You are on page 1of 7

DISTRIBUSI TANAMAN TUGAS EKOLOGI TANAMAN OLEH; M RIZKI HELMI HARAHAP 120304053 AGRIBISNIS

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SUMATERA UTARA MEDAN 2013

reproduksi dan distribusi tumbuhan menurut Brown dan Gibson (1983). gunung-gunung yang tinggi. Interaksi spesifik antara tumbuhan dengan tumbuhan atau antara tumbuhan dengan hewan. Ada dan tidak adanya jenis tumbuhan tertentu yang berhubungan erat dengan kemampuannya menghadapi gangguan secara periodik seperti pencemaran atau banjir. Barier akan membatasi suatu wilayah dengan wilayah lainnya disertai dengan lingkungan fisik.DISTRIBUSI TANAMAN HYDROPHYTA Distribusi tanaman adalah kehadiran / penyebaran setiap organisme pada suatu habitat. 4. lernbah atau laut. atau kecepatan arus. Kepekaan dan sifat adaptasi tumbuhan terhadap spektrum cahaya. Preferensi tumbuhan terhadap sifat – sifat fisik tanah. Dalam pola distribusi vegetasi di alam. pH. pola distribusi atau sebaran suatu organisrne secara fisiologis sangat dipengaruhi dan dibatasi oleh berbagai faktor ekologi. Tetapi sering terdapat sejurnlah jenis tumbuhan secara alamiah atau genetis mempunyai kemampuan untuk tumbuh pada berbagai jenis habitat dengan kondisi iklim dan lingkungan yang berbeda sama sekali. Jenis tumbuhan karena jenis tumbuhan setempat cenderung mempunyai reproduksi yang sesuai dengan kondisi setempat. habitat atau iklim yang berbeda. seperti faktor fisik atau faktor abiotik dari lingkungannya. pegunungan. antara lain adalah : 1. cahaya. . salah satu hal penting yang dapat membatasi pola dan daya penyebaran komunitas tumbuhan adalah terdapatnya barrier. Faktor pembatas yang akan berpengaruh terhadap pertumbuhan. seperti suhu. Jenis tersebut pada umumnya secara genetis memiliki kemampuan menyesuaikan diri secara potensial sehingga tumbuhan tersebut mempunyai pola distribusi yang bersifat kosmopolit melalui seleksi alam atau mutasi. kelembaban. 5. salinitas. kualitas tanah. Pada ekosistem darat atau ekosistem perairan. seperti gurun. secara global atau setempat. 3. 2.

c) “Migrasi” berbagai flora setempat telah berlangsung sepanjang sejarah geologi. tumbuhan hidrofit dapat di bagi menjadi 3 kelompok tumbuhan aquatik. Penyebaran tumbuhan pada umumnya dibatasi oleh sifat toleransi dan adaptasi terhadap kondisi lingkungannya. (1980) pola dasar distribusi vegetasi dipengaruhi oleh : a) “Habitat”. Jenis tumbuhan yang hidup didalam atau di dekat air di sebut pula tumbuhan aquatic. berbagai perubahan kondisi lingkungan turut dalam perubahan komunitas vegetasi. selama itu persebaran. d) “Kelanjutan hidup” jenis vegetasi tertentu tergantung oleh proses migrasi dan evolusi. terdapat pola dasar distribusi vegetasi diwilayah. sebagai tempat tumbuh tumbuhan yang mempunyai hubungan sangat erat dengan iklim. Menurut Weis. Trapa sp. Chara sp. yaitu : . Lemna minor. Dalam proses evolusi perubahan iklim dapat menyebabkan wilayah yang menjadi habitat dan lingkungannya yang tempat tumbuh berbagai jenis tumbuhan akan dapat berubah dan dapat mempengaruhi distribusi vegetasinya.Dalam konsep dinamika fitogeografi. Wolffia sp dan sebagainya. Contohnya adalah Ceratophyllum demersum. Tumbuhan hydrofita adalah tumbuhan yang tumbuh di habitat yang basah atau tumbuh di air. Dalam proses evolusi dan proses suksesi. Berdasarkan hubungannya dengan lingkungan air dan udara. sebagian atau seluruhnya. proses mutasi dan seleksi alam. Pistia sp. Di mana dalam proses evolusi struktur komunitas distribusi vegetasi sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan. pengangkutan dan penguasaan wilayah akan turut menentukan pola distribusi vegetasi. (1963) dan Misra. Eichornia crassipes. b) “Respon” vegetasi dan sifat adaptasi tumbuhan terhadap lingkungannya bersifat khas dan sering menjadi karakteristik suatu jenis tumbuhan. Nymphaea capensis. hydrilla verticilata.

