You are on page 1of 3

1. Ontologi ilmu adminitrasi orientasi peyelidikannya berhubungan dengan apa yang ada.

Baik itu yang abstrak atau maya yang hanya berada dalam pikiran yang ada, maupun yang bersifat konkret. Meskipun ontologi administrasi abstrak dan konkret namun perkembangannya mendorong manusia untuk berpikir dan merenung tentang hakikat administrasi yang mungkin mengalami pergeseran akibat perkembangan kehidupan manusia. (Makmur, 2008; 43) Epistemologi Bagian dari filsafat ilmu yang mempelajari dan menetapkan kodrat atau skop suatu ilmu pengetahuan serta dasar pembentukannya adalah epistemologi. Epistemologi juga menjawab dan menjelaskan pertanggung jawaban atas pertanyaan yang muncul akibat ilmu pengetahuan itu sendiri. Sasaran utama materi atau content epistemologi, berorientasi pada pertanyaan bagaimana sesuatu itu datang, bagaimana

mengetahuinya dan bagaimana membedakan yang satu dengan yang lainnya. Aksiologi Aksiologi ilmu administrasi merupakan salah satu bagian filsafat ilmu. Banyak pertanyaan yang dapat dimunculkan, karena filsafat memang mencari hakikat kandungan makna yang mendalam atau dapat dikatakan aksiologi, ilmu administrasi selalu mencari kebenaran yang hakiki. Aksiologi ilmu administrasi adalah suatu usaha yang dilakukan secara sadar dan terencana dalam rangka pemanfaatan, penerapan ilmu administrasi yang teratur dan produktif. (Makmur, 2008; 84) 2. Administrasi sebagai seni pada hakekatnya timbul bersama-sama dengan timbulnya peradaban manusia. Jelasnya semenjak manusia telah berbudaya, yaitu dengan mengembangkan ciptanya/ akal pikirannya, rasanya/ seninya, karsanya/kehendaknya, dan adanya kerja sama antara 2 orang atau lebih telah merupakan unsur-unsur administrasi dalam kehidupan bersama atau bermasyarakat. Oleh karena itu, administrasi sebagai suatu seni sesungguhnya bukan merupakan hal yang baru, karena dengan adanya 2 manusia yang bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu, di sana sudah terdapat administrasi, yaitu administrasi dalam praktek. Herbert A. Simon, misalnya, pernah mengatakan bahwa apabila ada 2 orang yang bekerja-sama untuk menggulingkan sebuah batu yang tidak dapat digulingkan hanya oleh satu orang di antara mereka, di sana telah terdapat administrasi.

Kemampuan menyesuaikan diri (Adaptability) dan Kepuasan kerja C. Efisiensi. penolakan terhadap inovasi. Manusia berbudaya sejak ditemukannya symbol atau huruf yang digunakan untuk berkomunikasi antara manusia yang satu dengan yang lain. D. Selain sebagai acuan pemahaman. Administrasi terbagi dalam 2 golongan. 1986).3. A. Sedangkan administrasi niaga merupakan tata kelola bisnis yang berlaku bagi segelintir orang dalam menjalankan suatu bisnis/usaha tertentu saat ini Administrasi niaga berkembang dengan sangat pesat akibat globaslisasi dan pasar bebas dengan sistem kapitalisme yang semakin kuat merajalela hampir di semua Negara di dunia ini. oleh karena itu diperlukan system administrasi niaga yang semakin kompleks seiring dengan kemajuan teknologi. kekakuan dalam menerapkan aturan. Hasil kebudayaan yang . Contoh gampangnya. dan kecenderungan menunda pekerjaan (Dawam Raharjo. Administrasi adalah kegiatan yang meliputi : catat-mencatat. surat-menyurat. namun pada kenyataannya ternyata lebih lama. karena manajemen merupakan alat administrasi. pengertian ini dapat juga dijadikan pegangan dalam evaluasi dan perbaikan. Pengertian birokratisme mengacu pada sifat keterpakuan pada rutinitas. Manajemen adalah Suatu Proses dalam rangka mencapai tujuan dengan bekerja bersama melalui orang-orang dan sumber daya organisasi lainnya. administrasi bersifat kosmopolit artinya dapat diterapkan atau diaplikasikan pada berbagai bentuk organisasi dan berlaku universal artinya nilai2 administrasi merupakan suatu hal yang telah menjadi kesepakatan bersama untuk kebaikan bersama dalam hal berorganisasi 4. Bila seharusnya di Kantor Desa untuk membuat KTP adalah 1 Minggu. itu termasuk Birokratisme. Prisma. tujuan administrasi adalah : Efektifitas produksi. yaitu: Administrasi Negara dan Administrasi Niaga (swasta) administrasi Negara merupakan tata kelola kenegaraan yang pengaruhnya dapat dirasakan oleh seluruh warga negara. Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. keengganan memikul tanggung jawab. pembukuan ringan ketik-mengetikm agenda dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan. 6. B. 5. inti daripada administrasi adalah manajemen.

berdampak pada cara berkomunikasi antar manusia tersebut terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu hasil dari kebudayaan adalah penemuan teknologi baru. . dan berkembangnya peradaban manusia.