makalah Alislam Thaharah

Al – Islam

Memahami Thaharah dan Hal – Hal Yang Berkaitan dengan Thaharah

Disusun Oleh :
Yudi Harianto 2011430087

Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta 2011/2012

1. dan lainnya. (QS Al Baqarah:222) Selain itu Nabi Muhammad SAW juga bersabda dengan menganjurkan hidup dalam kebersihan. Secara umum thaharah terbagi atas dua macam : a.Muslim) . pakaian. dan benda – benda yang terbawa (melekat) pada badan. Pengertian Thaharah Secara bahasa thaharah berarti bersuci atau membersihkan. dengki. Namun secara istilah dapat diartikan sebagai membersihkan atau mensucikan dari hadas. b. baik kecil maupun besar serta bersuci dari najis yang berada di badan. Dalam percakapan sehari – hari thaharah sering disinonimkan dengan bersuci. Thaharah Rohani ( batin ) Thaharah Rohani adalah membersihkan segala pemikiran atau jiwa dari segala dosa dan maksiat serta penyakit hari seperti iri. Pengertian ini diperkuat dengan firman Allah SWT dalam surat Albaqarah ayat 222 [٢:٢٢٢] Artinya: “Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertobat dan mencintai orang-orang yang suci lagi bersih”.”(HR. Thaharah Jasmani ( lahir ) Thaharah jasmani adalah membersihkan diri dari segala hadas. najis yang melekat pada badan. Artinya : “Kebersihan itu adalah sebagian dari iman.

Media atau alat yang dipergunakan dalam berthaharah 1. Mengenai hal ini Allah berfirman dalam surat annisa ayat 43 yaitu artinya "…kemudian kalian tidak mendapatkan air. maka bertayammumlah kalian dengan tanah yang suci." (HR Al-Baihaqi).2. Selain firman Allah SWT. karena ia menghawatirkan keselamatan dirinya jika ia mandi dengan air yang dingin. "Rasulullah saw. dan air laut." (HR Tirmizi. atau tanah yang bersih Bahan – bahan ini digunakan jika tidak ada air yang bisa digunakan untuk bersuci. kecuali bila sudah berubah aromanya. kendati ia tidak mendapatkan air selama sepuluh tahun. Seperti dalil firman Allah SWT dalm surat alfurqon ayat 48 yang berarti Dan Kami turunkan dari langit air yang amat suci. rasanya. Seperti air sumur. . air salju. pasir. bertayammum dari jinabat pada malam yang sangat dingin. Tanah yang suci. mengizinkan Amr bin Ash r." (An-Nisa: 43). air hujan. atau sakit yang tidak boleh menggunakan air. air air sungai. maka hendaklah ia menyentuhkannya ke kulitnya. 2. atau warnanya karena kotoran yang masuk padanya. sabda rasulullah juga menguatkan tentang hal ini yaitu: "Sesungguhnya tanah yang baik (bersih) adalah alat bersuci seorang muslim. Air Mutlak Air mutlak adalah air asli yang tidak terkontaminasi oleh najis." (Al-Furqan: 48). debu.a. Nabi Muhammad SAW juga bersabda yang artinya “Air itu suci. dan ia menghasankannya). Jika ia mendapatkan air." (HR Bukhari). batu.

selain merupakan ibadah insan yang bersih juga dicintai oleh Allah SWT. maka mandilah kamu. ….” (HR Mutafaq Alaih) 5. air kencing. darah. berupa tinja dan air kencing. atau mazi (lendir yang keluar dari kemaluan karena syahwat). atau mani. dan kotoran hewan yang dagingnya tidak boleh dimakan. Menurut istilah. ‫… ف اطهروا ج ن با ك ن تم وان‬.” (QS Al Maidah :6) Ayat dan hadist diatas menjelaskan bahwa bersuci untuk menghilangkan hadas dapat dilakukan dengan dua cara. . Dalam ajaran islam sangat dianurkan secara bahkan diwajibkan dalam bersuci.3. hadas adalah sesuatu yang terjadi atau berlaku yang mengharuskan bersuci atau membersihkan diri sehingga sah untuk melaksanakan ibadah. bersabda : Artinya : “Rasulullah saw. yaitu berwudu dan mandi. Artinya : “Dan jika kamu junub. nanah. air muntahan yang telah berubah. Hal – hal yang termasuk najis adalah setiap yang keluar dari dua lubang manusia. bangkai dan organ tubuhnya kecuali kulitnya. karena jika disamak kulitnya menjadi suci. Karena bersuci adalah tanda sempurna kebersihan seseorang. Najis dan hadas Hadas menurut bahasa artinya berlaku atau terjadi. Berkaitan dengan hal ini Nabi Muhammad saw. telah bersabda : Allah tidak akan menerima salat seseorang dari kamu jika berhadas sehingga lebih dahulu berwudu. atau wadi (cairan putih yang keluar selepas kencing). Oleh karena itu mari kita seantiasa selalu membersihkan diri dari segala macam kotoran.

Kitab ATH-THAHARAH / BERSUCI . Najis yang 1. berkata: Nabi saw. berjalan melalui dua kubur. Dimulai dengan niat memegang Al Qur’an. mengambil dahan pohon yang masih basah dan . 1. dan keduanya tidak disiksa karena suatu dosa yang besar. Segala kotoran yang menjijikan dan mengharuskan ketika untuk akan mengharuskan seseorang bersuci atau membersihkan diri sehingga sah untuk melaksanakan ibadah 2. BAB : Bukti najisnya kencing dan harus menyelesaikannya hingga tuntas. 167. Kemudian Nabi saw. Tidak perlu niat Orang yang terkena najis boleh. Sedang yang kedua. disucikan melaksanakan suatu ibadah Cara menyucikannya dengan mandi. tayamum. 4. Adapun yang satu maka tidak menyelesaikan (tuntas) jika kencing. Cara mensucikannya dengan 2.a. Ibn Abbas r. lalu beliau bersabda: Sesungguhnya kedua orang dalam kubur inii sedang disiksa. 3. atau wudu membuang atau membersihkan benda najis itu dari tempatnya.Secara umum perbedaan hadas dan najis adalah sebagai berikut : No. dia biasa mengadu domba (namimah). Hadas 1. Berikut adalah bahasan kitap ATH-THAHARAH / BERSUCI yang menggambarkan pentingnya bersuci dan ganjaran serta hukuman bagi mereka yang menyepekan hal – hal dalam bersuci. 3. Terjadinya sesuatu No. Orang yang berhadas tidak boleh 4.

Ummi Qais binti Mihshan r. tiba-tiba kencing di baju Nabi saw. Kitap ATH-THAHARAH / BERSUCI . Maka Nabi saw. lalu disiram. lalu didoakannya. Aisyah r. Maka Nabi saw. bab : Mencuci mani yang lekat di baju atau mengoreknya 165. kemudian dapat dipakai untuk shalat.a. Jawabnya: Biasa aku mencucinya dari baju Rasulullah saw. Sahabat bertanya: Mengapa engkau berbuat itu? Jawab Nabi saw. minta air dan disiramkan di atas kencing dan tidak dibasuh. maka diletakkan di pangkuan Nabi saw. minta air dan disiramkan di atas bekas kencing itu dan tidak dibasuh. Muslim).membelah dua lalu menancapkan pada tiap kubur satu potongan dahan itu. Muslim). lalu dipakai untuk shalat sedang bekas air siramannya masih tampak di bagian kain bajunya itu. berkata: Seorang wanita datang kepada Nabi saw. . Kitap ATH-THAHARAH / BERSUCI . bagaimana kami harus berbuat? Jawab Nabi saw: Dikorek lalu dibilas dengan air. Muslim). (Bukhari. Asma’ r. 164. Kitap ATH-THAHARAH / BERSUCI . bab : Hukum kencing bayi laki dan cara menyucikannya 163. Muslim). Aisyah ketika ditanya tentang mani yang lekat di baju.a. 2. Muslim). bab : Najisnya darah dan cara membasuhnya 166. (Bukhari.: Semoga Allah meringankan keduanya selama dahan itu belum kering. sedang bayi itu belum makan kecuali susu. tiba-tiba kencing di baju Nabi saw. 4. 3. dan bertanya: Bagaimana pendapatmu jika pakaian kami terkena darah haid. maka diberikan padanya bayi. (Bukhari.a. membawa bayinya kepada Nabi saw. (Bukhari. berkata: Biasa orang-orang membawa bayinya kepada Nabi saw. (Bukhari.

(Bukhari. bersabda: Jangan kencing salah satu kamu dalam air yang diam tidak mengalir kemudian mandi di dalamnya. Hudzaifah r. Kitap ATH-THAHARAH / BERSUCI . berbuat seperti itu.a. Anas bin Malik r. lalu aku mendekatinya dan berdiri di belakangnya sehingga selesai. Kitap ATH-THAHARAH / BERSUCI . Kitap ATH-THAHARAH / BERSUCI . maka harus dibasuh tujuh kali. Abu Hurairah r.a. Muslim). Muslim).a. 8. kemudian berdiri shalat. Muslim). telah mendengar Rasulullah saw. Muslim). berkata: Rasulullah saw. (Bukhari. Jarir bin Abdullah r. kemudian menyuruh membawakan setimba air dan dituangkan di atas tempat yang dikencingi itu. BAB : Mengusap sepatu (khuf) 155. Kitap ATH-THAHARAH / BERSUCI . lalu beliau pergi ke tempat sampah di belakang rumah (dinding pagar) lalu berdiri dan kencing. (Bukhari. bersabda: Jika anjing minum dalam bejanamu. bersabda: Jangan kalian ganggu (hentikan kencingnya). Abu Hurairah ra. berkata: Ketika aku berjalan bersama Nabi saw. kencing kemudian ía berwudhu dan mengusap dua sepatunya. dan ketika ditanya ia berkata: Aku telah melihat Nabi saw. 6. . (Bukhari. bab : larangan kencing dalam air yang menggenang tidak mengalir 161. bab : Hukum jilatan anjing 160. maka aku menjauh daripadanya tetapi dipanggil oleh Nabi saw. berkata: Seorang Badui kencing di dalam masjid maka sahabat bangun untuk memukulnya.5. (Bukhari. Muslim). Maka Nabi saw. Dalam riwayat Muslim: Jika anjing telah menjilat bejanamu maka harus dibasuh tujuh kali salah satunya dengan tanah pertamanya atau akhirnya. 156. bab : Wajib menyucikan masjid dari segala najis dan menyucikan tanah cukup dengan disiram 162. 7.a.

kemudian mengusap kepalanya. tetapi ia memakai jubah kain shuf yang sempit lengannya sehingga terpaksa mengeluarkan tangan dari dalam.a.a. Lalu Nabi saw. Muslim). kemudian kembali. (Bukhari. maka Nabi saw.a. Muslim). kemudian ketika akan mengeluarkan lengan tangan tidak dapat karena sempit lengan bajunya. Al-Mughirah bin Syu’bah r. berkata: Hai Mughirah bawakan tempat air. (Bukhari. lalu Nabi saw.a. dalam bepergian. keluar untuk berhajat (buang air) maka diikutinya dengan membawa tempat air. Al-Mughirah bin Syu’bah r. maka aku tuangkan air untuknya untuk wudhu dan mengusap kedua sepatu botnya (khufnya). pergi sehingga sembunyi daripadaku untuk buang air. (Bukhari. 9. maka ia membasuh muka dan kedua tangannya. turun dari kendaraannya dan berjalan terus hingga tersembunyi di dalam gelap malam. kemudian aku jongkok untuk membuka sepatunya. 158. Al-Mughirah bin Syu’bah r. sehingga dikeluarkan dan dalam. 159. Anas r. dansesudah Rasulullah selesai Al-Mughirah menuangkan air untuknya. dalam bepergian. lalu bertanya: Apakah ada air? Jawabku: Ya. (Bukhari. BAB : Beristinja dengan air 153. berkata: Pada suatu ma lam aku bersama Nabi saw. Muslim). sedang memakai jubah syamiyah. lalu diusap atas kedua sepatu bot itu. bersabda: Biarkan keduanya karena aku memakai keduanya ketika kedua kakiku suci. Muslim). juga membawakan tongkatnya. lalu membasuh kedua tangannya. berkata: Ketika aku bersama Nabi saw.157. maka aku tuangkan air padanya. berkata bahwa Rasulullah saw. . maka .berwudhu dan mengusap dua sepatu bot (khuf). berkata: Adalah Nabi saw. maka aku bawa dan Nabi saw. masuk WC maka aku dan kawanku membawakan tempat air untuk beristinja. Kitap ATH-THAHARAH / BERSUCI .

Wudu 2. Wudu Secara bahasa wudu dapat diartikan sebagai bersih. Anas bin Malik r. Sedangkan menurut syara’ berarti membersihkan bagian tubuh tertentu dengan air membersihkan hads kecil sesuai rukun dan syaratnya. berkata: Adalah Nabi saw. muthlak dengan tujuan . (Bukhari. Aisyah r. bersuci. Muslim). 1. (Bukhari. Mandi wajib Mari kita lihat satu persatu maksud serta tata cara berikut syarat-syarat dari ketiga point tersebut 1.a. Kitap ATH-THAHARAH / BERSUCI .a. menyisir rambut. Hal-hal yang termasuk dalam thaharah atau bersuci Ada tiga hal besar yang digolongkan termasuk kedalam thaharah yaitu sebagai berikut. 10.154. jika keluar untuk buang air maka aku bawakán tempat air untuk bersuci dengannya. berkata: Nabi saw. bab : Sunah mendahulukan kanan dalam bersuci 152. Seperti firman Allah SWT dalam surat Almaidah ayat 6. Muslim) 6. Tayamum 3. dalam semua keadaannya.. suka mendahulukan kanan ketika bersandal.

Sudah mumayiz 3. memakai air suci lagi mensucikan 5. Membasuh seluruh muka 3. Membasuh kedua kaki sampai mata kaki. Niat berwudu di dalam hati bersamaan ketika membasuh muka. maka basuhlah mukamu. Syarat wudu Yang termasuk syarat dari berwudu adalah : 1. dan 6. Membasuh kedua tangan sampai siku 4. kedua tanganmu sampai siku. b.Artinya : “Hai orang-orang yang beriman. getah dsb. Beragama Islam 2. seperti cat. Lafal niat: Artinya:”Saya berniat wudu untuk menghilangkan hadas kecil karena Allah SWT. Tidak ada sesuatu yang menghalangi samp[ainya air ke anggota wudu. Rukun wudu Yang termasuk dalam rukun berwudu adalah : 1. apabila kamu hendak mengerjakan solat. Tidak berhadas besar dan kecil 4. Tertib (berurutan dari pertama sampai terakhir . 5.”(QS Al Maidah :6). Mengusap atau menyapu sebagian kepala.” 2. a. dan sapulah kepalamu dan basuhlah kakimu sampai mata kaki.

membasuh sela-sela jari tangan dan kaki 7. Do’a sesudah wudu. Mengusap kedua telinga bagian luar dan dalam 10. Berkumur-kumur bagi seseorang yang sedang tidak berpuasa 4.” d. 9. Sunnah wudu Hal – hal yang disunnahkan dalam berwudu adalah sebagai berikut. Artinya : “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah yang Maha Esa. Berikut adalah hal – hal yang bisa membatalkan wudu. Membasuh dan membersihkan lubang hidung 5. Menyapu seluruh kepala 6. Membaca do’a sesudah wudu. 8. Ya Allah jadikanlah aku termasuk dalam golongan orangorang yang bertobat. yang tida sekutu bagi-Nya. Mendahulukan anggota wudu yang kanan dari yang kiri. 1. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hambaNya dan utusan-Nya. Yang membatalkan wudu Ada beberapa hal yang bisa membatalkan adab berwudu kita. Membaca dua kalimah syahadat ketika hendak berwudu 2. . dan jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bersuci. Membaca ta’awuz dan basmalah 3. Membasuh anggota wudu tiga kali.c.

. Artinya : “atau kamu telah menyentuh perempuan..” (QS.kencing. Tidur dengan nyenyak 5.” 3. mazi.An-Nisa :43) 2.. Keluar sesuatu dari kubul (kemaluan tempat keluarnya air seni) atau dubur(anus)... . tinja. Artinya : “Dari Umi Habibah ia berkata saya telah mendengar Rosulullah SAW bersabda :”Barang siapa menyentuh kemaluannya hendaklah berwudu. nanah.. baik berupa angin maupun cairan(kentut. darah. Artinya : “atau kembali dari tempat buang air . Bersentuhaan kulit laki-laki dan perempuan tanpa pembatas.. . Hilang akal. mani dan sebagainya) Firman Allah SWT dalam Al Qur’an Surah An Nisa’:43....”(HR Ibnu Majjah dan disahkan oleh Ahmad) 4. Firman Allah SWT dalam Al Qur’an surah An Nisa :43.... Menyentuh kubul atau dubur dengan tapak tangan tanpa pembatas. ‫ ال غائ ط مه م ن كم احد جاء او‬.. . Sabda Nabi Muhammad SAW..1.‫ ال ن ساء ل م س تم او‬.

Mengusap debu ke dua tangan sampai siku 4. Sebagaimana ungkapan orang Arab tayyamamtu asy-syai‟a yang maknanya qashadtuhu (saya menginginkannya). Menghilangkan najis yang melekat di tubuh 5. Tertib . 2. Mengusap debu ke muka 3. jilid 1 hal. b.2. dan juga sebagai tanda bukti kasih sayang dan cinta kasih-Nya kepada mereka (lihat Tanbiihul Afhaam wa Taisirul „Allaam. Allah mensyariatkannya demi menyempurnakan agama mereka. Sudah berusaha mencari air tetapi tidak menemukan 4. a. Ada sebab yang membolehkan mengganti wudu atau mandi wajib dengan tayamum. Bahkan syariat tayamum ini merupakan salah satu keistimewaan yang dimiliki oleh umat ini. Niat 2. Menggunakan tanah atau debu yang suci. Secara bahasa tayamum berarti bermaksud atau menyengaja. 112). Rukun Tayamum 1. Sudah masuk waktu salat 3. yang dimaksud dengan tayamum yaitu: membasuh wajah dan kedua telapak tangan dengan menggunakan ash-sha’id yang suci sebagai pengganti bersuci dengan air yaitu ketika terhalangi memakai air. Adapun dalam terminologi syariat. Syarat Tayamum Syarat tayamum adalah sebagai berikut : 1. Tayamum Syaikh Muhammad bin Shalih Al-’Utsaimin rahimahullah mendefinisikan tayamum sebagai berikut.

Menghadap kiblat 6. berada di daerah yang tidak ada air. Praktik Tayamum Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui dalam melakukan tayamum. atau sedang sakit yang tidak memperbolehkan terkena air. Hal yang membatalkan Tayamum Tayamum seseorang menjadi batal karena sebab berikut : 1. seseorang hendaknya memperhatikan sunahsunah tayamum sebagai berikut. Mendahulukan anggota tubuh yang kanan dari yang kiri 7. Hal tersebut perlu diperhatikan karena suatu saat kamu pasti akan melakukannya.c. Membaca dua kalimah syahadat ketika hendak bertayamum 2. seperti ketika kamu dalam perjalanan. Merenggangkan jari-jari tangan 5. 1. Keadaan seseorang melihat air yang suci yang mensucikan(sebelum salat) 3. Sunah Tayamum Dalam melaksanakan tayamum. Murtad (keluar dari agama Islam) e. Semua yang membatalkan wudu juga membatalkan tayamum 2. . Menepiskan debu yang ada di telapak tangan 4. 1. Carilah tempat yang mengandung debu/tanah yang suci. Membaca do’a (seperti do’a sesudah wudu) d. Membaca ta’awuz dan basmalah 3.

Firman Allah SWT : …. Menyiramkan air keseluruh tubuh dengan merata. Membersihkan kotoran yang melekat atau mengganggu sampainya air ke badan. mandi junub. Mengusap kedua tangan sampai siku hingga merata dengan mendahulukan tangan kanan. Membaca do’a sesudah tayamum.” (QS Al Maidah) a. Lafal niat tayamum. Rukun mandi wajib Ada beberapa hal yang menjadi rukun dalam melaksanakan mandi wajib. Niat mandi wajib 2. Artinya : “……. 3. diantaranya sebagai berikut : 1. Mandi wajib Mandi wajib disebut juga mandi besar. Usahakan mencari debu pada tempat yang berbeda. atau mandi janabat. 4. Artinya :” Aku niat bertayamum untuk dapat mengerjakan salat fardu karena Allah Ta’ala.dan jika kamu junub maka mandilah. 3. . Letakkan atau tempelkan kedua tangan pada tempat yang berdebu tersebut disertai niat dalam hati.2.” 3. seperti do’a sesudah wudu. ‫… ف اطهروا ج ن با ك ن تم وان‬. Mandi wajib adalah menyiram air ke seluruh tubuh mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki dengan disertai niat mandi wajib di dalam hati.

Meninggalnya seseorang (jenazah). . Selesai nifas. yakni darah yang keluar sesudah melahirkan.b. Sunah Mandi Wajib Pada waktu mandi wajib disunahkan melakukan beberapa hal. antara lain : 1 2 3 4 5 Menghadap kiblat Membaca basmalah Berwudu sebelum mandi Mendahulukan anggota badan yang kanan dari yang kiri. Akan tetapi. dan Menggosok badan dengan tangan. 2 3 4 5 Selesainya haid bagi perempuan. Selesai melahirkan. baik ketika sedang tidur maupun dalam keadaan terjaga. Beberapa Penyebab Diwajibkan Mandi Wajib Berikut ini adalah hal-hal yang menjadi penyebab diwajibkannya mandi wajib: 1 Keluarnya air mani (sperma) dengan syahwat. maka ia tidak wajib mandi. c. apabila ia bermimpi tidak disertai keluarnya mani.

Sempurnakan dengan sunah-sunah mandi wajib. Pastikan bahwa kamu benar-benar telah mengalami hadas besar. 3. Lakukan sesuai dengan rukun mandi wajib yang telah kamu pelajari. 2. Perhatikanlah beberapa langkah yang harus diketahui dalam melakukan mandi wajib berikut : 1. Praktek Mandi Wajib Bagi perempuan yang sudah beranjak dewasa (mengalami haid) dan anak laki-laki dewasa yang sudah mengalami mimpi basah. . wajib melakukan mandi waji.d.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful