Tugas dr. Mayetti, Sp.A (K) Nama : CHAERENA AMRI BP : 0810312039 1. Ligamentum Treitz?

Ligamentum Treitz adalah ligamentum yang menggantungkan atau menghubungkan fleksura duodeno-jejunalis pada diafragma, yang merupakan suatu otot tipis yang membungkus di lokasi sekitar usus halus di pertemuan duodenum dan jejunum. Ligamentum Treitz akan melewati bagian belakang pancreas dan melekat diatas tulang belakang dan diafragma. 2. Apa perbedaan perdarahan saluran cerna bagian atas dan saluran cerna bagian bawah? Perdarahan Saluran Cerna Bagian Atas ( SCBA ) : Kehilangan darah dalam lumen pembuluh saluran cerna mulai dari esofagus sampai dengan duodenum ( proksimal dari Ligamentum Treitz ) Penyebab perdarahan saluran cerna bagian atas yang sering pada anak usia sekolah adalah Gastritis, Esofagitis, tukak peptik, sindrom Mallory Weiss dan Varises esofagus Keluhan utama sebanyak 69% berupa sakit perut kronik, 21% dengan hematemesis, melena (tinja berwarna kehitaman) karena darah sudah tercampur dengan asam lambung dan sisanya dengan gejala muntah disertai sakit perut. Perdarahan Saluran Cerna Bawah ( SCBB) : Kehilangan darah dalam lumen pembuluh saluran cerna mulai dari daerah di bawah ligamentum Treitz Penyebab perdarahan saluran cerna bawah pada bayi dan anak: 1. Itussusepsi. 2. Polyp. 3. Fisura ani. 4. Proktitis.

6. Kebutuhan cairan dan nutrisi pada pasien : Kebutuhan cairan dan nutrisi pada pasien dengan perdarahan saluran cerna harus sesuai dengan kondisi klinis pasien. Colitis / Colitis Ulcerosa. sehingga warnanya lebih mendekati warna darah aslinya. Bahkan untuk perdarahan yang berasal dari anus atau rectum perdarahannya akan terlihat menetes 3. Kebutuhan cairan pada anak : Berat badan < 3 kg 3 – 10 kg 10 – 15 kg >15 kg Kebutuhan cairan 125 ml/kgBB/hari 105 ml/kgBB/hari 85 ml/kgBB/hari 65 ml/kgBB/hari Kebutuhan kalori pada anak: Berat badan < 10 kg 10 – 20 kg >20 kg Kebutuhan Kalori 10 kg I x 100 Kkal 10 kg II x 50 Kkal 10 kg III x 20 kkal .5. 7. Prolap rectum. juga tidak bercampur dengan feses / mudah dipisahkan antara darah dan feses. Syndrom Kiesewetter : Chronic recurrent sigmoid intussuception Darah yang keluar tidak mengalami proses pencernaan. atau darah yang keluar masih bergumpal.

Untuk perdarahan saluran cerna bawah (terutama Crohn dan colitis ulseratif) tidak perlu mempuasakan pasien. Apakah puasa pada perdarahan saluran cerna atas dan perdarahan saluran cerna bawah mutlak? Tidak mutlak untuk mempuasakan pasien karena perdarahan saluran cerna bukanlah suatu kontraindikasi untuk pemberian enteral feeding. makanan lunak hingga padat atau normal Perdarahan esofagus juga bukan merupakan kontraindikasi pemasangan NGT. Sampai tanda inflamasi hilang Diare . Nutrisi Parenteral (TPN/PPN) bila ada: • • • • Tanda inflamasi usus halus proksimal Subileus/ ileus. fistula. Berikan makanan secara mulai dari bertahap makanan cair yang disaring.4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful