P. 1
NIFEDIPIN

NIFEDIPIN

|Views: 8|Likes:
Published by John Wafa Azwar

More info:

Published by: John Wafa Azwar on Jun 28, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/04/2014

pdf

text

original

Nifedipin

Mengapa obat ini diresepkan? Nifedipin dipakai untuk mengobati tekanan darah tinggi dan untuk mengontrol angina (nyeri dada). Nifedipin dalam kelas obat yang disebut kalsium-channel blockers. Ia bekerja dengan merelaksasi pembuluh darah sehingga jantung tidak harus memompa kuat. Hal ini juga me ningkatkan suplai darah dan oksigen ke jantung.

Bagaimana obat ini digunakan? Nifedipin tersedia sebagai tablet dan tablet kerja panjang untuk digunakan melalui mulut. Ta blet biasanya digunakan dua atau tiga kali sehari. Tablet kerja-panjang harus digunakan seka li sehari pada waktu perut kosong, baik 1 jam sebelum atau 2 jam setelah makan. Gunakan ni fedipin pada sekitar waktu yang sama setiap hari. Ikuti petunjuk pada label resep Anda hatihati, dan meminta dokter atau apoteker untuk menjelaskan bagian yang tidak Anda mengerti. Gunakan nifedipin persis seperti yang diarahkan. Jangan digunakan lebih atau kurang dari itu atau digunakan lebih sering daripada yang disarankan oleh dokter Anda. Menelan utuh tablet kerja panjang, jangan dibelah, dikunyah, atau menggerusnya. Dokter Anda mungkin akan mulai Anda pada dosis rendah dan secara bertahap meningkatkan dosis Anda, biasanya sekali setiap 7 sampai 14 hari.

Nifedipin mengontrol tekanan darah tinggi dan nyeri dada (angina) tetapi tidak menyembuh kannya. Lanjutkan untuk menggunakan nifedipin bahkan jika Anda merasa baik. Jangan ber henti menggunakan nifedipin tanpa berbicara dengan dokter Anda. Dokter Anda mungkin akan menurunkan dosis secara bertahap. Obat ini kadang-kadang diresepkan untuk kegunaan lain; tanyakan kepada dokter atau apote ker untuk informasi lebih lanjut. Nifedipin kadang-kadang juga digunakan untuk mengobati persalinan prematur dan sindroma Raynaud. Bicaralah dengan dokter Anda tentang risiko penggunaan obat ini untuk kondisi Anda.

Apa tindakan khusus yang harus saya ikuti? Sebelum digunakan nifedipin, * Sampaikan dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap nifedipin, obat lain, atau salah satu bahan dalam nifedipin. * Sampaikan dokter dan apoteker apa vitamin dan obat-obatan resep lainnya dan non resep,

suplemen gizi. lewati dosis yang obat yang lupa dan teruskan jadwal berikutnya. khususnya St John's wort. * Anda memberi tahu dokter apa produk herbal yang Anda gunakan. atau jantung. Namun. Jika Anda mengalami gejala berikut. * Memberi tahu dokter Anda jika Anda memiliki atau pernah memiliki penyempitan atau penyumbatan sistem pencernaan Anda atau kondisi lain yang menyebabkan makanan berge rak melalui sistem pencernaan lebih lambat. Apa yang harus saya lakukan jika saya melupakan dosis? Minum dosis yang lupa segera Anda mengingatnya. berencana untuk menjadi hamil. Apa efek samping dapat disebabkan obat ini? Nifedipin dapat menyebabkan efek samping. jika hampir waktu untuk dosis berikutnya. Beritahu dokter jika ada gejala yang parah atau tidak hilang: * Sakit kepala * Mual * Pusing atau ringan * Detak jantung cepat * Otot kram * Penurunan kemampuan seksual Beberapa efek samping dapat serius. Jika dokter Anda menganjurkan diet rendah garam atau diet rendah-natrium. Apa instruksi khusus diet yang harus saya ikuti? Jangan minum jus jeruk atau makan jeruk 3 hari sebelum dan saat digunakan nifedipin. Dokter Anda mung kin perlu mengubah dosis obat Anda atau monitor Anda bila muncul efek samping. hati. . segera hubungi . * Sampaikan dokter Anda jika Anda sedang hamil. atau penyakit ginjal. Jangan meminum dosis ganda untuk mengganti dosis yang lupa. Jika Anda hamil sewaktu digunakan nifedipin. Juga memberi tahu dokter Anda jika Anda menderita infark miokard(MI) dalam 2 minggu te rakhir. ikuti petunjuk dengan hati-hati. yang Anda akan gunakan atau rencana untuk digunakan. hubungi dokter Anda. atau menyusui.

mata. bibir. Anda atau dokter Anda mungkin akan mengirim anda ke rumah sakit. pergelangan kaki. tangan. Apa kondisi penyimpanan yang diperlukan untuk obat ini? Simpan obat ini dalam wadah aslinya. atau kaki bawah * Penglihatan kabur * Pingsan Apa informasi lain yang harus saya ketahui? Tekanan darah Anda harus diperiksa secara teratur untuk menentukan respons Anda terhadap nifedipin. kaki. lengan. kaki. Gejala overdosis mungkin meliputi: * Pusing * Detak jantung cepat * Gugup * Mual * Muntah * Pembengkakan tangan. tertutup rapat. . dan jauh dari jangkauan anak-anak. Membuang semua obat yang sudah rusak atau tidak diperlukan lagi. lidah.dokter Anda: * Pembengkakan wajah. Bicaralah dengan apoteker Anda tentang pembuangan obat Anda. Nifedipin sangat tidak stabil bila terkena cahaya ultraviolet. pergelangan kaki. atau kaki bawah * Kesulitan bernapas atau menelan * Pingsan * Ruam * Menguning kulit atau mata * Peningkatan frekuensi atau keparahan nyeri dada (angina) Jika Anda mengalami efek samping yang serius. Menyimpannya pada suhu kamar dan terhindar dari panas dan kelembaban (bukan di kamar mandi).

mineral. Anda mungkin melihat sesuatu yang tampak seperti tablet di feses Anda. Jangan biarkan orang lain minum obat. Penting bagi Anda untuk menyimpan daftar tertulis dari semua resep dan non-resep obat An da. Hal ini juga informasi penting untuk informasi bila Anda dalam kasus darurat. Tanyakan apoteker Anda setiap pertanyaan yang An da miliki tentang mengisi resep Anda. atau suplemen makanan lainnya. dan ini tidak berarti bahwa An da tidak mendapatkan dosis obat penuh. Anda ha rus membawa daftar ini setiap kali Anda mengunjungi dokter atau jika Anda dirawat di ru mah sakit. serta produk-produk seperti vitamin. Sumber : Medline Plus .Jika Anda menggunakan tablet kerja`panjang. Ini hanyalah kulit tablet kosong.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->