You are on page 1of 9

Mekanika Fluida Usaha dan Daya Bilangan tak berdimensi

Disusun Oleh :

ABDILLAH NUR Z K 2510001

PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FAKULTAS PENDIDIKAN DAN KEGURUAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET 2011
i

adalah gaya. 2 . cotohnya. adalah posisi. Pada ukuran atomis. yakni perkalian titik mereka sama dengan nol. misalnya. ada gaya di mana atom berbenturan. tetapi dalam jumlahnya usaha hampir sama dengan nol. Konduksi panas dari badan yang lebih hangat ke yang lebih dingin biasanya bukan merupakan usaha mekanis. seperti usaha listrik. Usaha adalah kuantitas skalar. Tidak semua gaya melakukan kerja.USAHA Pengertian Usaha Usaha atau kerja (dilambangkan dengan W dari Bahasa Inggris Work)adalah energi yang disalurkan gaya kesebuah benda sehingga benda tersebut bergerak. karena pada ukuran makroskopis. Usaha didefinisikan sebagai integral garis (pembaca yang tidak akrab dengan kalkulus peubah banyak lihat "rumus mudah" di bawah): di mana C adalah lintasan yang dilalui oleh benda. usaha dilakukan dalam partikelbermuatan yang bergerak melalui sebuah medium. gaya sentripetal dalam gerakan berputar seragam tidak menyalurkan energi. dapat dipandang sebagai kasus khusus dari prinsip ini. tidak ada gaya yang dapat diukur. Kenyataan ini diyakinkan oleh formula: bila vektor dari gaya dan perpindahan tegak lurus. di dalam kasus listrik. Bentuk usaha tidak selalu mekanis. tetapi dia dapat positif atau negatif. kecepatan objek yang bergerak tetap konstan.

lb = 1. F  d W = F cos  d Usaha secara fisis merupakan skalar sehingga didalam menuliskan definisi di atas dalam notasi vektor : W=F.m yang didalam sistem SI diberi nama Joule.d Satuan dari usaha adalah N. 1 Joule = 107 erg 1 ft.6 x 106 joule ( elektrik) 1 eV = 1.356 joule (sistem Inggris) 1 kWh = 3. arahnya selalu tegak lurus lintasannya.  gaya centripetal. maka usaha oleh centripetal selalu nol.Usaha Oleh Gaya Konstan Usaha yang dilakukan oleh sebuah gaya F yang konstan adalah perkalian antara komponen gaya dalam arah pergeseran dengan pergeserannya d. gaya 3 .60 x 10-19 Joule ( fisika atom) Tidak semua gaya yang bekerja pada suatu benda harus melakukan usaha.

F(x). maka normal selalu nol. F(x) x 4 .v Fc Gaya normal. usaha oleh gaya N d Usaha Oleh Gaya Yang Tidak Konstan Ada kalanya gaya yang bekerja pada suatu benda tidak konstan. Misalkan gaya yang bekerja merupakan fungsi x. arahnya selalu tegak lurus bidang dimana benda bergeser. misalnya gaya oleh pegas ( fungsi x).

5 .Untuk medapatkan gaya yang mendekati konstan. Untuk menghindari tersebut maka dibuat x sekecil mungkin mungkin. F(x) x x1 x x2 Usaha total yang dilakukan gaya se panjang pergeseran menjadi W =  F(x) x Merupakan luas total dibawah kurva F(x). Pada pergeseran tersebut usaha yang dilakukan W = F(x) x Apabila dilihat pada gambar dibawah ini. Dan terlihat masih terdapat error pada penjumlahan tersebut. W merupakan luasan dari segi empat tersebut. x  0. W = lim  F(x) x x  0. maka dibuat pergeseran x yang cukup kecil.

P = lim W/t t  0 P = dW/dt Satuan daya adalah joule/dt yang dalam sistem SI disebut watt.. Laju dilakukannya usaha disebut daya. maka daya rata-rata : P =W/t Dengan pendekatan t  0 diperoleh harga daya sesaat. Dengan kata lain daya adalah cepatnya energy dipindahkan. karena teman Anda dapat melakukan usaha dalam waktu yang lebih singkat. sementara teman Anda melakukan hal yang sama dalam waktu 2 s. dr DAYA Misalkan Anda mengangkat kotak bermassa 30 kg dari lantai ke atas meja yang tingginya 2 m. Jika jumlah kerja W dilakukan dalam waktu t. Daya dapat dinyatakan dalam gaya yang bekerja dan kecepatannya. Tetapi. Usaha yang Anda lakukan dan yang dilakukan teman Anda sama. 6 . Untuk melakukan hal ini Anda memerlukan waktu 4 s.x2 W=  F(x) dx x1 Untuk kasus 2 dimensi atau 3 dimensi persamaan di atas dapat diubah menjadi : x2 W= x1  F . maka teman Anda lebih cepat melakukan usaha dibanding Anda.

r P = lim W/t t  0 P = lim F r/t t  0 P = F dr/dt P =F. bilangan Nusselt adalah satuan tak berdimensi yang dinamai menggunakan nama Wilhelm Nusselt. sehingga di mana:   L = panjang karakteristik kf = konduktivitas termal fluida 7 .W = F .v Bilangan Tak Berdimensi Bilanangan tak berdimensi sebenarnya adalah bilangan bilangan yang didalam satuan dan dimensi fisika tidak terdaftar diantaranya adalah : Bilangan Nusselt Bilangan Nusselt adalah rasio pindah panas konveksi dan konduksi normal terhadap batas dalam kasus pindah panas pada permukaan fluida. Aliran panas konduksi dan konveksi sifatnya sejajar satu sama lainnya dan terhadap permukaan normal terhadap bidang batas. Komponen konduktif diukur di bawah kondisi yang sama dengan konveksi dengan kondisi fluida stagnan atau tidak bergerak.

rataan bilangan Nusselt adalah fungsi dari bilangan Reynolds dan bilangan Prandtl. misalnya laminar dan turbulen. bilangan Reynolds Dalam mekanika fluida. rataan bilangan Nusselt dinyatakan sebagai fungsi dari bilangan Rayleigh dan bilangan Prandtl. Selain itu. Dan untuk konveksi paksa. tegak lurus terhadap aksis silinder. keduanya disebut memiliki kemiripan dinamis. Jika dua pola aliran yang mirip secara geometris. untuk memberikan kriteria untuk menentukan dynamic similitude. Namanya diambil dari Osborne Reynolds (1842–1912) yang mengusulkannya pada tahun 1883. Contoh dari panjang karakteristik misalnya diameter terluar dari silinder pada aliran yang mengalir di luar silinder. h = koefisien pindah panas konvektif Pemilihan panjang karakteristik harus searah dengan ketebalan dari lapisan batas. bilangan Reynolds adalah rasio antara gaya inersia (vsρ) terhadap gaya viskos (μ/L) yang mengkuantifikasikan hubungan kedua gaya tersebut dengan suatu kondisi aliran tertentu. Hubungan empiris untuk berbagai geometri terkait konveksi menggunakan bialangan Nusselt didapatkan melalui eksperimen. Untuk bangun yang lebih rumit. memiliki nilai bilangan tak berdimensi yang relevan. panjang karakteristik bisa dihitung dengan membagi volume terhadap luas permukaannya. mungkin pada fluida yang berbeda dan laju alir yang berbeda pula. Rumus bilangan Reynolds umumnya diberikan sebagai berikut: dengan: 8 . Bilangan ini digunakan untuk mengidentikasikan jenis aliran yang berbeda. panjang papan vertikal terhadap konveksi alami yang bergerak ke atas dan diameter bola yang berada di dalam aliran konveksi juga merupakan panjang karakteristik. seperti halnya dengan bilangan tak berdimensi lain. Bilangan Reynold merupakan salah satu bilangan tak berdimensi yang paling penting dalam mekanika fluida dan digunakan. Untuk konveksi bebas.

jika penampang pipa bulat.kecepatan fluida. ν .kerapatan (densitas) fluida.viskositas kinematik fluida: ν = μ / ρ. L .viskositas absolut fluida dinamis. 9 . panjang karakteristik adalah diameter pipa. μ . Misalnya pada aliran dalam pipa.panjang karakteristik.     vs . untuk penampang tak bulat. atau diameter hidraulik. ρ .