Serangan, Bertahan, Menarik Serangan dan Posturnya

Bismillaahi aktubu,
-

Tariklah tangan yang habis digunakan untuk menyerang ke manapun dari area tubuh itu berada. Tariklah tangan depan tsb sedekat mungkin ke arah badan atau di dekatkan ke badanmu, dengan setengah menarik atau seperempat. Tariklah tangan depan tsb ke arah area yang ingin di lindungi dari serangan lawan. Tariklah tangan lebih sering ke bagian tengah badan. Pukullah dengan tangan kanan, lalu menggunakan tipuan dengan tangan yang lain sebelum lalu menyerang lagi dengan tangan yang sama dengan yang digunakan memukul pertama kali. Inilah semacam hook kanan depan– tipuan dengan tangan kiri belakang – sembari menarik tangan kanan ke tengah badan lalu melakukan Back fist (pukulan tangan belakang). Contoh lain: Pukullah dengan Hook kiri pendek (tangan belakang) lalu tarik ke tengah badan - Jab kanan (tangan depan) – Straight kiri (tangan belakang) . Postur yang tepat untuk menyerang dan bertahan, adalah dengan agak membungkukkan punggung dan memegaskannya ketika datang saat menyerang dan menahan serangan. Gunakan meninggikan (mendirikan) ujung kaki kiri (kaki belakang), sebagai rem dari gerakan yang terlalu cepat ke depan.

-

-

-

-

-

-

Contoh: sehabis lari. Pada saat berhenti, tinggikan ujung jari kaki kiri (kaki belakang) setelah itu angkatlah kaki tsb, sehingga beratnya seluruhnya ke depan. Dan contoh-contoh lainnya.

- Dan gunakan meninggikan dan mendirikan ujung kaki kiri (kaki belakang) tsb, sebelum menyerang. Pertama: datarkan kaki belakangnya dengan tanah, kemudian dirikan ujung jari kaki belakangnya dan melangkahlah ke depan atau menendangkan kaki belakangnya ke depan dst. - Gunakan kuda-kuda pendek untuk langkah rapid (gerakan langkah beruntun dan cepat) untuk menambah kecepatan, kemudian merubahnya menjadi menggunakan kuda-kuda lebar. - Postur seorang saat mendarat dari melakukan lompatan disesuaikan menjadi memindahkan berat badannya ke depan dan memegaskan kedua kakinya sesegera mungkin setelah pendaratan tsb. - Contoh: Anda memukul dengan Back fist kanan (pukulan dengan punggung tangan). Lalu dalam hati anda yang terpikirkan adalah bahwa musuh anda mungkin akan memukul bagian samping tubuh anda, maka kemudian hendaklah anda memukul dengan gaya Hook kanan (depan) sembari meletakkan tangan kiri anda dekat perut untuk melindungi dari kemungkinan serangan ke arah itu. - Memindahkan berat badanmu sepenuhnya dibalik setiap serangan dan bertahan berguna untuk dilanjutkan ke Ground fighting (pertarungan di tanah). Bertahan ialah dengan menarik lawan ke tanah dengan seluruh berat badanmu. - Grappling (merapatkan anggota tubuhmu) kemudian dapat dilanjutkan ke kombinasi yang cepat dan pendek.
-

Cara memukul yang cepat dan kuat adalah dengan merendahkan kuda-kuda (di lutut), kemudian memegaskan kaki belakang agar tubuh berpindah ke depan, kemudian sebelum kaki depan menyentuh tanah, saya memegaskan kaki depan saya.

Ini sama dengan gerakan memukul dengan tanpa melangkah ke depan. Maka melakukannya adalah dengan memegaskan kaki depan sehingga kaki tsb menegak dan mencapaikan pukulannya ke targetnya sebelum kaki depan tsb mendarat ke tanah.

Assalaamu manit taba’al huda (Semoga kedamaian, kesejahteraan dan keselamatan dari segala aib bagi manusia bagi yang mengikuti petunjuk). Assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh (Semoga kedamaian, kesejahteraan dan keselamatan dari segala aib bagi manusia, dan kasih sayang dari Allah dan keberkahan dari-Nya agar dicurahkan kepada kalian).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful