Jurd & ' Z C T , No.

B/ZLK)I 'Pertahankan Rumah dan Perkarangan Kita Sekaliaan"
Oalam peresmian Lembaga KetahananNasional pada tanggal 20 Mei 1965. oleh PresidenR I pertama Ir. Sukarno di Istana Negara memberikan pidato dengan judul "PeriohonanI\~~sI.oIw)/ &pat B e h a s i l &kim/Bcmbsy1han 6cop//itik

" . Intisari

pidato tersebut mengatakan bahwa dengan mernahami kondisi

geopolitik suatu Negara, dapat mengukur kekuatan nasional dan selanjutnya menentukanarah kebijakan pertahanan nasional dan kebijakan politik luar negeri. Pidato tersebut mengulas bagaimana Vietnam,sebagai salah satu contoh
.

pembanding yang menghadapi berbagai macam gempuran pihak luar/musuh meskipun dilengkapi dengan persenjataanyang sangat moderen sekalipun baik itu oleh Perancisdan Amerika,namun tetap tidak mengalami kekalahan. Pemahaman geopolitik yang paling mendasar,seperti yang disampaikan beliau,yakni dengan menganalisa kondisi dalam negeri,antara lain geografi,kultur,demografi,sejarah, sosioekonomi suatu Negara. Biladihimpundan disinergikansemua elemen tersebut akan menjadi suatu kekuatan nasional. Berbagai teori geopolitik klasik yang dikembangkanoleh : Professor Friedrich Ratzel,Gerrnan(l844-1904),. Professor Rudolf Kjellen,Swedish (1864-1922),dan Sir Halford Mackinder,Birtish (18611946), secara garisbesar ketiga tokoh tersebut mempunyai pandangan sama atas pemahaman geopolitik seperti yang diringkas dibawah ini : I t must be
regarded 0s o science borderilg on geogrophy, history, politico1 science ond internotional relations. The politician, the military planner ond the dplomot con use geopolitics 0s o method to analyze how geograpP1icu1 foctors con be o f impor ton? s when planning, 6eopolitics 0s the destiny.

geostrategi dcln geoekonomi. Inggris. yaitu cadangan energinya (minyak mentah) sangat terbatas.Yang menjadi persoalan sangat krusial bagi negara-negara maju tersebut.menunjang kegiatan militer dan sekaligus mengamankannya. exerts an influence well beyond Iota1borders .It is a place where the interplay o f geography and politics gives rise t o chronic inrtcbiliiy that. in most cases.Korea Selatan dan beberapa negara lainnya begitu strategis dan mempunyai peran sentral untuk mempertahankan perturnbuhan ekonominya.(energy security)).Ketika negara-negara industri mendeklarasikan suatu natbnrrl w3im.sehingga pada waktu kedepan sumber energi yang diperlukan untuk kebutuhan konsumsinya sangat tergantung pada suplai yang berada di luar wilayah teritorial. o r potentiay area of geopo/itical instability.Cina.Eneqy security yang selalu mempunyai dimensi geopolitik.German. Jepang.(oi/ dependency). Melihat aspek minyak bagi negara negara industri seperti Amerika. masuk dalam agenda prioritas kepentingan nasional. diperlukan suatu sumber energi yang dapat diandalkan untuk menjamin pertumbuhan ekonomi. dFOrmant. u Ewan W Anderson yang menulis buku 6 I o h l Geopolitics Flashpoints berpendapat bahwa : A flcrshpint k defined h e m as a ''cutvent. Bila sudah dalam agenda kepentingan nasional maka semua elemen bangsa akan bersikap satu suara untuk mencapai tujuan tersebut. Australia.

Dari sebagaian negara tersebut membuat pakta pertahanan dengan Five Power Defence Ampment.India.Seram dan I r i a n Jaya. Kalimantan Tengah.Indonesia sebagian besar dikelilingi oleh Negara yang masuk dalam kelompok British Commonwealth of Nations seperti Singapura.Brunei Darussalarn.Australia dan New Zealand.New Zealand dan Arnerika.h b c r p o a c n a l d I k I u l m Sedangkan bila dikaitkan dalam hubungan dengan beberapan negara tetangga.PNG. Ada juga Australia. .Konsepsi geopolitik Indonesia ialah Wawasan Nusantara.Riau." Bebas dan A k i i f " Indonesia berdiri dalam kekuatan sendiri ditengah tengah aliansi kedua pakta pertahanan. PETA WILAYAH KEDAVLATAN DAN YURlSDlKSl NASIONAL REPUBLIK INDONESIA Bfok A m b a l a t v a n a d i k l a i m WL8ayz.Palembang. Jadi geopolitical flashpointdi Wawasan Nusantara berada di Aceh.(FPDA) yang beranggotakan Malaysia .Inggris.Malaysia.Singapura. Sedangkan kondisi geopoli ti k Indonesia diantaranya terdapat Sftwtegeg/ks -a &wof Communications(SL0C) yang mencakupantara lain : Selat Malaka. (ANZUS).Australia.Dalam koteks ini sesuai dengan kebijakan luar negri . Selat Sunda dan Selat Lombok.

