You are on page 1of 6

TETES MATA

Cendo Efrisel (Midriatikum) -

Fenilefrin HCl. Obat yang

-

digunakanuntukmembesarkan pupil mata. Jugadigunakanuntuksiklopegiadenganmelemahkanotot siliarisehinggamemungkinkanmatauntukfokuspadaoby ek yang dekatcepat untuk pre operasi/ pemeriksaan oftalmoskop Kontraindikasi : Glaukoma

Cendo Lyteers (Tetes mata fisiologis) Ion natrium dan kalium Sebagai pelembut dan pengganti air mata bagi pengguna lensa kontak, pelicin air mata buatan, pengganti air mata pada kekurangan air mata.

CMC (Gonioscopy) -

Cairan yang digunakan untuk pemeriksaan gonioscopy Diteteskan untuk memperjelas pemeriksaan struktur didalam camera occuli anterior (di depan iris).

1

Cendo Carpine (Pilocarpine) -

Pilokarpin HCl Mengontrol tekanan bola mata pada glaukoma

Pantocain -

-

Tetrakain Anestesi lokal untuk diagnosis dan pembedahan Efek samping : seperti rasa tersengat

Cendo cytrol -

-

Berisi Dexamethasone/Deksametason 0,1 %, Neomisin sulfat 3,5 mg/mL, Polimiksin B sulfat 6000 iu/mL Pengobatan infeksi mata yang meradang, konjungtivitis akut atau kronis yang tak bernanah, keratitis superfisial, radang pada kornea bagian dalam, iridosiklitis, iritis akut yang ringan, blefaritis yang tak bernanah, skleritis, epiekleritis, sklerokonjungtivitis, pencegahan infeksi setelah operasi mata

2

ALAT-ALAT
Trial Lens dan Trial frame Alat pemeriksaan mata yang berfungsi untuk mengkoreksi mata. Terdiri dari kaca mata coba, lensa sferis (-/+), silinder (-/ +), occluder, pinhole, lensa warna.

Snellen Chart Bagan umum untuk menilai tajam penglihatan jauh Terdiri dari baris-baris dengan huruf kapital yang makin kebawah makin mengecil. Nilainya dari 6/60 sampai 6/6

Phoroptor Prinsip dasarnya sama dengan trial lens dan trial frame, namun di kemas dalam satu tempat sehingga tidak perlu mengganti-ganti lensa, cukup dengan memutar saja power atau aksesoris lainnya yang sudah terpasang di depan pasien.

Placido Alat untuk memeriksa kornea atau segmen anterior bebentuk bundaran dengan lingkaran hitam-putih. Di tengah-tengahnya ada lubang ±3mm untuk masuknya cahaya.

3

Lensmeter Alat untuk menilai kekuatan lensa/ kacamata yang digunakan pasien dengan meletakkan lensa pada tempat yang telah disediakan.

cukup posisikan mata jalankan mesinnya, lalu mata dari pasien yang

Auto keratometer Alat ini mempunyai fungsi sama dengan trial lens/ phoroptor. Perbedaannya, auto keratometer alat yang full automatic. Jadi pada bagian yang disediakan, akan ada hasil/ print out koreksi bersagkutan.

Three mirror universal lens Lensa spesial untuk melihat struktur didalam camera occuli anterior (di depan iris). Struktur ini terletak dibelakang sklera yang tidak dapat dilihat secara langsung. Slit lamp dalam oftalmologi untuk eksternal,dan segmen internal mata , bulu mata, konjungtiva, anterios, pupil, iris, vitreous, sinar intensitas tinggi diproyeksikan melalui celah se diterangi, diperiksa dengan Instrumen yang digunakan memeriksa permukaan dari mata, termasuk kelopak kornea, camera occuli dan retina. Sebuah mpit, dan bagian mata yang lensa pembesar

Oftalmoskop Alat yang dipakai untuk memeriksa bagian dalam mata dan sangat berguna untuk menilai keadaan retina, yaitu lapisan mata bagian dalam yang mengandung sel-sel penerima rangsang cahaya

4

Jaeger reading card Kartu baca jaeger Digunakan untuk mengevaluasi hasil koreksi mata. Biasanya digunakan untuk pasien dengan keluhan pandangan kabur saat membaca. Kebanyakan diderita oleh pasien diatas 40 tahun.

struktur didalam camera Struktur ini terletak dapat dilihat secara

Mirror lens (gonioscopy) Lensa spesial untuk melihat occuli anterior (di depan iris). dibelakang sklera yang tidak langsung.

Biometri Alat untuk menganalisa fisik/ karakteristik mengenai mata penderita yang bersangkutan. Bisa berupa warna sklera mata, iris, dan lain-lain.

yang terdapat di mata Interpretasinya berupa

USG Mata Alat yang menggunakan ultrasound untuk mendapatkan suatu gambaran bagian dalam. gambar hitam putih.

Senter Untuk memperjelas pemeriksaan luar mata. Cahaya yang digunakan yang berwarna kuning agar tidak terlalu mengganggu pasien saat pemeriksaan.

5

Perimeter Goldman Perimeter mangkok proyeksi kinetik manualuntuk mengukur lapang pandangan pasien sehingga didapatkan informasi baik mengenai adanya lapang pandang normal amupun abnormal. Untuk lapang pandang yang abnormal, banyak sekali jenis-jenis cacat lapang pandangan yang dapat direkam. Dengan mengetahui jenis cacat lapang pandang, dokter dapat menetapkan daerah mana dari lintasan penglihatan yang mengalami gangguan atau penyakit sejak dari bola mata sampai pusat penglihatan di bagian otak yang paling belakang

Tonometer Schiotz Alat untuk mengukur tekanan bola mata secara manual dan kontak langsung. Sebelumnya pasien ditetesi pantocain. Lalu letakkan (jangan menekan) tonometer ini tegak lurus bola mata, pasien menghadap ke atas.

Non contact tonometer Alat untuk mengukur tekanan bola mata secara kontak tidak langsung/ menggunakan hembusan angin. Bukan merupakan cara terbaik untuk menilai tekanan bola mata. Namun cukup membantu pada kasus anak-anak. Pemeriksaan ini tidak memerlukan penetesan pantocain terlebih dahulu.

6