ANTISIPASI GEMPA BUMI

Ikka Resika Gustamas, S. Kep

PROGRAM PROFESI NERS PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN KOTA SUKABUMI 2013

Pengertian Gempa bumi adalah suatu peristiwa alam dimana terjadi getaran pada permukaan bumi akibat adanya pelepasan energi secara tiba-tiba dari pusat gempa. .

Kegiatan tektonik. Letusan gunung berapi.Faktor Penyebab Terjadinya Gempa Bumi • • • • Runtuhnya gua-gua besar yang berada di bawah permukaan tanah. . Tabrakan meteor pada permukaan bumi.

Barang/benda yang berbobot berat disimpan di tempat yang kokoh dan stabil terhadap guncangan.Upaya Penanggulangan Gempa Bumi Sebelum Terjadi Gempa Bumi : Mengetahui pintu-pintu keluar masuk untuk keadaan darurat. Kabel-kabel listrik ditata rapi untuk menghindari hubungan singkat akibat guncangan dan dipastikan sekering berfungsi dengan baik. .

gunakan pintu dan tangga darurat untuk keluar. . dan jangan dulu masuk bangunan sebelum dipastikan tidak terjadi gempa susulan selang beberapa lama. jangan berlindung di bawah benda-benda yang menggantung tapi berlindunglah di bawah meja yang kokoh.Saat Terjadi Gempa Bumi: Di dalam bangunan: usahakan tetap tenang dan tidak panic.

ambillah posisi duduk daripada berdiri.Di luar bangunan: carilah tanah lapang. . dan jika getaran gempa kuat. jangan berlindung di bawah pohon atau di tempat dekat tiang/gardu listrik.

Di kendaraan: hentikan perjalanan dan segera menepi. dan jangan segera melanjutkan perjalanan sebelum dipastikan tidak terjadi gempa susulan selang beberapa lama . atau persimpangan jalan. jangan memberhentikan kendaraan di atas jembatan. jalan laying.

Setelah Terjadi Gempa Bumi: • Periksa diri Anda dan orang di sekeliling Anda apakah baikbaik saja atau mengalami lukaluka. • Jika terdapat korban yang mengalami luka-luka. gunakan kotak P3K sebagai pertolongan pertama dan segera bawa ke Puskesmas/rumah sakit terdekat. .

Jika getaran gempa cukup kuat.• • • Nyalakan radio atau televisi untuk mengetahui informasi dari instansi pemerintah. dirikanlah untuk sementara tendatenda darurat di halaman atau tanah lapang untuk menghindari gempa susulan. . Periksa keadaan rumah dan sekeliling rumah Anda. jika terdapat puingpuing segera dibersihkan.

maka matikan segera untuk mencegah terjadinya kebakaran. Jika anda tidak memiliki meja. • . Selama jangka waktu itu. lindungi kepala anda dengan bantal.Tips Penanganan Jika Terjadi Gempa Bumi Di dalam rumah Getaran akan terasa beberapa saat. Jika anda sedang menyalakan kompor. Masuklah ke bawah meja yang kokoh untuk melindungi tubuh anda dari jatuhan benda-benda. anda harus mengupayakan keselamatan diri anda dan keluarga anda.

jendela. leher dan mata. tiang dan pohon. Hindari pembatas kaca. jika gempa mereda keluarlah berurutan mulai dari jarak yang terjauh ke pintu. jangan panik. lemari dan barang-barang yang belum diamankan. lindungi kepala dengan tas atau buku. Jaga posisi hingga guncangan berhenti. • Di sekolah Berlindunglah di bawah kolong meja. Lindungi kepala. • . carilah tempat lapang.Di kantor Berlindunglah di bawah meja. jangan berdiri dekat gedung.

mall. • . Di daerah perkantoran atau kawasan industri. dan lantai dasar mall Jangan menyebabkan kepanikan atau korban dari kepanikan. Ikuti semua petunjuk dari petugas atau satpam. bioskop. bahaya bisa muncul dari jatuhnya kaca-kaca dan papan-papan reklame. • Di gedung. tas atau apapun yang anda bawa.Di luar rumah Lindungi kepada anda dan hindari bendabenda berbahaya. Lindungi kepala anda dengan menggunakan tangan.

Jika anda terjebak dalam lift. Bersikap tenanglah mengikuti penjelasan dari petugas kereta. hubungi manajer gedung dengan menggunakan interphone jika tersedia.Di dalam lift Jangan menggunakan lift saat terjadi gempa Bumi atau kebakaran. lihat keamanannya dan mengungsilah. • Di kereta api Berpeganganlah dengan erat pada tiang sehingga anda tidak akan terjatuh seandainya kereta dihentikan secara mendadak. Ketika lift berhenti. Jika anda merasakan getaran gempa Bumi saat berada di dalam lift. keluarlah. • . Salah mengerti terhadap informasi petugas kereta atau stasiun akan mengakibatkan kepanikan. maka tekanlah semua tombol.

Jika harus mengungsi maka keluarlah dari mobil. pinggirkan mobil anda di kiri jalan dan berhentilah. • . Anda akan kehilangan kontrol terhadap mobil dan susah mengendalikannya. tapi janganlah berhenti di bawah jembatan. biarkan mobil tak terkunci. anda akan merasa seakan-akan roda mobil anda gundul. Matikan mesin dan gunakan rem tangan. Jauhi persimpangan. Ikuti instruksi dari radio mobil.Di dalam mobil Saat terjadi gempa Bumi besar.

cepatlah mengungsi ke dataran yang tinggi. Jika anda merasakan getaran dan tanda-tanda tsunami tampak.Di gunung/pantai Ada kemungkinan longsor terjadi dari atas gunung. • . bahayanya datang dari tsunami. Menjauhlah langsung ke tempat aman. Di pesisir pantai.

Haturnuhun .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful