You are on page 1of 2

Proposal Tugas Akhir Konversi Energi

Analisa Exergi Pada Unjuk Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (Studi Kasus di unit 2 PT. STAR ENERGY – Wayang Windu)

Nama NRP Jurusan

: : :

Andika Utama 2107 100 111 Teknik Mesin FTI-ITS Ir. Kadarisman

Pembimbing :

Abstrak Analisa ini berkenaan dengan analisis performansi siklus pada Instalasi Pembangkit Tenaga Panas Bumi dengan menggunakan konsep eksergi, yang dapat mengatasi keterbatasan hukum termodinamika pertama dan didasarkan atas hukum termodinamika pertama dan kedua. Studi ini dilakukan untuk menentukan efisiensi hukum kedua bagi instalasi tenaga tersebut secara keseluruhan dan mengidentifikasi lokasi-lokasi dan proses-proses dimana eksergi terbuang, hilang atau dimusnahkan dan menyarankan langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengurangi kerugian dan pemborosan eksergi. Data-data kondisi kerja tiap komponen didapatkan dari data operasi PLTP Wayang Windu unit 2 yang berupa data log sheet. Data-data tersebut digunakan untuk mendapatkan properties dari fluida kerja pada setiap komponen berdasarkan analisa perhitungan eksergi dan berdasarkan standar Specifying Thermal Performance of Geotermal Power Systems dari standar ASTM E974. Hasil dari tugas akhir ini adalah mengetahui unjuk kerja PLTP dengan menggunakan analisa eksergi dari tiap tingkat keadaan dan drepresentasikan pada diagram sunkee jumlah eksergi yang terbuang dan produksi listrik yang akan digunakan serta mencari peluang optimalisasi untuk meningkatkan effisiensi thermal siklus dan meminimalisir heat loss yang terjadi.

Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Heat Loss. Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi.Proposal Tugas Akhir Konversi Energi Kata Kunci : Eksergi. Effisiensi Thermal Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember .