You are on page 1of 8

Cara Mudah Koneksi Php Dan Mysql Dengan Database

Pendahuluan Dewasa ini, perkembangan teknologi semakin berkembang pesat. Mulai dari informasi, komunikasi sampai teknologi internet yang sudah merambah ke segala arah. Dan seiring dengan berjalannya waktu banyak perkembangan yang terjadi pasa dunia internet.

Termasuk pesatnya perkembangan perangkat lunak seperti Apache,MySql dan PHP yang selalu di-update oleh produsennya masing-masing. Disini, saya akan sedikit menjelaskan tentang pengolahan data melalui database dan bagaimana cara menerapkan script-scirpt php dan MYSql yang secara langsung bisa terkoneksi dengan database tersebut. PHP merupakanf akronim dari “Personal Home Page”adalah bahasa Server-side scripting yang menyatu dengan HTML untuk membuat halaman WEB dinamis.Semua sintaks dan perintah PHP akan diekskusi di server kemudian hasilnya dikirim ke browser dalam format HTML.

Sedangkan pengertian dari MySQL adalah salah satu tipe database yang paling banyak diminati para pengembang web karena selain mudah instalasinya, juga database ini mampu menampung record sebanyak ratusan giga. Database ini juga berada di bawah lisensi GNU yang berarti gratis dalam penggunaan maupun penggandaan. Berbeda dengan database yang sejenis seperti Oracle.

Adapun contoh script php sebagai berikut :

Langkah-langkah pembuatan database dan script html Dibawah ini adalah contoh langkah-langkah script php yang dapat terkoneksi dengan database menggunakan Appserv : 1. Langkah pertama yang dilakukan adalah mebuat tabel terlebih dahulu sesuai dengan script yang telah dibuat. . tergantung dengan kebutuhan konsumen. APPServ d. b. juga dapat dikoneksikan ke database. selanjutnya coba run script yang telah dibuat dan pastikan sudah terkoneksi dengan database. sehingga muncul gambar seperti dibawah ini. Kemudian koneksikan dengan script php.Untuk dapat menampilkan hasil sciprt php yang telah dibuat melalui notepad++. XAMPP untuk versi windows dan LAMPP untuk versi linux. maka data akan akan secara otomatis tersimpan ke dalam database. diperlukan aplikasi agar dapat terhubung dengan script php. Apabila berhasil. PHPTriad Untuk penggunaan aplikasi paket diatas. Dari script php yang telah dibuat. WAMP server c. Salah satu cara untuk dapat terkoneksi dengan database adalah membuka koneksi phpmyadmin dari salah satu aplikasi paket yang dipilih misalnya Appserv. agar data yang diinput dapat tersimpan dalam database tetrsebut. Langkah pertama adalah membuka localhost Appserv melalui browser dengan mengetikkan localhost. Beberapa aplikasi paket tersebut adalah : a. Terdapat banyak contoh script php yang dapat diaplikasikan dan dimanfaatkan berbagai instansi.

. Kemudian isikan kotak dialog yang ada dengan user nama ‘root’ dan password ‘dini’ Untuk pengisian password sesuai dengan keinginan. Buat tabel didalam Database1 dengan cara ketik nama tabel yang akan dibuat. Selanjutnya pembuatan database dengan nama Database1. 4. .2. 3.

5. <html> <head><title>koneksimysql</title></head> <form action=# method=post> <table border=1> Mohon Isi Identitas Anda<br> </br> <tr> . Save script html dengan format php dan simpan pada folder www di file Apppser. Selanjutnya. buatlah script html pada notepad++ dengan isi script sesuai dengan tabel database yang telah dibuat sebelumnya. 6. Kemudian isikan jumlah kolom lalu klik create sehingga terbentuk tabel yang diinginkan seperti pada gambar dibawah ini.

'$NIM'. $Alamat=$_POST['Alamat'].'$Alamat'. Nama. $databasename='database1'. $Gender=$_POST['Gender']. Jurusan) VALUES(''. Alamat. Gender.$link).'$Gender'.'root'. mysql_select_db($databasename.'$Jurusan')".<td>Nama</td><td>:</td><td><input type=text name=Nama size=23></td> </tr> <td>NIM</td><td>:</td><td><input type=text name=NIM size=23></td> </tr> <tr> <td>Gender</td><td>:</td><td><input type=text name=Gender size=23></td> </tr> <tr> <td>Alamat</td><td>:</td><td><input type=text name=Alamat size=23></td> </tr> <tr> <td>Jurusan</td><td>:</td><td><input type=text name=Jurusan size=23></td> </tr> <tr> <td colspan=6><input type=submit value=save name=proses></td> </tr> </table> <?php if($_POST['proses']){ $Nama=$_POST['Nama']. $Jurusan=$_POST['Jurusan'].'$Nama'. $link=mysql_connect('localhost'. }else{ . if($query){ echo "Sukses". $sql="INSERT INTO tabel1 (id. $query=mysql_query($sql). NIM. $NIM=$_POST['NIM'].'dini') or die (mysql_error()).

Kemudian cek hasil script apakah sudah terkoneksi dengan database melaui web browser dengan mengetikkan localhost/coba1. Isikan data kemudian klik save. . } } ?> </body> </html> Agar script yang ditulis dapat terkoneksi dengan database. maka action mysql connect harus sesuai dengan nama pada database.echo "Coba Lagi". 7.php sehingga muncul gambar seperti dibawah ini : 8.

Apabila pengisian data benar akan terlihat hasil gambar seperti dibawah ini.9. . Data yang sudah diinput akan terlihat pada daftra tersebut. Cek hasil penulisan data pada menu browseer di database. 10.

com .Langkah-langkah diatas merupakan contoh sederhana untuk pemula bagaimana cara mengkoneksikan php-mysql dengan database. Referensi atau sumber : http://infoitn. Selamat mencoba semoga bermanfaat.webs.