You are on page 1of 10

Rumor Dipindah, Belasan Tukang Becak Demo Dishub

BANJARSARI—Belasan pengemudi becak yang tergabung dalam Paguyuban Jasa Karya (PJK) mendatangi kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Kamis (19/5). Mereka minta kejelasan soal rumor pemindahan tempat mangkal tukang becak di kawasan Stasiun Purwosari, karena akan ada proyek pembangunan kanopi dan taman.

Menurut Ketua PJK, Eko Kuswantoro, rumor itu muncul Rabu (18/5). Saat itu, ada pertemuan antara DLLAJ dengan pengemudi becak di area dalam Stasiun Purwosari. Pertemuan itu, katanya, membahas pemindahan tempat mangkal para pengemudi becak yang biasa di dalam ke luar stasiun karena akan dibangun taman dan kanopi di stasiun tersebut. ”Benar tidaknya kabar tersebut kami belum tahu, makanya sekarang kami mendatangi kantor Dishub ini untuk meminta kejelasan, karena isu pemindahan tersebut jelas membuat khawatir para pengemudi becak,” kata Eko kepada wartawan, kemarin.

Eko mengatakan, pihak PJK sebagai komunitas pengemudi becak yang biasa mangkal di luar Stasiun Purwosari khawatir bila nantinya benar pengemudi becak di area dalam dipindah ke luar. Karena nantinya akan muncul persaingan untuk mendapat penumpang. ”Pengemudi becak dalam saja jumlahnya sudah 40 lebih, sedangkan pengemudi becak luar ada 50 orang. Kalau nanti yang di dalam dipindah ke luar pastinya akan makin susah dapat penumpang. Belum lagi tempatnya yang tidak cukup,” katanya. Eko berharap bila memang ada pembicaraan lebih lanjut terkait rencana pembangunan Stasiun Purwosari, maka PJK minta ikut dilibatkan.

Kasie Bimbingan Keselamatan dan Ketertiban, Ongko Prasetyo menemui mereka. ”Kami menghargai bapak-bapak pengemudi becak tersebut yang mau menyampaikan aspirasinya secara damai. Selanjutnya akan kami koordinasikan dulu dengan Kadin dan hasilnya akan segera kami sampaikan,” ujarnya. Agni

Sumber : Joglo Semar

RM Asmoro Hadi.” kata Kunto Djoyo di Sanggar Latihan Tari Sasono Putro. Untuk menggelar pentas. selama dua kali. kemarin. wayang orang yang akan ditampilkan tidak akan menggunakan pakem-pakem baku.” ujarnya.Andi Sumber : Joglo Semar . Untuk tiket pertunjukan akan dijual dengan harga kisaran Rp 500. bantuan yang didapat dari pemerintah selama ini sudah digunakan untuk biaya operasional seperti gaji abdi dalem dan upacara-upacara adat keraton. Pentas wayang orang dengan lakon Sengkuni Kembar Telu.Krisis Dana. juga untuk menggalang dana yang akan dipakai untuk pemeliharaan keraton. Asisten pribadi Sampeyandalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan (SISKS) Paku Buwono XIII. penghasutan dan adu domba. genting yang rusak juga harus diganti.5 juta. ”Sengkuni adalah tohoh yang mencerminkan provokator. akan dipentaskan dalam rangkaian pentas kesenian bertajuk Pergelaran Wayang Orang Spektakuler di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ). Menurutnya. penulis naskah pergelaran. ”Tembok keraton yang sudah tua harus segera dicat Pentas itu. Sementara itu. kesenian wayang orang keraton akan dipentaskan di hadapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menggalang dana. Pentas itu. Keraton tidak bisa hanya menunggu dana dari pemerintah. Pergelaran yang akan melibatkan 70 penari. Untuk itu. Keraton Pentaskan Wayang Orang di Depan SBY PASAR Surakarta mengalami krisis dana untuk pemeliharaan keraton. kepada Joglosemar. Perhatian masyarakat terhadap keraton sebagai pusat kebudayaan harus dibangun kembali. ”Kami akan mengusahakan pesan langsung ke presiden bahwa Keraton Surakarta sebagai pusat kebudayaan membutuhkan finansial yang kuat demi kelangsungannya. mengatakan. Dengan pentas ini. kami mengeluarkan biaya yang sangat besar karena kostum dan wardrobe dibuat sendiri.” ujarnya. KRAT Kunto Djoyo Adi Negara. pentas itu merupakan pergelaran pertama yang diprakarsai Paguyuban Kusumo Hondrowino yang dibentuk Paku Buwono XIII. Rabu (18/5).000 hingga Rp 1. ”Sampai saat ini sudah 85 persen tiket terjual. katanya. pada 2425 Mei 2011. 25 penabuh gamelan dan 28 kru ini akan merefleksikan kondisi bangsa Indonesia yang sedang carut-marut karena konflik yang tak kunjung usai.” katanya. lanjut diam akan disaksikan langsung oleh Presiden Yudhoyono. mengatakan. diharapkan bisa menyadarkan semua pihak untuk jangan mudah terpengaruh hasutan dan godaan yang akan membawa kepada perpecahan. Kompleks Keraton Surakarta. KLIWON—Keraton ulang.” katanya. ”Sinuhun merasa bahwa perkembangan budaya di Surakarta tidak seperti harapan.

karena tidak ada alokasi dana untuk Ormas. kelompok masyarakat manapun bebas untuk membentuk organisasi kemasyarakatan asalkan telah memenuhi persyaratan. Supeltas tidak dijamin dapat dana dari Pemkot. jangan sampai Supeltas salah pengertian bahwa dengan menjadi Ormas maka pemerintah memberi bantuan dana. ”Kewajiban pemerintah kepada Ormas hanya memberi pembinaan. telah diatur dalam UU No 8 Tahun 1985 tentang Ormas. Selain itu memiliki akta notaris serta memiliki kepengurusan yang jelas sesuai dengan domisili dan tingkatan. dan dari sumbangan pihak-pihak tertentu. Suharso mengatakan.BANJARSARI—Kepala Keselamatan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbanglinmas) Kota Solo. Dalam UU itu. katanya. ”Tidak ada alokasi dana untuk Ormas. Kewajiban pemerintah terhadap Ormas. ”etelah persyaratannya terpenuhi baru kemudian melaporkan ke sini. Syarat untuk menjadi ormas yang paling utama adalah memiliki AD/ART (Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga). Tapi tidak terus begitu jadi Ormas lantas dapat tunjangan. Jangan samakan dengan Linmas yang memang sudah ada aturannya. bukan memberi tunjangan. ”Kalau memang mau mendaftarkan sebagai Ormas boleh saja. ” ujarnya. Meskipun nantinya resmi menjadi Ormas. Tidak segampang itu.” katanya.” katanya kepada Joglosemar. Panduan tentang Ormas di Indonesia. Suharso. usaha yang legal. mempersilakan bila sukarelawan pengatur lalu lintas (Supeltas) untuk mendaftarkan diri sebagai organisasi masyarakat (Ormas). dijelaskan juga tentang pendapatan Ormas dari iuran anggota. Rabu (18/5).” katanya. hanya memberi pembinaan. Menurutnya.AVi Sumber : Joglo Semar . lanjut dia.

