You are on page 1of 6

TAHAPAN KEGIATAN PBL KOMUNITAS A. TAHAP PENGKAJIAN 1. Diawali dengan kegiatan Windshield Survey 2.

Wawancara dengan Kepala Puskesmas, Lurah, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama dan Kader Kes Tujuan : Agar mahasiswa mendapatkan gambaran umum tentang wilayah dan keadaan kesehatannya 3. Mengadakan pertemuan awal dengan Ketua RT, RW, Lurah, Puskesmas, Kader, Karang Taruna, PKK, Toma dan Toga membicarakan pembentukan Kelompok Kerja Kesehatan ( POKJAKES )

bendahara dan seksi-seksi sesuai kebutuhan masy . . Wakil ketua.Merupakan wujud dari peran serta masyarakat dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat. . PKK dan karang Taruna.POKJAKES Adalah suatu kelompok kerja yang dibentuk dari. Sekretaris. Toga. oleh dan untuk masyarakat. .Anggotanya terdiri dari : Toma. kader kesehatan.Wadah anggota masyarakat untuk saling bertukar pikiran dan saling bekerja sama. POKJAKES : .Kepengurusan tdd : Ketua. yang bertujuan untuk membantu meningkatkan kesehatan masyarakat.

Kuesioner kalau perlu diuji coba. Data yang telah terkumpul lalu ditabulasi. Setelah kuesioner akurat. diadakan pertemuan kedua dengan anggota POKJAKES Mahasiswa dan POKJAKES membuat tim kecil untuk menyusun kuesioner yang akan digunakan sebagai pedoman pengumpulan data. Setelah terbentuk POKJAKES. Data yang telah diolah disajikan dalam forum Lokakarya mini / Musyawarah Masyarakat Desa .POKJAKES 4. 7. maka dimulailah kegiatan pengumpulan data yang dilakukan mahasiswa bersama dengan anggota POKJAKES 6. sehingga kalau ada pertanyaan yang tidak valid dapat direvisi 5.

Pelaksanaan MMD harus dikoordinasikan dan disepakati dengan pihak Kelurahan.MMD / LOKAKARYA MINI DESA Adalah suatu forum pertemuan seluruh masyarakat yang bertujuan untuk menyampaikan hasil pengumpulan data. . sehingga dapat disepakati rencana tindakan untuk menanggulangi masalah kesehatan yang ada. kemudian di diskusikan bersama untuk menyamakan persepsi tentang masalah kesehatan yang ada di wilayah setempat. Puskesmas dan toma serta Toga. tempat dan pembiayaannya. mengenai waktu.

Penyampaian Hasil pengumpulan data. 7. fokus data yang maladaptif 4. Bersama-sama masyarakat menentukan prioritas masalah 6. Sambutan 3. Menyusun Planning Of Action ( POA ) kegiatan . Bersama-sama masy menyusun rencana tindakan untuk mengatasi masalah tersebut. Pembukaan 2. Bersama-sama masyarakat merumuskan masalah kesehatan yang ada 5.MMD / LOKAKARYA MINI DESA Tahapan MMD : 1.

Setelah semua kegiatan dilaksanakan maka selanjutnya dievaluasi. Tahap selanjutnya pelaksanaan kegiatan. Hasil kegiatan diseminarkan di depan masyarakat dan tokoh pemerintahan setempat 12.8. Serah terima hasil pembinaan dan upaya tindak lanjut dari pihak puskesmas dan kelurahan setempat. 11. 9.mahasiswa dan POKJAKES harus aktif dan bekerja optimal. 10. Agar setiap kegiatan dapat terlaksana sesuai rencana. . Evaluasi harus sesuai dengan kriteria dan standar. Pada sebelum pelaksanaan kegiatan mahasiswa harus membuat proposal kegiatan ( Pre Planning kegiatan yang harus dikonsultasikan dan di setujui oleh pembimbing.