C.A.

D
(CORONARY ARTERY DISEASE)

?

penyempitan arteri atau penyumbatan arteri yang koroner. menyalurkan darah ke otot jantung. Bila satu atau lebih dari arteri koroner tersumbat sama sekali. jantung APA ITU CAD tak mendapat cukup oksigen dan zat nutrisi. Hal ini biasanya mengakibatkan nyeri dada yang disebut angina. akibatnya adalah serangan jantung (kerusakan pada otot jantung) . Bila aliran darah melambat.

Tinggi jumlah lemak tertentu dan kolesterol dalam darah . Malas berolah raga. Merokok. tinggi jumlah gula dalam darah akibat resistensi insulin atau diabetes.APA SAJA PENYEBAB CAD ? Diet kaya lemak.

e. Sesak napas Berdebar-debar Denyut jantung lebih cepat Pusing f. atau rahang) b. Mual g. Kelemahan yang luar biasa . d.dapat menjalar ke pundak kiri. lengan. leher. atau terbakar. punggung.Tanda dan gejala : a. c. Dada terasa tak enak (digambarkan sebagai mati rasa. berat.

dan susu rendah lemak. dan nangka. Komplikas CAD . Dalam pengolahan makanan pada penderita darah tinggi diperbolehkan menggumnakan ½ sendok teh (2 gram) garam dapur. wortel. daging sapi. petey. daun singkong. seledri. kacang-kacangan. jengkol. semangka. c. bawang putih. Makanan yang dianjurkan: Tempe. jagung muda. jeruk.Perawatan pada penderita CAD : a. buah durian. b. tahu. cokelat. daging jeroan. telor. ikan asin. Untuk membantu menurunkan tekanan darah dapat melalui/dengan cara: diit rendah garam. Diit ini harus mengandung cukup zat2 gizi. kopi. Makanan yang tidak boleh : kangkung. buah pepaya.

Istirahat yang cukup b.Hindari stress c. b. Periksa secara rutin ke sarana kesehatan . Stroke Penyakit jantung Gangguan ginjal Mengurangi Resiko Akibat CAD a.a. Olahraga teratur f. Hindari merokok dan minuman berakohol d.Kurangi konsumsi garam e. c.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful