BAB II LANDASAN TEORI 2.

1 Wireless Application Protocol ( WAP ) WAP adalah sebuah standar komunikasi antara mobile telepon dengan informasi yang ada di dalam Internet. Teknologi WAP membuat informasi yang ada di internet dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja dan di mana saja menggunakan ponsel dengan fasilitas WAP (WAP-Ready). WAP menggunakan bahasa komputasi yang dikenal sebagai Wireless Markup Language (WML) yang mengubah informasi berupa teks dari halaman situs dan menampilkannya di ponsel. Konfigurasi jaringan WAP ditunjukkan pada gambar 2.1 di bawah ini.

Gambar 2.1 : Konfigurasi Jaringan WAP

2.2 WAP Protokol WAP terdiri atas lima layer untuk komunikasi antara client dan gateway. Gambar 2.2 menunjukkan layer-layer WAP :

Gambar 2.2 : Layer-layer WAP[3]

2.2.1 WAE ( Wireless Application Environment) WAE mengadopsi pemodelan WWW, semua formatnya serupa standart Internet. WAE lebih luas karena mendukung Mobile Network Service, seperti Call Control dan Messaging. Elemen utama WAE adalah sebagai berikut : a. WAE User Agent (Browser ) WAE merupakan software pada sisi client untuk fungsi tertentu, misalnya menampilkan ( menginterpretasikan ) content pada user. b. Content Generator Content generator merupakan aplikasi atau layanan pada sisi server yang menghasilkan format suatu standart content sebagai respon atas request dari user agent pada sisi client. c. Standart Content Encoding Standart Content Encoding merupakan seperangkat content encoding yang telah didefiniskan sesuai dengan WAE User Agent, Standart Content Encoding meliputi Compressed Encoding (WML), standar format gambar, tanggal, dan multipart. d. Wireless Telephony Application (WTA) WTA merupakan kumpulan spesifikasi fungsi untuk call dan mekanisme kontrol yang berhubungan dengan sistem telepon, misalnya menerima panggilan telepon. Umumnya, user agent pada terminal meminta suatu content, tetapi WTA mampu mengirim content ke terminal tanpa adanya permintaan dari terminal.

Gambar 2.3 : Model Logical WAE

Capability negotiation adalah kemampuan negosiasi untuk persetujuan fungsionalitas session dan pemilihan protokol. d. Suspend dan resume session. Sesi pembangunan hubungan dari client ke server. h. e. Push content dari server ke client dengan cara asyncronous Pengiriman permintaan ke server dan tanggapan ke client berisi header (meta information) dan data serta dukungan terhadap semua metode yang ada pada HTTP/1. c. Gambar 2. character set encoding dan bahasa. g. Content header digunakan untuk mendefinisikan tipe content.4 Menunjukkan mekanisme session established yang berhasil: Gambar 2. f.4 : Session Established yang berhasil . Persetujuan pengunaan level protokol menggunakan capability negotiation. sehingga memungkinkan aplikasi pada server dapat didukung oleh client menggunakan konfigurasi dan protokol tertentu. Menyediakan HTTP /1. b.2 WSP ( Wireless Session Protocol ) WSP merupakan protokol untuk mengatur pertukaran content aplikasi antara client/ server.2.2. Pertukaran content antara client dan server.1. Interupt transaction in process. Fungsi WSP adalah : a.1.

Confirmated data push dalam konteks session yang sedang berlangsung.ind. oleh server dibaca sebagai S-Connect. c) S-ResultInvoke S-ResultInvoke digunakan sebagai response balik dari suatu permintaan (request) operasi oleh S-MethodeInvoke. b) S-MethodeInvoke S-Methode digunakan untuk request suatu operasi (misal: HTTP) yang dieksekusi oleh server. memungkinkan server untuk melakukan push data ke client selama session.5 menunjukkan sesi suspension and resume. yaitu: a. Ada tiga mekanisme dalam mode push. Jika Session established berhasil dilakukan dan session dalam mode suspend dalam keadaan idle sehingga membebaskan penggunaan recources jaringan. b. Gambar 2. dan server meminta konfirmasi penyampaian data. Sedangkan mode push dilakukan tanpa adanya request.5 : Sesi suspension and resume WSP menyediakan transfer data secara pull and push. tidak semua overhead akan dikirimkan seperti halnya establisment awal dan keadaan ini disebut resumed-mode. .res sehingga tahap inisialisasi connection session telah berhasil.Alur koneksinya sebagai berikut: a) Pembangunan Connection Session ( S-Connect) : Client mengirim request S-Connect. Jika terjadi reestablisedment.1. Gambar 2.req ke server. Non-Confirmated data push dalam konteks session yang sedang berlangsung.res yang dibaca oleh client sebagai konfirmasi S-Connect. Mode pull dilakukan menggunakan mekanisme response/ request dari HTTP/1. pushing data ke client tanpa adanya konfirmasi penyampaian. Kemudian server memberikan response S-Connect.

WAP proxy/ server menyediakan content aplikasi atau sebagai gateway antara wireless WTP protocol dengan wired Internet.2. Session dan Application. yaitu Security. b. dan meneruskan packet WDP ke WAP proxy /server melalui tunnelling protocol. Optional SAR (Segmentation and Reassembly). harus ada mekanisme pengaturan layanan dan hal ini dilakukan oleh WDP Management Entity. Sebagai contoh. Mampu memberikan layanan aplikasi yang beroperasi melalui bearer service dan karakteristik yang berbeda. Contohnya. WDP sebagai interface terhadap layerlayer protokol diatasnya.3 WDP (Wireless Datagram Protocol) WDP merupakan transport layer pada arsitektur WAP.25. Prosessing Error dari WDP datagram dapat terjadi ketika WDP datagram dikirim dari WDP provider ke elemen yang lain. Non-Confirmated data push tanpa konteks session merupakan pengiriman data secara unreliable transport.6 : General WDP Architecture Jika dalam koneksi ditangkap level sinyal yang kecil. d. 2. beroperasi diatas bearer yang mendukung berbagai tipe network. Gateway melakukan terminasi terhadap Adaptation Layer. di luar daerah coverage area bearer service atau power luar daerah low. Sub Network adalah jaringan teknologi biasa yang digunakan untuk menghubungkan dua terminal. yaitu interface antara gateway yang mendukung berarer service dengan WAP proxy/ server. Pengalamatan aplikasi dengan port number. Gambar 2. Gateway-nya adalah GSM SMSC dan harus mendukung protokol tertentu (tunnelling protocol) untuk interface SMSC dengan server lain. Layanan WDP meliputi: a.c. c. seperti WAN atau LAN berbasis TCP/IP atau x. jika bearer adalah GSM SMS. Optional error detection. tidak ada aplikasi pada .

2.2 GSM Cell Broadcast Penggunaan GSM Cell Broadcast sebagai bearer service. Dengan demikian. Untuk mengimplementasikan WDP datagram protocol memerlukan parameter minimal sebagai berikut: a. UDP digunakan sebagai WDP protokol untuk jaringan bearer wireless ketika protokol IP untuk jaringan digunakan sebagai routing protokolnya.4 WTLS ( Wireless Transport Layer Security) Security Layer Protocol di WAP disebut Wireless Transport Layer Security. bergantung pada bearer yang digunakan.3. di dalamnya harus ada UDH. perlu mekanisme error handling untuk memperbaiki unjuk kerja WAP protocol dan aplikasi. Gambar 2.1 Profil WDP GSM GPRS sebagai bearer service. .3. Port Tujuan. GPRS mendukung terhadap IP pada mobile sehingga UDP/ IP akan memberikan servis datagram. 2. b.7 : WAP over GPRS 2.2.2. c. WDP over GSM Cell Broadcast (CBS) menggunakan User Data Header ( UDH) untuk perngalamatan port. 2. Port Sumber. WDP entity menerima CDS message dengan data encoding 8 bit.destination port. Segmentatiton dan Re-asembly. WDP bearer profile mengilustrasikan protokol dari WDP antara peralatan bergerak dan server yang beroperasi pada teknologi RF dan bearer tertentu. sebagai penghubung untuk pengaturan ( creating terminating ) koneksinya yang aman. receiver tidak mempunyai buffer yang cukup untuk menerima data ukuran besar. WTLS beroperasi di atas layer transport. Mekanisme ini menggunakan Wireless Control Message Protocol (WCMP).

2. f. Port Sumber sebagai identitas port dari pesan yang terkirim. Mendeteksi dan merejeksi data yang tidak sukses verifikasinya. untuk melindungi pengaksesan layer protokol yang lebih tinggi. Membuat jalur komunikasi dua arah secara private. c. g. Port tujuan sebagai identitas port tujuan pengiriman pesan. Full Handshake Pembuatan secure session baru antara dua peer menggunakan parameter negosiasi dan pertukaran public-key information antara client dan server. Mekanisme handshaking dibagi menjadi dua. Alamat sumber sebagai identitas asli. pertukaran key dan authentikasi yang dilakukan secara handshaking terlebih dahulu. key lengtht). Denial-of-service protection. b. Optimalisasi penggunaan kanal bearer dengan bandwith rendah. pengaturan interupt negosiasi security parameter ( misalnya criptographic. Dalam pertukaran data antar peers minimal diperlukan parameter-parameter transport berikut : 1. sebelum melakukan transfer data.Tujuan utama WTLS adalah: a. User data sebagai data yang dikirimkan. Melakukan handshaking.2. dan setiap aplikasi dapat dipilih menggunakan security sendiri. Data yang akan dikirim antar terminal dan aplikasi tidak mengalami perubahan dan kerusakan. Data yang akan ditransmisikan antar terminal dan aplikasi adalah private dan tidak dapat dimengerti oleh pihak lain yang mungkin melakukan interception terhadap aliran data. Auntentikasi antara dua aplikasi yang sedang berhubungan d. 5. yaitu: a. e.1 WTLS Connecton Management WTLS berfungsi mengatur koneksi antara client dan server dan persetujuan penggunaan protokol.4. Compression Melakukan kompresi data dari layer atas sehingga sesuai untuk pentransmisian pada bearer yang memiliki bandwith rendah. 4. 2. Menyediakan privasi. Integritas data. Alamat tujuan sebagai identitas peer tujuan pengiriman user data. . 3.

Gambar 2. Key refresh. 8. Alamat tujuan.8 : Full Handshake b. 2. mekanisme metode kompresi yang diajukan oleh client. Alamat Sumber. frekuensi ( dalam waktu enkripsi dan proteksi di refresh). pemilihan metode chipering oleh server. Create merupakan inisialisasi pembangunan suatu secure connection. Port Sumber. Proposed Compression Method. Selected Chiper Suite. Optimized Handshake Tidak seperti Full handshake.9 : Abbreviated or Optimisted Handshake Keterangan a. mekanisme pertukaran key yang diajukan oleh client. 5. Proposed Key Exchange Suites. Port Tujuan. Pada tahap ini terhadap parameter : 1. 6. . server melihat bahwa client telah “certificate” tanpa melakukan Exchange_request. 7. 4. 3. Gambar 2.

4. Mekanisme response/ request ini disebut sebagai transaction. c.9. WTP tidak mempunyai phase yang jelas untuk connection set-up atau teardownconnection.2 WTP (Wireless Transaction Protocol) Transaction protocol adalah protokol untuk mengatur pertukaran data (response request) dari suatu aplikasi. WTP berada di atas dari fungsi re-transmission dan acknowledgement. yaitu: a. Selected Compression Method. Proses mekanisme transaksi adalah sebagai berikut : Klien mengirim permintaan ke server dan server mengirim result message (ACK_req) dan reply_result_request ke klien. 10. Memperbaiki efisiensi pada layanan connection oriented. Server Certificate adalah public-key sertificate dari server. Memperbaiki reliability pada layanan datagram. Kelas 2 = reliable two-way request reply transaction. mekanisme metode kompresi yang dipilih oleh server. client mengirim request information ke server. 2. b.2. session protokol (WSP) berjalan langsung di atas datagram protokol (WDP) dan memberikan layanan pengiriman datagram secara unreliable tanpa ACK atau resend. Kelas 0 = unreliable one way request Pada metode ini. c. dan setiap transaction mempunyai identifier sendiri. Transaction dibagi menjadi beberapa kelas. Memungkinkan satu WSP session terdiri atas beberapa tipe transaksi. Kelas 1 = Reliable one-way request Message dikirim dsn penerima mengirim ACK sebagai pemberitahuan bahwa message telahditerima. b.req oleh server untuk melakukan interupsikey (key_exchange) ke client. misalnya pada saat browsing. ini digunakan untuk kehandalan layanan push. Perbedaannya adalah pada fullshake terjadi proses exchange. tetapi pada optimized handshake tidak terjadi karena client dilihat oleh server setelah mempunyai sertifikasi untuk menerima unit data selanjutnya. b. dan server meresponnya. Dalam session browsing. Tujuan protokol ini adalah memberikan sistem penyampaian transaksi secara handal dengan kemampuan mengirim kembali pesan yang mengalami loss dan mampu menghindari duplikasi pesan Keuntungan penggunaan WTP : a. WTP beroperasi pada pesan dan didesain untuk jenis layanan berbasis transaction. Commit adalah keadaan inisialisasi baru ketika proses handshake telah selesai/ complete dan dapat berpindah ke hubungan negosiasi yang baru. Setelah diterima result message . misalnya “browsing”. Exchange merupakan mekanisme secure connection dalam autentikasi public key antara server dengan client c. misalnya untuk unreliable push.

GSM. duplicate removal. Gambar 2.dan reply_result_request. MSISDN) • Segmentation and re-assembly (if provided) • Error detection (if provided) . klien mengirimkan reply_result_response (ACK_ reply_result_req) yang menunjukkan bahwa data telah diterima oleh klien sehingga komunikasi sangat handal. SMS/USSD.IS-136 GUTS) • Routing • Device addressing (ip address.transmissions.10 : Mekanisme transaksi WTP User (e. WSP) WTP • Transaction handling • Re. acknowledgment • Concatenations and separation WTLS • Optionally compression • Optionally encryptionn • Optionally autentichation Datagram Transport (misalnya WDP) • Port number addressing • Segmentation and re-assembly (if provided) • Error detection (if provided) Bearer Network (misalnya IP.g.

Syarat agar kelas-kelas protocol tersebut dapat berkomunikasi adalah kedua belah pihak harus mendukung pada kelas-kelas protokol yang digunakan. Re. Mengorganisasi deck/card d. WML merupakan subset dari XML (Extensible markup language) dan dikhususkan untuk penggunaan content dan perangkat dengan antar muka yang bekerja pada pita sempit. verification. layar display kecil dan keterbatasan fasilitas masukan dari pemakai. Inter-card navigation dan linking f. Transaction handling. dengan melakukan mapping terhadap WTP PDU ke SDU. . WML berguna juga untuk mengatur navigasi antara card dan deck. termasuk di dalamnya beberapa format dan perintah untuk layout. keterbatasan memori penghitungan. misalnya huruf tebal.3 WML ( Wireless Markup language ) WML (Wireless Markup language) adalah bahasa komputasi yang digunakan oleh WAP untuk engubah informasi berupa teks dari halaman situs dan menampilkannya di layar ponsel. Control message. jika terjadi packet lost. digunakan untuk acknowledgement. Text presentation dan layout b. huruf miring suatu teks. hold on acknowledgement. WTP terdiri atas dua tipe message. Fungsi-fungsi WTP adalah : a. duplicate removal Pengunaan Re-transmission selama ACK agar terjamin kehandalan dalam pertransferan data dari satu provider WTP ke WTP yang lain. Sedangkan separation adalah prosedur untuk mengekstrak satu SDU menjadi banyak PDU. last acknowledgement b. WML mendukung teks dan gambar. membawa data user b. 1. WML miripdengan HTML hanya media tampilannya saja yang berbeda. yaitu : a. c.transmission. Prosedur-prosedur sehingga transaksi dapat berjalan antar WTP meliputi Invoke message. Data message. result message. Fungsi WML meliputi : a. c. Card untuk satu atau lebih layanan interaktif dengan user. danfungsi-fungsi control lainnya. Semua informasi di wml diatur dalam kumpulan card dan deck. e. Concatenation and separation Concatenation adalah prosedur untuk mengirimkan banyak WTP Protocol Data Unit (PDU) dalam Datagram Service Data Unit (SDU) pada jaringan bearer. error reporting.

Bahasa WML adalah case sensitif. Sintaks: <wml> . Formatnya <tag nama_atribut=”nilai”>……. dan selalu pada start tag. String parameter dan state management h. Penulisan nilai pada atribut diapit petik ganda (“”) atau petik tunggal (‘’). Tag ini berisi card dan informasi mengenai dokumen wml. terdiri atas start tag. sehingga penggunaan sumber daya jaringan lebih efisien. content dan end tag <tag> content </tag> contoh : <p> bahasa wml </p> 2. Header berfungsi untuk menyatakan versi XML dari suatu dokumen WML. elemen yang tidak memiliki content <tag/> contoh : <br/> Atribut merupakan informasi tambahan tentang elemen tersebut. selain dari isi (content) elemen. b. yaitu : a. dan harus benar-benar ditutup. d. Dokumen WML terdiri atas beberapa bagian utama.1 Cara Penulisan Template pada WML Penulisan template dan card berada di dalam tag<wml>…</wml> yang dimaksudkan agar dokumen WML dapat ditampilkan pada browser sesuai dengan keinginan. Tag-tag yang terdapat dalam WML a. c. 2.3. Template berfungsi untuk memberikan tambahan pilihan pada pilihan menu atau tambahan tombol di beberapa browser. Elemen deck/card dan atribut 1. Tag <wml> Tag <wml> mendefinisikan deck wml. Card berfungsi untuk mendefinisikan halaman-halaman yang berada dalam satu file WML.g. Semua tag yang terdapat dalam WML case sensitif <wml> tidak sama dengan <WML>).</tag> contoh : <p align =”center”> judul </p> b. Menggunakan variabel dalam string dan secara run-time ditampilkan pada keluaran.

Tag <template> Tag <template> mendefinisikan sebuah template untuk semua card dalam deck.text. Cara mendefinisikan text.. Tag <card> Sebuah deck wml terdiri atas satu atau lebih card. …link… …image… </card> d.. hanya terdiri atas tag<do> dan <on event> Sintaks : <template> …<do>… …<onevent>… </template> g. Tag yang dapat dijadikan sebagai elemen head adalah <access> dan <meta>. input-field. card atau url tujuan setelah dalam beberapa waktu. On Enter Forward Atribut yang berfungsi untuk meneruskan ke card lain f. Tag <template> yang diijinkan hanya berjumlah satu buah di setiap DECK. Sintaks : <head> . task.….. markup.. … … </wml> c. image dan lain-lain <card> . Ontimer Ontimer merupakan atribut untuk card yang akan langsung menampilkan file. Tag <head> Tag <head> menunjukkan seluruh informasi tentang dokumen WML yang kita buat. link.timer mulai bekerja ketika card dimasuki dan berhenti saat keluar dari card e.

. j. <b>…. yang akan membantu jika kita ingin mengedit. l.”/> <meta name=”keyword” content=” “/> </head> h. Tag ganti baris. Tag link untuk menghubungkan halaman satu dengan yang lainnya.</b> Menebalkan teks <i>…. Tag< meta> selalu berada dalam elemen head. Komentar akan diabaikan oleh browser dan tidak ditampilkan. Physical style adalah jenis format yang diberikan pada teks untuk mengatur huruf atau tulisan.<access domain =”..</big> Membesarkan teks <small>……</small> Mengecilkan teks “Tag-tag yang digolongkan ke dalam physical style “ k.” path=”.</u> Menggarisbawahi teks <big>…. dengan menggunakan perintah tag <br/> maka akan menulis di baris baru. Tag yang berfungsi untuk memformat fonts (teks). Komentar tag <!--…--> Tag komentar digunakan untuk menuliskan komentar pada source code wml. Sintaks : <head> <meta/> </head> i. Model penulisan tag anchor <anchor atribut-atribut> <go href=”tujuan”/> ..</i> Membuat teks miring <u>….. Ada dua cara untuk membuat link yaitu dengan tag <anchor> dan tag <a>. Tag< meta> Tag< meta> menyediakan informasi meta mengenai dokumen wml. terbagi menjadi dua yaitu physical style dan logical style.komentar digunakan untuk menjelaskan kode.

Cara penulisannya adalah sebagai berikut: if (syarat) { statement } atau: if (syarat) { statement } else { statement lain } atau: .4 Pengenalan PHP PHP adalah bahasa scripting yang menyatu dengan HTML dan dijalankan pada server side. Struktur Kontrol IF Konstruksi IF digunakan untuk melakukan eksekusi suatu statement secara bersyarat. Variabel Dalam PHP setiap nama variable diawali tanda dollar ($). Misalnya nama variable a dalam PHP ditulis dengan $a. b. a. Jenis suatu variable ditentukan pada saat jalannyaprogram dan tergantung pada konteks yang digunakan.</anchor> sedangkan jika menggunakan tag <a> <a atribut-atribut> …text… …image… </a> 2. Semua sintaks yang kita berikan akan sepenuhnya dijalankan pada server sedangkan yang dikirimkan ke browser hanya hasilnya saja.

SWITCH . ekspresi2 . selama syaratnya terpenuhi. FOR Cara penulisan statement FOR adalah sebagai berikut: for (ekspresi1. d. ekspresi3) statement ekspresi1 menunjukkan nilai awal untuk suatu variable ekspresi2 menunjukkan syarat yang harus terpenuhi untuk menjalankan statement ekspresi3 menunjukkan pertambahan nilai untuk suatu variable e.if (syarat pertama) { statement pertama } elseif (syarat kedua) { statement kedua } else { statement lain } c. While Bentuk dasar dari statement While adalah sebagai berikut: while (syarat) { statement } Statemant While memberikan perintah untuk menjalankan statement dibawahnya secara berulang-ulang.

Cara penulisan statement Require adalah: require(namafile). Statement Require ini tidak dapat dimasukkan diadalam suatu struktur looping misalnya while atau for. g.php: <?php echo(“--------------------------------------<br>”). Struktur SWITCH adalah sebagai berikut: switch (variable) case nilai: statement case nilai: statemant case nilai: statement: f. echo(“PHP adalah bahasa scripting<br>”). ?> File contoh2. File contoh1. echo(“<br>”). Require Statement Require digunakan untuk membaca nilai variable dan fungsi-fungsi dari sebuah file lain. Include dapat diletakkan didalam suatu looping misalkan dalam statement for atau while.Statement SWITCH digunakan untuk membandingkan suatu variable dengan beberapa nilai serta menjalankan statement tertentu jika nilai variable sama dengan nilai yang dibandingkan.php: <?php for ($b=1. $b<5. echo(“--------------------------------------<br>”). Karena hanya memperbolehkan pemangggilan file yang sama tersebut hanya sekali saja. $b++) { . Include Statement Include akan menyertakan isi suatu file tertentu.

include(“contoh1.5 MySQL Dalam bahasa SQL pada umumnya informasi tersimpan dalam tabel-tabel yang secara logik merupakan struktur dua dimensi terdiri dari baris (row atau record)dan kolom(column atau field). Sedangkan dalam sebuah basisdata dapat terdiri dari beberapa table. } ?> 2. Beberapa tipe data dalam MySQL yang sering dipakai ditunjukkan pada tabel 2.5.php”).12 .3 : Tipe Data MySQL 2.1 Membuat Database dan Tabel Untuk masuk ke dalam program MySQL pada prompt jalankan perintah berikut ini: C:\> MYSQL (Enter) Kemudian akan masuk kedalam MySQL seperti Gambar 2.3 berikut :: Tabel 2.

1. Setiap perintah SQL harus diakhiri dengan tanda titik-koma “.Gambar 2.” . cara penulisan perintah SELECT adalah: select kolom from namatable. Contoh: use privatdb. b. d. Untuk memasukkan sebuah baris (record) kedalam tabel MySQL adalah sebagai berikut: insert into namatabel values(kolom1.11: Bentuk tampilan MySql Bentuk prompt “mysql>” adalah tempat menuliskan perintah-perintah MySQL. c. Untuk membuka sebuah database dapat menggunakan perintah berikut ini: use namadatabase. . Contoh: create database privatdb. 2.2 Menampilkan Isi Tabel Isi tabel dapat ditampilkan dengan menggunakan perintah SELECT.5.1 Perintah-Perintah yang digunakan dalam MYSQL a. Cara untuk membuat sebuah database baru adalah dengan perintah: create database namadatabase. Perintah untuk membuat tabel baru adalah: create table namatabel ( struktur ). kolom2. kolom3.5. 2.…).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful