KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami dapat berhasil menyelesaikan tugas makalah ini dengan baik. Makalah yang kami buat ini berisikan tentang Tumbuh Kembang Fase Pra Sekolah, kami berharap makalah ini dapat memberikan informasi dan pengetahuan kepada kita semua. Kami menyadari bahwa makalah yang kami buat ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini. Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi segala usaha kita.

Bella Vina N 4. Elitha Risha N 2. Dhonny Bagus H AKPER PAMENANG . Reindra Dwi E 3.MAKALAH TUMBUH KEMBANG FASE PRA SEKOLAH Kelompok II Kelas I-B Nama kelompok : 1.

berat badan . secara sistematis. konsisten dan kronologis. tinggi badan. lama. ukuran tulang. rapi dan kontinyu --. lingkungan dan faktor genetik -pola yang sama. ukuran. Ciri-ciri tumbuh kembang -perubahan dalam aspek fisik dan psikis -perubahan dalam proporsi -Lenyapnya tanda-tanda yang lama -Diperoleh tanda-tanda baru Prinsip-prinsip tumbuh kembang -proses yang teratur. Perkembangan adalah perubahan kualitatif. progresif dan berkesinambungan. dan efek dari tiap tahapan tukemb -mempunyai ciri khas -Never ending process --seumur hidup dan meliputi seluruh aspek -Cephalocaudal .Jl. gigi. berurutan. Sudirman 1-5 Pare Kediri Telf/fax (0354) 399840 Definisi pertumbuhan dan perkembangan Pertumbuhan adalah serangkaian perubahan baik fisik. PB. maupun peningkatan jumlah sel. kuantitatif. dengan pola bervariasi.maturasi. dapat diprediksi -variasi waktu muncul (onset).

Faktor eksternal / lingkungan . pertumbuhan fisik. sikap tubuh dan beberapa keunikan psikologis seperti temperamen -Potensi genetik yang bermutu hendaknya dapat berinteraksi dengan lingkungan secara positif sehingga diperoleh hasil akhir yang optimal. Faktor genetik -faktor keturunan -. rambut. warna mata. 2.-Proximodistal -Differensiasi -hal yang unik -. ras.masa konsepsi -bersifat tetap atau tidak berubah sepanjang kehidupan -menentukan beberapa karakteristik seperti jenis kelamin.setiap individu cenderung mencapai potensi maksimum perkembangannya Tugas perkembangan -perkembangan suatu aspek dapat dipercepat atau diperlambat -perkembangan aspek-aspek tertentu berjalan sejajar atau berkorelasi dengan aspek lainnya -perkembangan terjadi dalam tempo yang berlainan Faktor-faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang 1.

-Fungsi :bertahan hidup. dan membantu mempelajari peran dan perilaku b. mendapatkan penerimaan. Pengalaman hidup pengalaman hidup dan proses pembelajaran membiarkan individu berkembang dengan mengaplikasikan apa yang telah dipelajari . rasa aman. sedangkan yang kurang baik akan menghambatnya a. dukungan dan penolakan sebagai manusia unik yang merupakan bagian dari keluarga. Kelompok teman sebaya -lingkungan yang baru dan berbeda. penjelasan mengenai masyarakat dan dunia. perkembangan emosi dan sosial. dan untuk mencapai tujuan kelompok dengan memenuhi kebutuhan dan harapan. c.-mempengaruhi individu setiap hari mulai konsepsi sampai akhir hayatnya. adat istiadat. dan memerlukan gaya perilaku yang berbeda. memvalidasi dan menantang pemikiran dan perasaan. memberi pola dan struktur yang berbeda dalam interaksi dan komunikasi. -fungsi: belajar kesuksesan dan kegagalan. dan sangat menentukan tercapai atau tidaknya potensi bawaan -faktor eksternal yang cukup baik akan memungkinkan tercapainya potensi bawaan. kepercayaan. dan pola interaksi dan komunikasi. Keluarga -nilai.

lengan dan badan -dapat menghitung jari-jarinya -mendengar dan mengulang hal-hal penting dan cerita . iklim. Lingkungan tempat tinggal : Musim.Tahapan proses pembelajaran -mengenali kebutuhan -penguasaan ketrampilan -menjalankan tugas -integrasi ke dalam seluruh fungsi -mengembangkan penampilan perilaku yang efektif.ketidakmampuan untuk melaksanakan tugastugas perkembangan --. tidur dan olahraga -Kondisi sakit --. Kesehatan -Tingkat kesehatan --. kehidupan sehari-hari dan status sosial ekonomi Tahap-tahap Tumbuh Kembang Manusia Anak usia 4-5 tahun : -mampu melompat dan menari -menggambar orang terdiri dari kepala.respon individu terhadap lingkungan dan respon orang lain pada individu -Kesehatan prenatal (sebelum bayi lahir) mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan dari fetal (janin) -Nutrisi adekuat -Keseimbangan antara istirahat. d.tumbuh kembang terganggu e.

-minat kepada kata baru dan artinya -memprotes bila dilarang apa yang diinginkannya -membedakan besar dan kecil -menaruh minat kepada aktivitas orang dewasa. Anak usia 6 tahun: • • • • • • • ketangkasan meningkat melompat tali bermain sepeda menguraikan objek-objek dengan gambar mengetahui kanan dan kiri memperlihatkan tempertantrum mungkin menentang dan tidak sopan Implikasi keperawatan : beri kesempatan untuk bermain dan berinteraksi social. .

hati nurani dan nilai-nilai  Pencapaian kemandirian  Membangun perilaku dalam kelompok sosial maupun institusi (sekolah) .6 stages Middle childhood (masa sekolah)  Membangun perilaku yang sehat  Belajar ketrampilan fisik yang diperlukan untuk permainanpermainan yang luar biasa  Belajar bergaul dengan teman sebaya  Belajar peran sosial terkait dengan maskulinitas dan feminitas  Mengembangkan ketrampilan dasar seperti membaca.Teori-teori tumbuh kembang Development task theory (Robert Havighurst) --. menulis dan berhitung  Mengembangkan konsep-konsep yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari  Membangun moralitas.

ekspresi malu. Pembatasan dan kontrol yang berlebihan terhadap aktivitas pribadi • Inisiatif. . takut salah.Teori Perkembangan Psikoseksual (Sigmund Freud ) Tahap falik (3-6 tahun / pra sekolah) Karakteristik :  Organ genital sebagai sumber kenyamanan  Masturbasi dimulai dan keingintahuan seksual menjadi terbukti  Dapat mengalami kompleks Oedipus atau kompleks Elektra  Hambatan pada tahap ini dapat menyebabkan kesulitan dalam indentitas seksual dan bermasalah dengan otoritas. • Indikator negatif : kurang percaya diri.pra sekolah ( 3-6 tahun) • Indikator positif : mempelajari tingkat ketegasan dan tujuan mempengaruhi lingkungan. pesimis. Anak sebaiknya mengenali hubungan dengan orang lain di luar anggota keluarga. Implikasi : mengembangkan identitas seksual. perkembangan perasaan bersalah dan identifikasi dengan orang tua yang berjenis kelamin sama. Teori perkembangan Psikososial (Erik H Erickson ) Inisiatif vs merasa bersalah (initiative vs guilt) -. perilaku kuat. imajinatif dan intrusif. Mulai mengevaluasi kebiasaan (perilaku) diri sendiri. dan takut. mencoba hal-hal baru.

• • Pembatasan --.mencegah anak dari perkembangan inisiatif. DAFTAR PUSTAKA Http://episentrum.com/search/teori-tumbuhkembang-fase-prasekolahhtml . Rasa bersalah mungkin muncul pada saat melakukan aktivitas yang berlawanan dengan orang tua. • Anak perlu belajar untuk memulai aktivitas tanpa merusak hakhak orang lain.