Apakah Hipnotis Bisa Disebut Sebagai ILMU ?

Apakah HIPNOTIS bisa disebut sebagai ILMU ? Menurut penulis : YA. Hipnotis bisa disebut sebagai ilmu. URAIAN Menurut Kamus Bahasa Indonesia ilmu adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala-gejala tertentu (Admojo, 1998). Sedangkan menurut pemikiran penulis, ilmu adalah segala hal yang selalu terbuka untuk didiskusikan dan dipelajari. Hipnotis adalah sesuatu yang bisa didiskusikan dan dipelajari. Entah dipelajari melalui media seperti buku – buku dan tutorial tentang hipnotis atau belajar langsung dari orang yang sudah mahir dalam ber-hipnotis. Syarat sesuatu bisa disebut sebagai ilmu adalah : 1. 2. 3. 4. Bersifat pengetahuan Sistematis Obyektif Rasional

Bersifat pengetahuan. Segala sesuatu yang bisa diketahui dan dipikir adalah pengetahuan. Hipnotis adalah sesuatu yang bisa diketahui maka bisa disebut sebagai pengetahuan. Sistematis. Sistematis adalah sesuatu yang teratur, tertib dan berjalan sesuai kaidahnya. Dalam mempelajari dan mempraktekkan hipnotis pasti ada cara – cara tertentu dan dengan urutan tertentu yang harus dipatuhi agar berhasil berhipnotis. Obyektif. Hipnotis mempunyai obyek kajian abstrak berupa teknik – teknik metafisika yang digunakan untuk menyelami dan mempengaruhi pikiran orang lain dan obyek kajian riil yaitu manusia selaku pelaku dan obyek hipnotis itu sendiri. Rasional. Dalam sebuah buku pernah disebutkan bahwa seseorang dapat mempengaruhi pikiran orang lain agar tunduk kepada apa yang kita inginkan melalui teknik – teknik dan cara yang bersifat psikologis. Jadi, hipnotis ada kaitanya dengan psikologi yang notabene psikologi adalah sebuah ilmu tentang kejiwaan yang sudah diakui oleh internasional. KESIMPULAN Dari uraian diatas, penulis menyimpulkan bahwa hipnotis bisa disebut sebagai ilmu karena memenuhi empat syarat ilmu yaitu bersifat pengetahuan, sistematis, obyektif, dan rasional.

Sulap adalah sebuah estetika
Estetika secara sederhana adalah ilmu yang membahas keindahan, bagaimana ia bisaterbentuk, dan bagaimana seseorang bisa merasakannya. Pembahasan lebih lanjut mengenai estetika adalah sebuah filosofi yang mempelajari nilai-nilai sensoris, yang kadang dianggap sebagai penilaian terhadap sentimen dan rasa. Estetika merupakan cabang yang sangat dekat dengan filosofi seni.

Hakikatnya. seseorang yang mempelajari. . atau supranatural. Sihir dapat dipelajari/diusahakan. oleh sebab dapat dipelajari/diusahakan. tentu ia akan dapat melakukan perkara tersebut. Berdasarkan bahasa Arab. sihir berasal dari kata “saharo/sihrun” yang berarti sihir/tipu daya. hanya saja orang-orang yang melihatnya tidak mengetahui. obyek. orang dan fenomena fisik) melalui mistik. Dalam banyak kebudayaan. sihir berada dibawah tekanan dari. sihir tidaklah dapat dikatakan sebagai sesuatu yang luar biasa. paranormal. Terminologinya menurut ulama [tauhid] adalah suatu hal/perkara atau kejadian yang luar biasa dalam pandangan orang yang melihatnya.Sihir adalah sistem konseptual yang merupakan kemampuan manusia untuk mengendalikan alam (termasuk kejadian. hingga dapat dikatakan tertipu daya oleh si pelaku sihir itu. mengetahui dan mengerjakan sihir. dan dalam kompetisi dengan ilmu pengetahuan dan agama.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful