You are on page 1of 2

Metafora adalah salah satu majas dalam Bahasa Indonesia, dan juga berbagai bahasa lainnya.

Metafora adalah majas yang mengungkapkan ungkapan secara langsung berupa perbandingan analogis. Contoh: Engkau belahan jantung hatiku sayangku. Raja siang keluar dari ufuk timur. Jonathan adalah bintang kelas dunia.

Personifikasi adalah salah satu majas dalam Bahasa Indonesia. Personifikasi adalah majas yang memberikan sifat-sifat manusia pada benda mati. Contoh: Saat ku melihat rembulan, dia seperti tersenyum kepadaku seakan-akan aku merayunya. Mentari pagi hari membangunkan isi bumi. Daun pohon kelapa di pantai itu melambai - lambai memanggilku.

hiperbola (Yunani Kuno: ὑπερβολή 'berlebihan') adalah gaya bahasa yang menyatakan sesuatu secara berlebihan. Lawannya antara lain meiosis dan litotes. Contoh:
   

Suara keras menggelegar membelah bumi. Perasaanku teriris-iris mendengar kisahnya. Darahnya mengalir menganak sungai. Dia menendang bola bundar itu dengan kakinya.

Metonimia adalah sebuah majas yang menggunakan sepatah-dua patah kata yang merupakan merek, macam atau lainnya yang merupakan satu kesatuan dari sebuah kata. Contoh:
  

Rokok diganti Djarum atau Gudang Garam. Mobil diganti dengan Kijang. ' suara klakson itu membara di angkasa sana . " "