1 1.

Apabila obat yang diberikan dokter dalam resep boleh diulang, maka dalam kertas Resep diberi tanda : A. ITER B. NI C. DET D. STATIM E. NEDET 2. Tanda yang harus dicantumkan dalam salinan resep, yang artinya “disalin sesuai dengan aslinya “ adalah : A. NI B. DET C. STATIM D. NEDET E. p.c.c 3. Bagian dari resep yang merupakan petunjuk pembuatan obat disebut : A. Superskripsi B. Inskripsi C. Subkripsi D. Praeskripsi E. Transkripsi 4. Bentuk sediaan obat (BSO) yang memberikan efek lokal : A. Syrup B. Ovula C. Capsul D. Tablet E. Drops 5. Nama lain dari bentuk sediaan obat (BSO) salep mata adalah : A. Ointment B. Guttae ophthalmicae C. Eye Drops D. Oculentum E. Linimentum 6. Signatura “ Sehari tiga kali satu sendok makan, satu jam sebelum makan “ ditulis dalam Resep dengan singkatan : A. ∫ tdd C I , 1 h. ac B. ∫ tdd C I , 1 h. pc C. ∫ 3dd Cth I , 1 h. ac D. ∫ sdd Cth III , 1 h. ic E. ∫ 1dd Cth 3 , 1 h. dc 7. Kadar obat untuk BSO konsistensi cair yang digunakan peroral dinyatakan dalam satuan : A. mg B. volum C. berat D. % E. Berat/volum

Interaksi yang termasuk dalam Highly predictable contohnya adalah : A. Contoh interaksi obat yang memberikan efek potensiasi adalah A. Fenobarbital + Kafein 11. Menpengaruhi proses absorpsi dari obat E. Terfenadin + Erytromycin E. Dapat terjadi pada kombinasi obat suntik dan cairan infus D. Terjadi secara In Vitro B. Activity E. Aspirin + Antikoagulan D. Sulfametoksazol + Trimetoprim C. Perubahan flora usus . Bentuk fisik obat berubah C. Perubahan waktu pengosongan lambung D. Barbiturat dengan Theophyllin 12. Perubahan pH saluran cerna B. Kompetisi untuk mekanisme absorpsi aktif E. Dalam memilih p-drug . efek farmakodinamik dan farmakokinetik suatu obat dibandingkan dalam kriteria : A. Antasid + Tetrasiklin B. Efficiency MATERI INTERAKSI OBAT ( 1 JAM ) 9. Antasid + Ketokonazol D.2 8. Terjadi inaktivasi obat 10. Interaksi antara senyawa Antasida dengan Tetrasiklin merupakan interaksi yang terjadi karena : A. I N H + Vitamin B6 E. Safety B. Simetidin + Theophyllin C. Proses absorpsi di saluran cerna C. Tetrasiklin + Antasid B. Suitability C. Efficacy D. Pernyataan yang TIDAK BENAR tentang Interaksi Farmaseutik adalah : A.

∫ u. Apabila obat yang dtulis dalam resep. Solutio D. Suspensio B.c. Obat Opium C. Obat Bebas Terbatas D. maka dalam kertas resep signaturanya ditulis : A. ∫ ue B. disebut : A. cara pemakaiannya sudah diterangkan dahulu kepada pasien oleh dokter. Inskripsi C. Transkripsi 14. yang Onset of action paling cepat adalah : A. Emulsio C.3 UJIAN ULANG : PENULISAN RESEP ( 2 jam kuliah : 7 soal ) 13. Superskripsi B. Praeskripsi E. Obat Wajib Apotik 15.i. Potio . Lotio E. Obat Bebas E. Bentuk sediaan obat (BSO) konsistensi cair peroral.v D. apabila obat yang akan diberikan termasuk golongan : A. Obat Keras B. Bagian dari kertas resep yang memberi petunjuk bentuk sediaan obat yang diminta. Resep yang tidak boleh diberi tanda ITER. ∫ u. C. ∫ u.p. serta jumlah obat yang akan diserahkan untuk pasien. E. 16. Subkripsi D. ∫ u.

1 h. ic sns E. tidak boleh dibuat resep racikan adalah : A. 1 h. Cream C. Potensiasi D. Terjadi pada sistem reseptor yang sama B. Dapat terjadi pada sistemfisiologik yang sama 21. Pernyataan yang TIDAK BENAR tentang Interaksi Farmakodinamik adalah : A. Oculentum E. Unguentum B. Alumunium Hidrosida + Magnesium trisilikat . pc sos B. Pasta D. pc 18. pc C. Efek Farmakodinamik dan Farmakokinetik obat E. Ointment 19. yang termasuk kriteria Suitability adalah membandingkan : A. Perubahan flora usus 23.4 17. ∫ sdd CthIII . ∫ prn tdd CthI . Sinergis E. 1 h. Efek samping dan efek toksik obat B. Dalam pemilihan p-drug. Indikasi dan ADME obat C. 1 h. 1 h. Proses absorpsi di saluran cerna C. Antagonis C. Efek yang merugikan dapat dihindarkan D. BSO semisolid yang harus diberikan dalam bentuk obat jadi. Interaksi obat yang dapat mengurangi efek samping neuritis perifer adalah kombinasi dari : A. ac prn D. ∫ tid CthI . Perubahan pH saluran cerna B. Dapat dimanfaatkan untuk memperoleh efek sinergis C. Interaksi antara Antasida dengan senyawa Fe dapat terjadi karena : A. Kompetisi untuk mekanisme absorpsi aktif E. ∫ 3dd CI . Signatura “Kalau perlu sehari tiga kali satu sendok makan. Perubahan waktu pengosongan lambung D. Sumasi 22. Kejadiannya tidak dapat diprediksi E. ∫ prn tid CI . Adisi B. satu jam sesudah makan ” ditulis dalam Resep dengan singkatan : A. Kombinasi obat Sulfametosazol dan Trimetoprim merupakan interaksi dengan efek : A. Kontraindikasi dan bentuk sediaan obat D. Lama pengobatan dan harga obat UJIAN ULANG : INTERAKSI OBAT ( 1 jam kuliah : 4 soal ) 20.

D.5 B. C. E. ----ros---Isoniazid + Piridoksin HCl Amoxicillin + Asam Klavulanat Sulfamethoxazol + Trimetoprim Tetrasiklin + Multivitamin .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful