You are on page 1of 5

RINGKASAN Operasi Laryngotomy dilakukan agar penderita atau pasien ( hewan ) perlu diperhatikan karena hewan tersebut dapat

mengalami pendarahan, batuk, tersedak dan kanker laring. Agar hewan tersebut dapat diselamatkan dari kematian. Laryngotomy merupakan tindakan operasi membuka dan memotong ke dalam laring dengan menggunakan peralatan khusus, seperti Laryngotome. Dimana dilakukan melalui sayatan langsung ke laring. Laryngectomy dapat memulihkan tumor stadium dini namun hasilnya tidak dapat dibandingkan dengan radioterapi yang memberikan hasil fungsional yang lebih baik dan laring elektronik canggih tidak dapat mengembalikan suara yang alami, Laryngotomy dapat dibagi menjadi 2, yaitu Laryngotomy Inferior dan Laryngotomy Median. Laryngotomy Median melibatkan pemotongan tulang rawan tyroid. Laryngotomy Inferior dapat disebut juga dengan Cricotyrotomy atau Thyrocricotomy dan Cricothyroidotomy. Laryngotomy Median disebut juga Thyrotomy.

i

Median Laryngotomy involves cutting thyroid cartilage. Laryngotomy can be divided into two. Laryngectomy can recover early stage tumors but the results can not be compared with radiotherapy gives better functional results and advanced electronic larynx can not restore a natural voice. Inferior Laryngotomy can also be called by Cricotyrotomy or Thyrocricotomy and Cricothyroidotomy. So that the animal could be saved from death. coughing. Median Laryngotomy called Thyrotomy. Laryngotomy an open surgery and cut into the larynx using special equipment. namely Laryngotomy Laryngotomy Inferior and Median. choking and laryngeal cancer.SUMMARY Laryngotomy surgery done so that the patient or patients (animals) need to be considered because the animal may experience bleeding. such as Laryngotome. Where is done through an incision directly into the larynx. KATA PENGANTAR ii .

saran maupun ralat dari berbagai pihak sangat diharapkan penulis. Denpasar. penulis sangat menyadari akan masih banyaknya kekurangan yang harus diperbaiki dalam laporan ini oleh karenanya masukan berupa kritik. Penulis berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak termasuk kawankawan dan mahasiswa FKH UNUD dan semoga dapat dijadikan sebuah wacana tambahan serta cakrawala berpikir penulis khususnya. 12 Desember 2012 Penulis DAFTAR ISI iii . Seperti ungkapan pepatah “Tak Ada Gading Yang Retak”.Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat dan rahmat-Nya lah pada akhirnya penulis dapat menyelesaikan paper yang berjudul “TEKNIK OPERASI LARYNGOTOMY” Ucapan terima kasih sedalam-dalamnya hendak penulis sampaikan kepada berbagai pihak yang selama penyusunan paper ini telah begitu banyak memberi dukungan yang sangat berarti.

RINGKASAN SUMMARY KATA PENGANTAR DAFTAR ISI DAFTAR GAMBAR BAB I PENDAHULUAN BAB II TUJUAN DAN MANFAAT TULISAN BAB III TINJAUAN PUSTAKA BAB IV PEMBAHASAN BAB V SIMPULAN DAN SARAN DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN i ii iii iv v 1 2 3 8 11 12 13 DAFTAR GAMBAR Gambar 1. Gambar 2. Anatomi pada laring anjing. 4 6 iv . Komponen dari laring.

Struktur laring 7 v .Gambar 3.