You are on page 1of 10

MANAJEMEN LINTAS BUDAYA AGAMA, BUDAYA, dan MANAJEMEN DALAM ERA MILENIUM

Dosen pengampu : Bapak Ali Djamhuri

Oleh: Sulung Aniroh Meylina Winda F Amanda Rendyaswara Risani Atia Deshinta Saphira Evany A Sahara Andi F 105020307111026 105020307111031 105020307111038 105020307111040 105020307111041 105020307111042

Jurusan Akuntansi Jurusan Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya 2013

Kekuatan dari agama jelas merupakan persamaan budaya dalam negara Islam dan di negara china. dan Struktur Misalnya sikap seorang wanita dalam bekerja Layer 3 Nilai utama. atau pemrograman kolektif.BUDAYA Tiga mekanisme kritis menjelaskan asal mula dari perbedaan budaya. budaya. Yang dimaksudkan dalam hal ini adalah : bahasa. Hal ini sangat dapat berubah seiring dengan waktu. Karena agama merupakan satu-satunya turunan dari tiga pendekatan budaya. Budaya memiliki beberapa bagian yang terlihat dalam figur 1 Elemen dalam bagian pertama berubah seiring dengan waktu. jelas jika budaya dapat membagi agama menjadi beberapa perbedaan dikarenakan variasi di kedua mekanisme lainnya. pakaian sikap dan perilaku. kepercayaan. Simbol Perilaku Layer 1 Layer 2 Misalnya pakaian Sikap. Tetapi mereka dapat beradaptasi pada tingkat yang lebih rendah. Kita menjaga nilai. biasanya sulit untuk mencapai titik impas di masa depan. dan perilaku di dunia kerjadan ketika melintasi budaya seperti terlihat dengan beberapa riset yang membahas manajemen lintas budaya. Hal ini menjelaskan perbedaan budaya antara Amerika Latin dan Anglo Amerika. bahasa dan area geografis (Ronen dan Shenkar. Kepercayaan agama dan prakteknya dapat terhubung dengan setiap bagian atau layer dari budaya. Pada layar ke tiga nilai dan kepercayaan adalah relatif stabil meskipun seringkali melewati beberapa generasi dan relatif tetap dengan berjalannya waktu. kepercayaan Misalnya etika bekerja . Mekanisme tersebut adalah agama. Elemen ini merupakan dasar dalam level terendah dari budaya Di level selanjutnya sikap dan ritual merupakan kunci yang menjadikan sikap dari perempuan di tempat bekerja. Ritual. 1985).

Filosofi hindu yang lebih dikenal dengan dharma sebagai salah satu dari empat aspek keselamatan.. Banyak yang telah menulis tentang etika bekerja orang Protestan yang dapat membantu menjelaskan kritikan dari pekerja di Amerika serikat. Dalam hal ini nabi Muhammad merupakan pemimpinnya. Di negara amerika serikat . dan mereka percaya akan mendapat pahala di surga. kamu tidak akan meimiliki peluang untuk menjadi miskin . Hal tersebut dapat terlihat dalam contoh seperti makna bekerja dalam perbedayaan budaya. sebagai hasilnya saya tidak mempunyai kekuatan dari kegagalan dan saya bisa mengambil risiko. Dalam hal ini kita dapat membuktikan orang yang beragama Protestan akan bekerja keras di bumi dan dapat sukses. .” (Brahm. Tetapi Islam juga melahirkan beberapa elemen fatal di dalam tempat kerja. karena kekayaan dapat membuat seseorang menjadi bernilai di bumi (Gannon 1991) Agama lain juga berbicara tentang suatu nilai dari bekerja. Al-Quran mengindikasikan bahwa pekerjaan adalah suatu kewajiban. etika Protestan telah bergabung dengan sosial dengan social darwinism sebagai ekpresi baik oleh Rusell Conwell yang merupakan seorang mentri methodist dan merupakan presiden pertama dari universitas temple (Burr 1917) Dia mengatakan pada pengikutnya “ saya mengatakan kamu akan kaya .AGAMA DAN NILAI BUDAYA Efek dari agama dalam intinya adalah berasal dari nilai dan kekuatan kepercayaan. Agama berbeda dalam penekanan dalam peraturan pekerjaan mereka. penemu dan CEO dari BioGenex laboratorium mengatakan. . Dalam bekerja keras orang jelas layak untuk Tuhan dan dirinya sendiri. tetapi tidak benar ketika dalam hasil dari tindakan atau harus saya menjadi tidal melakukan tindakan sebagai hasilnya. Orang yang bekerja dan mendapatkan panggilan dari Tuhan ( Pengabdian).” Bhagvad Gita mengajarkan bahwa saya benar dengan melakukan sebuah tindakan. Aspek agama hindu tersebut yang dinamakan Bhagvad Gita sebagai karma yang menjelaskan bekerja tanpa menginginkan penghargaan . dia menyimpulkan bahwa hal tersebut tidak masuk akal untuk mempercayai bahwa seseorang tidak ingin kaya.. dan etika. karena Tuhan lah yang merupakan pembuat kekaayaan (Rice 1999). Jadi saya memiliki kebenaran untuk menjadi CEO terbaik. saya harus mengatakn bahwa kamu harus menghabiskan bebrapa waktu untuk mendapatkan kekayaan “.1999) benar-benar menyelesaikan sesuatu yang . seperti membiarkan pekerja di remehkan karena tujuan utama berada di tangan Tuhan. asumsi budaya. Kalra. tetapi tidak untuk berapa besar uang yang bisa saya dapatkan.

kakak dan adik. Stabilitas sosial dapat berdasar pada hubungan yang tidak sama dan lima dasar dari hubungan yang tidak sama seperti hubungan antara ayah dan anak.Vogel. dan korea. Hanya orang amerika mempercayai bahwa etika ini haruslah dapat menjadi universal dibandingkan dengan budaya barat yang mengikuti sitiasi dan variasi kepentingan. orang hindu membutuhkan penarikan dari prestasi dunia seperti bekerja untuk fokus dalam mencari kebenaran. Perbedaan kekuatan dapat ditelusuri kembali dari agama. Hubungan tersebut dapat dijadikan suatu persamaan dan pemenuhan kewajiban yang dapat membantu menjelaskan kekuatan dari guanxi china ( Leong dan Bond. persamaan. Peraturan dalam bekerja merupakan hal yang paling kuat di level kedua dari kehidupan. Agama menekankan pada persaudaraan. bos dan bawahan.1999. dan hubungan senioritas didalam budaya.1994).1988) Agama dan budaya dapat dihubungkan dengan perkembangan ekonomi dalam suatu analisis budaya dapat menjadi nilai jangka panjang yang tetap dalam hubungan pemerintahan. Tetapi orang hindu diperintah bahwa peraturan bekerja dapat berubah selama terjadi perbedaan status di kehidupan.1992) saat ini perusahaan di United States telah memfomulasikan kode etik untuk mengatur karyawannya. kekuatan keuntungan dan status menjaga seluruh keluarga (gannon.1999. Filosofi ini dapat membantu menjelaskan kekuatan perbedaan antara lakilaki dan perempuan. dan rasa malu yang dominan cenderung mengalami pertumbuhan ekonomi yang pesat AGAMA DAN ETIKA Nilai agama dan hubungan manajemen terlihat dalam diskusi mengenai etika dan tanggung jawab sosial tetapi permukaan terlihat dalam perbedaan bentuk dalam budaya yang berbeda (laczniak. Rice. kepuasan dibumi. teman yang lebih tua dengan teman yang lebih muda. Dengan mencoba untuk menjelaskan mengapa kepentingan publik dalam etika bisnis di Amerika Serikat melebihi diseluruh dunia. dan . suami dan istri. Dalam diskusi etika Islam.Bekerja dapat membantu orang Hindu untuk mendapatkan kehidupan. jepang. Seperti. Vogel (1992) menggambarkan kehidupan Protestan Amerika yang membuat kreasi dari kekayaan “ pekerjaan tuhan “ hal tersebut dapat meningkatkan ekspetasi seseorang terhadap sikap dan moral dari pelaku bisnis. china. Rice (1999) menjelaskan bahwa Islam menghadirkan sistem pasar bebas yang dapat berkoplemen dengan penyaringan moral sehingga sumber daya yang langka dapat terdistribusi secara sosial.

Kristen. mengikuti perbedaan kekuatan antara lakilaki dan perempuan. DAN KONSEP WAKTU Konsep ini mendiskusikan bagian yang berdasar dari nilai dan asumsi pokok yang dijelaskan dalam bagian sebelumnya.2000). minyak dapat menghasilkan kekayaan yang mengejutkan sidikit orang. SOSIAL HIRARKI DAN KODE BISNIS Meskipun penduduk Indian mengakui adanya kasta dan degenerasi itu merupakan dasar pandangan dari orang hindu.Islam. dan konfusianisme semuanya menunjukan bahwa perempuan untuk merawat. Budha. tetapi hal tersebut termasuk dalam ritual yang diuji berdasarkan nilai inti.1999) PEREMPUAN DALAM MANAJEMEN Banyak agama yang dapat menjagfa akuntabilitas untuk status perempuan didalam dunia kerja. Sistem kasta membagi divisi agama dari tenaga kerja menjadi 4 . STRUKTUR SOSIAL. mengatur keluarga. Pemimpin fundamental ditengah perbedaan budaya telah menggunakan agama untuk mengurangi kemampuan dari wanita untuk menghandirkan pendidikan dan untuk berpartisipasi dalam dunia kerja. Secara tidak langsung peran utama keluarga menganjurkan bagi perempuan melegitimasi batas sosial untuk pilihan karir mereka bersama dengan praktek bisnis seperti gaji yang tidak sama untuk pekerjaan yang sama terjadi di sebagian besar budaya ( Adler dan Israeli. Dapat dilihat sampai dengan tahun 1977 the federal republic of germany memiliki peraturan yang mengatur bahwa sumai harus menjaga istri mereka dari bekerja diluar rumah. Di Amerika Serikat. Beberapa konsep kunci yang termasuk dalam sikap seperti penjelasan tentang perempuan dan pekerjaannya dan struktur seperti sistem kasta dalam agama Hindu yang berlandaskan Islam dan Kode etik seperti pengajaran sosial dalam agama katolik (Laczniak. tetapi meneriknya bahwa keuntungan tersebut merupakan suatu trik untuk menjatuhkan program sosial. the southern Babptist Convention mendeklarasikan bahwa istri harus menurut pada suaminya ( New York Times.1988).sosial ekonomi yang adil untuk semua orang. Di afrika selatan suami dapat mrngontrol istri mereka dengan cara negosiasi dan membuat sebuah kontrak. Dalam negara Gulf. SIKAP. Hindu. Dipercaya bahwa wanita dalam dunia sosial dapat mempengaruhi kebijakan suatu negara.

Dia menelusuri dari perbedaan ke perbedaan dalam kepercayaan atau agama karena orang jepang mengambil konsep minggu kerja dari orang amerika setelah perang dunia ke II dan tidak menggangap terlalu serius ( Ishino 1994). Bagian ini KALENDER. Dan pada orang hindu di negara india.dan sudra. Presiden negara YKK ( Amerika Utara) menemukan hal tersebut sebagai suatu poin atas konflik yang terjadi antara tenaga kerja amerika dan jepang. sikap. ksatria. minggu kerja adalah5 ½ hari Orang Kristen pergi ke gereja pada hari minggu. Konsekuensi dari diskriminasi tenaga kerja sangat populer banyak orang indian yang berada di India dan luar negeri dapat mengatasi bisnis keluarga berdasar pada kasta vaisyas. etika bisnis berasal dari Al-Quran dan Hadist. Yaitu. asumsi. Tetapi Yahudi dan Muslim melakukan penyesuan untuk me-manage antara ritual agama dan pekerjaan. Minggu kerja tidak memilih signifikansi agama untuk banyak orang di dunia. Hal tersebut dapat menyebabkan peluang untk seseorang yang diminta bekerja lembur pada hari jumat. Masalahnya mereka tidak menyukai bekerja pada hari libur. vaisyas. Dalam negara Islam seperti Saudi Arabia.kasta. DAN HARI KERJA Meskipun sistem untuk 5 hari kerja telah dijalankan di banyak negara. Di negara Islam hari libur dimulai pada hari kamis. Hal tersebut banyak dilakukan oleh ekspatriat dari negara jepang. Banyak orang menyimpulkan bahwa Tuhan beristirahat pada hari minggu setelah mengatur dunia dan harus jadi warga “quebec”. hal tersebut telah memimpin perkembangan sistem bank berdasarkan Islam dimana bankmenginvestasikan dalam bisnis atau kerjasama dengan partner kerja sehingga peminjam dan yang meminjam mendapatkan risiko dan hasil yang sama dibandingkan dari keuntungan dilain pekerjaan. WAJAH BUDAYA Nilai. Pada tahun 1992 ketika pekerja di montreal berusaha untuk mengagalkan peraturan yang mengatur bahwa toko hanya tutup pada hari minggu. brahmana. Dalam keyataannya Nabi Muhammad melarang adanya riba. hari libur di negara barat. hal itu dapat diterima dalam kehidupan orang Kristen. Doa merupakan salah satu dari lima pilar agama Islam dan orang muslim harus . dan ritual semuanya tergabung dalam wajah budaya. Pengetahuan yang telah didapat dari peraturan dalam dunia sosial dan spesialisasi membantu bisnis vaisyas untuk mengembangkan kemampuan mereka. Dari orang yahudi tidak bisa menoperasikan mesin (seperti mobil ) dari hari jumat ke hari sabtu. JADWAL.

PENYEBAB Banyak artikel yang menjelaskan beberapa motivasi berkenaan dengan agama dan spiritual di tempat kerja. kopiah dipandang sebagai simbol sikap ketaatan terhadap Tuhan. Pemetaan mereka menjadi kebutuhan bisnis dan perusahaan. terutama dalam era teknologi tinggi. kesucian. Pekerjaan berjalan lambat selama bulan ramadhan ( Bulan ke sembilan dalam kalender Islam ) Ketika banyak orang berpuasa dari matahari terbit hingga tenggelam dan fokus pada ibadahnya. Perempuan sering menggunakan kerudung yang merepresentasikan kehormatan. Di kedua agama tersebut. martabat. kemurnian dan integritas dalam bekerja. perempuan menggunakan pakaian yang longgar dan tertutup di area publik. Fenomena yang sama terjadi pada umat Kristen di negara Amerika Serikat dan India terjadi pada saat natal. Meskipun dalam lingkup formal tingat kehadiran di gereja di amerika serikat adalah tinggi tetapi angka tersebut meniingkat selama terjadi perode krisis (Gannon. agama sering mengatur bagaimana pakaian seseorang dalam dunia kerja. Seorang rekan di Princeton menyimpang gulungan sajadah di dalam lacinya dan menjalankan ibadahnya diantara waktu meeting Hari agama untuk banyak kelompok seperti orang hindu dan muslim dapat dilihat dari kalender bulan dan hal tersebut berubah dari tahun ke tahun. memimpin manajer ke wilayah yang belum dipetakan. Dalam budaya Islam. Kemudia mereka bernegosiasi tentang masalah jadwal untuk bisa berlibur sebagai suatu keuntungan. Akhirnya. Sedangkan lelaki muslim kebanyakan berjenggot dan memakai kopyah. Penting untuk bisnis modern saat inikarena melewati dunia banyak hari libur yang merupakan hari besar agama.1994) Penjelasan yang potensial dari ketertarikan dalam agama dalam kecepatan berubahnya waktu dalam lingkungan bisnis dan stress di tingkat kerja menyebabkan krisis internal untuk menggambarkan manusia untuk menjalankan agamanya KONSEKUENSI .salah satunya dengan perubahan lingkungan bisnis. Perkembangan penting dalam negosiasi internasional seperti di negara Amerika Selatan menyatakan bahwa pelaku bisnis di US tertarik untuk membuat konseksi dan perjanjian sehingga mereka dapat pulang kerumah ketika hari natal.berdoa setiap lima kali dalam satu hari. Lelaki Yahudi juga menggunakan kopyah untuk bekerja.

Litterer dan Saunders 1988) manajer membutuhkan pendekatan untuk menimplementasi trend tersebut dan mencari cara untuk melakukan persetujuan dengan berbagai konsekuensi negatif. Tetapi di sisi lain hal tersebut dapat menimbulkan konflik ketika perbedaan agama dan kepercayaan tersebut bertabrakan. Persamaan danperbedaan dari agama dapat membantu manajer untuk mengurangi konflk dan membangun norma yang universal. Karena agama dan budaya memiliki banyak bagian maka beberapa kritik kepada manusia daripada yang lain. Tetapi dalam tren manajemen lain gama merupakan isu personal yang merupakan inti dari nilai dari kebanyakan orang. Seperti : peremajaan sehari dan waktu yang fleksibel. Tetapi bagaimana konsekuensinya dalam ekonomi global ? Untuk beberapa penjelasan hal ini positif karena manajer dapat secara teoritis membuat jadwal bekerja untuk mengambil keuntungan dari perbedaan agama seperti mempekerjakan non Kristen untuk bekerja pada hari natal dan mempekerjakan non muslim pada saat ramadhan. motivasi dan meningkatkan produktifitas. Meskipun kita melihat yang terjadi hari ini adalah banyak praktek agama secara langsung dan spiritualitas di lingkungan kerja yang dilakukan oleh para eksekutif di bandingkan dengan kejadian insidental dari budaya Kepercayaan saat ini merupakan hal yang kondusif di dalam tempat kerja karena hal tersebut dapat menggembangkan program-program karyawan. Penerapan yang tidak pantas dari prinsip agama dapat berpotensi menyebabkan konsekuensi yang berbahaya. . Konflik dapat terjadi dari perbedaan dalam kepercayaan dan nilai biasanya sulit untuk diselesaikan karena orang menjadi berkomitmen pada prinsip dasarnya dan tidak akan bisa berkompromi (Lewicki.Efek dari agama dalam manajemen adalah meluas melewati efek dari budaya.

dan motivasi berkurang bagi pekerja serta manajer. Misalnya jika sebuah organisasi tidak mengizinkan waktu untuk berlibur. individu dapat mengartikan dengan salah terhadap perilaku orang lain. A. Dalam suatu organisasi sebaiknya memiliki kebijakan dan tindakan yang dapat mengurangi terjadinya konflik dalam masalah agama kepercayaan yang dianut oleh para karyawan. B. . Harvey Assumption College Dalam era globalisasi. yang memiliki sedikit atau tidak ada pengetahuan tentang praktik-praktik keagamaan yang merupakan akar dari tindakan ini. Gunakan hanya informasi yg tertera dalam skenario beberapa kemungkinan pegawai dan manajer dapat menggunakan dan menjelaskan tingkah laku seseorang. Para supervisor atau rekan kerja. Directions Setiap skenario menggambarkan antara agama dan tempat bekerja dalam dikusi kecil dan sharing informasi jawab pertanyaan dibawah ini.AGAMA DAN BEKERJA Carol P. Tanpa adanya pengetahuan. Skenario berikut menggambarkan insiden kerja di mana orang lain tidak menyadari dasar agama bagi perilaku individu. Jika sesorang dalam grubmu mengetahui informasi tentang agama tanyakan pada dia untuk menjelaskan agama secara signifikan. Jelaskan apa yg hrus dilakukan manajer dalam situasi itu D. Skenario ini menggambarkan bahwa kurangnya pengetahuan dapat menimbulkan konflik. karyawan tersebut dimasukkan ke dalam pusat perhatian karena nya / agamanya. penurunan produktivitas. Dalam setiap kasus. sangat berguna jika kita lebih mempelajari tentang agama yang mungkin dapat dipraktekkan dalam dunia kerja. mungkin atribut alasan yang salah untuk perilaku yang mereka lihat. Diskusikan efek poditf dan negatif dari beberapa atribut dalam organisasi kerja C.

Meskipun Tyler bekerja dengan baik. Untuk tambahan disebuah organisasi dimana "open doors" adalah norma budaya yang kuat. Dia tetap meyakinkan mereka bahwa dia baik-baik saja. Beberapa waktu kemuadian seorang pekerja memperingatkan dia untuk mencuci wajah dan menyarankan untuk ke kamar mandi perempuan Skenario 2 David duduk bersama pekerja lain didalam ruang mkan yg disediakan dalam area meeting. 7 hari per minggu.Skenario 1 Mary Ellen datang kerja dengan luka tanda hitam dijidatnya. salad. bos Kaleen mengatakan bahwa dia butuh untuk dapat mudah bersosilisasi dan dijangkau jika dia berharap untuk pindah ke posisi manajemen. Skenario 4 Tyler berkerja secara full time sebagai asisten manajer di perusahaan retail yang besar yang buka 12 jam perhari. dan nasi disediakan tapi dia menolak untuk makan dan hanya minum air putih. Ayam dengan saos. Tyler telah menggunakan banyak alasan untuk menghindari bekerja pada hari Sabtu. Skenario 3 Kaleen tidak pernah datang dalam undangan masyarakat baik secara formal maupun informal. bosnya tidak lagi mempercayai cerita Tyler dan tidak akan memberikan penilaian kinerja selanjutnya. pintunya sering tertutup unutk periode waktu yang cukup lama. . Orang-orang dimeja bertanya kepada dia apakah dia merasa baik. Selama indentifikasi performanya. Dalam peraturan perusahaan bahwa semua manajer harus melakukan rotasi kerja setiap akhir minggu.