan praktik. dia menasehati pimpinan perusahaan atau organisasi. penerbit: PT grasindo. bahkan dia memungkinkan menjadi leader dalam penanganan krisis management. teknik penjajakan opini: dengan munculnya opini publik bisa dicermati.objektif.sasarannya adalah publik yang ada di dalam perusahaan/karyawan fungsinyamenyebarkan berbagai informasi penting seputar aktivitas stiap departemen/unit *media humas eksternal : 1. (panduan praktisi pr. kota: Jakarta.wawancara 2.*meida humas internal : 1. Seorang praktisi PR harus mementoring opini public karena a. peranan petugas atau praktisi humas merupakan salah satu kunci penting untuk pemahaman fungsi humas dan komunikasi organisasi. hal: 63-67 4. 2. maria Assumpta Rumanti OSF. penulis: Sr. b. jujur. Peranan petugas humas sebagai fasilitator komunikasi antara perusahaan atau organisasi dengan public. petugas humas melibatkan diri atau dilibatkan dalam setiap management (krisis). Masyarakat yang akan menikmati kalau hal itu berakibat positif. thn: 2005. Sasarannya adalah publik yang bekerjasama dengan perusahaan atau yang menjadi konsumen perusahan fungsinya .berita foto 4.buletin rutin 4.surat direksi untuk karyawan. Peranan sebagai fasilitator dalam proses pemecahan masalah. Petugas PR dianggap sebagai orang yang ahli.situs perusahaan 5. Tahun 2009 jakarta penerbit pt. siapakah yang memiliki keterbukaan itu dan sejauh mana keterbukaan tersebut bisa tampak pada kualitas opini publik. Pengaruh di bidang politik dan kehidupan bermasyarakat untuk opini publik: pengaruh tersebut menunjukan kualitas kehidupan masyarakat kita.forum tatap muka 3. praktisi PR memonitoring • Menurut Dozier (1992).mading/papan pengumuman 5.advertorial 3. dia menjadi anggota tim. Penulis silvia rita fariani dan widodo aryanto.E-MAIL 6. (Dasar-dasar Humas hal. Disini petugas humas dianggap sebagai pelaksana teknis komunikasi.eleks media komputindo hal 25-35 . baik dengan public eksternal . • Sebagai tolak ukur.annual report.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful