P. 1
FB 11 Geofisika gravity

FB 11 Geofisika gravity

|Views: 26|Likes:
Published by Fransiskus Anjar
Geofisika praktikum semester 4
Geofisika praktikum semester 4

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Fransiskus Anjar on Jun 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/23/2013

pdf

text

original

Prosiding Seminar Nasional Fisika 2010  ISBN : 978‐979‐98010‐6‐7   

PENENTUAN LAPISAN AIR TAWAR DAN AIR ASIN DI DAERAH KUDUS DENGAN METODE GEOLISTRIK POLARISASI TERIMBAS Tati Zera, dan Nurmilasari Prodi Fisika, FST UIN syarif Hidayatullah, Jakarta tatizera2004@yahoo.com Abstrak Telah dilakukan interpretasi hasil pengolahan data geolistrik polarisasi terimbas (Induced polarization, IP) untuk daerah Kudus. Interpretasi dilakukan untuk mendapatkan dua parameter, tahanan jenis dan chargeabilitas pada 7 lintasan sepanjang 1000 – 1500 m dengan masing-masing lintasan mempunyai 40 – 50 titik ukur. Hasilnya memperlihatkan bahwa di daerah tersebut terdapat dua kelompok harga tahanan jenis (2-7 Ohm-meter untuk sedimen lempung dan 8-9 Ohm-meter untuk sedimen pasir) serta dua kelompok harga chargeabilitas ( - 8 sd -82 milidetik untuk air payau –asin dan 13 sd 53 milidetik untuk air tawar) pada kedalaman yang berbeda. Kata kunci: Geolistrik polarisasi terimabas, tahanan jenis, chargeabilitas.

Abstract Interpretation of induced polaritation data on the Kudus area had done. The interpretation had done to find two parameters, the resistivity and the chargeability on 7 line by 1000 – 1500 m and 40 – 50 point in the survey. The results show that the area had two type of resistivity value (2-7 Ohm-meter for the clay and 8-9 Ohm-meter for the sandstone ) and two type of chargeability (- 8 sd -82 miliseconds for the salt water and 13 sd 53 miliseconds for the pure tawar ) in the different depth.

LATAR BELAKANG Walaupun air terdapat di alam secara berlimpah karena menutupi sekitar 70% permukaan bumi, dengan jumlah sekitar 1.368x1015 m3, namun tidak semua air tersebut dapat dimanfaatkan sebagai air minum seperti, air laut karena tingkat keasinannya atau air tawar yang mengandung unsur kimia yang melebihi batas tertentu yang diizinkan untuk dikonsumsi manusia. Oleh karenanya untuk pencarian sumber air dengan kriteria tertentu harus dilakukan penelitian, misalnya untuk penentuan lokasi-lokasi keberadaan air tawar dan air asin. Demikian pula halnya untuk daerah Kudus Jawa Tengah. Di beberapa bagian wilayah Kudus ini sering mengalami kesulitan memperoleh air tawar. Hal ini diduga karena terperangkapnya air laut pada saat pengendapan sedimen sehingga berakibat terakumulasinya air berkualitas payau atau asin. Daerah Kudus yang secara Geografis terletak pada 1100 52’00”–1100 52’30”BT dan 60 54’10”– 6054’20”LU, berdasarkan kondisi geologi regionalnya, tersusun oleh

105 

IP) telah dipilih untuk melakukan survey pelacakan keberadaan lapisan air tawar maupun air asin di di daerah Kudus. kerikil. yaitu kemampuan untuk dimuati (chargeability). Kemudian harga yang didapat dibagi dengan tegangan primer yang diukur pada saat arus mengalir dan diperoleh suatu harga dengan satuan millidetik. Semakin luas daerah yang terukur maka makin besar polarisasi dari batuan yang diukur. Peta Geologi Regional daerah Kudus dan sekitarnya. lanau.106  Prosiding Seminar Nasional Fisika 2010  sedimen kuartier berupa Alluvium (kerakal. Dan dibagian Selatannya disusun oleh sedimen tersier dari formasi Bulu dengan variasi batuan berupa batu gamping dengan sisipan pasir dan batu gamping dengan sisipan lempung. Tegangan pada saat arus sebelum diputus dicatat sebagai tegangan primer (Vp) . Kondisi daerah Kudus secara Regional dapat dilihat pada gambar berikut. Metode geolistrik polarisasi terimbas yang dipilih adalah dengan domain waktu yang parameternya dihitung untuk mengetahui adanya polarisasi. Metode ini berguna untuk mendeteksi terjadinya proses polarisasi listrik pada air tawar maupun air asin dibawah permukaan serta mengetahui pola penyebarannya secara horizontal dan vertikal. Pada Metode ini arus searah (DC) yang konstan diinjeksikan ke dalam tanah untuk beberapa saat. lempung dan material vulkanik lainnya). (Sumber: Pusat Penelitian dan Pengambangan Geologi . Gambar 1. kemudian secara tiba-tiba diputus sehingga diperoleh kurva penurunan tegangan yang dapat diukur atau dicatat . Bandung ) GEOLISTRIK POLARISASI TERIMBAS UNTUK DAERAH KUDUS Metode geolistrik polarisasi terimbas (Induksi Polarisasi.Biasanya kurva penurunan tegangan tersebut diintegrasikan terhadap waktu untuk memperoleh luas daerah dibawah grafik penurunan tegangan dalam satuan voltdetik. pasir.

Parameter yang dihitung sebagai petunjuk adanya polarisasi dinamakan chargeabilitas (m) dan dapat dinyatakan dengan rumus: ∫ m= t2 t1 Vs dt Vp Dengan : Vs = Tegangan sekunder (volt) Vp = Tegangan primer (volt ) t1 = Waktu ketika arus mulai diinjeksikan (detik) t2 = Waktu saat arus diputus (detik) Adapun konfigurasi untuk pengukuran yang dilakukan adalah dan konfigurasi Wenner dan peralatan ukur ABEM Terrameter SAS-1000 Gambar 2.  T. Zera dan Nurmilasari. Gambar 3. 107    . sebagaimana dapat dilihat pada gambar 3 berikut. Konfigurasi Wenner Survey dilakukan pada 7 lintasan dengan panjang 1000 – 1500 m dengan jumlah titik pengukuran pada setiap lintasan 40 – 50 titik. Penentuan Lapisan Air Tawar dan Air Asin di Daerah………  107  sedangkan tegangan pada saat arus mulai diputus dicatat sebagai tegangan sekunder (Vs). Peta lokasi distribusi titik pengukuran geolistrik daerah Kudus.

Dua kelompok harga Tahanan Jenis dan chargeabilitas yang diperoleh. . Tabel 1. HASIL DAN ANALISA Dari seluruh hasil pengolahan data dengan sofware yang digunakan. chargeabilitas . sehingga nilai true resistivity (nilai tahanan jenis sebenarnya ) dan chargeabilitasnya dapat ditentukan dari model invers penampang tahanan jenis (invers model resistivity section) dan chargeabilitas 2D.108  Prosiding Seminar Nasional Fisika 2010  Data polarisasi yang diperoleh dari konfigurasi Wenner ini diproses menggunakan software Res2Dinv. Sehingga untuk ke-7 penampang lintasan yang diinterpretasikan diperoleh harga-harga tahanan jenis. terdapat dua kelompok harga tahanan jenis dan chargeabilitas sebagaimana berikut. jenis lapisan. sebagaimana terdapat pada table 2. kedalaman lapisan.

Secara umum pada seluruh lintasan terdapat sedimen lempung (indikasi adanya lapisan air asin) sekaligus sedimen pasir (indikasi adanya lapisan air tawar). KESIMPULAN DAN REKOMENDASI Hasil survey geolistrik polarisasi terimbas yang telah dilakukan di daerah Kudus menunjukan bahwa di daerah tersebut memang terdapat lapisan air asin (cendrung dekat permukaan) dan lapisan air tawar. Untuk 5 lintasan lainnya terdapat kandungan air tawar sekaligus air asin pada lapisan dengan kedalaman yang berbeda. Tiga lapisan yang potensial mengandung air tawar adalah lapisan A. Sementara dua lapisan lainnya D dan F memiliki lapisan air tawar yang lebih tipis dibandingkan lapisan air asin. kecuali untuk dua lintasan C dan E. AB dan B. yang hanya mengandung sedimen lempung. Artinya pada lintasan tersebut hanya terdapat lapisan air asin. Luasnya kandungan air asin tidak berarti bahwa di 109    . Zera dan Nurmilasari. Hasil interpretasi masing-masing lintasan.  T. Penentuan Lapisan Air Tawar dan Air Asin di Daerah………  109  Tabel 2.

dan B yang jika digambarkan pada peta lokasi survey adalah sebagaimana terlihat pada gambar 4. Lokasi potensial lapisan air tawar daerah Kudus. W. Kabupaten Kudus. Applied Geophysics.M. 8 Juli 2008. Bandung. 2004. Sidharta. Kanisius. Hefni.geoscience. DAFTAR PUSTAKA [1] Effendi. LGPN-LIPI. Geldart. L. Cambridge University Press. . Perairan. Yogjakarta. dkk. [3] http://www. Dan untuk mengetahui karakteristik air tawar tersebut perlu dilakukan pemboran pada salah satu lokasi potensial dengan kedalaman > 125 m. 2003.110  Prosiding Seminar Nasional Fisika 2010  seluruh daerah survey tidak terdapat lapisan air tawar. [2] http://www. 1990. [6] Telford.com. Jawa Tengah. 4. Gambar. diakses pada Selasa .pdf [4] Nurdin. Terdapatnya lapisan air tawar dengan kandungan yang cukup potensial berdasarkan hasil survey berada di sekitar lintasan A. Manfaat Gejala Polarisasi Terimbas (IP) dalam Eksplorasi. Pasar Jum’at Jakarta.net/image-upload/Induced+polarization. Laporan Akhir Tanah Dalam Desa Karangrowo. Kecamatan Undaan.AB. 2007. Telaah Kualitas Air Bagi Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan P. PPGN-BATA. [5] Soemarno.geocis.P & Sheriff. M. RE.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->