You are on page 1of 3

LEMBARAN KUESIONER PENGETAHUAN DAN SIKAP DOKTER UMUM TERHADAP DOKTER KELUARGA DI BANDA ACEH TAHUN 2013

1. DATA RESPONDEN a. Kode Responden b. Umur c. Jenis Kelamin d. Lama bekerja : : : :

2. PENGETAHUAN RESPONDEN Berilah tanda chek (√) pada kotak yang telah disediakan. Pertanyaan 1. Dokter keluarga adalah dokter yang memberikan pelayanan kesehatan yang berkesinambungan dan menyeluruh masyarakat kepada dengan kesatuan individu, keluarga, B S

memperhatikan

faktor-faktor

lingkungan, ekonomi dan sosial budaya. 2. Di Indonesia dokter keluarga adalah dokter yang dididik khusus dalam program spesialisasi untuk menjadi seorang dokter keluarga. 3. Dokter keluarga memiliki 5 pilar utama 4. Tuliskan pilar-pilar tersebut:

5. melakukan

pemeriksaan

pasien,

pengobatan,

dan

pemanfaatan teknologi kedokteran berdasarkan kaidah ilmiah yang mapan dengan mempertimbangkan harapan pasien, nilai etika, “cost effectiveness” untuk

apakah program dokter keluarga sudah dapat diterapkan di Indonesia? 3. Melayani individu dan keluarganya c. Menerapkan prinsip kedokteran keluarga dalam praktek h. Mendiagnosis dan memberikan pelayanan aktif saat sehat dan sakit b. Menjunjung tinggi profesionalisme g. Bekerja dalam tim kesehatan i. Menangani penyakit akut dan kronik e. Menurut anda apakah dengan sistem perekonomian Indonesia saat ini mampu mendukung program dokter keluarga? Ya tidak . 10. cakupan layanan dokter keluarga lebih luas 7. Menurut anda apakah pemerintah baik pusat maupun daerah sudah siap jika program dokter keluarga dijalankan? 4. Melakukan riset untuk pengembangan layanan primer 6.kepentingan pasien sepenuhnya dan membuat keputusan klinis yang ilmiah dan empatik merupakan fungsi dokter keluarga sebagai care provider 6. Apakah anda setuju di Indonesia diadakan program dokter keluarga? 2. proses terapeutik dokter keluarga adalah antara dokter dan pasien. Menjadi sumber daya kesehatan j. manakah yang merupakan tugas dokter keluarga : a. Menurut anda. SIKAP RESPONDEN Pertanyaan 1. Membina dan mengikut sertakan keluarga dalam upaya penanganan penyakit d. cara pelayanan dokter keluarga adalah kasus per kasus dan dengan pengamatan sesaat 9. Merujuk ke dokter spesialis f. sifat pelayanan dokter keluarga terbatas 8. Indonesia sudah memiliki kolegium kedokteran keluarga indonesia 3.

Apakah system kedokteran keluarga sangat efektif bagi warga Indonesia? 7. Menurut anda apakah system kedokteran keluarga dapat menjawab permasalahan kesehatan yang dialami Indonesia saat ini? 8. Apakah system kedokteran keluarga sangat bermanfaat bagi dokter? 6.5. Jika program dokter keluarga dijalankan diindonesia apakah anda bersedia menjadi dokter keluarga? Untuk soal No.8 tuliskan jawaban anda… TERIMAKASIH .