P. 1
44468586 Makalah Tentang SENG

44468586 Makalah Tentang SENG

|Views: 22|Likes:
Published by Azri Alfaqih

More info:

Published by: Azri Alfaqih on Jun 19, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/09/2014

pdf

text

original

Unsur Seng (Zn

)
I.1 Sejarah Seng merupakan unsur paling melimpah ke-24 di kerak Bumi dan memiliki lima isotop stabil. Bijih seng yang paling banyak ditambang adalah sfalerit (seng sulfida).Kuningan, yang merupakan campuran aloi tembaga dan seng, telah lama digunakan paling tidak sejak abad ke-10 SM. Logam seng tak murni mulai diproduksi secara besar-besaran pada abad ke-13 di India, manakala logam ini masih belum di kenal oleh bangsa Eropa sampai dengan akhir abad ke-16. Para alkimiawan membakar seng untuk menghasilkan apa yang mereka sebut sebagai "salju putih" ataupun "wol filsuf". Kimiawan Jerman Andreas Sigismund Marggraf umumnya dianggap sebagai penemu logam seng murni pada tahun 1746. Karya Luigi Galvani dan Alessandro Volta berhasil menyingkap sifat-sifat elektrokimia seng pada tahun 1800. Pelapisan seng pada baja untuk mencegah perkaratan merupakan aplikasi utama seng. Aplikasi-aplikasi lainnya meliputi penggunaannya pada baterai dan aloi. Terdapat berbagai jenis senyawa seng yang dapat ditemukan, seperti seng karbonat dan seng glukonat (suplemen makanan), seng klorida (pada deodoran), seng pirition (pada sampo anti ketombe), seng sulfida (pada cat berpendar), dan seng metil ataupun seng dietil di laboratorium organik.

I.2 Pengertian Unsur Seng Seng (Zn) adalah unsur pertama dalam golongan IIB pada tabel periodik. Zn mempunyai nomor atom 30 dan berat atom 65.38 dengan valensi 2. Kadar komposisi unsur seng di kerak bumi adalah sekitar 75 ppm (0,007%). Hal ini menjadikan seng sebagai unsur ke-24 paling melimpah di kerak bumi. Tanah mengandung sekitar 5–770 ppm seng dengan rata-ratanya 64 ppm. Sedangkan pada air laut kadar sengnya adalah 30 ppb dan pada atmosfer kadarnya hanya 0,1–4 µg/m3. Logam Zn umumnya tidak bereaksi dengan molekul air. Ion pelindung tidak akan melarutkan lapisan Seng Hidroksida (Zn(OH)2) dengan ion OH terlarut. Reaksi ini dapat dituliskan : Zn2+ + 2OH → Zn(OH)2 (s) Seng akan bereaksi dengan ion H+, sesuai reaksi :

hal ini bertujuan agar unsur yang ada pada bahan mentah yang merupakan hasil dari bahan tambang bersih dari unsur lain. . seng dalam bentuk plat disusun rapi kemudian terakhir di masukkan ke mesin gelombang sehingga dapat terbentuk plat seng yang pipih elastis dan bergelombang rapi. bahan mentah yang sering digunakan adalah berupa seng yang banyak ditambang adalah sfalerit (seng sulfida). Setelah itu kemudian dilanjutkan dengan proses pelapisan baja dengan menggunakan ammonium dan zat aditif lainnya. hal ini bertujuan agar seng dapat tampang mengkilat dan tidak mudah berkarat. Di atas 210 °C. Seng juga mampu menghantarkan listrik. seng memiliki titik lebur (420 °C) dan tidik didih (900 °C) yang relatif rendah. Setelah mendapatkan bahan mentah yang akan dijadikan bahan jadi dengan proses pencucian dengan air yang bersuhu 70-80 derajat celcius. logam ini kembali menjadi rapuh dan dapat dihancurkan menjadi bubuk dengan memukul-mukulnya. dan bersifat diamagnetik. namun menjadi dapat ditempa antara 100 °C sampai dengan 150 °C. Akumulasi Zn dapat membuat air menjadi berasa tidak enak umumnya sekitar 2 mg Zn2+/L.Zn(s) + 2H+ → Zn2+ (aq) + H2 (g) Reaksi ini melepaskan hydrogen. Dan sebenarnya pun. dimana terjadi letupan oksigen. Selanjutnya setelah melewati berbagai tahapan dan telah berbentuk gelombang dan rapi maka seng siap didistribusikan kepasaran. Selanjutnya setelah melalui proses pelapisan baja hasil dari pelapisan tersebut dikeringkan dengan melewati mesin pengeringan dengan suhu 500 derajat celcius sehingga seng dan lapisan baja beserta zat aditif lainnya dapat menyatu dengan seng dalam bentuk plat. Garam Zn dapat menyebabkan tingginya kekeruhan bila konsentrasinya terlalu tinggi. berkilau.3 Proses Pengolahan Seng Proses pembuatan seng dari bahan mentah hingga bahan jadi dimulai dari proses pemotongan bahan baku kemudian dijadikan dalam bentuk road coil roll (dalam keadaan gulungan lapis). Seng merupakan logam yang berwarna putih kebiruan. I. Logam ini keras dan rapuh pada kebanyakan suhu. Setelah itu didinginkan. titik lebur seng merupakan yang terendah di antara semua logam-logam transisi selain raksa dan kadmium. Dibandingkan dengan logam-logam lainnya.

Kadar komposisi unsur seng di kerak bumi adalah sekitar 75 ppm (0.007%).4 Kesimpulan     Seng merupakan unsur kimia dengan lambang kimia Zn. Ia bersifat diamagnetik dan hampir tak berwarna. Bijih seng yang paling banyak ditambang adalah sfalerit (seng sulfida). Sifat fisiknya adalah Seng merupakan logam yang berwarna putih kebiruan. berkilau. setelah itu didinginkan dan dimasukkan kedalam mesin gelombang dan siap didistribusikan.   Sifat kimiawi seng mirip dengan logam-logam transisi periode pertama seperti nikel dan tembaga. Ia merupakan unsur pertama golongan 12 pada tabel periodik.39. Hal ini menjadikan seng sebagai unsur ke-24 paling melimpah di kerak bumi dengan lima isotop stabil. Proses pembuatan seng diambil dari bahan mentah dalam bentuk gulungan lapis dan kemudian diolah dengan ammonisium dan zat aditif lainnya kemudian di lapisi zat baja. nomor atom 30. .I. dan massa atom relatif 65.

blogspot.com/2010/01/makalah-pengertian-zn-seng.html http://smk3ae.com/2009/02/18/metode-pengolahan-seng-zn-suatu-tinjauan-padainstalasi-pengolahan-air/ .Daftar Pustaka http://jawaposting.wordpress.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->