P. 1
macam2 kontrasepsi

macam2 kontrasepsi

|Views: 50|Likes:
Published by Hadi Ahmad
kontrasepsi
kontrasepsi

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: Hadi Ahmad on Jun 30, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/18/2013

pdf

text

original

MACAM-MACAM ALAT KONTRASEPSI

Jangka Panjang MOP, MOW, dan IUD

Berdasarkan waktu Jangka Pendek Kondom, pil, suntik, diafragma, implant.

Jenis-jenis alat kontrasepsi

Metode Sederhana koitus interuptus Berdasarkan metode Metode Modern MOP, MOW, Hormonal (implan, pil, suntik), IUD, kondom, diafragma

No Jenis Kontrasepsi Hormonal 1. Suntik - -mudah penggunaannya dan mudah didapat -mengurangi kehilangan darah (akibat haid) dan nyeri haid .Perdarahan pervaginam yang tidak diketahui sebabnya -Calon akseptor yang tinggal di daerah terpencil Lebih suka disuntik daripada makan pil mual.mengurangi resiko terjadinya kanker ovarium dan rahim -Mengurangi kunjungan .Merupakan metode yang telah dikenal oleh masyarakat . sakit kepala.Perdarahan pervaginam yang belum diketahui sebabnya -masih ingin punya anak -punya jadwal harian yang rutin -Setelah melahirkan : 6 minggu pasca salin .mengurangi resiko terjadinya KET (kehamilan ektopik terganggu) dan Kista Ovarium .Pernah sakit jantung .Setelah keguguran : segera setelah dilakukan kuretase atau 30 hari setelah Hamil atau disangka hamil .Menyusui (khusus pil kombinasi) . berat badan bertambah. dan darah tinggi . Pil KB Kerugian Keuntungan Cara Pemakaian/ jangka waktu Diminum pada hari ke 1 atau ke 5 haid Kontra indikasi Indikasi Efek samping enek/mual. sakit kepala (berkunangkunang) perubahan warna kulit dan efek samping ini dapat timbul berbulanbulan Tidak cocok diberikan pada pasien yang pelupa 2.Kelainan jantung. berat badan bertambah.Tumor/keganasan . varices. pusingpusing dan .

Tinggal di daerah terpencil -Tak khawatir jika tak dapat haid kadangkadang gejala tersebut hilang setelah beberapa bulan saat pemasangan akan terasa nyeri. -Sekali pasang untuk 5 tahun . kadangkadang terjadi spotting atau anemia 4. serta amenorea.Mungkin tidak ingin punya anak lagi . penyakit paru berat.Tidak terganggu faktor lupa ƒ -Metode Digunakan menjelang .Hamil atau disangka hamil . sakit kepala. Selain itu ditemukan haid yang tidak teratur. kencing manis.Dapat dipakai dalam waktu yang lama .Hamil atau diduga hari terakhir selesai hamil menstruasi . hipermenorea. darah tinggi.Penyakit jantung. . kencing manis. varices. hati. IUD/AKDR ƒ . tetapi belum mantap untuk ditubektomi.Baik untuk wanita yang tidak ingin punya anak lagi.Tidak mempengaruhi produksi air susu ibu keguguran (asal ibu belum hamil lagi) .Perdarahan pervaginam yang tidak diketahui sebabnya .Menginginkan metode yang efektif dan bisa dikembalikan lagi .Tidak khawatir kalau tidak mendapat haid -Ingin metode yang praktis -Mungkin tidak ingin punya anak lagi . Dipasang pada masa menstruasi hari ke 1 atau ke 7 Penggunaan :3-5 tahun Periksa lagi setelah 3hr .Infeksi leher rahim atau rongga -Menginginkan kontrasepsi dengan tingkat efektifitas Perdarahan dan kram selama minggu- . 3.Tumor/keganasan .Dalam masa haid : Hari pertama sampai hari ke-5 masa haid Tumor/keganasan25 .Tidak mempengaruhi produksi ASI ƒ -Tidak mempengaruhi tekanan darah .Penyakit jantung. darah tinggi. Implan Pada kebanyakan klien dapat menyebabkan perubahan pola haid berupa perdarahan bercak (spotting). atau meningkatkan jumlah darah haid..

sampai 10 tahun .Berada dalam masa pasca aborsi .Mempunyai resiko rendah terhadap PMS . 3bln. dengan menggunakan Tembaga T 380A) 19 ƒ -Mengurangi kunjungan ke klinik ƒ -Lebih murah dari pil dalam jangka panjang panggul. rasa tidak nyaman saat bersenggama setelah pemakaian.jangka-panjang Periksa lagi : (perlindungan 2minggu.Riwayat kehamilan ektopik . dan risiko infeksi rahim . yang tinggi.Tidak ingin punya anak lagi atau ingin menjarangkan anak 14 . 6 bln .Memberikan ASI . keputihan.Pernah menderita radang rongga panggul .Tidak dapat mengingat untuk minum sebutir pil setiap hari -Lebih menyukai untuk tidak menggunakan metode hormonal atau yang memang minggu pertama setelah pemasangan.Penderita perdarahan pervaginam yang abnormal . termasuk penderita penyakit kelamin .Penderita kanker alat kelamin. dan jangka panjang .Berada dalam masa postpartum dan tidak memberikan ASI .

6. Segera efektif c. Tidak mengganggu senggama e. Baik untuk  Setiap waktu selama siklus menstruasi apabila diyakini secara rasional klien tersebut tidak hamil    Hamil (sudah terdeteksi atau dicurigai) Menderita tekanan darh tinggi Kencing manis   Usia lebih dari 26 tahun Sudah punya anak cukup (2 anak). infeksi. kesuburan tidak dapat kembali normal b. Pada vasektomi infeksi dan epididimitis terjadi pada 1-2% pasien. Sangat efektif b. Nyeri setelah prosedur serta komplikasi lain akibat pembedahan dan anestesi a. bengkak. Tidak ada perubahan fungsi seksual d. Efek tertunda sampai 3 bulan atau 20 kali ejakulasi c. Istri beresiko tinggi      Infeksi kulit atu jamur di daerah kemaluan Menderita kencing manis Hidrokel atau varikokel yang besar Hernia inguinalis Anemia berat. ganguan pembekuan darah atau sedang menggunakan antikoagulansi Sudah yakin tidak ingin punya anak lagi Jika hamil akan membahayakan jiwanya Ingin metode yang tidak menganggu. Permanen. Nyeri setelah prosedur serta komplikasi lain akibat pembedahan dan anestesi d.tidak boleh menggunakannya 5. Baik untuk klien yang bila mengalami kehamilan akan membahyakan j iwanya e. Hanya dapat dilakukan oleh dokter yang terlatih e. bahagia. Tidak memberi perlindungan terhadap PMS a. Tidak mengganggu senggama c. MOW (Metode Operasi Wanita) Permanen b. kerusakan organ lain dan komplikasi karena anastesi dapat terjadi. Pada tubektomi perdarahan. Sangat efektif b. nyeri. Murah MOP dilakukan dengan cara memotong vas deferens sehingga sperma tidak dapat mencapai air mani dan air mani yang dikeluarkan tidak mengandung sperma. ank . Permanen d. dan infeksi pada luka operasi. syarat sukarela. dan kesehatan. MOP (Metode Operasi Pria) a.

Pembedahan sederhana dan hanya perlu anestesi lokal g. Tidak ada gangguan seksual    Hari ke-6 hingga ke-13 dari siklus menstruasi Pascapersalinan Pasca keguguran    . Meningkatkan resiko kehamilan ektokpik klien yang bila mengalami kehamilan akan membahyakan j iwanya f.Triwulan pertama: dalam wakru 7 hari sepanjang tidak ada bukti infeksi pelvik) minilap atau laparoskopi) . Tidak ada efek samping jangka panjang h. Hanya dapat dilakukan oleh dokter yang terlatih d.c. Tidak memberi perlindungan terhadap PMS e.Triwulan kedua: dalam waktu 7 hari sepanjang tidak ada bukti infeksi pelvik (minilap saja)     (diabetes) Penyakit jantung Penyakit paruparu Perdarahan vaginal yang belum terjelaskan (hingga harus dievaluasi) Infeksi sistemik atau pelvik yang akut (hingga masalah itu disembuhkan atau dikontrol) Ibu yang tidak boleh menjalani pembedahan Kurang pati mengenai keinginannya untuk fertilisasi di masa depan Belum memberikan persetujuan     terkecil harus berusia minimal 5 (lima) tahun Yakin telah mempunyai keluarga yag sesuai dengan kehendakny a Pada kehamilann ya akan menimbulka n risiko kesehatan yang serius Ibu pascapersali nan Ibu pasca keguguran .

tertulis .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->