1. sedangkan bagian yang terendam air atau tenggelam memprlihatkan cirri –ciri tumbuhan hidrofit sejati. Jenis – jenis tumbuhan ini tumbuh di perairan dangkal atau perairan yang berlumpur. tampa berhubungan langsung dengan atmosfer. 1. Tumbuhan hidrofita yang tumbuh terapung (floating hydrophytes). 2. Contohnya adalah Marseilla crenata. Potomegeton sp dan sebagainya. Jenis-jenis tumbuhan ini tumbuh di perairan dangkal atau perairan yang berlumpur. dengan akar tumbuhan yang tidak terbenam atau mengakar di tanah. Beberapa jenis tumbuh dalam jumlah besar sebagai perkabungan kecil di kebun dan bidang tanah yang diolah. Myriophyllum sp. Merupakan tumbuhan yang berada dan hidup di bawah permukaan air. Tumbuhan hidrofita yang tumbuh di bawah permukaan air (submerged hydrophytes). Tumbuhan amfibi yang batangnya terdapat di permukaan tanah. Contuh : Hydrilla sp. Teratai adalah tanaman air dari famili Nymphaeaceae. Teratai yang tumbuh di daerah tropis berasal dari Mesir dan tersebar hampir di negara tropis seperti Indonesia dan lainnya. Bagian tumbuhan yang terdapat di permukaan air (udara) kadang – kadang memperlihatkan sifat – sifat tumbuhan mesofit attau xerofit. tetapi akarnya tetap terbenam di dalam rawa atau tanah yang terendam di sebut sebagai “tumbuhan rawa”. Hornworts dapat ditemukan di seluruh dunia. membentuk massa tenggelam dalam kolam dan mengalir di sungai secara perlahan. Contohnya yaitu Eichornia crassipes. Beberapa contoh distribusi / penyebaran tanaman Hydrophyta antara lain : 1. misalnya Scirpus grossus. Merupakan tumbuhan yang terapung dipermukaan air atau sedikit di bawah permukaan air dan tumbuhnya berhubungan langsung dengan air dan lingkungan atmosfer. Hornwort adalah tanaman air dari genus Ceratophyllum.1. Merupakan tumbuhan yang beradaptasi pada lingkungan aquatik dan lingkungan terestis. Tumbuhan hidrofita yang bersifat Amphibi ( amphibious hydrophytes). namun mereka cenderung hanya tumbuh di tempattempat yang lembab atau sedikit lembab. Teratai terdiri dari sekitar 50 spesies yang tersebar dari wilayah tropis hingga daerah subtropis seluruh dunia. .

3. Cryptocoryne adalah tanaman dari genus Cryptocoryne. 9. dengan daun berbentuk baji. bunga berwarna putih. 14. Tersebar di daerah Amerika Utara. 4. . Penyebarannya sangat luas hingga ke seluruh dunia terutama di daerah tropis dan daerah bertemperatur hangat. 8. Tersebar hampir diseluruh wilayah tropis. Tersebar di daerah Amerika Utara. Heteranthera dubia tanaman air dengan daun menyerupai rumput ban bunga berwarna kuning berbentuk bintang.un dengand bulat berbentuk hati dan bunga berwarna putih. Eriocaulon aquaticum tanaman air yang memiliki daun berwarna hijau transparan. Tersebar di daerah Eropa. 5. berukuran kecil dan mengapung pada kolam atau sungai yang dangkal. Tersebar di daerah Asia tropis. Hydrilla verticillata adalah tanaman air yang terendam. Ranunculus aquatilis adalah tanaman yang tedapat di kolam dan sungai. Duckweed (Spirodella polyrhiza L. dengan daun lanset dan bunga aksiler soliter. Menyanthes trifoliata adalah tanaman asli dari Eropa dan Amerika. memiliki daun terendam dan mengambang. 6. 10. 12. memiliki bunga berwarna biru dengan ukuran besar. termasuk Indonesia dan di negara Amerika Serikat.) adalah tanaman air dari famili Lemnaceae. menyebar di seluruh permukaan sungai atau kolam. tersusun dalam spiral basal dan bunga padat berwarna putih. Tersebar di daerah Amerika Serikat. Orontium aquaticum adalah tanaman air yang memiliki daun berwarna biru-hijau dengan bunga kecil berwarna kuning. Tumbuh membentuk sebuah rumput luas di sungai dan danau. 11. Pistia stratiotes adalah tanaman air yang tumbuh membentuk roset. Eichhornia crassipes adalah tanaman air tropis yang mengambang. Tersebar di negara Eropa dan Amerika Utara. merupakan tanaman evergreen yang tumbuh di air tawar atau air payau. memiliki bunga putih atau keunguan dan daun berbentuk trifoliate. Tersebar di daerah Amerika Utara dan Irlandia. Hydrocharis morsus-ranae adalah tanaman air yang mengambang. 7. 13. Tersebar di daerah tropis seperti Indonesia. di daerah Amerika Serikat dan perairan Florida. Peltandra virginica adalah tanaman air dari genus Peltandra.

Tersebar di daerah Amerika Serikat. Tersebar di daerah Amerika. Zostera marina adalah tanaman air yang terdapat di laut. Tersebar di daerah Eurasia dan Amerika. 19. biasanya berakar pada dasar kolam dan parit berlumpur. 16.15. 17. Tersebar di daerah Australia. Air starwort (Callitriche heterophylla) adalah salah satu dari beberapa tanaman air yang memiliki daun roset berbentuk bintang dan mengambang. Vallisneria spiralis adalah tanaman air yang terendam dengan daun berbentuk ribbonlike. Veronicaa anagallis-aquatica adalah tanaman air yang terdapat di tempat basah. 18. biasanya terendam dengan daun sempit yang sangat panjang. . Eropa dan Asia. Limnobium spongia adalah tanaman air dengan daun bulat berbentuk hati atau ginjal. Kelimpahan tanaman ini tersebar di sepanjang pantai Atlantik Utara.

.Kesimpulan Fungsi mempelajari distribusi tanaman pada mata kuliah ekologi tanaman bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara mahasiswa memahami cara distribusi tanaman secara benar dan berkualitas sekian kesimpulan untuk tugas ekologi tanaman ini saya buat.