You are on page 1of 13

I.

SEJARAH SINGKAT BKD KOTA BANJARMASIN
Pengolahan Kepegawaian Negara mulai di laksanakan oleh Pemerintah Republik Indonesia tiga tahun setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yaitu pada tanggal 30 Mei 1948 dengan dibentuknya Kantor Urusan Pegawai ( KUP ) berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 1948. Tugas pokok Kantor Urusan Pegawai ( KUP ) adalah mengurus segala sesuatu mengenai kedudukan dan gaji pegawai negeri, serta mengawasi supaya peraturan-peraturan kepegawaian dijalankan secara tepat. Seiring dengan perkembangan penyelenggaraan pemerintah, urusan pengolahan kepegawaian di Provinsi Kalimantan Selatan khususnya di Kota Banjarmasin berkembang sejak pembentukan Kotamadya Banjarmasin Tahun 1959 berdasarkan Undang-undang Nomor 27 Tahun 1959. Pada saat tersebut, unit kerja yang menangani langsung urusan kepegawaian bernama Bagian Personalia. Dalam perkembangannya terjadi beberapa kali pergantian nama struktur organisasi dan tata kerja antara lain menjadi Bagian Personalia, kemudian berubah menjadi Bagian kepegawaian dan pada era otonomi daerah pada tahun 1999 sesuai dengan Perda Nomor 8 Tahun 2000 menjadi Badan Kepegawaian Daerah yang dijabat oleh Pejabat Eselon II.b yang sebelumnya di jabat oleh Pejabat Eselon III.a. Kemudian berbagai perubahan yang terjadi selama era otonomi daearah telah memberikan bobot dan perubahan yang cukup signifikan dalam mewujudkan berbagai kebijakan strategis di bidang kepegawaian. Perubahan tersebut diantaranya dalam Undang-undang Nomor 8 Tahun 1974 tentang Pokok-pokok Kepegawaian pada pasal 34a yang menegaskan : “ Untuk Kelancaran Pelaksanaan Manajemen Pegawai Negeri Sipil Daerah dibentuk Badan Kepegawaian Daerah “ , dan untuk melaksanakan pembentukan lembaga Badan Kepegawaian Daerah diterbitkan Keputusan Presiden Nomor 159 Tahun 2000 tentang Pedoman Pembentukan Badan Kepegawaian Daerah. Untuk menindak lanjuti perubahan tersebut, dilaksanakan penataan organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin dengan menempatkan fungsi manajemen kepegawaian yang semula dilaksanakan oleh Bagian Kepegawaian pada Skreatriat Daerah, dialihkan kepada lembaga tersendiri yang melaksanakan fungsi manajemen kepegawaian, yaitu BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH. Pembentukan Badan Kepegawaian Daerah Kota Banjarmasin tersebut dituangkan dalam Peraturan Daerah Kota Banjarmasin Nomor 8 Tahun 2000, dan efektif dilaksanakan mulai bulan Januari 2001.

dibantu oleh 2 orang Pejabat Eselon IV. Kepala Bidang Mutasi Pegawai (Eselon III.a. dibantu oleh 2 orang Pejabat Eselon IV. Sekretaris (Eselon III. maka Pemerintah Kota Banjarmasin melakukan penataan kembali SOTK Pemerintah Daerah. yaitu dengan ditetapkannya Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun 2008 tanggal 17 Juli 2008 yang berlaku efektif pada tanggal 31 Desember 2008 ditandai dengan dilantiknya pejabat structural eselon II dan eselon III di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin.b). Kasubbid TU dan Data Pegawai b. Dalam penataan organisasi perangkat daerah yang baru ini.b). ACHMAD GAZALI. Kasubbid Mutasi Jabatan b. Kemudian dengan terjadinya pergantian Kepala Daerah ( Walikota / Wakil Walikota ) pada tahun 2005.a). Kasubbid Mutasi Umum . Kepala Bidang Umum Kepegawaian (Eselon III. Karena terjadi perubahan peraturan Perundang-undangan di bidang kelembagaan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007. maka terjadi pula pergantian pejabat structural termasuk Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Banjarmasin Bapak Drs. Pendidikan dan Pelatihan Kota Banjarmasin melaksanakannya berdasarkan Peraturan Walikota Banjarmasin Nomor 40 tahun 2008 tanggal 15 Desember 2008 tentang Tugas Pokok. Badan Kepegawaian Daerah. Kasubbag Umum dan Kepegawaian c. Pendidikan dan Pelatihan Kota Banjarmasin.a yaitu : a. M.b. Fungsi dan Tata Kerja Badan Kepegawaian Daerah.Selanjutnya pengisian jabatan-jabatan pada Badan Kepegawaian Daerah di awali pada tanggal 6 Januari 2001 yaitu dengan dilantiknya Bapak Drs. H. NISPUANI. M. Badan Kepegawaian Daerah di gabung dengan Badan Diklat Daerah sehingga namanya menjadi Badan Kepegawaian Daerah. Kasubbag Keuangan 2. yaitu : a. yang masing-masing terdiri dari : 1.AP yang dilantik oleh Walikota Banjarmasin pada tanggal 14 Juli 2006.a yaitu : a. MM sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Banjarmasin yang pertama dengan Jabtan Eselon II. Dalam menyelenggarakan tugas dan urusan di bidang manajemen kepegawaian. dibantu oleh 3 orang Pejabat Eselon IV. Kasubbid Kedudukan Hukum 3. Kasubbag Perencanaan b. Pendidikan dan Pelatihan Kota Banjarmasin dalam melaksanakan tugas dibantu oleh 6 (enam) orang pejabat eselon III.

Kasubbid Pengembangan Karier 5.M. dibantu oleh 2 orang Pejabat Eselon IV. DJOEHRI OEMAR NIP. Drs. H. 010 103 085 Penata (III/c) Penata (III/c) Penata (III/c) Penata (III/c) Penata (III/c) s/d 19 Januari 1988 30 April 1993 s/d 13 September 1999 . Kepala Bidang Kesejahteraan Pegawai (Eselon III. II. 4.b). 6. Kasubbid Pembinaan Mental dan Material b. Kasubbid Diklat Struktural b.b).b). dibantu oleh 2 orang Pejabat Eselon IV. DJAROD NIP.a yaitu : a. Drs. Kepala Bidang Pengembangan Pegawai (Eselon III. AMIN SYUKRI. personil maupun pelayanan dengan mengacu visi dan misinya yang telah ditetapkan dan telah dijabarkan dalam program-program kerjanya. ISKANDAR ZULKARNAIN NIP. Badan Kepegawaian Daerah. SH NIP. dibantu oleh 2 orang Pejabat Eselon IV.a yaitu : a. 2. H. 5.a yaitu : a. Pendidikan dan Pelatihan Kota Banjarmasin menata diri dengan melakukan penataan dari segi system. 3. YURIANI ZARKASI. Kasubbid Formasi dan Seleksi b. Kepala Bidang Diklat (Eselon III. Kasubbid Diklat Teknis Fungsional Sebagai lembaga baru yang mengemban amanat sebagai pengelola manajemen kepegawaian daerah.. Kasubbid Penghargaan dan Pensiun 6. H. Drs. AS’ AD NIP. NAMA KEPALA BAGAIN/BKD DAN MASA JABATANYA Pangkat Jabatan Kepala Bagian Personalia Kepala Bagian Personalia Kepala Bagian Kepegawaian Kepala Bagian Kepegawaian Kepala Bagian Kepegawaian Kepala Bagian Kepegawaian Masa kerja Ket. Nama / NIP 1.4. BA NIP. No.

ACHMAD GAZALI. 010 204 200 Pembina (IV/a) Pembina Tingkat I (IV/b) 8. Selanjutnya menamatkan Sekolah Menengah Atas (SMPP 28 ) Banjarmasin pada Tahun 1980. Riwayat pekerjaan di mulai pada tahun 1986 diterima sebagai PNS di Badan Diklat Provinsi Kalimantan Selatan. . Tahun 1976 tamat Sekolah Menengah Pertama Negeri. Drs. Pada Tahun 1993 diangkat sebagai Kasubbag Diklat di Biro Kepegawaian Setda Provinsi Kalimantan Selatan. Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kepala Badan Kepegawaian Daerah 12 Januari 2001 s/d 16 Maret 2006 23 Mei 2006 s/d Sekarang III. M. MM NIP. Karena adanya perubahan SOTK Pemerintah Kota Banjarmasin sesuai dengan Perda Nomor 15 Tahun 2008 sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan PP Nomor 14 Tahun 2007 maka Badan Kepegawaian Daerah Kota Banjarmasin di marger dengan Badan Diklat Daerah Kota Banjarmasin sehingga berubah menjadi Badan Kepegawaian Daerah. pada jabatan ini tahun 2004 menyelesaiakan pendidikan S2 Pascasarjana Administrasi Publik (MAP) Fisip Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. 010 086 644 Drs.AP lahir di Kabupaten Banjar pada tanggal tanggal 1 Desember 1961 dari ayah bernama Dudum Djantera (alm) dan ibu Marawiyah (alm) Menikah dengan Ritasari dan dikaruniai 3 orang anak yaitu Indah Purnasari. Alfi Syahri Ramadhan. Dan pada tahun 1998 dilantik sebagai Kasi Diklat Struktural. M. M. Pada Tahun 1983 menyelesaikan Diploma III Administrasi Negara ( AAN ) Jakarta. Pendidikan dan Pelatihan Kota Banjrmasin yang pelantikan serentak bersamasama Kepala SKPD yang lain pada tanggal 31 Desember 2008. M. Nispuani.AP NIP.7. M. NISPUANI. BIODATA KEPALA BKD KOTA BANJARMASIN Nama lengkap Drs. dan pada tanggal 23 Mei 2006 di angkat sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Banjarmasin. kemudian tahun 1995 di mutasikan pada Badan Diklat Provinsi Kalimantan Selatan dilantik sebagai Kasi Penjenjangan Dasar. H. Kemudian melanjutkan pendidikan pada STIA Bina Banua Banjarmasin Jurusan Adminsitrasi Negara yang selesai pada tahun 1989. Tahun 2006 mutasi dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan ke Pemerintah Kota Banjarmasin dan dilantik pada tanggal 14 Maret 2006 sebagai Kepala Bidang Kesejahteraan sekaligus Plt. Aulia Akbar dan M. Pada tahun 2001 di lantik sebagai Kabid Diklat Struktural. Pada tahun 1973 tamat Sekolah Dasar Pancasila. Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Banjarmasin.

VISI DAN MISI 1. 13. . 8. PROGRAM-PROGRAM STRATEGIK Penataan administrasi kepegawaian BKD Penataan administrasi keuangan BKD Penataan administrasi penyusunan program BKD Pengadaan. Meningkatkan dan Mengembangkan Kaderisasi sesuai Kompetensi 3. 4. Meningkatkan dan Mengembangkan Pola Pembinaa Karier dan Prestasi 4. pemeliharaan dan penghapusan barang BKD Penataan administrasi perencanaan dan pengembangan pegawai Penataan administrasi mutasi jabatan Peningkatan kualitas SDM aparatur BKD Penataan administrasi kenaikan pangkat dan penggajian PNS Penataan administrasi pemindahan PNS Penataan administrasi status dan pension PNS Pembinaan disiplin PNS Penataan peraturan perundang-undangan di bidang kepegawaian Penataan administrasi kesejahteraan dan pemberian penghargaan/tanda jasa PNS 14. Penataan data kepegawaian yang akurat. maka telah ditetapkan misi Badan Kepegawaian Daerah Kota Banjarmasin sebagai berikut : 1. Penataan system informasi manajemen kepegawaian 16. 11. 10. 2. Meningkatkan dan Mengembangkan Teknologi Informasi dan Administrasi Kepegawaian 2. M i s i Untuk mewujudkan visi tersebut. 3.IV. 1. 5. V i s i Visi Badan Kepegawaian Daerah adalah ” Wadah Pembinaan dan Pengembangan Menuju Aparatur Profesional ” 2. 9. 12. 6. Penataan administrasi pembinaan mental PNS 15. Meningkatkan dan Mengembangkan Disiplin dan Kesejahteraan Pegawai V. 7.

Terciptanya tertib administrasi kepegawaian pada BKD Kota Banjarmasin 2. Terciptanya pelayanan administrasi status dan pension PNS yang cepat dan tepat 11. SASARAN 1.VI. Terciptanya PNS yang professional. Terciptanya PNS yang berdisiplin. keuangan. VII. Terciptanya kualitas penyusunan program pada BKD Kota Banjarmasin 4. Terciptanya system pembinaan mental PNS 15. Terciptnya kesejahteraan PNS yang memadai dalam rangka meningkatkan motovasi kerja 14. Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai pada BKD Kota Banjarmasin 5. 4. Terciptanya sumber daya aparatur yang berkualitas 8. 3. 8. Terciptanya pelayanan administrasi pemindahan PNS yang cepat dan tepat 10. Terciptanya tertib administrasi keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan pada BKD Kota Banjarmasin 3. 6. Tersusunnya peraturan daerah di bidang kepegawaian sesuai norma. Terciptanya system informasi manajemen kepegawaian yang jelas 16. Terciptanya pelayanan administrasi kenaikan pangkat PNS yang cepat dan tepat 9. 7. bersih dan berwibawa serta adnya kepastian hukum bagi PNS 12. 2. standard an prosedur yang ditetapkan 13. 6. 5. 1. Terciptanya PNS yang memiliki kompetensi dalam menduduki jabatan struktural dan fungsional 7. TUJUAN Mewujudkan tata usaha kepegawaian. 9. kesejahteraan dan program pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Banjarmasin yang efektif dan efisien Mengadakan rekrutmen/pengadaan CPNS sesuai kebutuhan organisasi Meningkatkan system rekrutmen pengembangan karier PNS Meningkatkan pelayanan administrasi kenaikan pangkat PNS Meningkatkan pelayanan administrasi pindahan PNS Meningkatkan pelayanan administrasi status dan pension PNS Meningkatkan pemahaman dan pengetahuan PNS terhadap peraturan perundang-undangan di bidang kepegawaian Meningkatkan kesejahteraan dan pemberian penghargaan / tanda jasa PNS Mewujudkan sistem informasi manajemen kepegawaian. Tersedianya data kepegawaian yang akurat .

TUGAS Tugas pokok dari Badan Kepegawaian Daerah Kota Banjarmasin diataur dalam Keputusan Walikota Banjarmasin Nomor : 00 Tahun 0000 yaitu membantu Walikota sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian Daerah dalam menyelenggarakan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Penyiapan penetapan pension Pegawai Negeri Sipil Daerah sesuai dengan norma. 14. Penyiapan peraturan Perundang-undangan Daerah di Bidang Kepegawaian sesuai dengan Norma. Penyiapan penetpan gaji. 7. Pelayanan administrasi kepegawaian dan pengangkatan. 13. 12. standard an prosedur yang ditetapkan dengan peraturan perundang-undangan . kenaikan pangkat. kenaikan pangkat. Penyelenggaraan administrasi Pegawai Negeri Sipil . 10. 8. 4. Penetapan perpindahan Pegawai Negeri Sipil antar Kabupaten/Kota . 2. tunjangan dan kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil Daerah sesuai dengan norma. standar dan prosedur serta peraturan perundang-undangan . 11. 6. FUNGSI 1. Melaksanakan pengawasan administrasi kepegawaian dan karier PNS di wilayahnya . IX. Penyiapan kebijakan teknis pengembangan kepegawaian daerah . pemindahan dan pemberhentian dalam dan dari jabatan struktural dan fungsional sesuai dengan norma standard an prosedur yang ditetapkan dengan peraturan perundang-undangan . . 3. Mengelola penyampaian informasi kepegawaian ke SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin . standard an prosedur yang ditetapkan pemerintah . Penyiapan calon peserta pendidikan dan pelatihan . Perencanaan dan pengembangan kepegawaian daerah . 5. Pengelolaan system informasi kepegawaian daerah dan penyampaian informasi kepegawaian daerah kepada Badan Kepegawaian Negara . 9. pemindahan dan pemberhentian Pegawai Negeri Sipil Daerah sesuai dengan norma.VIII. 15. Penyelenggaraan ketatausahaan Badan. Penyiapan dan pelaksanaan pengangkatan. Penyiapan dan pelaksanaan administrasi kedudukan hokum Pegawai Negeri Sipil . standard an prosedur yang ditetapkan dengan peraturan perundangundangan .

22. . 16. 3. 14. 5. 20.X. 19. 9. 7. 2. 10. 11. antara lain : Dalam Daerah Secara umum dilakukan kerjasama kelembagaan dengan instansi dalam daerah dalam penyelenggaraan manajemen PNS dengan Lembaga Pendidikan Tinggi anatara lain : 1. 21. 8. 15. Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM) 2. STRUKTUR ORGANISASI PRODUK LAYANAN BKD Pengangkatan dalam Jabatan Struktural Pengangkatan dalam Jabatan Fungsional Penyusunan Formasi Pegawai Negeri Sipil Pelaksanaan Ujian Dinas Seleksi Tugas Belajar Ijin Belajar Seleksi Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Diklat Prajabatan Golongan II Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Diklat-diklat Teknis Fungsional Penerimaan Calon Praja IPDN Pensiun atas permintaan sendiri Pensiun PNS yang mencapai BUP Pensiun Janda/Duda Pengalihan Status dari CPNS ke PNS Kenaikan pangkat PNS Pembuatan Kartu Pegawai (karpeg)/ Kartu Suami (karsu)/ Kartu Isteri (karis) Pembuatan DP-3 Kenaikan Gaji Berkala Pemberian penghargaan Satya Lancanakarya Satya Pelaksanaan Bimbingan Mental (Bintal) Penyusunan Data Pegawai SIMPEG XII. 13. 17. Tugas pokok dari Badan Kepegawaian Daerah Kota Banjarmasin diataur dalam Keputusan Walikota Banjarmasin Nomor : 00 Tahun 0000 yaitu membantu Walikota sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian Daerah dalam menyelenggarakan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. KERJASAMA KELEMBAGAAN Badan Kepegawaian Daerah Kota Banjarmasin dalam melaksanakan tugas dan fungsinya melakukan kerjasama dengan berbagai instansi terkait pada lingkup dalam daerah dan luar daerah. 6. 12. 18. XI. 4. 1.

Olahraga/senam (setiap hari Jum’at pagi) 3.Luar Daerah Kerjasama luar daerah dilakukan oleh Badan Kepegawaian Daerah Kota Banjarmasin dalam pengembangan SDM melalaui Lembaga Pendidikan Tinggi anatara lain : 1. meninggal 3. Kegiatan sosial : kunjungan bagi PNS/Honorer/keluarga yang sakit. S2 : 6 orang 2. SLTA/D. SMP : 1 orang Jumlah : 42 orang c. Kamis 2. Kegiatan Keagamaan dll . SUMBER DAYA PEGAWAI a. Golongan / Ruangan Jumlah Pegawai Badan Kepegawaian Daerah menurut Gol/Ruang : Ruang A Golongan IV III II I 1 7 4 2 5 3 6 2 12 3 30 9 42 B C D E Jumlah XIV. Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM) Tugas pokok dari Badan Kepegawaian Daerah Kota Banjarmasin diataur XIII.00 wita hari Senin sd. S1/D. Kualifikasi Pendidikan Jumlah Pegawai Badan Kepegawaian Daerah menurut pendidikan 1. Sarmud/D. Apel pagi setiap jam 08.III : 4 orang 4.IV : 19 orang 3. Jumlah Pegawai Jumlah keseluruhan Pegawai Negeri Sipil Badan Kepegawaian Daerah Kota Banjarmasin : 42 PNS b. AKTIVITAS BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH 1.I : 12 orang 5.

KINERJA BKD No. Uraian Kegiatan Pembuatan Dp-3 bagi Pejabat Eselon II dan Jabatan Fungsional Penerbitan Karpeg Penerbitan Karis Penerbitan Karsu Penyusunan RKA/DPA pada BKD Kota Banjaramsin Penyediaan Jasa Administrasi Keuangan pada BKD Kota Banjarmasin Penyusunan Penetapan Kinerja BKD Penyusunan Program Kerja BKD Tahun 2007 Penyusunan LAKIP BKD Penyusunan PPAS/PPA Penyusunan Inventaris Barang BKD Seleksi Penerimaan Calon PNS Pengangkatan Tenaga Honorer Ujian Dinas dan Pembekalan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah Pengolahan Administrasi Mutasi Jabatan Struktural Pengolahan Administrasi Mutasi Jabatan Fungsional Peningkatan Keterampilan dan Profesionalisme Seleksi dan Rekrutmen PNS untuk Mengikuti Diklat Struktural. Fungsional dan Teknis Pengolahan Administrasi Ujin Belajar Seleksi untuk Tugas Belajar Pemberian Bantuan Tugas Belajar dan Ikatan Dinas Penataan Sistem Administrasi Kenaikan Pangkat PNS Pengolahan Administrasi Kenaikan Gaji Berkala Pengolahan Administrasi Pemindahan PNS antar Provinsi. 16. 4. 28. 13. 30. 12. 15. 18. 6. 5. 2. 11. 26. 25. 21.Kabupaten/Kota. 24. 9. 20. 19. 10. 22. 23. 29. 3. Pengolahan Administrasi Pensiun PNS Gerakan Peningkatan Kinerja/Bulan Disiplin Administrasi Penjatuhan Hukuman Disiplin Pengolahan Administrasi Pemberian Izin Perkawinan dan Perceraian Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan Realisasi 92 Orang 102 orang 99 Orang 1 Paket 1 Paket 1 Set 1 Buku 1 Buku 1 Set 1 Buku 1 Paket 129 Orang SKPD 26 Orang 19 Orang 1 Paket . 27. 8.XV. 7. 17. 14. 1.

36. Pembangunan/Pengembangan Sistem Informasi Kepegawaian Daerah (SIMPEG) Pemutahiran Data dan Daftar Urut Kepangkatan BKD Kota Banjarmasin Pembuatan Daftar Nominatif Pegawai BKD Kota Banjarmasin Pengembalian Dana Taperum Pengembalain Uang Muka Perumahan Pengelolaan Administrasi Cuti PNS Pengelolaan Administrasi Pemberian Penghargaan dan Tanda Jasa 1 Paket 1 Paket 1 Paket 93 Orang 2 Orang 733 Orang XVI.Pengangkatan CPNS dari Umum . Kenaikan ini disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut : . Dibandingkan dengan keadaan Desember . PNS Menurut Jenis Kelamin Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin pada periode Juni 2007 berjumlah xxxx. 35. 33.31. dengan komposisi Pria sebesar xxxx ( %) dan Wanita xxxx ( %).Pindahan/Mutasi dari Pemko dan keluar Pemko Banjarmasin Periode Tahun 2007 Juni Desember 1 2 7819 Selesih 3 Database kepegawaian tidak hanya menyajikan PNS cesara umum. 37. 32. tetapi dapat juga menampilkan jumlah PNS berdasarkan klasifikasi sebagai berikut : 1. 34. Pada priode bulan Desember jumlah PNS meningkat sebanyak xxx orang dari jumlah PNS periode bulan Juni. JUMLAH PNS PERIODE BULAN JUNI DAN DESEMBER TAHUN 2007 Jumlah PND di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin berdasarkan database Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG) Badan Kepegawaian Daerah Kota Banjarmasin pada priode bulan Juni sebanyak xxxx orang dan pada periode bulan Desember sebanyak xxxx orang.Pengangkatan CPNS dari Tenaga Honorer .

x %) dari jumlah seluruh PNS. PNS yang berpendidikan SMA. Sedangkan jumlah PNS Wanita dari xx.x %).xx % ( xx orang ). Dari data di atas. PNS Menurut Tingkat Pendidikan Pada priode bulan Desember 2007. dimana pada periode bulan Juni 2007 sebesar xxx orang (xx.x %) dari jumlah seluruh PNS.D4/S1 dan S2 juga mengalami peningkatan.xx % ( xxx orang ). D3.x %) dan untuk Golongan I sebanyak xx orang (x. Pada tingkat pendidikan SMA. Pada periode Desember 2007.x %).x %) dan untuk Golongan I sebanyak xx orang (x.a %). Sedangkan berpendidikan S2 jumlahnya x orang (x.x %) dan pada bulan Desember 2007 jumlahnya meningkat menjadi xxxx orang (xx. xx. Sedangkan untuk jumlah PNS yang menduduki jabatan Fungsional sebanyak xxx orang ( x. dapat dilihat secara prosentase bahwa jumlah PNS Pria mengalami peningkatan yaitu dari xxxxx % pada periode bulan Juni 2007 menjadi xxxx % pada bulan Desember 2007. 2. 3.x % ). I Struktural II III IV Fungsional NonJabatan . PNS yang menduduki Golongan III merupakan kelompok terbesar yaitu sebanyak xxxx orang (xx.x % pada periode bulan Juni 2007 menurun menjadi xx. Sedangkan Golongan II sebanyak xxxx orang (xx. Golongan II sebanyak xxxx orang (xx.x % ( x orang ).x % pada periode bulan Desember 2007. Masing-masing sebagai berikut : PNS Menurut Jabatan Struktural dan Jabatan Fungsional Jumlah jabatan structural di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin sebesar xxxx jabatan. PNS Menurut Golongan Pada priode Juni 2007.x %) Golongan IV sebanyak xxx orang (x. pejabat eselon III.x %). PNS yang menududuki Golongan III sebanyak xxxx orang (xx.x %) dari jumlah seluruh PNS. Golongan IV sebanyak 412 orang (x. 4.x %. secara prosentasi jumlah PNS yang berpendidikan SMP dan D1 mengalami penurunan masing-masing sebesar x. dengan komposisi jabatan. merupakan kelompok dengan jumlah terbesar.x % dan x.2007. xx. jumlah PNS sebesar 7819 dengan komposisi Pria xxxx ( %) dan Wanita xxxx ( %). eselon II dan x.xx % ( xxx orang ) jabatan structural PNS diduduki oleh pejabat eselon IV. xx.

M. MM Drs. MM Drs.Sos. Hj.Si : 1. Karlina. Madyan.Sos ( Koordinator ) 2. S. S a m r a n I.AP ( Wakil Koordinator) 3. SE 4. SE : Staf Badan Kepegawaian Daerah Kota Banjarmasin PENYUSUN SEKRETARIAT . Siti Halimah. Muhammad Syahid.TIM PENYUSUN PENGARAH EDITOR : Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Banjarmasin : Syafril Anwar. M. Hj. Nortajidi. S.