” katanya. Orangtua bocah itu. Sebelum bocah itu mangkal untuk mengemis.Pagi Nenek Mangkal di Jalan. sudah dijalani ibunya saat mengandung Reva. namun berhenti ketika beranjak remaja. dia langsung menghampiri. katanya.” katanya.” ujar bocah yang bercita-cita menjadi dokter itu. digubris. mengaku menjadi pengemis tidak dengan terpaksa. ”Biasanya kalau malam nanti. dia dijemput bapaknya pakai sepeda motor. dia justru turun ke jalan untuk mencari sumber penghidupan.”Pernah ketika turun hujan. ”Bisa dibilang dia dan kakaknya sudah dididik menjadi pengemis sejak kecil. lalu menyanyi. juga pernah mengemis. Tapi nasihatnya tidak pernah Sumber : Joglo Semar . Wilayah itu. sebelah utara stadion manahan. Namun. Senin (16/5) sore. Tak hanya itu. Di saat bocah-bocah seusianya. ”Saya sebenarnya merasa kasihan melihat keadaannya. Pernah terbesit dalam hatinya. neneknya lebih dulu beraksi. dan saat ini dia duduk di bangku kelas VI SD. yang sebentar lagi digelar di Solo. bukanlah keluarga yang kekurangan. Reva adalah potret anak-anak jalanan di Solo yang butuh perhatian. Sang nenek biasa mengemis dari pagi hingga sore. karena Reva. katanya. Setelah itu baru giliran Reva. Reva diduga menjadi korban eksploitasi anak. Tapi kalau anaknya sendiri tidak mau ya bagaimana lagi. kakak Reva. Menurutnya. dari sore sampai jam 11.Vidya Dia mengaku sering menasihati agar berhenti mengemis. Namun batal. terlebih saat hujan turun. ”Gantian sama Simbah. Tujuannya. menikmati waktu belajar dan bermain. Saban kendaraan yang berhenti di lampu merah.00 malam. Bahkan kegiatan meminta-minta itu. Di momen Konferensi Kota Layak Anak. saya memintanya untuk berteduh tapi ia selalu menolak.” ujarnya. agar dia diberi uang. menurut sumber Joglosemar di lokasi sekitar. Dia mengaku masih bersekolah. Sesekali dia menari untuk mengharap simpati dari pengendara. untuk membawa Reva ke panti sosial.” ujar pria yang kenal dengan keluarga Reva itu. Namun. seolah menjadi daerah ”kekuasannya” ketika sore hingga malam. reva tidak sendirian. Bocah itu mengemis di jalan tersebut setiap sore hingga malam. Reva sejak lama mengemis di tempat itu. nasib Reva dan bocah-bocah jalanan lain akan menjadi fokus perhatian penting. Malam Giliran Cucunya Reva (12) tampak kedinginan di sudut perempatan jalan.

Selain itu. Penduduk yang meminta layanan administrasi kependudukan cukup banyak. mengatakan. Menurutnya. tapi perintah itu diabaikan pegawainya. ”Kalau keseluruhan ada 92 PNS yang tak hadir dalam apel pagi. Bagi PNS yang tidak masuk pada hari Senin lalu. Sementara itu. terdiri dari 14 orang dengan alasan sakit. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkot Solo. mayoritas PNS di Solo tidak merayakan Waisak. Senin (16/5).Tri Sumber : Joglo Semar . maka hak cutinya akan dipotong satu hari. mengatakan. Selain itu.” kata Sekda di sela-sela inspeksi mendadak (Sidak). keputusan Pemkot Solo untuk tidak ikut cuti bersama yang ditetapkan Pemerintah Pusat merupakan keputusan yang tepat.” katanya kepada wartawan di kantornya. 47 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkot tidak masuk. Sebab. jumlah masyarakat yang membutuhkan pelayanan pada Senin(16/5). dan empat orang tidak masuk tanpa keterangan. kata Sekda. Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Solo. dari total 971 PNS di 21 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang hadir dalam apel pagi hanya 879 orang. Alasannya. kepentingan masyarakat yang membutuhkan pelayanan lebih dikedepankan daripada cuti bersama. 25 orang izin. ada 44 PNS lain yang sedang dinas ke luar kantor. Pemkot Solo memutuskan untuk tidak mengikuti instruksi Pemerintah Pusat yang menetapkan Senin(16/5) sebagai cuti bersama. ”Seperti di kantor Dispendukcapil. ” Karena ternyata banyak masyarakat yang butuh pelayanan. hanya sebagian kecil PNS yang tidak masuk kerja. dianggap telah mengambil cuti bersama yang berarti memotong hak cuti tahunan mereka.” ujarnya. empat orang izin cuti. selain 47 PNS tidak masuk dengan berbagai alasan itu. Ke-47 PNS yang mangkir kerja itu. mereka yang tidak masuknya pada hari itu. Budi Suharto.BALAIKOTA—Meskipun Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menetapkan tidak ikut cuti bersama pada Senin (16/5). ”Sanksinya ya hak cuti mereka akan dipotong sehari. Dalam Sidak. Sebelumnya. Karena. lalu cukup banyak. Itu termasuk 44 orang yang sedang tugas luar kantor. karena sudah diambil hari ini (Senin(16/5)-red).” katanya. Etty Retnowati.

membuat arus lalulintas macet. Pengendara yang tidak sabar. Senin(16/5). makin hari makin lebar. katanya. Kondisi kerusakannya cukup parah.”Lubangnya cukup besar. Margono(40). hampir separuh jalan. memilih menyalip dan sering terperosok ke jalan berlubang. Jebres. tapi karena sering dilintasi kendaraan bermuatan berat. Hariyadi (24) warga sekitar menambahkan. Dalam seminggu ini sudah ada tiga modil dan dua motor yang terperosok.JEBRES—Jalan rusak di kawasan Kentingan Kulon.Andi Sumber : Joglo Semar . selama beberapa hari ini terperosok karena menghindari jalan berlubang. Ditambah dalamnya sampai 30 sentimeter. membuat kecelakaan marak. Jalan rusak di Kentingan Kulon itu.” ujarnya. selain berlubang. Jadi banyak kendaraan yang sudah terperosok nggak bisa keluar. ditambah digerus hujan. sering berhenti mendadak. Kendaraan. ”Awalnya kerusakan jalan tidak separah sekarang. Kendaraan roda dua dan roda empat. Hampir separuh badan jalan di salah satu titik ruas jalan itu berlubang. mengatakan.” katanya. karena menghindari jalan berlubang. kondisi jalan yang menanjak. menghubungkan Jalan Tentara Pelajar dengan Jalan Ki Hajar Dewantoro. karena tidak tahu medan jalan. kerusakan jalan itu sudah terjadi sejak tahun lalu. warga RT 2 RW X Kentingan Kulon.

”Harapan saya. terlebih saat ini dia sudah punya langganan. Feri mengatakan.” ujarnya. petugas dari Dinas Pengelola Pasar (DPP) sudah datang ke kios-kios PKL untuk mendata pedagang. Selasa (17/5). dulunya sepi. Tapi dia siap jika Pemkot memindahkannya ke lokasi lain. ”Sebenarnya ya tidak mau mas dipindah.” ujarnya. mengatakan. Tapi dia minta jika Pemkot ingin memindahkannya. Sekarang sudah lumayan.Aris Sumber : Joglo Semar . kios di belakang kampus itu. Kios itu lantas dia gunakan untuk membuka usaha potong rambut sampai saat ini.” katanya. DPP belum memberikan informasi yang pasti. Tapi sekarang pendapatannya bisa sampai Rp 200. ponselnya tidak diangkat. karena sudah ramai di sini. maka semua PKL di belakang kampus itu juga harus dipindah. ”Ya kalau dipindah ya pindah. namanya juga rakyat. Namun. ”Petugas dari DPP sudah datang sekitar tiga bulan lalu untuk mendata kios-kios yang ada di sini. Saat merintis usaha itu. Kini giliran puluhan pedagang kaki lima (PKL) yang masih tersisa di belakang kampus UNS.000/hari. Subagiyo belum dapat dihubungi untuk dimintai konfirmasi kepastian relokasi para PKL itu. ya tidak dipindah.” katanya. kapan mereka dipindahkan. tetap di sini. kita harus nurut. Ketika dihubungi. jika nanti dipindah. lanjut dia. tapi kapan dan di mana kita belum tahu. Murtini pedagang masakan Padang di belakang kampus itu juga pasrah jika Pemkot akan memindahkannya. rata-rata dapat 20 orang/ hari. PKL Belakang UNS Segera Dipindah JEBRES—Setelah puluhan kios di belakang kampus UNS sebelah barat direlokasi ke Pasar Panggungrejo. mungkin akan cari kontrakan lain yang dekat-dekat sini agar usaha tetap jalan. Mereka juga mengatakan akan memindahkan. salah satu PKL setempat. akan dipindah.Lagi. pendapatannya berkurang. awalnya sepi selama bertahun-tahun. Tapi kalau pindah. Feri Setiawan. Kepala DPP Kota Solo. dibeli sekitar 15 tahun lalu dari seseorang seharga Rp 8 juta. kalau pemerintah ngomong apa. Dia khawatir.

pengelola TSTJ juga menambah koleksi pajangan di dalam taman. sudah ada sekitar 992 warga yang mengunjungi taman satwa itu. Danang Sri Hartanto. namun masih kurang dibandingkan pada hari Minggu lalu. khususnya anak-anak justru tertarik melihat patung itu.000 pada hari besar. pada hari Minggu lalu. Sejak Minggu (15/5) hingga Selasa (17/5) taman satwa itu dikunjungi ribuan warga.5 meter dan panjang kurang lebih 2. Sebab di perahu raja-raja dulu pada bagian haluan pasti ada patung kepala itu. Di atas itu dikenakan tarif dewasa. Hingga kemarin siang.Libur Panjang. Bahkan antrean warga yang datang untuk mendapatkan tiket masuk. Direktur Operasional TSTJ.000. terjadi penurunan jumlah pengunjung.324 orang dewasa dan 290 anak-anak. Seperti pemasangan patung replika kepala yang diberi nama Rojomolo. Patung setinggi 1. yakni sebanyak 925 pengunjung dewasa dan 67 pengunjung anak-anak. sekitar pukul 12. kemarin.” katanya. Menyambut membludaknya pengunjung. Menurutnya.5 meter itu ditempatkan di samping panggung utama atau utara pintu masuk. TSTJ dikunjungi 2. Meski bentuknya menyeramkan. Kemudian pada hari Senin. Sedangkan untuk anakanak harga tiket dipatok Rp 3. namun. pada hari biasa mematok harga tiket Rp 6. Windu Winarso. jumlah pengunjung akan lebih banyak dari hari Senin. lanjut dia. Pengelola. katanya.” kata Windu. tampak membeludak di depan loket TSTJ.-red). replika patung tersebut diberikan Gembong (panggilan mantan pengelola) untuk menambah daya tarik taman.” kata Direktur Administrasi dan Keuangan TSTJ. dan Rp 7. ”Perkiraan kita untuk hari ini (kemarin. ”Patung Rojomolo itu ada kaitannya dengan Bengawan Solo. para pengunjung. mengatakan. pemberian mantan pengelola taman itu. Danang juga membantah jika pada saat libur panjang banyak calo tiket yang bermain untuk menjual tiket kepada pengunjung.00 WIB.000 untuk pengunjung dewasa. Warga Serbu Taman Jurug JEBRES—Libur panjang terkait perayaan Waisak membuat Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) ramai dikunjungi warga.Setyo Sumber : Joglo Semar . ”Yang dimaksud anak-anak ini untuk usia dua hingga empat tahun.

pihaknya ragu jika eksekutif melakukannya. Anggota Komisi II DPRD Solo. ”Dari lima Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang dikelola Pemkot. Purwoloyo. kami belum mengetahui langkah eksekutif ke depan. Quatly Abdulkadir Alkatiri mengaku. Ditanya mengenai sistem pemakaman bertingkat. lima TPU tersebut idealnya hanya bisa menampung jenazah sekitar empat tahun lagi. dan Daksinoloyo. Untoroloyo. saat ini tinggal 20 persen yang masih tersisa.” ujar Quatly. dan itu memang bisa menjadi alternatif masalah ini. ”Rabu (18/5) baru Nota Penjelasan Walikota tentang Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pemakaman. kami belum bisa memperkirakan berapa tahun bisa digunakan. ”Pasalnya. Murniati Sumber : Joglo Semar . Minggu (15/5).” katanya. cara seperti apa yang akan ditempuh. Dia juga mendukung rencana pembelian lahan di luar Solo untuk dijadikan tempat makam. Kami juga akan mengkaji apakah itu bisa dilakukan atau tidak.” ujarnya. Setelah itu. Mulai dari permintaan izin dari ahli waris hingga pembuatan naskah akademik (NA) yang sangat alot. Ashadi. ”Masyarakat membeli tanah di daerah Sukoharjo. kebijakan tersebut memerlukan proses yang panjang.” kata Kabid Pemakaman Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP). Dia mengatakan. ”Oleh karena itu. mengatakan. Terserah keputusan dari Pemkot. Sementara itu. Bonoloyo.Lahan Makam di Solo Tinggal 20% KARANGASEM—Lahan pemakaman di Solo saat ini tinggal tersisa 20 persen saja yang longgar. ”Yang sedang kami lakukan sementara ini adalah melakukan kajian untuk mencari jalan penyelesaian. Janjang Sumaryono Adi. Pemkot tak bisa menggunakannya untuk memakamkan jenazah. Lima TPU itu adalah Pracimaloyo. Sehingga. Tapi. Sekretaris Komisi II DPRD Solo. Lahan tersebut diyakini hanya bisa menampung jenazah selama empat tahun ke depan. kami berharap Pemkot bisa secepatnya untuk mencari jalan keluarnya. pembelian lahan di luar Solo juga telah dilakukan oleh masyarakat Pasar Kliwon.” katanya kemarin. hingga saat ini Pemkot dalam hal ini DKP belum memberikan laporan mengenai masalah ini.” katanya.

" katanya. Namun menurutnya. malam tadi juga membahas keputusan sela CAS atas perkara yang disengketakan Toisutta-Panigoro cs. Baryadi juga menyatakan. Toisutta-Panigoro. tanpa diikuti bakal calon yang telah digugurkan. Achsanul Qosasi dengan percaya diri menyatakan dirinya mampu memimpin PSSI. Mudah-mudahan pemilik suara tidak meragukan kemampuan saya. saya pastikan mereka akan gagal bila terpilih memimpin PSSI. Sebagai Bendahara PSSI. Dia berharap kongres tidak akan deadlock. Kalau ada orang yang tiba-tiba muncul. yang jelek dibuang. kongres akan berjalan sesuai rencana. Ada hal yang baik diambil. yang juga Bendahara PSSI era Nurdin Halid." tuturnya. Adapun bila kongres tidak memenuhi kuorum maka sesuai aturan akan ditunda 24 jam. "Saya merupakan yang terbaik dari beberapa kriteria calon ketua umum PSSI.Wahyu Sumber : Joglo Semar . Setelah penundaan itu.Kongres Diprediksi Berjalan Aman dan Lancar Jakarta . tidak ada lagi istilah kongres tidak memenuhi kuorum. selama ini tidak pernah mengurus bola. "Kami tidak bisa menyamaratakan seluruh unsur di PSSI itu jelek. tidak selamanya status quo berkonotasi negatif di masyarakat. Achsanul tidak menolak bila disebut bagian dari kelompok status quo. Sementara salah satu calon ketua umum PSSI 2011-2015.Anggota KN Baryadi menyatakan.