Kuning pada bayi dan penanganannya

Oleh: Faizal Mahfudh Ariandi I1A008058

Kuning atau jaundice atau ikterus pada kulit dan mata bayi dapat merupakan tanda alami atau normal pada bayi. Tetapi bisa juga terjadi karena gangguan yang tidak normal yang dapat meningkatkan kadar bilirubin sangat tinggi.

menjalankan fungsinya dengan baik. Akibatnya terjadi penumpukan bilirubin yang kemudian menyebabkan timbulnya warna kuning pada kulit bayi setelah beberapa hari setelah lahir.

Bilirubin
Bilirubin adalah produk akhir dari pemecahan heme. Sebanyak 75% berasal dari hemoglobin sel darah merah dan 25% dari heme di hati, otot dan produksi sel darah di sumsum tulang. Normalnya yang bertugas menguraikan bilirubin tersebut adalah hati, untuk kemudian dibuang lewat tinja dan sebagian diserap kembali di usus dan kemudian dibuang lewat urin. Saat bayi masih dalam kandungan, hati sang ibulah yang mengambil tugas menguraikan bilirubin dari sel darah merah bayi. Ketika bayi lahir, perkembangan hatinya belum sempurna sehingga belum dapat

Pembimbing: dr. Hasni Hasan Basri, Sp.A

Kondisi Normal
Warna kulit ini terdapat pada bayi berusia 0-2 minggu. Ciri-cirinya warna kuning tidak sampai pada telapak tangan dan telapak kaki bayi, hanya dibagian tubuh yang lain dan jumlahnya tidak terlalu banyak. Tidak terlalu berbahaya.

BAGIAN ILMU KESEHATAN ANAK FK UNLAM – RSUD ULIN BANJARMASIN 2013

Cara mengatasinya
Dengan menjemur bayi kurang lebih 30 menit di pagi hari sebelum jam 9.

Kuning pada Bayi

Cara menilai ini membutuhkan cahaya yang cukup. perut. atau • Tinja berwarna pucat • Bagaimana cara menilai ? Salah satu tanda kuning adalah tidak segera kembalinya warna kuning kulit setelah penekanan dengan jari. tomat. SEHINGGA PENANGANAN KUNING PADA BAYI BARU LAHIR ADALAH DENGAN SINAR ULTRA VIOLET KHUSUS. Jaundice lebih sulit dinilai pada bayi dengan warna kulit gelap. misalnya dengan kadar terang siang hari. Bagian putih mata juga dapat tampak kuning. Karena itu penilaian tidak dapat hanya didasarkan pada pengamatan visual. Jika dirasakan sudah cukup menyusuinya. atau • Kuning ditemukan pada umur lebih dari 14 hari. lengan. pepaya. SEGERA PERIKSA KE DOKTER BILA RAGU. dan sumber-sumber vitamin A lainnya TIDAK BERBAHAYA TERIMA KASIH Keterangan lebih lanjut mengenai asma. sebaiknya perhatikan apakah bayi benar-benar menghisap atau hanya mengempeng saja. atau • Kuning sampai telapak tangan / telapak kaki.BERI ASI Tingkatkan frekuensi pemberian ASI. hubungi dokter / tenaga kesehatan terdekat . waluh. Kapan Ibu Harus Waspada Timbul kuning pada hari pertama (<24 jam) setelah lahir. minimal 8-12 kali sehari. Bayi kuning karena makan banyak wortel. Perlu Diingat! KURANG MINUM BUKAN MERUPAKAN PENYEBAB KUNING PADA BAYI LAHIR. dan kaki seiring dengan peningkatan kadar bilirubin. kemudian dada. BUKAN DENGAN BANYAK MINUM ATAU VITAMIN. Kuning umumnya mulai terlihat dari wajah.