Emas.Wilayah wilayah yang mengandung potensi sumber daya alam seperti minyak. Oari t i t i k ini juga terindikasi dengan sangat jelas bahwa ada suatu korelasi antara wilaych yang mengandung kekayaan alam seperti minyak dan gas bumi. merupakangeopolitics/ flashpoints yang perlu dif okuskan untuk mendapat pengamanan secara khusus.Australia . Ada juga South East Asian Command yang di bentuk Belanda untuk menghadapi pertempuran dengan Jepang di Kalimantan Timur. tidak lepas juga dengan komoditi strategis lainnya seperti .distribusi dan jalur transportasi.ABDACOM yang mencakup seluruh wilayah Indonesia dibentuk semata mata untuk melindungi sumber energi menghadapi serangan Jepang. .terutama di Palernbang. baik i t u lingkup domestik maupun lingkup internasiona1.dapat terciptakan instabiltas politik.(conflict intrastate and interstate). sejarah telah mencatat bahwa pertempurandi Indonesia pada tahun 1941sampai 1945 disetiap wilayah yang mempunyai kandungan minyak dan tempat proses pengolahannya menjadi sasaran strategis dari pihak musuh.sehingga ajang pertempuran sengit antara pihak Belanda dan Jepang tidak terelakan. Dalam lingkup domestik.Dutch.Tembaga. Inggris dan Australia .British.Biji Besi dll. gas.berikut refinery.Sementara i t u pakta pertahanan Amerika. sedang disaat bersamaan Belanda dan Jepang harus pula menghadapi pejuang pejuang Indonesia.Jawa Timur dan Kalimantan Timur. Pada era ini juga telah terbentuk pakta pertahanan untuk mengepung kekuatan pejuang2 Indonesia diantaranya Allied Forces Netherland East IndiedAFNEI) Belanda.Adanya konf lik yang terjadi pada tingkat lokal.regional maupun global mempunyai korelasi yang sangat kuat atas pemahaman yang disebut "What lies beneath the surface " Artinya.

103~) h a u !j a u ~ ~ y~Au!ur p Jnurns sn6uoy !unq U D ~ D yoluvynyol!p J ~ ~ n+! vuaJD>( duvday y!lv (!qur~!p ~Auy~Au~ur 6uop~1 u!6u! yvp!+ v p u o l q ' l p g ~ unyD+ vpvd v!sauopu~ ay y nsDur 6 u ~ d a y ~y!+a>( .'Dpuvlaa yDy!d yalo uvysn6uvy !unq!p DUaJDy ~n3uDy yDla+6uvAyvAu!ur !SDID~ !so+!! ~ U!qDyamu ! yn+un vhvuo+n !s!uuduap mcv+uDsnNyosolad ynJnlasay uvqsvnlJoqas!p umpnuay uvp v ~ n d o 6 u !!p ~ nlnyvp y!qalJa+ Aquo~syDpns vAu!s!sod n+! ~ ~ s ~ u q ~ A u !nlul! ur~ !IDyaq!p a d yD(a+ JDSaq uq6oqas ~ U D ~ D J D + U ~ + OOE~ uD+onyay u ~ 6 u a p DAU!sod!s1+u~6uaur yvpns Guoday uoy nsvd1uv!y!urap und!ysaw mpuDlaa yalo @q~/lod ywm pay3.

yang pada w a h itu menjabat KASAO. Ditinjau dari sudut pandang geostrategy Indonesia.banyak tokoh sipil maupun militer yang berupaya untuk menata industri perminyakan. melihat begitu strategisnya keberadaan ladang minyak di Indonesia. sebagai Oirektur Utama.H .Nasution. Oiantaranya yang paling menonjol yaitu konsep pemikiran Jenderal A. Mengingat perusahan-perusahaan minyak yang terpencar pencar di beberapa daerah maka perlu digabungkan pengelolaannya dari tingkat hulu sampai hilir dalam satu atap/wadah ( Vertical Integrated).bertetangga dengan Australia dan Sipadan dan Ligitan I dengan Malaysia Setelah memasuki era reformctsi kedua wilayah tersebut lepas dari pangkuan NKRI. Dan pada saat yang bersamaansebuah wadah dalam bentuk perusahaandibentuk dan langsung diangkat Kolonel Ibnu Sutowo. Visinya yakni memformulasikan bagaimana industri perminyakan kedepan dikelola dalam satu unit perusahaan.agar dapat sejajar dengan perusahaan minyak multinasional lainnya.serta untuk merancang jauh kedepan guna menghindari faktor ketergantungan(dependency)yang penekanannya pada aspek minyak mentah.Termasuk juga untuk menunjang tingkat pertumbuhan ekonomi.Keberhasilan i t u tidak lepas dengan doktrin Panglima Besar Jendral Sudirman yang selalu ditanamkan kepada para prajurit yakni 'Percaya Pada Kehatan Sendirl'.kedua wilayah tersebut tidak lepas dari suatu konsep grand strategy yang sangat visioneragar Negara dapat secara berkesinambungan untuk mempertahankan kekuatan nasional. Tidaklah mengherankan pada saat itu Jendml Besar TNI (hrrn) Soeharto dizaman orde baru menghendaki seluruh elemen dipemerintahan berjuang habis habisan . Pada akhir dekade 50 an. yaitu Timor Timur . Indonesia pada era Orde Baru dibawah pimpinan Jendral Besar TNI (Purn) Soeharto memiliki dua wilayah yang mempunyai kandunganminyak dan gas sangat besar .

sedangkan di dalam negri mempertahankan konsep dasar dari industri perminyakan ~ r t r c a l infmgmteddibawah UU No 8 tahun71serta perancangan pembangunanrefinery EXOR 1 sampai 4. Ada suatu contoh yang sangat menarik ketika berbicarasoal nasionalismTentunya bangsa Indonesia masih teringat dalam soal perdebatan pengelolaan ladang minyak Cepu yang akhirnya dikelola oleh perusahan minyak Amerika.diforum internasional (total &jdomacfi untuk mempertahankannya.0CA menjadi perdebatan publik dikarenakan dikaitkan dengan perjanjianekstradisi yang dianggap dapat memberikan kontribusi yang signif ikan untuk kepentingan nasionalIndonesia.ada sebagian tokoh2 masyarakat yang mengatakanbahwa kalau memperjuangkan operutorship Cepu oleh Pertamina dikatakan menganut pemahaman aliran nasionalisme sempit.Padahal kita ketahui bahwa Pertamina merupakan simbol perusahaan minyak 1ndonesia. Kedua aspek inilah yang merupakan bagian dari rancangan Energy Security Indonesia untuk mengahdapi tuntutan masa depan.exxonmobil.danyang tentunya merupakan kebanggaan bagi bangsa Indonesia untuk menjadikan perusahaan tersebut menjadi sejajar dengan perusahaan minyak multinasional kalau diberikan . Pada waktu itu. Nasionalisme I s u nasionalisme kembali mencuat kepermukaan ketika ada beberapa kalangan yang mempertanyakan atau mempunyai pandangan lain mengenai Defence Cooperation Agreement(0CA) antara Singapura dan Indonesia yang kecenderungannya lebih menguntungkan untuk kepentingan nasional Singapura.

The Chaiman o f the National Security CounciA the CIA Chief .l(enyataan pahit harus dihadapi oleh Cina.kepercayaan untuk mengelola ladang tersebut.LSM.parelemen.all had l i n k with oil. k v r e r h .dianggap dapat mengancam k t i o m l S e w i v .bukankah i t u artinya mencoreng nilai nilai Amerika bagi dunia luar ? Untuk menjawab dari pertanyaan2 diatas itu sangat sederhana. Padahal sebagian besar ladang minyakdangas Unocal itu berada di luar wilayah teritorial Amerika Serikat. meskipun dengan penawaran harga paling tinggi.Dalam konteks itu.ataupun kongres. CNOOC dengan nilai US$18. Lantas kenapa Amerika menyatakan diambilalih ladangminyak i t u merupakan ancaman Motlbncl5ecuriit)n apakah tindakan itu dapat diartikan suatu simbol memperjuangkanpaham nasionalisme Amerika yang sempit ? jawabannya bagi Amerika. yakni Amerika telah menempatkan aspek minyak kedalam agenda panggilan kepentingan nasional oleh karena i t u Seluruh elemen pada struktur organisasiorganikdipemerintahannya.harus dibatalkan oleh kongres Amerika dikarenakan kalau hak kelola (operotorship)ladang minyak dan gas Unocal pindah tangan ke Cina. ultraliberal.ternyata dilanggar oleh pencetusnya sendiri. the Defence a c r e t o r y and his-Deputy.Universitas semua akan bergerak satu suara-yang diringkas sbb : what are the links between oil and US politics? The answer : The President of the Unifed States. the Hce-President.demokrasi dan mengajarkan nilai nilai kapitalisme. disaat ladang minyak Unocal hendakdiambil alih oleh perusahaan minyak Cina. the Atiomey 6enerv(.5 miliar.tidak ada salahnya membandingkandengan kondisi di Amerika beberapa waktu yang lalu. jeks sekali dengan mempertahankan UNOCAL tidak jatuh ketanganCina telah meqalankan paham nasionalismesempit. Tentunya tidak sepantasnya Amerika Serikat y a y telah meletakan pemahaman pasar bebas ekonomi.

Kembali mengenai DCA. INDONESIA TERTIARY SEDIMENTARY BASINS Galbar 1 0 OIL L GAS P R O W U N G DRILLED WlTH DISCOVERY DRILLED.siapapun negaranya tentunya sudah diternpatkan sebagai agenda Kepentingan nasional.Peta cekungan sediment dibawah ini menunjukan kandungan migas yang sudah berproduksi dan pada lingkaran merah mengindikasikansasaran strategis untuk M A . Data geograf i ini merupakan elemen geopo ltik yang sangat fundamental untukdimiliki oleh suatu bjegara untuk menentukanarah kebijakan .Jadi darisi ni sangatlahjelas ketika berbicam mengenai minyak .history has agowmment been so c/ccmc/yidentified m'th one indusiry. NO DISCOVERY UNDWUED Kiranya perlu dipahami bahwa dalam ilmu militer penguasaan mengenai data geografi merupakan informasi sangat utamauntuk mernenangkan pertempurad peperangan.Yang menjadi kekhawatiran berbagai kalangan yakni wilayah yang dikehendaki untuk latihan militer merupakan wilayah yang mempunyai kandungan migas sangat besar serta jalur tmnsportasi yang merupakan bagian dari chokepoint selat Malaka .

seperti yang telah disinggung oleh para pengembang teori geopoltik." but geogyphy d l exerts enormous inflTwncr on militaory opwvihm.h a i c o m m u ~port . andpesent.MILITARY GK)GRAPHY AREA ANALYSES Dari setiap elemen itu terdapat beberapa subbagian seperti yang diuraikan dibawah ini : . WIC/erstand that fopgmphy~ weother. and climate not only affect si~iegiks but h W e ondsupportp/~. Selanjutnya John Vessey mernbagi empat elemen pokok atas pengetahuan Geography yang perlu dikuasai oleh tentara pada suatu Negara yakni : PHYSICAL GEOGRAPHY CULTURAL GEOGRAPHY POLITICAL. Hidory in fact ri mp/cte cuith emmow penafiies imuwed by those who paid too little attentibn to geogmphic factors. and S W P I ' ~ as ~ it hcu ihroqhoui hikiory. &nodedge maybe mom important tfmn tenwin. General US Army (Ret)John Vessey-JRyang pernah menjabat sebagai Chairman of The Joint Chiefs o f Staff pada tahun 1982-85juga mengatakan bahwa : 'Zn futulre rmrr. e .

U Y OF W E U N D Land Forms Rivers and Reservoirs Geology and Soils Vegetation C . OCEANS AND SEASMRES S e a Water Attributes Sea Surface Behavior Marine Topography RepresentativeNaval Ramifications D. EARTH'S A TMOSPWERE Atmospheric Phenomena Climatology for Military Strategists Meteorologyfor Military Operators E RE6IONAL P E C U U A m E S Frigid Flatlands " Frigid Seas Mountainous Regions Arid Regions Tropical Rain Forests ' Wetlands Coast lands and Small Seas .Location Size Shape B.

F. . INNER AND SPACE Space Compared with Land and Sea RegionI:Aerospace Interfaces Region1 1 :Circumterrestrial Space Region III:Moon and Environs RegionI V : Outer E n d o p e Tips for Military Space Planners 6 .CULTURAL GEOGRAPHY A. NA WRAL RESOURCES AND RA W MA m A L S Sources and Shortages CompensatoryPrograms Resource beprivation 2 . POPVLAnms DeJnogmphy Physical Attributes Cultural Characteristics Current Attitudes National Personalities Cross-Cultural Skills .

5. URbUMZAnoN Sites and Structures Urban Sprawl Conventional Urban Combat Unconventional Urban Combat Conventional Urban Bombardment UrbanCenters and Nuclear Strategy Overall Urban Vulnerabilities C. FORTiOESSES AND Frno F697TflC4 n0NS Precedents and Prognoses Fortified Points Fortified Lines Offensive Fortifications Fortifications in the Nuclear Age Citadels Versus CW and BW Weapons . M U T A R Y BASES E. UNES OF C O M U M U =ON Roads Railroads Military Airports Seaports and Harbors Spaceportsand Flight Paths Inland Waterways Pipelines D.

A ANALYSES : A. FORMATFOR AREA ANALYSS Geographical Oata Bases Military Missions Military Implications Effects on Courses Denganpertimbanganumian diatas dan empat elemen geography.3.?VUlTCAL-MarrARY~PHy : A.timbul tiga . MILITARY SERmCE PREDUCTIONS Diversified Viewpoints Integrated and Updated Views 8.ARE. GEOPOLIlICAL FRICTION Territorial Limits Strategic Friction Economic Friction Cultural Friction Environmental Friction C . m A R Y AREAS W R E S P O N S 6 U r N Global Subdivisions Regio~ Areas l of Responsibility Useful Insights ' Theater and Tactical AORs 4.berarti tentara Singapurajuga akan mendapatkan informasi atas elemen elemen geopolitik pada wilayah yang mempunyai kandungan energy sangat besar di Indonesia. Melihat begitu strategisnya wilayah kerjasma yang dikehendaki Singapura.

"Serahkan saja mengatakan :" J ~ J Rmah kepada lNI yang menjaga Rumah serta perkarangan Republik Indonesia dari Sabang sampai Merauke. tidak ada salahnya kalau kita merenungkan kembali pesan Panglima Besar Jendral Sudirman pada salah satu petunjuknya tanggal 7 Juni 1946 yang O Serta P e r h t q w n Kita Sdalian. follow thc O i l " Oalam menyambut ulang tahun TNI yang ke 62.Australia atau PNG 3 Ketiga . juga tentunya adanya pertimbangananbahwa konstelasi Geopolitik dunia pada abad 21 menempatkanakses ke sumber energi dan jalur transportasi laut merupakan agenda kepentingannasional bagi negara negara industri. Deep i you f would d r s t o n d Stoat dalam suatu kajian strategisnya mengatakan " geop0litr.pertanyaan yang mengganjal Pertama :Mengapa Singapura yang menentukan wilayah latihan militernya terutama Alpha Satu. 3 Oleh karena itu tidaklah mengherankan kalau ada resistensi dari rakyat Indonesia atas rencana DCA dan itu artinya bukan dikatagorikansebagai aliran nasionalisme sempit-Pertimbanganadanya resistensi i t u dari berbagai kalangan semata mata dikarenakan kedaulatan yang diarnanahkansesuai dengan UUD 45 dijaga.digunakanoleh T N I akanjuga dipakai oleh tentara bangsa lain untuk selama 25 tahun secara cuclwite .akankahIndonesia secara tidak langsung menjadi bagian (exfention) dari pakta pertahanan FPDA seandainya DCA diratifikasi oleh DPR.Disamping faktor itu.(chokepoint) ? Kedua .Mengapa w n M Singapuratidak melakukan kerjasamanya kepadasesama rumpun n seperti Malaysia.cs today.termasuk perkarangan 200 miles ZEE sesuai dengan UUD 45 dan t u artinya sejalan dan konsisten dengan paham kebijakan luar negri Indonesia bebas dan aktif .

5.CUKILAN DARl AMANAT PANGLIMA BESAR JENDERAL SOEDiKClAN PADA TANGGAL 7 JUNl 1946. > MENYERAH KEPADA SIAPAPUN JUGA YANG AKAN MENJAJAH KITA KEMBAW. 1. PEGANG TECUH DISIPLIN TENTARA LAHlR BATHIN. PERCAYA KEPADA KEKUATAN SENDIRI. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful